Hobi

Background Anak Sekolah yang Mengaji Ternyata Sangat Membantu Proses Belajar

Sebagai orangtua Anda tidak hanya wajib menjamin pendidikan anak saja, melainkan juga harus mengajarkannya tentang wawasan agama seperti mengaji. hal ini akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat untuk anak dalam menjalani kehidupannya sehari-hari baik sekarang maupun nanti ketika sudah dewasa.  Namun jika Anda tidak terlalu yakin dengan kemampuan perihal ini maka Les Privat mengaji dari Edumaster dapat menjadi solusinya, karena selain menyediakan background anak sekolah mengaji yang paling disukai anak, para pembimbingnya pun dapat diandalkan.

Kegunaan Background Mengaji untuk Si Kecil

  • Memberikan kenyamanan pada anak

Ketika Anda ingin mengajari anak mengaji maka langkah pertama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Dimana pengaruhnya sangatlah besar jika perasaan ini muncul pada diri si kecil. Lalu bagaimana cara untuk memberikan kenyamanan itu?. Sebenarnya ada sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan.

Selain ruangan yang bersih, harum, senyap, tidak pengap Anda juga bisa menambahkan background mengaji pada dinding-dinding tempat yang digunakan untuk melangsungkan pembelajaran. Anda dapat mengkombinasikannya dengan gambar lain yang berkaitan dengan materi supaya lebih artistik.

  • Tidak membosankan

Mengarahkan mood anak bukanlah hal yang mudah untuk dicoba, karena pemikirannya masih sangat rentan sehingga sering berubah-ubah. Untuk itu Anda sebagai orangtuanya tidak perlu memaksakan kehendak jika anak sudah mulai bosan untuk meneruskan pembelajarannya mengaji.

Akan tetapi supaya dapat diminimalisirkan Anda dapat memberikan sentuhan dengan selipan background anak mengaji di sudut ruangan ataupun meja untuknya meletakkan buku mengajinya. Dengan begitu tentunya anak akan merasakan enjoy dan tidak mudah bosan karena sekali-kali dapat melirik gambar yang berada di sekitarnya.

  • Menumbuhkan semangat dan motivasi

Kegunaan dari gambar mengaji background yang paling utama adalah menumbuhkan semangat dan motivasi dari anak Anda dalam mengenyam ilmu agama. Perlu Anda tahu bahwa usaha ini juga dilakukan oleh les privat Edumaster yang terkenal itu.

Karena apa? Pihak pembimbing dan pengelola tahu bahwa perlu ada dorongan untuk si kecil supaya mau mengikuti ajaran mengaji dengan baik dan benar. Oleh karenanya sangat tak heran apabila anak-anak lulusan dari tempat tersebut memiliki kemampuan dan kelihaian dalam materi yang sudah dipelajarinya ketika bimbel dahulu.

Untuk itu hal ini tentunya juga perlu mendapatkan perhatian lebih dari pihak orangtunya. Karena proses belajar yang baik itu bukan bagaimana anak mampu menyelesaikan setiap tes yang diberikan, namun tentang cara terbaik agar anak dapat menumbuhkan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan membenahi kesalahannya dalam mengaji.

  • Menjadi media untuk contoh

Pernahkah Anda berpikir bahwa background mengaji memiliki kegunaan berbeda selain sebagai penghias saja?. Memang benar adanya karena gambar-gambar yang berhasil ditempel baik dalam dinding ruangan ataupun benda-benda lainnya dapat menjadi media untuk contoh.

Misalnya saja ketika anak belajar mengaji dengan Anda di rumah dan tiba-tiba tidak lagi menghiraukan karena rasa malas menyerang. Tak perlu marah dan cobalah memberikan pengertian dengan menggunakan media background. Dengan perlahan anak akan mengerti dan membuatnya bersemangat lagi untuk terus belajar mengaji dengan Anda.

  • Menciptakan suasana yang lebih hidup

Menciptakan suasana yang lebih hidup dalam ruangan belajar mengaji dapat Anda lakukan dengan menyiapkan background mengaji  islami. Selain itu melengkapinya bersama hiasan seperti bunga atau pohon juga dapat memberikan rasa sejuk dan nyaman saat berada di dalamnya. Tentu saja si kecil pun akan mudah beradaptasi dan menyukainya, sehingga proses mengaji pun siap diberlangsungkan.

  • Dapat menarik perhatian si kecil

Memiliki keluhan anak sering hilang konsentrasi saat belajar mengaji?. Jangan panik, dan Anda dapat melakukan cara yang efektif satu ini yaitu memasang gambar kartun mengaji di alas untuknya belajar. Jadi nantinya ketika anak mulai tengak-tengok perlihatkan background tersebut.

Cara Memilih Background Kartun Mengaji

  • Gambar tidak terlalu penuh

Maksud dari tips memilih background kartun mengaji dengan gambar tidak terlalu penuh adalah tokoh yang ada hanyalah satu sampai 3 orang saja. Hal ini dimaksudkan supaya anak tidak bingung dalam mengamatinya dan malah terkesan cuek karena banyak kartun di dalamnya.

Sekalipun anak memiliki sifat yang sangat menyukai bermacam-macam jenis kartun dan animasi namun akan mudah merasa bosan dan jenuh jika harus berlama-lama menatapnya. Apalagi jika gambarnya sesak.

  • Perpaduan Warnanya rapi

Untuk memperoleh background kartun mengaji yang baik dan berkualitas maka sebaiknya Anda memilih yang perpaduan warnanya rapi. Sehingga gambar tersebut akan tampak lebih menarik dan kreatif. Inilah yang nantinya menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak agar lebih aktif lagi dalam belajar mengaji.

  • Konsep utamanya tentang mengaji

Dikarenakan Anda akan memberikan pengetahuan anak tentang ilmu mengaji maka konsep pada background yang dipasang juga tidak boleh melenceng dari hal tersebut. Sehingga bukannya membuat si kecil termotivasi malah terpikirkan untuk bermain di ruangan tersebut.

  • Pilih tokoh yang mencerminkan anak-anak

Biasanya background dengan tema mengaji banyak yang menggunakan pula tokoh-tokoh kartun dewasa sebagai pengisi gambarnya. Oleh sebab itu Anda harus teliti disini jangan sampai membeli gambar yang tidak sesuai dengan kriteria anak-anak. Silahkan pilih yang menggunakan animasi anak kecil karena yang diajar adalah anak-anak. 

Aplikasi Belajar Agama dengan Background Anak Mengaji Terbaik

  • Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital Lengkap merupakan aplikasi yang berisikan tentang huruf-huruf hijaiyah yang sangat membantu Anda dalam mengajarkan anak untuk mengaji. Isinya tidak jauh berbeda dengan buku aslinya, karena ada pembagian jilid satu sampai enam yang dapat dipelajari.

Menariknya lagi dalam aplikasi ini terdapat background anak mengaji yang sangat keren sehingga membuat si kecil tidak akan bosan saat menatapnya. Sangking lengkap dan canggihnya sudah ada 100 ribu lebih orang yang mengunduhnya lewat Play Store.

  • Learning Basic of Al-Qur’an

Mau mencari aplikasi dengan tampilan mengaji background yang sangat menawan, maka jawaban untuk Anda adalah Learning Basic of Al-Qur’an. Materi yang ada di dalamnya juga sangat lengkap seperti ilmu Tajwid, huruf-huruf Hijaiyah, Harokat, dan lain sebagainya. Bahkan fitur juz amma pun juga ada sehingga membantu anak untuk menghafal surat-surat pendek.

Baca juga: Belajar mengaji dan Caranya Untuk Anak

  • Marbel Learns Quran for Kids

Untuk aplikasi yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda dari lainnya. Bagaimana tidak, fitur yang terdapat di dalamnya tidak hanya memberikan materi mengaji saja untuk anak, melainkan juga dapat digunakan untuk bermain. Selain itu background yang ditayangkan juga kreatif sehingga anak-anak pun akan semakin semangat untuk belajarnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai background mengaji yang sangat penting keberadaannya untuk menunjang pembelajaran anak. Bukan menjadi hal umum lagi jika memberikan yang terbaik bagi anak menjadi kewajiban Anda. Salah satunya dengan menyiapkan gambar-gambar tersebut supaya si kecil tidaklah mengeluh dan merasa tertekan ketika Anda ajak untuk belajar.

Les Privat

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

26 menit ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

6 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago