Mengenal bahaya televisi berguna untuk membuat kita waspada. Terlebih jika ada anak-anak di rumah. Sehingga kita akan bersikap bijak dalam menghadapi televisi. Seperti tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk nonton tivi atau tidak terlalu dekat menonton televisi. Karena ada banyak dampak buruk menikmati TV secara berlebihan.

Televisi adalah perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Bahkan beberapa kalangan seperti anak-anak sangat mengenal betul terhadap televisi. Hingga mereka tidak bisa lepas dari menonton televisi.

Televisi menjadi suatu perangkat teknologi yang saat ini terus mengalami perkembangan jaman. Dari mulai televisi tabung sampai ke televisi layar datar yang tak banyak menghabiskan banyak tempat dan ruang.

Namun di tengah perkembangan jaman yang maju pesat dengan hadirnya berbagai jenis dan merk televisi terbaru yang mutakhir membuat penjualan televisi terbaru laris manis. Seiring itu merebak lahirnya dampak televisi yang bermanfaat sebagai media informasi dan hiburan. Di setiap rumah dipasang televisi. Akan tetapi bersamaan dengan itu terdapat dampak negatif atas kehadiran televisi.

bahaya menonton televisi

Dalam mengisi waktu luang maka ada berbagai cara yang sering dilakukan orang. Yang paling populer adalah menonton televisi. Beberapa orang bisa sepanjang waktu menonton televisi tanpa lelah. Apalagi menonton tivi di waktu sedang libur sekolah atau bekerja maka seharian penuh bisa dihabiskan orang untuk nonton tivi di rumah.

Menonton televisi menjadi suatu pemandangan yang tak aneh lagi di jaman sekarang. Popularitasnya hampir sama dengan popularitas penggunaan gadget di kalangan anak-anak.

Sama seperti gadget, menonton tivi bisa menjadi kecanduan dan merusak penglihatan. Selain itu, ada banyak lagi dampak negatif dari bahaya televisi. Anda perlu memahaminya agar bisa terhindar dari dampak buruk dari televisi.

Bahaya Televisi

Siapa sih yang suka nonton televisi? Pasti setiap orang umumnya menyukai kegiatan nonton televisi. Apalagi nonton tivi bareng dengan teman, pacar atau pasangan hidup.

Ditambah lagi acara tivi yang ditonton sangat seru dan menghibur. Ketika nonton tivi banyak aktifitas lain yang menyertainya. Seperti ngemil. Sangat dinilai berbahaya kegiatan nonton tivi disertai ngemil karena akan membuat penumpukan lemak pada tubuh.

bahaya televisi

Dari sinilah, seseorang dapat memahami dampak buruk televisi yang bisa membuat badan seseorang mengalami obesitas atau kegemukan. Karena menonton tivi adalah sebuah perbuatan pasif yang hanya berdiam diri. Sehingga lemak atau kalori dalam tubuh tidak terbakar.

Apa Bahaya Televisi?

Dengan diuraikan sangat jelas mungkin anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang bahaya menonton televisi. Namun ada banyak lagi dari bahaya banyak nonton tivi.

Lantas apa bahaya televisi? Berikut ini beberapa bentuk bahaya nonton televisi secara berlebihan.

1.Meningkatkan kebodohan

Salah satu bahaya banyak menonton tivi akan membuat anda akan lebih banyak nonton tivi ketimbang belajar. Hal tersebut akan berakibat anda akan mendapatkan nilai-nilai yang buruk ketika ujian. Anda akan jauh tertinggal dari segi kepintaran. Karena lebih banyak nonton tivi sedangkan teman-teman anda memilih belajar.

2.Meningkatkan resiko penyakit

Meningkatkan resiko terjangkit penyakit kolesterol, diabetes, kegemukan, osteoporosis, stroke, jantung dll.

3.Merusak kesehatan psikis

Sedangkan dari segi kesehatan psikis akan membuat seorang anak akan malas belajar, anak akan sulit berkonsentrasi atau fokus. Hal tetsebut membuat sang anak mudah mengalami stres hingga depresi.

4.Suka meniru hal buruk

Hal yang berbahaya bagi anak selanjutnya dari televisi adalah bisa memicu anak melakukan perbuatan dan perkataan yang tak baik dari apa yang ditontonnya di televisi.

apa bahaya televisi

Di sinilah peran penting orangtua dalam mengawasi anak dalam menonton film tentang ayah dan anak atau yang bermanfaat di televisi. Kalau orangtua tidak bisa mengawasi anak dengan baik dan anak suka meniru hal buruk seperti di tayangan televisi maka menaruh tivi di kamar tidur anak bisa dibatalkan.

5.Menciptakan pribadi anti sosial

Menyimpan televisi di kamar anak dapat menimbulkan pribadi anti sosial pada anak. Anak akan kurang bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Karena waktu anak hanya dihabiskan di kamar tidur dengan menonton televisi.

6.Menimbulkan penyakit diabetes

Salah satu bahaya televisi adalah bisa menyebabkan penyakit diabetes. Karena banyak menonton televisi menurut penelitian terbukti dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes pada seseorang. Dengan menonton tivi maka tubuh tidak bergerak.

Kalori tidak terbakar dengan baik di dalam tubuh. Justeru yang terjadi penumpukan glukosa, lemak dan kalori yang menimbulkan penyakit diabetes, penyakit kardiovaskuler dan kolesterol. Tentu semua penyakit tersebut dapat mengancam jiwa penderitanya.

