Umum

Apa Itu Ozon: Pengertian, Fungsi, Sifat dan Cara Mengatasinya

Materi tentang apa itu ozon, fungsi dan sifat ozon serta cara mengatasi penipisan lapisan ozon terdapat pada mata pelajaran Geografi di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 8. Pembelajaran ini sangat penting agar siswa mengenal dan mengetahui manfaat dan ancaman jika ozon menipis.

Selain itu karakter dan sifat ozon cukup sederhana. Hal ini pula yang membuat sistem kerja ozon sering dipergunakan bagi kepentingan manusia. Seperti digunakan dalam memutihkan dan mencuci pakaian, membantu hilangnya penipis antara arsenik dan besi.

Untuk memulai pembahasannya, kita akan awali dari pengertian apa itu ozon maupun fungsi dan manfaatnya.

Apa Itu Ozon?

Tahukah kamu apa itu ozon? Ozon adalah sebuah lapisan di atmosfer bumi yang berbentuk gas. Ozon terbentuk atas 3 atom oksigen.  Letak ozon di atmosfer yang sebagian besarnya mempunyai manfaat dan fungsi tersendiri yang sangat besar bagi kehidupan makhluk hidup di planet bumi.

Keberadaan lapisan ozon sekitar 90 persen terdapat di stratosfer. Stratosfer itu sendiri adalah sebuah lapisan atmosfer yang kedua dari planet bumi. Di atas permukaan bumi, ketinggian stratosfer hingga mencapai  40 km.

Adapun yang menjadi fungsi dari lapisan ozon sangat banyak. Salah satu manfaat utamanya dalam melakukan penyerapan terhadap radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi penduduk bumi.

Pembentukan Ozon

Setelah mengenal apa itu ozon selanjutnya kita akan membahas proses terbentuknya ozon. Adapun pembentukan lapisan ozon bermula dari sinar ultraviolet yang melakukan penguraian. Sehingga terbentuk unsur oksigen dan molekul yang saling menyatu. Beraneka ragam bahan campuran yang sifatnya kimiawi membentuk lapisan ozon.

Pembentukan ozon berlangsung tatkala oksigen melakukan penyerapan sinar ultraviolet. Jumlah ozon yang terdapat di atmosfer dalam kondisi mengalami perubahan.  Adapun alat yang dipergunakan untuk mengetahui kadar ozon bernama Spektrofotometer. Alat ini pertama kali dibuat dan diperkenalkan kepada umum oleh Gordon Dubson di tahun 1920.

Satuan jumlah ozon yang dipergunakan adalah satuan Dobson disingkat Du yang merupakan nama dari penemunya. Sebagai perbandingan 300 Du adalah sebanding dengan 3 milimeter ketebalan dari lapisan ozon yang asli.

Sedangkan apa itu ozon yang terdapat di lapisan stratosfer umumnya berada pada daerah yang beriklim tropis. Untuk kemudian dibawa ke daerah tertentu. Untuk daerah tropis cenderung mempunyai kandungan lapisan ozon yang sangat rendah.

Penggunaan bahan-bahan tertentu di muka bumi dapat merusak dan mengurangi kadar lapisan ozon. Oleh sebab itu, berbagai negara di dunia berupaya mencegah terjadinya berkurangnya lapisan ozon di atmosfer.

Apa Itu Lapisan Ozon?

Tahukah kamu apa itu lapisan ozon? Pengertian ini agak berbeda dengan apa itu ozon. Lapisan ozon adalah suatu lapisan yang terdapat di stratosfer bumi berupa lapisan gas. Berdasarkan letaknya sekitar 50 kilometer lebih dari jaraknya dengan muka planet  bumi.

Ozon adalah sebuah lapisan yang melindungi bumi. Sehingga manusia dan makhluk hidup di dalamnya dapat hidup dengan tenang dan nyaman.

Fungsi Ozon

Sedangkan berdasarkan fungsinya, berikut ini beberapa fungsi ozon dan lapisannya yang penting kamu ketahui.

1.Melindungi bumi dari radiasi ultraviolet

Adapun yang menjadi fungsi utama dari lapisan ozon adalah memberikan perlindungan terhadap penduduk bumi secara maksimal dari segala radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari. Kondisi lapisan ozon yang terdapat di atmosfer berubah-ubah. Lapisan pada apa itu ozon bisa mengalami penipisan.

2.Menghindarkan diri dari terganggunya imun tubuh manusia

Apabila lapisan ozon berada dalam kondisi menipis atau mengecil tentu saja sangat mengandung resiko bahaya yang tinggi bagi manusia. Karena hal ini akan memicu terjadinya reaksi radiasi sinar ultraviolet matahari yang dapat merusak sistem imun pada tubuh manusia.

3.Menghindarkan diri dari kanker kulit

Fungsi ozon yang utama selanjutnya adalah menghindarkan pada badan manusia untuk menderita  dari sel kanker kulit. Karena lapisan ozon dapat menahan radiasi matahari hingga tak menimbulkan efek memicu sel kanker kulit.

Sekarang ini, lapisan ozon yang kian berkurang dapat memicu terjadinya sel kanker kulit pada  manusia. Dengan bahaya-bahaya yang  ditimbulkan dari radiasi sinar ultraviolet matahari tersebut membuat fungsi ozon begitu penting untuk dilestarikan dan dijaga sebaik mungkin.  Sehingga menjaga lapisan ozon pada atmosfer agar tetap menumpuk sangat penting untuk melindungi bumi secara keseluruhan.

Sifat Ozon

Adapun yang menjadi karakteristik dan sifat ozon meliputi:

  1. Korosif
  2. Memiliki bau yang sangat tajam
  3. Berasal dari bahan beracun
  4. Mempunyai penampakan berupa gas dengan warna agak kebiruan

Sifat-sifat inilah yang membuat lapisan ozon dapat terdeteksi dan terlihat yang melingkupi bola bumi secara keseluruhan dengan warna kebiru-biruan. Lalu bagaimanakah proses terbentuknya ozon?

Penipisan Lapisan Ozon

Secara istilah, penipisan lapisan ozon adalah  suatu pengurangan yang terdapat pada lapisan ozon yang disebabkan berbagai faktor. Salah satu faktor utama adalah ikatan senyawa ozon yang berpecah dan melakukan ikatan dengan unsur lain.

Penipisan lapisan ozon adalah sesuatu yang sangat berbahaya dan mengancam kelangsungan makhluk hidup di bumi.  Oleh sebab itu, tindakan nyata dibuat secara bersama-sama oleh penduduk bumi dalam menghindari terjadinya penipisan pada lapisan ozon.

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Adapun yang menjadi penyebab terjadinya penipisan pada lapisan ozon umumnya disebabkan oleh ulah tangan manusia.  Hal ini disinggung dalam ayat-ayat Al Qur’an yang berbunyi : ”Telah terjadi kerusakan di darat maupun di laut dan dimuka bumi secara keseluruhan akibat ulah manusia.”

Sehingga ulah tangan manusia berbuat kerusakan seperti ulah merusak lapisan ozon mengakibatkan manusia sering mengalami peristiwa bencana alam. Tanpa panjang lebar, berikut ini sejumlah faktor penyebab yang menjadikan berlangsungnya proses penipisan lapisan ozon di atmosfer bumi, antara lain :

1.Pemakaian zat HCFC (hidrokloro fluorokarbon) dan klorofloro karbon (CFC).

Kedua zat itu terbukti dapat merusak  apa itu ozon hingga semakin menipis.  Sehingga penggunaannya dibatasi dan dilarang secara berlebihan.

Penggunaan bahan lainnya yang dapat mengurangi lapisan ozon di bumi bagian atmosfer adalah zat karbon tetraklorida dan zat bromo chlorodifluoro. Zat ini terkandung pada bahan pembuatan alat-alat pemadam kebakaran dan bahan pembersih maupun bahan pelarutnya.

2.Polusi udara karbon monoksida

Peningkatan polusi udara karbon monoksida di muka bumi yang berasal dari asap pabrik dan asap kendaraan bermotor akibat globalisasi akan membuat kadar ozon semakin berkurang atau menipis.

3.Penebangan hutan

Penebangan hutan-hutan yang menjadi gundul merupakan penyebab penipisan lapisan ozon berikutnya.  Hal tersebut tak terlepas dari peran dan kontribusi yang sangat besar dari hutan-hutan yang rindang terhadap kelestarian bumi.

Hutan yang rindang di seluruh dunia saat ini menjadi ”paru-paru dunia” dan penopang lapisan ozon. Dikarenakan hutan-hutan yang rindang di seluruh dunia mampu melakukan penyerapan yang sangat baik terhadap gas-gas berbahaya yang mendorong menipisnya lapisan ozon.

Dampak Penipisan Lapisan Ozon

Adapun yang menjadi dampak buruk dari penipisan lapisan ozon di atmosfer bumi, antara lain :

1.Timbul berbagai penyakit

Radiasi sinar ultraviolet yang langsung terpancar dari sinar matahari tanpa hambatan apapun dari lapisan apa itu ozon dapat berakibat buruk. Seperti efeknya dapat menimbulkan sakit kanker yang terjadi pada binatang, tumbuhan dan manusia.

Disamping itu, efek radiasi dari sinar ultraviolet pada bumi tanpa pengurai ozon dapat memicu terjadinya penyakit katarak mata dan dapat mengancam keberadaan dari organisme-organisme kecil di muka bumi.

2.Pemanasan global

Dampak penipisan lapisan ozon berikutnya adalah memunculkan terjadinya fenomena pemanasan global atau global warming. Yang ditandai dari suhu muka bumi semakin tinggi. Yang efeknya dapat terlihat pada es-es di kutub utara mengalami pencairan yang masif dalam jangka panjang dan jumlah besar.

Efek berikutnya dari pemanasan global yang diakibatkan oleh menipisnya lapisan ozon adalah timbulnya berbagai macam bencana alam di muka bumi. Selain itu, efek pemanasan global juga dapat membuat iklim dan cuaca di muka bumi yang semakin tidak tentu dan tak dapat diprediksi.

3.Memusnahkan makhluk hidup

Dampak yang paling berbahaya dan nyata dari semakin berkurangnya lapisan apa itu ozon adalah memusnahkan makhluk-makhluk hidup yang terdapat di muka bumi. Yang dimulai dari organisme terkecil sampai terbesar.

Dengan mengetahui dampak-dampak buruk dan negatif dari penipisan lapisan apa itu ozon menjadikan kewajiban manusia untuk menjaga muka bumi tetap hijau dan terjaga ozon. Salah satu caranya dengan eksistensi hutan harus terus dilestarikan.

Selain itu, penggunaan zat berbahaya yang merusak lapisan ozon dapat dihentikan selamanya. Kemudian memilih dengan mempergunakan alternatif zat lain yang tidak merusak apa itu ozon.

Penyelamatan bumi dari menipisnya lapisan ozon dapat dimulai dari sekarang oleh seseorang penduduk bumi dari hal terkecil terlebih dahulu. Kalau tidak sekarang kapan lagi?

Lubang Ozon Terjadi Karena

Pada beberapa tahun belakangan ini, sejumlah ahli mendapatkan sejumlah fakta lapisan ozon di atmosfer bumi semakin menipis hingga membentuk lubang ozon. Terutama pada kawasan Kutub  Utara. Lubang yang ada pada apa itu ozon terbentuk tidak dengan sendirinya.

Namun ada banyak faktor yang mencetusnya. Pembentukan lubang-lubang ozon berdasarkan penelitian dari ilmuwan menunjukkan berasal dari terdapatnya reaksi ozon yang bercampur dengan unsur-unsur kimia karbondioksida, kloro fluoro carbon serta emisi karbon yang lain.

Disamping itu, lubang ozon terjadi karena proses reaksi zat ozon dengan sejumlah senyawa kimia dan terdapat faktor pembentuk berikutnya.  Untuk lebih komplitnya, berikut ini beberapa hal yang memicu terjadinya lubang pada apa itu ozon pada lapisan atmosfer bumi, antara lain :

1.Pemanasan Global

Salah satu pemicu terjadinya lubang ozon pada atmosfer bumi adalah pemanasan global atau gobal warming yang terjadi di muka bumi. Hal ini bukan hanya memicu terhadap pembentukan lubang ozon. Tapi juga merusak iklim dan cuaca bumi yang kian sulit diprediksi.

2.Peningkatan ketinggian air laut

Selain itu, lubang ozon terjadi karena ketinggian air laut yang semakin tinggi di kawasan Pasifik Utara. Hal ini juga turut dikarenakan semakin tipisnya pada lapisan ozon di bumi.

Dampak buruk yang terjadi akibat  menipisnya lapisan ozon yang membawa dampak negatif bagi penduduk bumi membuat dunia semakin tersadar. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah semakin menipisnya lapisan ozon yang bisa menimbulkan lubang ozon.

Cara Mengatasi Penipisan Lapisan Ozon

Setelah mengenal apa itu ozon dan bahaya penipisan lapisan ozon, berikut ini berbagai upaya dan cara yang dapat dilakukan oleh penduduk bumi untuk mengatasi penipisan lapisan ozon.

1.Meminimalisir pemakaian kendaraan bermotor

Salah satu cara mengatasi penipisan lapisan ozon adalah dengan meminimalisir penggunaan sepeda motor atau mobil berbahan bakar minyak yang merupakan penyumbang besar terjadinya penipisan lapisan ozon. Kemudian memilih menggunakan mobil atau sepeda motor listrik yang ramah lingkungan.

2.Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan

Cara mengatasi penipisan lapisan dari apa itu ozon berikutnya adalah dengan hanya memakai bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sehingga tidak mengakibatkan penipisan lapisan ozon.

Bahan-bahan tertentu yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi pemicu kerusakan lapisan ozon. Seperti bahan pestisida, bahan pembersih kimiawi tertentu dan lain-lain. Penggunaan bahan-bahan perusak ozon tersebut mesti dikurangi dan dibatasi. Lalu memilih bahan-bahan yang lebih alami dan ramah lingkungan.

3.Meminimalisir pemakaian zat freon maupun Clorofluorocarbons

Cara mengatasi penipisan lapisan ozon selanjutnya yang cukup efektif dan bisa dilakukan adalah dengan meminimalisir dan menghentikan pemakaian zat freon dan Clorofluorocarbons.

Karena kedua zat tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian lapisan ozon. Sehingga berakibat lebih jauh bisa membentuk lubang-lubang ozon. Kalau hal ini dibiarkan berlarut secara terus menerus akan membuat atmosfer bumi kehilangan lapisan ozon yang kian tipis.

Zat freon dan clorofluocarbons terdapat pada perangkat parfum,  penyemprot rambut, pengharum ruangan, mesin pendingin,  ruangan berAC, lemari es, freezer, beserta cairan pendingin dan lain sebagainya.

Semua perangkat yang mengandung kedua zat berbahaya tersebut dapat dihilangkan dalam penggunaannya. Kalau tak bisa, minimal dapat dibatasi atau dikurangi dalam pemakaian sehari-hari. Semua itu untuk menjaga lapisan ozon dapat terpelihara dengan baik dalam melindungi bumi di masa sekarang dan masa depan.

Hal ini karena apa itu ozon sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain di muka bumi. Upaya mengatasi penipisan lapisan ozon bermanfaat sekali bagi penduduk bumi secara keseluruhan. Jika kamu ingin meningkatkan prestasi pelajaran di sekolah penting mengikuti les privat terbaik yang ada di wilayahmu.

Yusuf C

Recent Posts

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

5 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

7 jam ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

12 jam ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

1 hari ago

Memahami Harmoni Sosial Materi Kelas 11: Definisi, Ciri-Ciri, Prinsip dan Contohnya

Harmoni Sosial Adalah Harmoni sosial adalah suatu kondisi masyarakat di mana semua individu dan kelompok…

4 hari ago

Mengenal Apa itu Organisasi Budi Utomo, Sejarah, Pendiri, Tokoh dan Tujuan

Apa itu Organisasi Budi Utomo? Organisasi Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan di…

5 hari ago