Apa itu anak remaja melt down? Ini merupakan kondisi saat seorang anak mengalami marah-marah yang disertai menangis dengan keras dan mendadak penuh emosional. Hal tersebut tentu membuat orang tua sangat kaget dan khawatir terhadap kondisi anak. Karena itu orang tua wajib mengenal kondisi ini untuk membantu mengatasinya.

Kondisi yang hampir sama dengan melt down adalah tantrum. Banyak orang yang menganggap sama antara melt down dan tantrum. Padahal keduanya berbeda.

Tantrum adalah suatu emosi kewalahan yang keluar ketika anak tidak memperoleh apa yang ia inginkan. Sang anak akan menangis dan berteriak keras sampai apa yang diinginkannya tercapai. Sedangkan melt down adalah kondisi anak yang menangis dan berteriak tiba-tiba tanpa anak mengetahui apa yang jadi pemicunya.

Melt down dan tantrum dapat diatasi dengan baik melalui metode atau cara dengan mengajarkan pada anak untu belajar mengendalikan emosi dengan baik. Ini tugas orang tua untuk mengajarkan cara mengendalikan emosi yang baik dan benar pada anak. Jika hal tersebut dilakukan maka akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya melt down pada remaja.

Anak Remaja Melt Down

Salah satu fase kehidupan yang akan dilalui oleh manusia adalah masa remaja. Fase remaja sangat penting sebagai masa pencarian jati diri. Namun demikian, berbeda seperti fase kehidupan manusia lainnya, fase remaja seringkali diwarnai dengan hal-hal yang kurang baik dari segi emosional. Seperti  emosi anak yang tidak stabil, anak suka berontak dan anak remaja melt down.

remaja melt down

Namun pada suatu waktu ketika sang anak bermain atau belajar seringkali terlihat  sang anak remaja tampil sangat riang gembira. Namun pada beberapa detik kemudian situasi tiba-tiba berubah.

Sang anak tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas dengan nada tinggi dan teriakan keras disertai tindakan membanting pintu secara keras hingga mengalami kerusakan. Itulah yang namanya sang anak mengalami melt down.

Apa Pengertian Melt Down?

Sangat penting bagi orang tua  mengetahui gejala-gejala tertentu pada dunia anak beserta istilahnya. Misalkan tantrum atau gejala melt down. Sehingga orang tua bisa mengetahui apa pengertian melt down? Termasuk mengenali saat anaknya mengalami melt down atau tantrum dan bisa mengatasinya dengan baik. Kita bisa menanggulangi anak yang sedang melt down berdasarkan referensi yang ada.

Permasalahan dunia remaja adalah persoalan yang pelik. Berbagai tingkah laku yang menyimpang terkadang mulai muncul pada usia remaja. Seperti tindakan tawuran, ikut-ikutan pada budaya negatif, suka memberontak, hingga melt down. Sebenarnya apa pengertian melt down?

Melt down adalah kondisi anak yang mengamuk, menjerit, dan menangis serta berteriak-teriak secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini umumnya disebabkan kesukaran yang dialami oleh anak dalam mengekspresikan diri. Pada akhirnya stress anak ini disebut ketidak mampuan anak mengendalikan emosi.

cara mengatasi anak melt down

Peran orang tua dan guru dalam mendidik anak sangat penting. Mereka harus memperhatikan dengan baik perilaku anak sehari-hari. Sangat penting bagi guru dan orangtua untuk membimbing anak remajanya agar bisa bersikap baik dan terjauh dari hal yang menyimpang secara agama, negara dan norma hukum di masyarakat.

Kemudian permasalahan yang bisa terjadi pada anak remaja disamping kenakalan remaja adalah melt down. Melt down bukan hanya bisa terjadi pada anak balita. Tapi pada anak remaja pun bisa terjadi melt down. Bahkan dalam intensitas tinggi.

Hal tersebut terjadi karena ada pemicunya. Berikut ini beberapa pemicu atau penyebab terjadinya anak remaja mengalami melt down, antara lain:

  1. Stres disebabkan nilai ujian yang jelek
  2. Fase pubertas
  3. Bermasalah dengan lingkungan teman di sekolah maupun di rumah

Penanganan Anak Remaja Melt Down

Menyikapi anak remaja yang sering mengalami melt down tentu dibutuhkan penanganan khusus dari orangtua.Di saat inilah, orangtua perlu membantu anak dalam membantu dan melepaskan diri anak dari meltdown yang dialami anak remaja. Orangtua tidak bisa membiarkan anak remajanya berlarut-larut mengalami melt down. Karena itu bisa merugikan diri anak dan lingkungan di sekitarnya.