7.Insomnia

Berikutnya bahaya sering nonton televisi bisa membuat anda terkena insomnia. Anda begadang atau anda terlalu malam nonton televisi hingga di pagi hari saat anda akan bersekolah atau akan bekerja menjadi ngantuk. Namun ketika malam hari, anda mengalami susah tidur atau Insomnia.

Itulah apa bahaya televisi yang perlu orang tua tahu. Bahkan ada yang lebih berbahaya lagi dari sering nonton televisi. Salah satunya bisa mempersingkat umur seseorang. Kematian seseorang akan lebih cepat dengan sering nonton tivi.

Bahaya Televisi di Kamar Anak

Salah satu fenomena yang sering kita lihat sekarang ini adalah setiap kamar tidur memiliki televisi sendiri. Hal tersebut menjadi perdebatan di sebagian orang tua. Apakah baik atau tidak memberikan anak sebuah televisi di kamar tidurnya?

Oleh sebab itu, berikut ini sejumlah bahaya televisi di kamar anak yang perlu menjadi perhatian para orang tua.

1.Mengganggu kesehatan mata

Salah satu bahaya terbesar menyimpan televisi di kamar anak adalah akan membuat anak kecanduan menonton tivi. Mereka bisa sepanjang waktu menonton televisi. Adapun jarak tonton sang anak sering dekat sekali dengan layar televisi. Hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada mata anak.

2.Kegemukan

Ada banyak alasan dan motif orangtua dalam memberikan kamar tidur anaknya dengan satu unit televisi. Yang paling umum adalah agar membuat sang anak betah di rumah. Namun memberikan tivi pada anak juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anak.

Disamping mengancam kerusakan pada organ mata juga bisa meningkatkan resiko terkena kegemukan atau obesitas. Dengan kegemukan pada anak akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya pada anak.

bahaya televisi di kamar anak

3.Mudah stres

Sang anak yang setiap hari menonton tivi di kamarnya hingga kegemukan akan menimbulkan perasaan rendah diri. Ia  merasa tubuhnya gendut dan jelek. Sehingga dari hal tersebut sang anak gampang stres. Ditambah lagi anak kurang olahraga dan bersosialisasi dengan orang lain.

4.Lupa belajar dan lupa tidur

Hal berikutnya dari bahaya televisi di kamar anak adalah bisa membuat anak lupa belajar. Hal tersebut karena keasyikan menonton film yang menjadi favoritnya. Kemudian anak juga akan lupa terhadap tidur siang atau tidur malamnya. Sehingga pada waktu pagi akan berangkat sekolah seringkali sang anak merasa lesu dan malas untuk sekolah.

Apa Hal-hal Yang Perlu Diperhartikan Dalam Menggunakan Televisi?

Menyikapi bahaya-bahaya dari menonton televisi yang sangat besar bagi anak maka orangtua dan anak-anak harus bersikap bijak dalam menggunakan televisi. Berikut ini apa hal-hal yang perlu diperhartikan dalam menggunakan televisi yang juga perlu kita perhatikan.

1.Peringatkan mengenai aturan jam menonton anak dalam waktu tertentu

Sang anak yang menonton tivi yang berlebihan atau terus menerus sepanjang hari tentu tidak menyehatkan anak. Oleh sebab itu, orang tua bisa memberikan batasan jam nonton tivi pada anak. Misalkan anak diperbolehkan menonton tivi hanya setengah jam. Hal tersebut untuk mencegah sikap berlebihan pada anak dalam nonton tivi.

apa hal-hal yang perlu diperhartikan dalam menggunakan televisi

Cara lain untuk mencegah bahaya televisi adalah orang tua bisa memberikan jam-jam tertentu sang anak diperbolehkan untuk menonton dengan acara TV tertentu yang sesuai dengan usia anak. Pastikan anak mengikuti peraturan yang dibuat oleh anda demi kebaikan anak.

2.Penentuan tayangan tivi

Beberapa acara tivi diperuntukkan bagi kalangan remaja dan dewasa. Sehingga tidak diperbolehkan untuk ditonton oleh anak-anak. Sang anak merupakan pribadi meniru yang suka meniru apa yang ia lihat dan tonton di tivi.

Lantas apa hal-hal yang perlu diperhartikan dalam menggunakan televisi? Jika konten tayangan tivi itu kurang baik bagi kalangan anak-anak maka anda bisa memperingatkan anak dan mengalihkan pada program tayangan tivi yang sesuai dengan umur anak, seperti menonton film kartun yang mendidik.

3.Nonton tivi dengan anak

Dalam menggunakan televisi maka ketika anak sedang menonton tivi sendirian di kamarnya maka sebaiknya orangtua segera bergegas mendampingi anak. Hal tersebut untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak. Misalkan konten yang dewasa yang tak sesuai usia anak ditonton oleh anak.

dampak buruk televisi

Orang tua dapat melakukan pencegahan bahaya televisi, memberikan bimbingan dan pengarahan pada anak saat anak sedang nonton tivi sendirian dan memastikan sang anak menonton tayangan tivi sesuai usianya. Beberapa tayangan tivi yang cocok untuk usia anak-anak adalah film kartun edukasi Upin Ipin buatan Malaysia atau Adit Sopo Jarwo buatan dalam negeri.