Umum

Apa Peran Energi Listrik di Era Globalisasi Saat Ini: Pengertian dan Manfaatnya

Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini sangat penting untuk dibahas. Apa yang akan terjadi jika listri padam sehari saja? Hal ini mengingat sekarang ini kita sudah berada pada jaman globalisasi. Seiring dengan era global yang membuat setiap manusia membutuhkan energi listrik.

Penggunaan energi listrik menjadi hal lumrah pada masyarakat modern. Dahulu masih ada sebagian wilayah di Indonesia yang belum teraliri listrik. Namun sekarang ini pemakaian listrik sudah merata ke seluruh rumah tangga di seluruh wilayah di tanah air.

Penggunaan dan peran energi listrik di era globalisasi untuk berbagai keperluan manusia merupakan pemandangan yang biasa kita jumpai sehari-hari. Hal ini menandakan peran energi listrik begitu penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun untuk sumber energi listrik bisa muncul dari berbagai sumber. Seperti dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), generator, dinamo, baterai, sel surya, accumulator hingga energi nuklir.

Pada satu sisi listrik memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia terutama di jaman globalisasi. Tapi pada satu sisi lain, jika listrik tidak dipergunakan dengan bijak dan aman akan menimbulkan beberapa bahaya. Seperti kehabisan energi listrik atau terjadinya peristiwa kesetrum listrik.

Pada era globalisasi saat ini, peran energi listrik di era globalisasi telah menjadi bagian dari kebutuhan utama sekaligus gaya hidup masyarakat moderen yang sudah siap berkembang dan maju. Berbagai pekerjaan di jaman globalisasi dapat dilakukan secara mudah dan efektif serta efisien dengan kehadiran energi listrik dan pemakaian di dalamnya.

Apa Itu Energi Listrik

Pengertian energi listrik adalah suatu energi yang memiliki muatan positif dan negatif. Elektron-elektron bergerak bebas sehingga mampu menghantarkan arus listrik. Pada sumber energi listrik umumnya terdapat ujung kutub positif dan ujung negatif.

Kegunaan dan peran energi listrik di era globalisasi sangat utama. Bahkan listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia modern, selain sandang, pangan dan papan. Hal ini karena listrik pada jaman modern dan globalisasi sekarang ini sangat penting.

Setiap aktivitas manusia pada era modern tidak bisa lepas dari penggunaan energi listrik. Seperti untuk penggunaan komputer atau laptop yang memerlukan pasokan listrik. Begitu pula pada kendaraan listrik yakni sepeda motor dan mobil listrik.

Adapun sumber energi listrik bisa berbagai macam. Seperti air, angin, minyak bumi, fosil dan lain sejenisnya. Dengan ketersediaan listrik menjadikan listrik menjadi sumber energi terbarukan yang tidak akan mengalami kepunahan. Listrik adalah suatu energi pokok yang diperlukan sekali oleh semua perangkat elektronika di dalam rumah maupun kantor.

Energi listrik merupakan jenis energi yang bisa dilakukan berbagai perubahan bentuk. Berikut ini beberapa perubahan bentuk dari energi listrik, yaitu:

1.Energi listrik menjadi energi gerak

Perubahan energi listrik yang pertama adalah perubahan dari energi listrik menjadi energi gerak. Sehingga peran energi listrik di era globalisasi ini juga dapat kita jumpai pada mobil listrik maupun sepeda motor listrik dengan media baterai. Ketika listrik sudah terisi penuh dan tersimpan dalam baterai maka roda-roda pada mobil atau sepeda motor dapat bergerak.

2.Energi listrik menjadi energi panas

Perubahan kedua yang dapat dilakukan dari energi listrik adalah perubahannya menjadi energi panas. Hal ini dapat kita jumpai pada berbagai perangkat rumah tangga. Seperti kompor listrik, oven listrik, penanak nasi listrik dan setrika listrik.

3.Energi listrik menjadi energi bunyi

Terakhir, perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Perubahan ini terjadi contoh dalam bentuk televisi ataupun radio. Energi listrik yang dialirkan pada radio atau televisi mampu menghadirkan energi dalam bentuk suara. Sehingga bisa memberikan hiburan yang menyenangkan.

Manfaat Energi Listrik

Fungsi dan peran energi listrik di jaman globalisasi semakin luas. Listrik bukan hanya digunakan sebagai sumber penerangan lampu.  Tapi listrik juga dipergunakan untuk memanaskan air dalam bentuk alat pemanas air bagi kebutuhan untuk mandi.

Disamping itu, listrik juga berperan untuk mendinginkan makanan pada peralatan lemari es. Nah, berikut ini beberapa manfaat energi listrik bagi manusia, antara lain :

1.Sebagai sumber media penerangan

Manfaat dan peran energi listrik di era globalisasi adalah sebagai sumber penerangan bagi manusia.  Dengan cara bola-bola lampu dipasang dan dialiri arus listrik. Sebagai sumber penerangan melalui bohlam lampu yang bisa dipasang di dalam rumah atau kamar ataupun di luar rumah. Seperti halaman rumah.

2.Menghasilkan panas

Manfaat yang kedua dari energi listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas. Hal ini sangat berguna bagi kepentingan manusia dalam merapikan pakaian melalui bantuan setrika listrik. Setrika listrik dapat dipakai sehari-hari untuk melicinkan dan merapikan pakaian. Setrika listrik dapat berfungsi dengan baik setelah menggunakan energi listrik.

3.Menghasilkan gerak

Manfaat dan peran energi listrik di era globalisasi selanjutnya adalah sebagai penghasil gerak. Hal ini diperuntukkan bagi kipas angin elektronik. Sehingga mampu memberikan kesegaran angin bagi kita.

Selain itu, energi listrik bisa menggerakkan semua alat rumah tangga lain yang menggunakan listrik. Seperti mixer, mesin jahit listrik, mesin obras listrik, mesin cuci, blender dan alat rumah tangga lainnya.

4.Media hiburan

Peran energi listrik di era globalisasi maupun manfaatnya yang tak kalah penting adalah bisa dijadikan sebagai sarana hiburan.  Adapun sarana hiburan tersebut meliputi kamera digital, televisi, radio, playstation, laptop, komputer, dan gadget . Semua itu membutuhkan pasokan energi listrik untuk menjalankannya.

5.Media olahraga atau kesehatan

Manfaat  dari listrik berikutnya sebagai media olahraga atau meningkatkan kesehatan. Hal tersebut disebabkan ada banyak peralatan olahraga yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Sebagiannya mesti menggunakan energi listrik. Seperti treadmill. Selain itu, manfaat listrik dapat dijadikan sebagai media terapi kesehatan. Seperti pada peralatan rontgen.

Peran Energi Listrik di Era Globalisasi

Energi listrik menjadi energi yang tak tergantikan saat ini di era  globalisasi. Adapun yang menjadi satuan tegangan listrik adalah volt. Sedangkan untuk satuan aliran listrik adalah Ampere.

Untuk penggunaan listrik umumnya pada jaman modern banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk hal-hal yang berguna. Misalkan dalam mengoperasikan komputer, kulkas, menyalakan lampu dan alat-alat kantor maupun rumah tangga lainnya.

Berikut ini berbagai peran energi listrik di era globalisasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yaitu meliputi:

1.Mengoperasikan perangkat listrik

Di dapur dan rumah tangga sangat mudah bagi sesesorang untuk mendapatkan berbagai peralatan elektronik. Seperti mesin cuci, kipas listrik, AC,  televisi, radio, perangkat penerangan lampu, komputer dan lain sebagainya.

Semua perangkat elektronik atau perangkat listrik tersebut membutuhkan pasokan energi listrik untuk mengoperasikannya dengan baik.Tanpa adanya energi listrik, perangkat elektronik yang terdapat di dalam rumah tangga tersebut tidak akan berfungsi secara baik.

2.Memproduksi barang sandang atau pakaian jadi yang berharga bagi manusia

Manfaat dan peran energi listrik di era globalisasi lainnya bagi manusia adalah menghasilkan berbagai produk yang bermanfaatt bagi kebutuhan manusia. Misalkan pada mesin jahit listrik yang membutuhkan pasokan energi listrik bermanfaat dalam menghasilkan produk sandang atau pakaian jadi hasil jahitan yang rapi.

Beberapa pabrik konveksi atau garmen besar sering menggunakan perangkat mesin jahit yang lebih besar. Semua itu tentu membutuhkan pasokan energi listrik lebih besar  dalam menghasilkan produk garmen atau pakaian bermutu tinggi.

3.Membantu pekerjaan manusia lebih mudah dan efektif

Peran energi listrik di era globalisasi berikutnya adalah membantu aktifitas sehari-hari manusia. Misalkan penggunaan energi listrik untuk mengoperasikan ponsel pintar. Sehingga ponsel pintar dapat digunakan untuk keperluan menelepon dengan orang lain di seluruh dunia. Atau penggunaan energi listrik untuk menyalakan komputer. Kemudian, komputer tersebut dipergunakan untuk melakukan transaksi bisnis online dan lain sebagainya.

4.Sumber penerangan

Peran energi listrik di era globalisasi juga sangat urgen. Hal ini terkait fungsi listrik sebagai sumber penerangan. Lampu-lampu di dalam rumah maupun di luar rumah dapat menyala dengan baik berkat aliran energi listrik.

Lampu di dalam rumah sangat berguna sebagai sumber penerangan dalam memudahkan aktifitas manusia di dalam rumah tersebut. Contohnya seorang pelajar yang sedang mengerjakan PR di malam hari tentu membutuhkan energi listrik untuk menerangi kamar belajarnya. Jika dahulu penerangan dalam situasi belajar menggunakan petromak, sekarang ini penerangan lebih canggih yakni lampu.

Lampu yang terang benderang akan mendukung proses pembelajaran di rumah maupun sekolah berlangsung baik. Sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar di sekolah. Begitu juga peran energi listrik di era globalisasi yang penting bagi mahasiswa untuk menyalakan laptop dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Komputer, ponsel pintar dan perangkat komunikasi dan informasi lainnya dapat berjalan baik dengan energi listrik yang menghidupkannya. Perangkat elektronik yang dipergunakan tersebut pada era globalisasi umumnya dipergunakan untuk kebutuhan komunikasi. Seperti transaksi bisnis online maupun belanja daring yang semua itu membutuhkan pasokan listrik untuk menjalankannya.

5.Penggerak alat transportasi

Hampir mustahil pada era sekarang ini energi listrik tidak dibutuhkan lagi oleh manusia. Justru beberapa perangkat atau mesin skala besar khususnya alat transportasi yang asalnya menggunakan bahan bakar minyak bumi berubah menjadi menggunakan energi listrik. Seperti pada benda sepeda motor listrik ataupun mobil listrik yang sekarang menggunakan listrik untuk mengoperasikannya.

Kesimpulan

Peran energi listrik di era globalisasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia sekarang ini. Berbagai perangkat modern yang dimiliki oleh manusia tidak lepas dari penggunaan listrik untuk berjalan secara baik. Seperti pada media hiburan televisi, radio, mesin industri, alat dan perlengkapan kantor, alat dan peralatan rumah tangga. Semua itu memerlukan energi listrik untuk  mengoperasikannya.

Penggunaan energi listrik merambah ke sektor yang lebih besar lainnya. Misalkan pada kereta api listrik, mobil listrik, memasak, memanaskan dan penerangan umum di jalan raya.

Adapun yang menjadi sumber pembuatan bahan baku energi listrik bisa berasal dari berbagai media. Contohnya matahari, nuklir, panas bumi, angin, batu bara, minyak dan air. Semua itu tersedia lengkap di Indonesia yang kaya terhadap sumber daya alam tersebut.

Peran energi listrik di era globalisasi ini dapat meliputi berbagai aspek kehidupan pada manusia.Seperti  perannya bagi kebutuhan rumah tangga maupun perkantoran. Untuk pekerjaan sehari-hari di dalam rumah tangga peranan listrik sangat besar. Misalkan dalam mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Sedangkan merapikan pakaian menggunakan setrika. Semua peralatan rumah tangga tersebut memerlukan energi listrik.Sedangkan untuk keperluan kantor, energi listtik dipergunakan untuk menyalakan printer, komputer dan laptop.

Dengan demikian, baik perangkat elektronik atau perangkat listrik di dalam rumah tangga maupun di perkantoran mayoritas membutuhkan listrik. Karena mesti menggunakan energi listrik untuk menjalankan perangkat elektronik tersebut.

Adapun peran energi listrik di era globalisasi saat ini yang mengalir ke setiap rumah atau kantor bermula dari pembangkit tenaga listrik. Pembangkit tenaga listrik pun bermacam-macam. Ada pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) hingga pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Bagi para pelajar yang ingin memperdalam materi pelajaran ini penting mengikuti les privat SMA yang ada.

Yusuf C

Recent Posts

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar Sebelum Ujian

Cara mengatasi stress saat belajar merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan siswa saat ini.…

20 jam ago

Panduan Mengenal Sekolah untuk Nakhoda yang Tepat

Sekolah untuk Nakhoda merupakan tiga kata yang mungkin saja terdengar asing di telinga kalian. Tahukah…

3 hari ago

Mengenal Taman Kanak-Kanak Luar Biasa

Taman kanak-kanak luar biasa adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan berkembang…

3 hari ago

Mengenal Sekolah Dasar Luar Biasa untuk Mengembangkan Potensi Anak

Sekolah dasar luar biasa merupakan sebuah tempat di mana anak-anak istimewa dapat belajar dan tumbuh…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ABK

Peran penting shadow teacher ABK terhadap anak berkebutuhan khusus yang memerlukan dorongan khusus untuk mencapai…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ADHD

Sebelum membahas shadow teacher ADHD, anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) banyak tantangan yang…

4 hari ago