Alasan memilih jurusan farmasi setiap orang tentu berbeda-beda. Selain karena faktor orang tua, tak sedikit pula karena cita-cita yang ingin mereka kejar. Termasuk prospek kerja jurusan farmasi dan kemudahan untuk berkarier sebagai apoteker.

Pada jaman teknologi yang kian maju membuat melamar kerja dapat dilakukan secara online. Seiring dengan itu pula jumlah pencari kerja di Indonesia terus bertambah akibat jumlah ledakan penduduk di Indonesia yang semakin banyak. Sehingga persaingan dalam mendapatkan kerja semakin tinggi.

Untuk mendapatkan masa depan yang cerah maka fungsi pendidikan tinggi sangat penting. Dengan bekal pendidikan yang tinggi maka seseorang dapat bersaing dengan para pemburu kerja lainnya. Salah satu contoh pendidikan tinggi yang memberikan jaminan masa depan yang baik adalah mengambil jurusan farmasi.

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

Bagi orang awam pastinya ada yang belum mengenal apa itu farmasi. Farmasi adalah suatu disiplin keilmuan yang membahas mengenai obat-obatan. Sehingga lulusannya tidak jauh dari meracik obat.

Jika seseorang ingin menekuni dunia farmasi atau berkarir di dunia kerja farmasi, selepas lulus SMP bisa memilih sekolah di Sekolah Menengah Farmasi. Sekarang ini Sekolah Menengah Farmasi sudah sangat menjamur di beberapa kota di Indonesia. Seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Medan, Surabaya dan kota besar serta kota kecil lainnya di Indonesia.

prospek kerja jurusan farmasi

Lulusan Sekolah Menengah Farmasi (SMF) biasanya bekerja di apotek sebagai asisten apoteker. Sedangkan untuk lulusan S1 Farmasi bisa bekerja menjadi seorang apoteker.

Berdasarkan survey dan sejumlah penelitian, setidaknya terdapat belasan alasan seseorang memilih jurusan farmasi. Berikut ini sejumlah alasan memilih jurusan farmasi yang sebaiknya Anda tahu.

1.Faktor Restu dan Dukungan Orang Tua

Sebuah hadis menyatakan bahwa ridho Allah tergantung ridho orangtua. Dengan demikian , seorang anak dituntut untuk berbakti kepada orangtuanya. Dengan cara mengikuti apa yang disuruhnya. Untuk itu, pada saat orang tua menyuruh anda untuk mengambil jurusan farmasi maka sebagai anak yang berbakti mengikuti apa yang disarankan atau diperintahkan orang tua.

Karena keinginan orang tua pasti yang terbaik bagi anaknya. Setiap anak harus lebih mengerti akan maksud dan tujuannnya. Sepeti pilihan jurusan kuliah PTK atau lainnya. Apalagi anak kadang tidak mengerti apa yang menjadi tujuan orang tuanya. Seperti sejumlah pengalaman karena orang tuanya yang menyuruh anaknya untuk masuk jurusan farmasi dengan alasan kemudahan dalam mendapatkan kerja.

Tak jarang hal ini akan terbukti kemudian. Setelah lulus sang anak bisa langsung diterima bekerja di toko apotek atau bekerja di perusahaan industri obat. Bahkan ada pengalaman lulusan SMF yang bekerja pada dua perusahaan farmasi berbeda dalam satu waktu demi mendapatkan gaji berlipat ganda.

Selain itu banyak juga lulusan SMF yang mudah dan bisa diterima sebagai CPNS dengan ijazah SMK tersebut. Setelah menjadi PNS, kita bisa melanjutkan kuliah jurusan farmasi di universitas sesuai bidang studi yang kita geluti.

2.Cinta terhadap Bidang Kesehatan

Alasan memilih jurusan farmasi berikutnya yang membuat seseorang memilih jurusan farmasi adalah kecintaannya pada dunia kesehatan ataupun berminat untuk terjun di bidang kesehatan dalam rangka menyembuhkan dan membuat sehat manusia dengan obat-obatan.

memilih jurusan farmasi

Kecintaan terhadap bidang kesehatan bisa membuat anda memilih masuk ke jurusan farmasi. Apalagi prospek kerja jurusan farmasi juga cukup cerah dan memberikan manfaat besar untuk orang banyak.

3.Bercita-cita Jadi Dokter

Sebuah lagu anak-anak yang populer di tahun 1990an yang dibawakan Susan dan Ria Enes bersenandung tentang cita-citaku menjadi seorang dokter. Dengan menjadi dokter akan mampu mengobati orang sakit jadi sehat.

Salah satu cita-cita yang banyak diinginkan anak-anak dan remaja jaman dulu dan sekarang adalah menjadi dokter. Sebab tidak ada istilah seorang dokter miskin. Kebanyakan dokter hidup bergelimang harta dengan status terhormat di tengah masyarakat. Tak aneh jika generasi muda banyak bermimpi untuk menjadi seorang dokter.

Namun untuk menjadi seorang dokter dengan mengambil jurusan kedokteran tidak gampang. Syarat masuk ke jurusan kedokteran saingannya tinggi ditambah biaya kuliah yang sangat besar. Sehingga kita perlu bimbel masuk kuliah kedokteran. Namun alternatifnya adalah mengambil jurusan kuliah farmasi.

alasan memilih jurusan farmasi

Cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya adalah menjadi ahli farmasi dan obat-obatan yang meracik obat layaknya seorang dokter. Dengan memilih jurusan farmasi dengan kuliah di universitas negeri atau swasta maka anda bisa disejajarkan dengan pekerjaan seorang dokter yang bertugas mengobati pasien lewat obat.

4.Jalan Hidup

Ada lagi alasan memilih jurusan farmasi karena jurusan yang dipilihnya adalah jalan hidupnya. Ini hal yang menarik karena mencerminkan adanya panggilan hati untuk menggeluti dunia obat-obatan.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Potensi dan prospek kerja jurusan farmasi dinilai sangat bagus dan prospektif. Sangat langka seorang lulusan farmasi menganggur. Karena lapangan pekerjaan terbuka secara luas baginya.  Kebanyakan lulusan farmasi dapat terserap dunia kerja baik itu oleh perusahaan farmasi besar maupun apotek skala kecil.

prospek kerja jurusan farmasi

Perusahaan-perusahaan farmasi terkemuka berlomba-lomba dalam mendapatkan tenaga kerja bagian farmasi yang cerdas dan mereka akan mengambilnya dari lulusan jurusan farmasi terbaik di setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan kuliah terfavorit di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Banyak peminat terhadap jurusan ini lantaran prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji besar. Hal ini pula yang membuat alasan memilih jurusan farmasi. Berikut ini prospek kerja lulusan jurusan kuliah farmasi yang wajib Anda tahu.

1.Peracik Obat Profesional atau Sebagai Apoteker

Bagi anda yang bercita-cita menjadi apoteker maka sesudah lulus kuliah S1 farmasi maka anda dapat melanjutkan dengan kuliah mengambil jurusan pendidikan profesi apoteker.

2.Industri Farmasi

Bagi lulusan farmasi bisa juga bekerja di industri farmasi pada bagian pembuatan obat maupun bagian research and development formulasi obat. Gaji yang diberikan dikisaran Rp 4 juta sampai Rp 8 juta per bulan.

alasan memilih jurusan farmasi

3.Guru

Bagi lulusan farmasi juga bisa berkarir di dunia pendidikan dengan menjadi tenaga pengajar di SMF maupun dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta jurusan farmasi dan kesehatan. Sarat untuk jadi dosen farmasi adalah lulusan S2 farmasi. Gaji dosen mata kuliah farmasi sekitar Rp 4 jutaan lebih.

4.Instansi Pemerintah

Lulusan jurusan farmasi dapat juga bekerja di sejumlah lembaga pemerintah seperti bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Anda bisa bandingkan dengan pilihan jurusan kuliah PTK. Menjadi PNS juga menjadi alasan memilih jurusan farmasi bagi kebanyakan orang.

5.Bisnis

Untuk anda lulusan farmasi yang ingin menambah pemasukan keuangan, ada banyak bidang kerja sambilannya. Selain bekerja menjadi dosen atau pegawai di lembaga pemerintah dan industri farmasi, anda pun bisa berbisnis dengan membuka usaha apotek mandiri. Dengan penghasilan yang anda dapatkan bisa berasal dari profesi utama dan bisnis farmasi anda.

6.Peneliti

Lulusan farmasi juga bisa memilih profesi sebagai peneliti farmasi di LIPI dengan gaji minimal Rp 6 jutaan perbulan.

7.Bekerja di laboratorium

Baik pada laboratorium klinik, apotek, puskesmas, dan rumah sakit serta sektor swasta.

8.Peracik Herbal

Saat ini pamor tanaman berkhasiat obat semakin meningkat. Dengan kompetensi Anda sebagai peracik obat juga bisa membuat atau meracik obat herbal sendiri. Anda bisa mengolahnya menjadi herbal bentuk kapsul yang banyak orang cari belakangan ini.

kerja jurusan farmasi

Pendek kata, prospek kerja jurusan farmasi sangat cerah. Disamping itu, dapat pula bekerja sebagai penyuluh kesehatan dan bagian administrasi pelayanan obat di badan pemerintah.

Bagi anda yang sangat suka terhadap mata pelajaran kimia di SMP dan SMA maka anda bisa meneruskan kuliah dengan jurusan farmasi di universitas. Dengan demikian banyak sekali alasan seseorang memilih jurusan farmasi. Yang paling pokok adalah kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan bergaji besar.

Seperti menjadi seorang Pharmacist maupun apoteker handal. Bahkan bagi anda lulusan jurusan farmasi yang memiliki jiwa pengusaha maka anda bisa membuka usaha apotek sendiri maupun mendirikan perusahaan obat-obatan skala besar yang bisa merupakan bagian alasan memilih jurusan farmasi.