Umum

Bagaimana Upaya Menjaga Identitas Bangsa Indonesia Dari Ancaman Globalisasi?

Bagaimana upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering diungkapkan orang pada jaman globalisasi saat ini. Apalagi globalisasi yang sedang melanda dunia dan bangsa Indonesia perlu disikapi dengan baik.

Hal ini karena globalisasi bisa memberikan dampak negatif dan dampak poistif. Tentu jangan sampai era globalisasi sekarang ini pengaruhnya memberikan dampak negatif bagi bangsa dan negara kita.

Dampak buruk atau negatif yang bisa didapatkan dari era globalisasi adalah dari segi identitas bangsa dan negara  Indonesia yang bisa menjadi luntur. Sehingga bangsa Indonesia kehilangan identitas atau jati dirinya sebagai bangsa yang  maju dan beradab di mata dunia internasional atau global.

Bagaimana Sikap Kita Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi?

Globalisasi menjadi hal yang sangat menakutkan bagi setiap orang yang tidak mampu bersaing dan kompeten pada jaman ini. Namun pada satu sisi yang lain, bagi orang yang jeli, globalisasi merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan hasil terbaik atas segala bidang.

Sebelum membahas bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi, berikut ini beberapa hal mengenai bagaimana sikap kita dalam menghadapi tantangan globalisasi, antara lain :

1.Tidak menutup diri

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghadapi globalisasi adalah menganggapnya sebagai tantangan jaman untuk mendapatkan segala hal terbaik. Dengan demikian, seseorang tidak menutup diri atas era globalisasi yang sudah ada di depan mata. Justru ada dampak positif globalisasi sebagai alat untuk mengembangkan diri yang lebih baik dalam pentas global atau internasional.

2.Bekerja sama dengan orang lain

Globalisasi membuat segalanya berkembang cepat dan dinamis. Pada satu sisi globalisasi ditandai dengan pertukaran budaya yang tinggi. Seseorang bisa belajar terhadap budaya lain. Khususnya budaya asing yang masuk ke suatu negara dengan kualitas lebih baik dari segi pemikiran dan rasionalitas.

Oleh sebab itu, untuk mengambil manfaat dari globalisasi maka seseorang bisa bekerjasama dengan orang lain di belahan bumi dalam menciptakan kondisi masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Terutama bekerja sama dalam perdagangan dan pemenuhan kebutuhan hidup mendasar sehari-hari.

3.Seleksi budaya

Dengan adanya era globalisasi maka setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia begitu mudahnya. Namun semua itu tak dapat diterima langsung sepenuhnya. Karena budaya asing tersebut terkadang berlawanan dengan nilai sosial di masyarakat Indonesia.

Nah, upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi maupun sikap yang harus dilakukan dalam menghadapi era global adalah melakukan penyaringan terhadap budaya yang datang. Karena sangat mudah budaya asing mempengaruhi seseorang atau kelompok secara global. Tanpa saringan budaya yang ketat hanya akan berefek buruk pada individu tersebut.

Hal ini karena tidak selamanya budaya asing yang masuk bersifat baik. Bahkan beberapa diantaranya bertentangan dengan hukum agama dan norma sosial di masyarakat Indonesia.

4.Memperkenalkan budaya asli Indonesia

Bagaimana sikap kita dalam menghadapi tantangan globalisasi selanjutnya adalah dengan bersikap percaya diri dalam menampilkan budaya-budaya asli Indonesia ke dunia internasional. Seperti budaya ramah tamah, murah senyum, menyukai kedatangan tamu, suka suasana alami, suka penyembuhan tradisional dan lain-lain.

Karena selama ini budaya asli Indonesia mempunyai keunggulan dari budaya asing. Sekaligus jadi pembuktian bahwa kebudayaan asli Indonesia tidak kalah dengan budaya dari negara maju sekalipun.

5.Melestarikan budaya Indonesia dan mendaftarkannya ke dunia

Arus globalisasi yang menyelimuti seluruh dunia berdampak pada budaya setiap negara seringkali bercampur dan berbaur dengan budaya bangsa lain. Disinilah pentingnya bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi. Masyarakat kita perlu menjaga dan mempertahankan budaya asli Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah selanjutnya mendaftarkan diri kepada lembaga terkait di dunia  terhadap budaya asli Indonesia. Hal ini sangat  berguna agar budaya asli Indonesia tidak diklaim oleh negara lain.

6.Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Menghadapi era globalisasi akan penuh tantangan yang akan dihadapi oleh setiap orang. Perubahan sosial budaya ini bukan hanya tantangan dalam peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. Tapi juga tantangan tersebut terutama dari segi akhlak atau moral. Oleh sebab itu, untuk menjaga moral dan akhlak yang baik di era globalisasi perlu dilakukan pendekatan kepada Tuhan. Salah satu caranya dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt.

7.Mengutamakan produk lokal

Langkah terakhir, bagaimana upaya menjaga identitas bangsa indonesia dari ancaman globalisasi adalah dengan selalu mengutamakan membeli produk-produk dalam negeri. Karena hal ini lebih memberdayakan pengusaha lokal ketimbang membeli produk luar negeri.

Setelah membahas tentang upaya –upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi beserta cara menyikapi globalisasi semua itu belum cukup. Karena ada aspek penting yang lainnya. Salah satunya perlu dibahas tentang cara mengatasi atau mencegah dampak negatif globalisasi terhadap identitas nasional.

Bagaimana Upaya Menjaga Identitas Bangsa Indonesia Dari Ancaman Globalisasi?

Tahukah kamu bagaimana upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi? Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga identitas bangsa dari ancaman globalisasi, yaitu:

1.Memakai bahasa daerah secara baik dan benar

Salah satu ciri dari identitas bangsa Indonesia adalah dari sifatnya yang sangat majemuk dari segi bahasa daerah. Setiap daerah atau suku mempunyai bahasa daerahnya masing-masing. Karena itu upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi yang paling mudah adalah menjaga bahasa daerah secara baik.

Salah satu caranya dengan menggunakan bahasa daerah setiap hari dalam lingkungan keluarga secara baik dan benar. Sehingga setiap anggota keluarga tidak asing lagi dengan bahasa daerahnya masing-masing.

2.Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Indonesia. Sehingga bahasa Indonesia mesti dijaga dan dilestarikan. Salah satu caranya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari di rumah, kantor maupun sekolah.

3.Mencintai budaya Indonesia dan melestarikannya

Upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi selanjutnya adalah dengan mencintai dan melestarikan budaya-budaya Indonesia yang luhur. Seperti gotong royong, musyawarah untuk mufakat dalam setiap penyelesaian masalah dan lain sebagainya.

4.Mengutamakan membeli produk-produk buatan asli Indonesia

Ditengah jaman globalisasi saat ini sangat mudah ditemukan produk-produk asing buatan luar negeri yang membanjiri pasar Indonesia. Namun bukan berarti produk buatan asing itu lebih baik dari produk asli buatan negara Indonesia. Bahkan tak jarang kualitas produk asli buatan Indonesia kualitasnya lebih  bagus dari produk asing tersebut.

Oleh karena itu, sebagai bentuk upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi adalah senantiasa lebih mengutamakan dalam membeli produk-produk asli Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi penduduk asli Indonesia sekaligus menjaga identitas bangsa Indonesia di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

5.Membuat kreasi dari hasil bumi Indonesia

Cara dan upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi selanjutnya adalah bersikap kreatif dalam membuat berbagai macam kreasi dari hasil bumi asli Indonesia. Seperti membuat aneka kerajinan tangan dari kayu jati atau hasil hutan Indonesia.

6.Menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

Upaya berikutnya dalam menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi adalah dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karena Pancasila merupakan pandangan dan identitas bangsa Indonesia.

7.Rasa bangga terhadap negara Indonesia

Terakhir, bagaimana upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi adalah dengan mempunyai rasa bangga dan cinta terhadap tanah air Indonesia. Yang meliputi rasa bangga menjadi warga negara Indonesia, rasa bangga menggunakan bahasa Indonesia dalam ruang lingkup lokal sampai tingkat daerah dan regional.

Bangga bukan hanya negara  Indonesia yang memiliki wilayah yang besar. Tapi juga sangat kaya terhadap kekayaan alam tak berwujud fisik. Seperti adat istiadat, bahasa, suku, budaya, dan nilai sosial yang luhur.

