Anak

Anak Cerdas: Pengertian, Ciri, Contoh, dan Tanda Cerdas Psikologi

Siapa sih  yang tak ingin punya anak cerdas? setiap orang tua pasti menginginkannya, bahkan berupaya mewujudkannya dengan berbagai cara. Tapi sebenarnya cerdas itu indikasinya adalah bawaan dari lahir, jadi kalau Anda adalah orang yang cerdas, maka ada kemungkinan keturunan Anda mewarisi kecerdasan tersebut.

Tak sedikit orang yang mengartikan bahwa cerdas itu sama dengan pintar, padahal banyak perbedaannya. Agar Anda tidak dibuat bingung berikut ini informasi penting seputar anak yang punya kecerdasan tinggi, siapa tahu anak Andalah salah satunya.

Pengertian Anak Cerdas

Yaitu anak yang memiliki tingkat kemampuan di bidang intelektual, di atas rata-rata anak normal. Bisa dilihat dari nilai IQ, yang jauh di atas nilai IQ anak sebaya dengannya. Selain itu kreativitasnya juga sangat mumpuni, mau diajak lomba apapun dia bisa jadi juara dengan nilai sangat memuaskan.

Anak yang masuk kategori cerdas juga memiliki disiplin luar biasa dan bertanggung jawab, pada apa yang dilakukannya. Dia dinilai punya komitmen sangat tinggi terhadap apa yang dibebankan kepadanya.

Kondisi lain yang sangat berhubungan dengan kecerdasan anak ini adalah, pada usia tertentu berkisar empat hingga delapan tahun anak sudah memperlihatkan keunggulannya dari berbagai bidang. Misalnya dia bisa mengerjakan tugas sekolah kakaknya yang duduk di bangku SMP, tentunya bukan soal yang mudah.

Ciri anak Cerdas

Untuk membedakan mana anak yang cerdas dengan yang biasa saja, bisa dilihat dari sejumlah ciri-ciri diantaranya adalah:

  1. Cepat Berjalan dan Bicara

Jika pada kondisi normal anak baru bisa berjalan saat usia sembilan bulan ke atas, maka anak cerdas akan cepat melakukannya dan berusaha semaksimal mungkin untuk cepat berjalan. Sama halnya dengan berbicara, mereka lebih cepat menangkap pembicaraan, meniru kosakata, dan berbicara dengan lancar.

  1. Suka Bertanya

Anak yang cerdas juga lebih banyak bertanya, tentang apa saja yang membuatnya penasaran. Bahkan terkadang orang tua dibuat kewalahan, untuk menjawab pertanyaan mereka. Bisa saja tentang kosakata sulit, karakter orang yang dilihatnya, atau bisa juga meminta penjelasan detail tentang kehidupan hewan.

  1. Kreatif

Daya kreativitasnya berkembang sangat baik, akan ada saja hal-hal menarik yang dibuat atau dilakukannya. Bahkan yang tidak terpikirkan oleh orang tua atau orang-orang di sekitarnya.

  1. Suka Melakukan Eksperimen

Ketika si kecil suka melakukan Eksperimen, maka dia termasuk kategori cerdas. Eksperimen ini bisa saja tentang memadukan beberapa cairan menjadi bentuk lain, bisa juga hal lain yang membuatnya sangat antusias.

  1. Sensitif

Seorang anak cerdas biasanya lebih sensitif dibandingkan anak normal, terutama soal perhatian atau masalah sikap orang lain yang menurutnya tidak sesuai dengan dirinya. Si cerdas akan langsung ngambek atau berhenti berkomunikasi, dengan siapapun yang membuatnya sedih.

  1. Energik

Ibarat menggunakan baterai alkaline anak yang cerdas sangat energik dalam beraktivitas, mungkin saat dia diam hanyalah ketika tidur. Selebihnya akan selalu ada kegiatan yang dilakukannya dan kebanyakan akan membuat orang terpukau dan takjub.

  1. Suka Bercanda

Humoris adalah ciri berikutnya dari anak yang cerdas, selalu ada lelucon yang bisa jadi bahan candaan. Dia tidak akan pernah kehabisan bahan, untuk membuat banyak orang tertawa.

  1. Kosakata Luas

Anda mungkin dibuat kaget ketika tiba-tiba si kecil berbicara dengan kosakata tingkat tinggi, namun penggunaannya sangat tepat. Ini disebabkan pemahamannya terhadap sesuatu sangat cepat, termasuk menghafal kosakata yang menurutnya menarik. Baik itu di dengar dari orang-orang di sekelilingnya atau melalui media lain, seperti televisi atau internet.

  1. Suka Tantangan

Seorang anak yang cerdas juga sangat suka tantangan, dia akan sangat antusias diminta melakukan hal untuk menantang dirinya sendiri. Dia akan merasa puas ketika tantangan tersebut bisa diselesaikannya dengan baik, namun akan sangat kecewa jika ternyata gagal

  1. Imajinasi Tinggi

Imajinasi seorang anak cerdas terhadap banyak hal sangat tinggi, bahkan tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Dia mampu menceritakan imajinasinya, secara detail dan punya kesimpulan yang jelas.

Contoh Anak Cerdas

Seperti apakah anak cerdas itu? Berikut ini beberapa anak cerdas yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Anda akan dibuat takjub dengan kecerdasan mereka.

  1. Taylor Wilson (Pecinta Eksperimen)

Pada usia 10 tahun dia sudah bereksperimen dan berhasil membuat sebuah bom, dengan bahan-bahan sederhana. Kemudian di umurnya yang ke-14 tahun dia merakit reaktor jenis fusi nuklir. Bahkan karena kecerdasannya lewat berbagai eksperimen itu, dinobatkanlah Taylor sebagai anak muda yang mampu menciptakan karya spektakuler yaitu detektor nuklir yang harganya murah.

  1. Mahmoud Wael (Si Penghafal dan Kalkulator)

Anak cerdas dari Mesir ini mampu berhitung dalam waktu singkat. Selain itu juga mampu menghafal, menulis, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris hanya selama tiga bulan belajar. Anda saja mungkin butuh satu tahun untuk fasih berbahasa Inggris, lengkap dengan grammar dan pengejaan yang benar bukan?

Efek dari kecerdasannya yang di atas rata-rata, Mahmoud pernah diminta mengajar kelas pemrograman komputer untuk kalangan universitas.

  1. Ainan Celeste Cawley

Bayangkan saja di usia sembilan tahun saja dia sudah kuliah, tak tanggung-tanggung jurusan yang diambilnya adalah kimia. Hal itu tak lepas dari kecerdasannya menghafal tabel periodik secara detail di usia yang masih belia, bahkan sebelum SD! Padahal pelajaran kimia, baru akan diajarkan di bangku sekolah menengah atas.

  1. Aman Rehman (Animation Expert)

Anak asal India ini punya kemampuan luar biasa, di bidang komputerisasi dan animasi. Tahukah Anda bahwa ternyata di usia menjelang empat tahun, dia sudah membuat animasi pertama hasil karyanya sendiri! Kemampuan brilian yang diturunkan dari sang ayah, menjadikannya salah satu anak cerdas dunia yang sempat belajar di Disney pada bidang animasi.

  1. Adora Svitak (Penulis)

Anak ini mampu menamatkan bacaan hingga tiga buku hanya dalam satu hari, saat itu dia baru berusia tiga tahun. Kemudian di usia tujuh tahun dia sudah berhasil menulis bukunya sendiri, yang diberi judul flying fingers.

Tanda Anak Cerdas Psikologi

Kalau dikaji lebih jauh, seorang anak yang cerdasnya tingkat tinggi, memiliki tanda psikologi yang sudah terlihat sejak batita. Diantaranya adalah:

  1. Mudah Bersosialisasi

Anak yang masuk kategori cerdas, akan sangat mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru. Dia mudah bergaul dengan siapapun baik itu yang seusia dengannya, lebih kecil, bahkan yang lebih besar. Kemampuannya menyesuaikan diri sangat tinggi dan orang-orang dibuat nyaman, jika berada di dekatnya.

  1. Sangat Peduli Lingkungan

Si kecil yang cerdas akan sangat peduli dengan lingkungannya, jauh dari tingkah laku penyendiri dan pendiam.

  1. Pemberani

Dia juga sangat berani melakukan banyak hal, yang mungkin anak seusianya tidak pernah kerjakan.

Itulah informasi lengkap tentang anak cerdas, baik dari ciri-cirinya, siapa saja contoh anak yang masuk kategori cerdas, dan bagaimana tanda psikologi dari anak yang tergolong cerdas. Anda sebenarnya memiliki kesempatan untuk membuat si buah hati jadi cerdas, apalagi jika sudah punya dasar berupa beberapa ciri pentingnya. Bagaimanapun kondisi anak anda, kami dapat memberikan pendampingan belajar dengan les privat edumaster yang mengedepankan kenyamanan anak dalam belajar.

Les Privat

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

7 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago