Apa itu sesar ? Itulah mungkin salah satu pertanyaan yang dilontarkan orang ketika mendengar istilah sesar. Sesar secara bahasa padanan katanya adalah patahan. Sedangkan menurut istilah, sesar adalah suatu kegiatan geologi yang diakibatkan oleh terjadinya pergeseran sebuah lempeng atau blok bebatuan dengan satu blok bebatuan yang lain.

Materi apa itu sesar akan dipelajari oleh siswa siswi sekolah menengah pertama (SMP) pada mata pelajaran Geografi di tingkat kelas 8. Adapun kegiatan bergesernya lapisan blok bebatuan tersebut membawa dampak tersendiri. Salah satunya timbul peristiwa gempa bumi dengan skala kecil, sedang maupun skala besar bergantung sekali dengan pusat gerakannya.

pengertian sesar adalah

Istilah apa itu sesar aktif menjadi populer dewasa ini di tanah air seiring dengan seringnya terjadi peristiwa gempa bumi di Indonesia. Seperti gempa bumi di Garut, gempa bumi Jambi, gempa Aceh, gempa di Sulawesi Tengah dan juga gempa bumi di Cianjur serta daerah lainnya.

Akibat dari gempa bumi tersebut banyak yang memakan korban jiwa dan kerugian material yang tidak sedikit. Salah satu penyebabnya adalah adanya sesar aktif yang mengalami pergerakan.

Dari peristiwa gempa bumi yang kerap melanda Indonesia membuat para peneliti menjadi tahu penyebabnya. Setelah diteliti, adapun penyebab gempa bumi yang sering melanda beberapa daerah di Indonesia adalah karena faktor terdapatnya sesar aktif di Indonesia.

Pengertian Apa Itu Sesar

Tahukah kamu pengertian apa itu sesar? Indonesia merupakan salah satu negara yang berdiri dibatas lempengan tektonik. Sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah sesar dalam segi kuantitas yang cukup banyak.

Berdasarkan data dari BMKG, terdapat 81 sesar di Indonesia yang aktif atau juga yang tidak aktif. Sedangkan untuk di wilayah Jawa Barat setidaknya ada 6 sesar yang aktif.

Sebelum mengenal macam-macam sesar aktif di Indonesia perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu sesar dan jenis-jenisnya?

Pengertian apa itu sesar yang paling mudah dipahami adalah patahan. Sesar adalah suatu bidang yang memiliki sisi pembatas diantara 2 buah fraksi dari kulit bumi. Kedua fraksi kulit bumi tersebut bisa menderita yang  namanya goncangan dan gerakan dari skala kecil, menengah hingga skala besar.

Adapun daerah yang sangat rawan terjadinya gempa bumi yang dahsyat adalah  daerah yang dilalui atau area sekitar sesar.

jenis sesar

Jenis-Jenis Sesar

Berdasarkan jenisnya, apa itu sesar terdiri atas tiga macam sesar. Berikut ini jenis-jenis sesar tersebut atau berbagai jenis sesar yang ada di dunia, antara lain :

1.Sesar Mendatar

Apa itu sesar mendatar dalam bahasa Inggris disebut juga strike slip fault. Sesar mendatar terjadi dikarenakan terdapatnya gaya gesek pada bidang sesar. Sehingga menjadikan lempengan-lempengan kulit bumi saling melakukan pergerakan dengan arah berlawanan arah dan gerakan mendatar.

Adapun contoh sesar mendatar di dunia terdapat di Amerika Serikat tepatnya Sesar San Andreas yang terletak di California.

2.Sesar Naik

Jenis sesar yang kedua adalah sesar naik. Dalam bahasa ilmiahnya disebut juga dengan sebutan thrust fault atau reverse fault. Yang menjadi ciri khas dari sesar naik adalah terdapat bidang bebatuan yang satu blok besar yang senantiasa mengalami pergerakan dengan arah ke bawah dan juga ke atas.

pengertian apa itu sesar

Sedangkan untuk daerah yang mempunyai sesar naik umumnya berada di kawasan yang terdapat dua lempengan besar tektonik yang saling mengalami  tabrakan.

3.Sesar Normal

Adapun apa itu sesar normal juga popular dengan istilah sesar turun. Untuk bahasa Inggris dikenal dengan sebutan sesar normal fault.  Sesar normal adalah suatu sesar yang melakukan gerakan yang disebabkan adanya gaya gravitasi.  Sesar normal umumnya berlangsung pada waktu terdapat gaya yang menekan secara vertikal pada bebatuan sampai gaya maksimal.

Sesar normal berlangsung karena adanya gaya vertikal menekan yang sangat optimal pada bidang bebatuan sehingga akan mengalami pergerakan sesuai arah gaya ke bawah gerakan. Sesar normal sering dijumpai secara berpasangan. Lempengan yang terdapat didalamnya mengalami pergerakan turun naik sesuai arah gerakan lempengan sesar.

Sesar normal disebut juga sesar turun. Adapun untuk contoh apa itu sesar normal adalah sesar Semangko yang berada di daerah Sumatera.

Itulah jenis-jenis sesar yang terdapat di dunia beserta penjelasan singkatnya.  Pembahasan akan berlanjut pada pembahasan pada materi tentang fungsi-fungsi sesar. Terakhir, penjelasan macam-macam sesar aktif yang terdapat di Indonesia tepatnya Jawa Barat.

Penyebab Terjadinya Sesar

Adapun yang menjadi pendorong terjadinya apa itu sesar di Indonesia adalah terdapatnya gaya menarik, gaya menekan, gaya gesek sampai gaya kombinasi yang mengarah kepada bebatuan. Dengan adanya gaya-gaya demikian pada bebatuan tersebut satu blok batuan mendapatkan tekanan. Hingga tak sanggup lagi menahan serangkaian tekanan gaya yang membuatnya mengalami pergerakan.

Dengan demikian, faktor yang menjadi penyebab terbentuknya sesar adalah arah gerakan bebatuan berdasarkan gaya yang terdapat di dalamnya dan juga faktor dari bidang sesar yang luas dan panjang.

Fungsi Sesar

Berikut ini beberapa fungsi sesar yang penting untuk diketahui para pelajar, yaitu:

1.Pembelajaran tentang struktur bumi

Dengan adanya sesar gempa di beberapa wilayah di Indonesia membuat setiap orang penduduk Indonesia khususnya para ilmuwan akan mempelajari lebih dalam tentang apa itu ilmu alam termasuk ilmu struktur bumi secara lengkap yang sedang dibutuhkannya pada saat itu.

fungsi sesar

Hal ini berlanjut dengan mempelajari macam-macam sesar gempa yang berada di wilayahnya terdekat. Seperti mempelajari apa itu sesar Lembang, sesar Cipamingkis, sesar Citarik, sesar Garsela, dan sesar lainnya yang aktif atau tak aktif. Semua sesar tersebut dipelajari secara detail. Dari mulai penyebab timbulnya sesar dan cara mengantisipasi pergerakan sesar yang bisa menimbulkan bencana alam gempa bumi.

2.Peningkatan ilmu pengetahuan tentang sesar

Fungsi berikutnya dari apa itu sesar adalah meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan tentang sesar dan mitigasi bencana. Dalam hal ini ilmuwan yang menggeluti ilmu sesar dan patahan kulit bumi.

Para ilmuwan akan berpikir bagaimana cara mencegah dampak buruk jika terjadinya bencana gempa bumi sewaktu-waktu akibat lempengan yang mengalami pergerakan di area patahan sesar.

3.Mendorong pengawasan terhadap pergerakan sesar secara kontinu

Fungsi sesar selain sebagai media pembelajaran atau ilmu pengetahuan tentang struktur bumi, juga berfungsi untuk mendorong manusia untuk bersiap diri menghadapi pergerakan sesar yang mungkin terjadi setiap saat.

Oleh karenanya, pemerintah telah menugaskan beberapa pihak berwenang untuk mengawasi macam-macam sesar di setiap wilayah di Indonesia agar tetap diawasi pergerakannya dari waktu ke waktu.

4.Menimbulkan daratan yang terbaru

Fungsi sesar selanjutnya adalah menimbulkan daratan-daratan baru. Karena sesar yang mengalami pergerakan yang saling tabrakan di bagian lapisan kulit bumi bisa memunculkan daratan baru.

Tentu saja daratan baru tersebut bermanfaat dalam mensupport kehidupan manusia di muka bumi.  Daratan baru itu bisa dijadikan tempat mencari penghidupan maupun tempat tinggal manusia.

5.Memberikan nutrisi bagi permukaan bumi

Fungsi berikutnya dari apa itu sesar adalah memberikan nutrisi bagi permukaan bumi.  Nutrisi yang terdapat pada kerak bumi selama ini terkikis habis dan berkumpul di lautan. Namun dengan adanya gempa bumi pada sesar atau patahan akan membuat nutrisi kulit bumi akan terkumpul kembali pada permukaan bumi.

apa itu sesar

6.Mengurangi populasi penduduk

Fungsi sesar selanjutnya yang tak kalah penting adalah dapat menimbulkan jumlah penduduk yang makin banyak pada era globalisasi sekarang ini. Hal ini bisa dilihat pada gempa bumi Cianjur, Ambon, Maluku, gempa bumi Jayapura, gempa bumi Turki dll yang diakibatkan oleh pergerakan sesar.

Hal ini terkait banyak orang yang meninggal dunia akibat gempa bumi tersebut. Sehingga muka bumi agak leluasa dan tak berlebihan dalam jumlah penduduk yang terlalu padat.

Oleh sebab itu, bagi mereka yang berpengetahuan terhadap daerah rawan gempa perlu selalu waspada. Hal tersebut terutama jika didaerahnya dilingkupi oleh sesar-sesar tertentu.  Cara menghindarinya dengan berpindah ke tempat yang lebih aman dan tidak dilingkupi oleh sesar.

Itulah fungsi-fungsi sesar yang berguna bagi ilmu pengetahuan. Tapi juga berguna bagi manusia dalam menjaga kewaspadaan terhadap pergerakan sesar yang mudah menimbulkan bencana gempa bumi.

Sesar Aktif di Jawa Barat

Setidaknya terdapat 81 sesar aktif di seluruh Indonesia yang menyebar di berbagai daerah di tanah air. Sedangkan untuk daerah Jawa Barat setidaknya terdapat enam sesar aktif yang antara lain meliputi:

1.Sesar Aktif Lembang

Salah satu sesar aktif di Jawa Barat yang diprediksi akan menyebabkan terjadinya gempa bumi skala besar sewaktu-waktu di tahun mendatang adalah sesar aktif Lembang. Aktivitas apa itu sesar aktif ini terus dipantau perkembangannya oleh para ahli sampai saat ini.

2.Sesar Aktif Cimandiri

Salah satu sesar aktif yang populer beberapa tahun belakangan ini adalah sesar aktif Cimandiri. Sesar aktif ini mengakibatkan terjadinya peristiwa gempa bumi  dahsyat di Cianjur.

Mendengar gempa bumi di Cianjur mengakibatkan banyak korban jiwa meninggal dunia dan luka-luka. Secara refleks, seluruh komponen masyarakat Indonesia berbondong-bondong secara sukarela membantu para korban gempa bumi Cianjur.

3.Sesar Aktif Baribis

Sesar aktif Baribis adalah sesar aktif di Jawa Barat yang mengkaitkan dengan beberapa daerah di propinsi Indonesia lainnya.  Seperti Tangerang dan Jakarta.  Sesar aktif Baribis dikenal sebagai sesar yang memiliki patahan paling panjang di kawasan Pulau Jawa.

Adapun daerah yang dilintasi dari sesar aktif Baribis dimulai dari daerah Subang, Karawang, Purwakarta, Tangerang, Jakarta, Depok, Bekasi sampai Rangkas Bitung. Bagi mereka yang berada di jalur sesar aktif Baribis mesti berhati-hati terhadap patahannya yang dapat memicu gempa bumi sewaktu-waktu.

4.Sesar Aktif Garsela

Sesar aktif berikutnya yang terdapat di propinsi Jawa Barat adalah sesar aktif Garsela. Garsela merupakan nama singkatan dari nama Garut Selatan. Sesar aktif ini bermula dari kawasan Garut Selatan arah barat daya menuju arah timur laut Garut hingga Bandung dengan jarak 42 km.

jenis sesar

5.Sesar Aktif Citarik

Apa itu sesar aktif Citarik? Sesar ini berada di wilayah Jawa Barat yang mencakup daerah Pelabuhan Ratu, Jonggol, Bogor, Gunung Salak Pangrango hingga di kawasan Bekasi. Pergeseran dari sesar Citarik dapat memunculkan tragedi musibah gempa bumi yang potensial. BMKG terus memantau pergerakan patahan sesar aktif Citarik ini.

6.Sesar Aktif Cipamingkis

Terakhir sesar aktif yang berada di kawasan  Jawa Barat adalah Cipamingkis. Jangkauan sesar aktif ini meliputi kawasan Cianjur dan Sukabumi. Walaupun telah terjadi gempa bumi beberapa kali di sesar aktif ini, namun skalanya masih sangat kecil.

Dengan penjelasan tentang apa itu sesar, baik tentang pengertian, jenis, hingga fungsinya. Penting bagi kita untuk mengenal adanya sesar aktif di Indonesia. Hal ini agar kita sebagai anggota warga masyarakat khususnya yang berada di daerah sesar aktif mesti waspada. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang materi pelajaran ini, kalian bisa mengikuti les privat di Edumaster Privat yang telah berpengalaman bertahun-tahun.