Itulah bagaimana upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi yang terbukti efektif dan dapat kita lakukan. Sekuat apapun budaya asing yang masuk dalam era globalisasi maka bangsa kita akan tetap terjaga identitasnya.  Bangsa Indonesia tidak akan luntur terhadap jati dirinya sebagai bangsa besar dan beradab serta berbudaya.

Bagaimana Cara Mencegah Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Identitas Nasional?

Berikut ini cara mencegah dampak negatif globalisasi dan upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi yang bis akita lakukan.

1.Memaksimalkan potensi dalam negeri

Era globalisasi adalah jaman seluruh negara saling bergantung kepada negara lainnya di seluruh dunia. Misalkan negara miskin sangat bergantung dengan negara yang maju terhadap modal dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu juga pada bidang lainnya. Seperti bidang pertanian. Negara yang kekurangan sumber pertanian atau bahan pangan sangat bergantung dengan negara yang kaya akan hasil pertaniannya.

Untuk mencegah dampak negatif modernisasi dan globalisasi serta upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi maka negara kita harus berdikari. Dalam arti, Indonesia harus mampu mandiri dalam memenuhi segala kebutuhannya. Seperti kebutuhan terhadap teknologi, hasil pertanian dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membuat identitas bangsa Indonesia terjaga dengan baik. Bahkan identitas bangsa dan negara  Indonesia akan sangat dihormati oleh seluruh masyarakat dunia.

2.Menggunakan produk dalam negeri

Produk luar negeri yang membanjiri pasar nasional merupakan  efek dari arus globalisasi. Namun hal tersebut bisa mengancam identitas nasional. Karena dari produk luar negeri tersebut tentu membawa budaya masing-masing yang seringkali berlawanan dengan budaya masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, untuk mencegah dampak negatif globalisasi terkait identitas nasional maka seseorang perlu mencintai dan menggunakan produk-produk asli dalam negeri.  Karena sesuai dengan identitas bangsa Indonesia. Disinilahg pentingnya melakukan kampanye dengan poster globalisasi.

3.Memprioritaskan kemajuan bidang ekonomi

Selanjutnya cara mencegah dampak negatif globalisasi terhadap identitas nasional adalah mengutamakan pembangunan pada bidang ekonomi. Karena ini sangat penting untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa dan negara Indonesia. Indonesia tidak bergantung lagi pada negara manapun dalam pemenuhan kebutuhannya.  Sehingga identitas nasional dapat terjaga dengan baik.

Bagaimana Cara Mempertahankan Identitas Nasional di Era Globalisasi?

Lantas bagaimana cara mempertahankan identitas nasional di era globalisasi? Berikut ini sejumlah cara yang bis akita lakukan, yaitu meliputi:

1.Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat setempat akan membuat ciri khas atau identitas nasional terjaga dengan baik. Ini juga merupakan upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi.

Begitu juga pada waktu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat dunia internasional akan membuat banyak orang di luar negeri tertarik terhadap budaya Indonesia yang luhur. Sehingga banyak diantaranya yang tertarik belajar tentang Pancasila.

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia sekaligus kebudayaan asli Indonesia yang bersumber dari beragam nilai-nilai luhur penduduk asli Indonesia. Dengan keluhuran budaya nasional yang terangkum dalam Pancasila membuat bangsa-bangsa lain di seluruh dunia sangat tertarik untuk menerapkan konsep budaya Indonesia yang tercantum dalam Pancasila.

2.Memprioritaskan kepentingan bersama dalam rangka persatuan nasional

Cara upaya mempertahankan atau menjaga identitas bangsa Indonesia secara nasional dari ancaman era globalisasi selanjutnya adalah dengan memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara di atas segala kepentingan pribadi atau golongan. Namun semua itu tentu disertai dengan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara Indonesia dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian artikel tentang bagaimana upaya menjaga identitas bangsa Indonesia dari ancaman globalisasi yang penting kalian tahu dan lakukan. Menjaga dan mempertahankan identitas nasional sangat penting dalam pergaulan dunia. Untuk Anda yang membutuhkan layanan les privat untuk putra-putri, Edumaster Privat bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

11 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago