Umum

Aktivitas Liburan di Rumah yang Menyenangkan

Aktivitas liburan di rumah bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan jika anda bisa menyikapinya dengan baik. Namun pada satu sisi lain, terkadang orang bingung memilih kegiatan apa yang harus dilakukan saat liburan. Kegiatan selama liburan sekolah di rumah harus dimanfaatkan dengan baik. Tapi apa saja jenis aktivitas yang bisa kita lakukan selama liburan?

Liburan merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap manusia secara rutin minimal seminggu sekali. Penggunaan waktu liburan bisa dilakukan dengan mengerjakan hal positif. Pada waktu liburan panjang maka anda bisa mengisinya dengan melakukan berbagai kegiatan seru yang menyenangkan dan positif.

Diharapkan seusai liburan panjang di rumah, anda dapat menghilangkan stres dengan baik, meningkatkan kembali semangat kerja, mengatasi rasa bosan dan lain-lain. Bahkan aktivitas ini juga bisa untuk membangkitkan soft skill anak ataupun bakat lainnya.

Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa stres atau kebosanan setelah bersekolah atau bekerja. Termasuk dengan melakukan dan memilih liburan di rumah saja. Akan tetapi, tidak semua orang pandai memanfaatkan aktifitas liburan di rumah. Terkadang diantara mereka kebingungan dalam mengisi waktu libur di rumah.  Padahal ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam mengisi waktu liburan di rumah.

Tidak sembarangan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan di rumah. Pastinya anda mengharapkan sebuah kegiatan yang positif, bermanfaat, menyenangkan, seru, dan mengasyikkan serta tidak membosankan.

Contoh yang paling standar adalah main game, nonton tv, nonton film kesukaan, baca buku, riset sains, membersihkan rumah, membikin kerajinan tangan, memasak masakan favorit, berkebun atau bertanam, berkemah dan kegiatan seru lainnya yang berguna bagi diri sendiri dan orang di sekitar anda.

Aktivitas Liburan di Rumah

Liburan sekolah telah tiba merupakan hal yang dinanti-nanti oleh seorang anak. Apalagi liburan panjang. Akan tetapi tak selamanya untuk mengisi liburan harus pergi ke tempat wisata yang jauh. Sebab liburan pun dapat dilakukan di rumah sendiri dengan melakukan aktivitas yang seru dan mengasyikkan.

Aktivitas liburan di rumah adalah kegiatan liburan yang dilakukan di dalam rumah. Ada banyak aktifitas liburan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Namun stigma banyak orang di masyarakat bahwa aktifitas liburan identik dengan kegiatan di luar rumah seperti bepergian berwisata ke tempat wisata atau rekreasi yang indah dan tenang bersama dengan sahabat, keluarga, sanak kerabat dll. Padahal kegiatan liburan pun bisa dilakukan di rumah dengan sangat mengasyikkan dan seru.

Liburan adalah waktu yang tepat bagi anda untuk menyegarkan badan dan pikiran anda kembali. Manfaat liburan sangat besar untuk menghilangkan stres dari beban pekerjaan dan rutinitas yang monoton dan membosankan. Suasana pada waktu liburan adalah gembira.  Pada waktu liburan tentu saja anda mengisi waktu tersebut dengan berbagai  kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Alasan Memilih Aktivitas Liburan di Rumah

Setiap anda yang berprofesi sebagai pelajar yang bersekolah atau profesi karyawan yang bekerja pastinya mempunyai jadwal liburan tersendiri. Misalkan untuk pelajar SD sampai SMA maka setiap hari minggu adalah waktu libur sekolah.

Sedangkan untuk pekerja pun di waktu hari minggu adalah waktu libur kerja. Namun di waktu libur sebagian orang lebih memilih liburan di rumah disebabkan beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab atau alasan seseorang memilih aktivitas liburan di rumah, antara lain:

1.Menghindarkan diri dari penyebaran virus Covid-19

Walaupun angka penyebaran virus corona di tanah air sudah menurun signifikan tapi wabah pandemik covid19 belum berakhir. Bahkan sekarang muncul jenis varian baru dari virus covid 19 yaitu Delta dan Omicron.

Hal tersebut memerlukan kewaspadaan dan dianjurkan setiap orang untuk tidak bepergian jauh seperti  ke tempat wisata tanpa pemakaian protokol kesehatan yang ketat. Sangat dianjurkan untuk menikmati liburan di rumah untuk menghindari dari penularan virus Covid-19.