Dalam menghadapi anak remaja yang melt down maka orangtua harus bisa menanganinya secara baik. Orang tua perlu berdiskusi dengan anak agar melt down tidak berlarut-larut dan bisa dihentikan sesegera mungkin secara permanen.

apa pengertian melt down

Dalam mengatasi anak remaja melt down memerlukan penanganan khusus yang baik dari orangtua. Kesalahan dalam mendidik dan penanganan anak melt down bisa berkibat fatal pada kondisi anak yang semakin parah dan tidak bisa mengontrol emosi secara baik.

Sebaliknya jika orangtua berhasil menangani anaknya lepas dari melt down maka itu sebuah hal baik yang mesti dilakukan dan disyukuri agar sang anak tumbuh secara normal dan sehat seperti anak-anak remaja pada umumnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Remajanya Melt Down?

Salah satu yang menjadi bahan pertanyaan bagi kebanyakan orang tua adalah apa yang harus dilakukan orang tua ketika anak remajanya melt down? Melt down adalah kondisi yang terjadi pada anak yang tidak diinginkan oleh setiap orangtua. Namun jika anak remaja anda terlanjur mengalami melt down maka ada beberapa cara yang harus orangtua lakukan untuk mengatasinya.

Sebenarnya untuk menghilangkan terjadinya kondisi melt down pada anak remaja adalah dengan menghilangkan penyebab atau pemicu terjadinya melt down pada anak remaja. Seperti menghindarkan diri anak mengalami stres atau mengalami pubertas atau menghilangkan dari masalah hubungan buruk dengan teman-temannya.

Namun hal tersebut sangat mustahil. Atas fakta itulah melt down dapat terjadi sewaktu-waktu pada anak usia remaja. Yang terpenting adalah bagaimana cara menangani anak remaja melt down?

anak remaja melt down

Setiap anak remaja pastinya tidak berharap dirinya mengalami melt down. Ia pastinya berusaha untuk tidak mengalami melt down yang akan merugikan diri dan keluarganya. Disitulah muncul peran penting orangtua dalam membantu anak remajanya terbebas dari melt down.

Lantas apa yang harus dilakukan orang tua ketika anak remajanya melt down? Berikut ini beberapa hal yang mesti dilakukan orang tua saat mendapatkan anak remajanya mengalami melt down.

1.Tidak Memarahi Anak

Ketika anak anda mengalami melt down maka anda jangan pernah memarahi atau memukul anak. Anggota keluarga juga jangan mengejek ataupun mengolok-olok anak yang sedang melt down. Karena hal tersebut jika dilakukan bukannya akan menambah suasana tenang dan selesai masalah. Tapi justru menambah permasalahan baru. Sang anak akan merasakan sakit hati pada orangtua yang akan berlangsung lama.

2.Tidak Mengancam Anak

Apalagi orangtua mengancam sang anak remaja melt down. Tentu hal itu akan membuat kondisi anak semakin parah. Pada saat anak remaja mengalami melt down, orangtua harus bersikap jernih dan bijak menangani anak melt down.

anak melt down

Memang anak yang sedang melt down tidak menyenangkan bagi orangtua. Yang paling mudah adalah orangtua mengancam anak untuk menghentikan sikap melt down tersebut. Namun itu bukan cara yang tepat menangani anak melt down. Orang tua harus tenang dan bijak menangani anak melt down.

Jangan sampai orangtua hanya memberikan ancaman keras pada anak untuk segera menghentikan tindakan melt down yang mengganggunya. Sebab tindakan orangtua tersebut kurang bijak dan baik dalam menangani anak remaja dalam kondisi melt down.

3.Bersikap Tenang

Langkah selanjutnya yang mesti dilakukan orangtua saat mendapatkan anak remaja melt down adalah dengan bersikap tenang. Cara ini sangat efektif untuk membuat anak remaja yang tengah melt down menjadi ikut tenang melihat orangtuanya. Teriakan, tendangan ataupun tangisan anak dengan sendirinya akan berhenti seiring berjalan waktu.

4.Bersikap Rileks

Setelah bersikap tenang menghadapi anak melt down, berikutnya anda harus membekali diri dengan sikap rileks. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan dan sikap santai dengan menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskan perlahan-lahan. Anda bisa bersikap tenang dan rileks sembari menunggu sang anak lepas selesai dari melt down.

apa yang harus dilakukan orang tua ketika anak remajanya melt down

Pada waktu anak mengeluarkan tangisan dan  teriakan yang sangat keras maka orang tua hendaknya jangan terpengaruh. Orangtua harus tetap bersikap tenang, rileks dan sabar. Dengan melihat orang tuanya bersikap tenang dan rileks maka perlahan-lahan anak remaja melt down akan mulai mengerti dan belajar untuk bersikap tenang dan rileks sembari belajar mengendalikan emosi dengan baik.