2.Hemat biaya

Hal berikutnya yang membuat orang lebih memilih liburan di rumah adalah aktivitas liburan di rumah lebih hemat biaya ketimbang liburan di luar rumah.

3.Menghilangkan kepenatan

Selama proses belajar di sekolah atau bekerja di kantor pastinya setiap orang membutuhkan  rehat sejenak dari pekerjaan kantor atau sekolah. Salah satunya dengan diberikannya waktu libur. Waktu libur tersebut harus dimanfaatkan dengan baik untuk rehat dari aktifitas di kantor atau sekolah untuk menyegarkan pikiran.

Dengan adanya teknologi sekarang yang sangat canggih tidak mengharuskan kegiatan liburan mesti dilakukan di luar rumah. Dengan adanya teknologi virtual terbaru membuat seseorang bisa liburan ke tempat jauh dengan berada di rumah. Misalkan anda berlibur ke tempat museum maka anda bisa mengunjungi situs museum tersebut dan menjelajah secara virtual.

Kegiatan Selama Liburan Sekolah di Rumah

Pada waktu  menjelang bergantinya  tahun baru atau sesudah selesai tahun ajaran baru biasanya siswa-siswi mendapatkan jatah liburan sekolah. Liburan panjang akhir tahun atau sesudah tahun ajaran baru jadi sebuah liburan yang biasa dilakukan oleh siswa-siswi untuk berhenti sejenak dari kegiatan sekolah.

Banyak aktivitas yang akan direncanakan menjelang liburan. Aktivitas liburan sekolah biasanya direncanakan dengan kegiatan berwisata ke objek wisata yang menarik yang berada di luar kota ataupun dalam kota.

Kegiatan liburan dengan berwisata ke tempat wisata yang jauh yang menarik yang indah tentu saja mesti dengan menerapkan standar prosedur kesehatan yang ketat. Dimana mesti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan. Disebabkan wabah pandemik covid 19 yang masih belum usai hingga saat ini.

Kegiatan liburan menjadi sesuatu hal yang dinanti nanti oleh siswa-siswi sekolah. Karena mereka akan gembira rehat sejenak dari aktivitas sekolah. Namun bagi mereka yang ingin menikmati liburan sekolah dengan aman, nyaman dan hemat biaya bisa memilih liburan di rumah. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah.

Berikut ini beberapa kegiatan selama liburan sekolah di rumah yang asyik dan seru yang dapat anda lakukan, antara lain:

1.Main Bersama Keluarga atau Teman

Salah satu aktivitas liburan di rumah adalah bermain bersama dengan anggota keluarga atau teman. Ada banyak permainan yang bisa dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga atau teman. Contohnya permainan kartu remi, monopoli, halma, ludo, ular tangga atau sekedar bermain catur dan lain-lain.

Permainan yang dilakukan bersama dengan anggota keluarga atau teman di rumah akan seru dan mengasyikkan. Yang berguna untuk mendekatkan atau mengakrabkan diri dan menjaga kebersamaan sebagai anggota keluarga maupun teman.

2.Nonton Televisi

Kegiatan liburan di rumah dapat juga dilakukan dengan menonton televisi di rumah. Ada banyak acara tv yang dapat anda saksikan yang anda sukai atau gemari. Misalkan nonton tv acara anak-anak seperti doraemon yang menjadi kegemaran anak. Disamping itu dapat dikombinasikan dengan menonton tv atau video lewat youtube.

3.Nonton Film Favorit

Aktivitas liburan di rumah selanjutnya yang bisa dilakukan dengan seru dan menyenangkan adalah dengan menonton film kesukaan. Misalkan anak anda menyukai film tentang ayah dan anak atau doraemon maka anda bisa membeli CD film Doraemon di toko kaset terdekat.

Anda juga bisa mendownload film doraemon di internet secara legal maupun gratis. Ada banyak website atau situs yang menyediakan link download film doraemon cara gratis maupun berbayar. Sangat disarankan bagi anda untuk menonton film yang memberikan manfaat bagi diri anda sendiri . Atau anda menyukai film korea maka anda bisa menonton film drama korea sepuasnya selama liburan sekolah.

4.Bikin Kerajinan Tangan

Kegiatan selama liburan sekolah di rumah yang juga dapat diisi dengan kegiatan membuat kerajinan tangan. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa anda buat untuk mengisi waktu liburan di rumah seperti kerajinan tangan dari kertas, plastik, daun maupun limbah dll.

Contoh kerajinan tangan yang bisa anda buat seperti tempat pensil, kerajinan truk oleng, boneka, gantungan kunci, dan kerajinan tangan lainnya. Kerajinan tangan tersebut dapat pula dijadikan media untuk mengatasi anak hiperaktif hingga bisa menghasilkan uang. Anda bisa menjualnya di internet atau menjual secara langsung.

5.Menekuni Hobi

Kegiatan atau aktivitas liburan di rumah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menekuni hobi anda. Apa yang menjadi hobi anda? Mungkin anda mempunyai hobi tersendiri yang anda tak sempat menekuni hobi itu dikarenakan sibuk sekolah atau bekerja.

Oleh sebab itu, waktu liburan di rumah adalah waktu yang tepat bagi anda untuk menekuni hobi anda kembali secara fokus. Misalkan hobi bermain catur atau mewarnai gambar untuk anak, maka anda bisa bermain catur dengan keluarga, teman atau orang terdekat anda. Atau anda bisa bermain catur secara online lewat aplikasi di hp android atau di komputer.

Misalkan pula jika anda hobi melukis maka saat liburan di rumah adalah saat yang tepat untuk anda menyalurkan hobi anda yaitu melukis. Anda bisa melukis sebebas mungkin. Kemudian jika anda hobi memasak maka anda bisa mengisi waktu liburan di rumah dengan memasak.

Misalkan memasak masakan yang anda sukai. Selanjutnya jika anda mempunyai hobi membaca buku maka liburan di rumah bisa dilakukan dengan membaca buku sebanyak mungkin sekehendak anda.

Selanjutnya jika anda hobby berolahraga tertentu misalkan lari. Maka anda bisa melakukan olahraga tersebut di sekitar rumah. Menyalurkan hobi  anda saat liburan di rumah merupakan saat yang tepat yang berguna bagi diri anda sendiri yaitu menghilangkan kepenatan atau kebosanan selama bekerja atau sekolah sekaligus dapat meningkatkan semangat anda kembali dalam bekerja dan sekolah.

6.Menanam atau Berkebun

Aktivitas liburan di rumah juga menyenangkan dengan berkebun. Apalagi jika anda memiliki halaman rumah atau kebun yang luas maka anda bisa memanfaatkan waktu liburan dengan cara bertanam atau menanam tanaman yang anda inginkan. Misalkan bertanam tanaman bunga hias seperti angkrek ataupun bertanam sayuran.

Hal itu bisa meningkatkan ekonomi anda sekaligus meningkatkan kecintaan dan kepedulian anda terhadap lingkungan alam. Hasil pertanian tersebut bisa anda jual maupun konsumsi sendiri untuk menghemat keuangan ataupun dibagikan gratis kepada tetangga.

7.Membersihkan Rumah dan Menata Ulang Kamar atau Rumah

Ada banyak kegiatan selama liburan sekolah di rumah yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah membersihkan rumah dan menata ulang ruangan kamar maupun rumah anda. Hal tersebut dilakukan untuk membuat suasana baru yang lebih menyegarkan dan lebih menarik sehingga dapat menghilangkan rasa bosan selama berada di rumah atau kamar.

Misalkan anda  melakukan cat ulang terhadap kamar atau rumah anda maupun hal lebih mudah adalah menggeser meja dan kursi ke tempat lain untuk menciptakan suasana baru di kamar atau rumah anda. Hal tersebut berguna untuk menciptakan suasana baru sekaligus menghilangkan kebosanan  dan meningkatkan semangat baru.

Demikianlah beberapa kegiatan liburan yang  bisa dilakukan di dalam rumah. Anda bisa menambahkan sendiri dengan kegiatan yang seru dan positif lainnya. Mengingat waktu liburan di rumah waktunya terbatas atau ditentukan waktunya maka anda harus memanfaatkan waktu kegiatan liburan dengan sebaik-baiknya.

Anda bisa melakukan aktivitas liburan di rumah dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan mengasyikkan yang membuat anda terhibur dan merasa senang. Hal tersebut akan berdampak positif secara langsung pada kesehatan fisik dan emosional anda dan bisa meningkatkan semangat kerja atau belajar kembali dengan tubuh dalam keadaan segar dan pikiran tenang.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago