Umum

Belajar Coding Untuk Anak dan Manfaatnya

Belajar coding untuk anak merupakan hal yang perlu dilakukan pada seorang anak. Ada banyak manfaat yang diperoleh anak dari kegiatan tersebut. Terlebih pada era digital saat ini. Pada saat menguasai coding maka anak akan terbiasa menangani hal-hal yang rumit dan dapat menuntaskan setiap permasalahan yang ada secara tepat dan inovatif.

Belajar coding berarti belajar melakukan penulisan bahasa pemrograman. Bagi sebagian orang teramat sulit belajar bahasa kode pemrograman. Namun bagi sebagian yang lain sangat mudah. Hal tersebut dengan banyaknya sumber referensi saat ini untuk belajar bahasa pemograman ini. Dari level pemula sampai tingkat mahir. Bagi anda yang ingin menguasai bahasa pemograman dapat dimulai sejak dini dari tingkat dasar.

Keterampilan seseorang dalam menguasai bahasa coding tidak sama. Semua itu melalui proses pengalaman dan proses belajar yang berbeda-beda tingkatan satu sama lain. Namun saat ini seiring perkembangan jaman, keterampilan coding atau menulis bahasa pemograman semakin dibutuhkan oleh dunia usaha dan kerja. Beberapa perusahaan menawarkan gaji besar untuk posisi programmer yang menguasai bahasa digital secara baik.

Diantara banyak posisi lowongan kerja  yang saat ini paling banyak dibutuhkan orang adalah programmer. Gaji yang tinggi dan fasilitas menarik menjadi hal yang paling banyak ditawarkan bagi mereka yang mampu atau menguasai  bahasa pemograman.

Dengan keterampilan menguasai bahasa pemograman maka seseorang dapat membuat sesuatu aplikasi ataupun situs maupun website yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang atau dunia usaha. Tanpa kemampuan bahasa coding sangat sulit bagi seseorang untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi orangtua mengajarkan bahasa coding untuk anak saat ini sebagai bekal di masa depan.

Belajar Coding Untuk Anak

Belajar adalah suatu kegiatan manusia yang harus  terus menerus dilakukan oleh manusia sepanjang masa. Namun disaat perkembangan teknologi yang kian canggih menuntut seseorang untuk bisa mengenal dan lebih bagus lagi menguasai bahasa pemograman. Disebabkan semua benda yang di sekitar anda dalam masa depan akan dilengkapi teknologi canggih dengan bahasa pemograman.

Tuntutan jaman membuat seseorang mesti belajar bahasa coding. Belajar coding untuk anak tidak serumit untuk kalangan dewasa yang mahir. Materi coding untuk anak lebih  mudah dipahami. Saat ini terdapat sarana belajar bahasa pemrograman ini untuk anak. Seperti melalui aplikasi maupun sumber refensi dari blog atau video youtube.

Belajar coding diperuntukkan bagi mereka yang tertarik dengan bahasa pemograman. Seperti pemograman di android. Mereka bisa belajar coding dari nol hingga mahir ataupun belajar programming secara otodidak. Beberapa lembaga atau situs menawarkan jasa  kursus privat belajar bahasa pemrograman untuk anak. Untuk biaya belajar coding untuk anak ada yang gratis, murah, hingga yang mahal.

Diantara banyak peluang kerja di masa depan yang menjanjikan salah satunya adalah programmer yang menguasai ketrampilan anak pada komputer. Profesi ini sangat sulit bagi sebagian orang. Namun begitu sangat prospektif di masa depan. Melihat prospek yang cerah dari seorang yang menguasai bahasa coding membuat mulai banyak orang yang berminat untuk belajar bahasa pemograman termasuk kalangan anak-anak.

Pentingnya Belajar Bahasa Coding Untuk Anak

Perkembangan jaman saat ini sangat jauh berbeda dengan perkembangan jaman di saat lalu. Bahkan perkembangan jaman saat ini akan berbeda jauh dengan perkembangan jaman di masa mendatang. Hal tersebut perlu dipahami oleh setiap orangtua agar bisa mempersiapkan diri anak dengan baik dalam menghadapi perkembangan jaman di masa datang, sebuah jaman yang akan dihadapi oleh anak nantinya.

Perkembangan saat ini sudah mengarah pada kehidupan manusia sehari-hari yang  sudah dilingkupi oleh peralatan teknologi digital dan elektronik. Penguasaan terhadap coding menjadi hal penting dan sangat dibutuhkan oleh  orang di jaman sekarang.

Pada masa depan perkembangan teknologi digital elektronik akan semakin jadi kebutuhan manusia sehari-hari. Sehingga bagi anak yang ingin bisa bertahan hidup dan ingin memiliki prospek cerah menghadapi masa mendatang dibutuhkan kemampuan bahasa pemograman atau coding yang baik.

Pengertian Bahasa Coding

Oleh sebab itulah, tak aneh jika banyak orang tua mulai sadar untuk pentingnya mendorong anaknya belajar coding. Sementara itu, pengertian bahasa coding adalah bahasa pemograman yang bisa diberikan di perangkat website, telepon atau komputer dengan perintah tertentu sesuai yang diinginkan oleh pemberi perintah. Orang yang memberikan perintah tersebut atau penulis bahasa pemograman sering disebut programmer.

Pentingnya belajar bahasa asing bukan hanya belajar bahasa inggris, mandarin, korea, jepang dan lain-lain. Namun ada juga bahasa yang tak kalah penting untuk dikuasai di jaman  sekarang ini yaitu bahasa pemograman atau sering disebut  bahasa coding komputer.

Manfaat Belajar Coding Untuk Anak

Pada saat ini anda sedang berada di jaman revolusi industri 4.0 yang mempunyai ciri pemakaian teknologi  elektronik digital yang sangat mutakhir dalam berbagai sendi kehidupan manusia. Namun jumlah manusia yang menguasai teknologi digital sangat langka membuat permintaan terhadap kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang menguasai bahasa pemograman sangat tinggi.

Seorang anak bisa mulai untuk belajar bahasa coding sebagai bekal persiapan di masa dewasa. Ada banyak manfaat belajar coding untuk anak yang meliputi:

1.Kemampuan berpikir secara komputer

Manfaat pertama dari seorang anak belajar coding adalah membuat anak bisa berpikir ala computer yang logis dan sistematis

2.Membuka lapangan bisnis semakin luas

Peluang bisnis bagi orang yang menguasai bahasa pemograman sangat luas. Mereka bisa bekerja dan mendapatkan uang dalam bisnis jasa pembuatan aplikasi atau website, software, program komputer dll.

3.Membuka kesempatan kerja sangat luas

Orang yang menguasai bahasa coding lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan saat ini. Mereka lebih punya banyak pilihan untuk memilih kerja dengan gaji tinggi ataupun memilih usaha sendiri dengan kemampuan yang dimilikinya.

4.Menyesuaikan dengan kebutuhan kerja

Seorang anak belajar coding berarti sang anak mengikuti perkembangan jaman yang tengah butuh para tenaga terampil dalam bahasa pemograman.  Pada era mendatang atau saat anak-anak menghadapi jamannya maka ada beberapa pekerjaan yang hilang digantikan dengan perangkat digital.

Namun ada pula pekerjaan baru yang dibutuhkan banyak orang. Salah satunya pekerjaan programmer atau membuat bahasa coding pada sebuah website, aplikasi dan lain-lain agar bisa berfungsi secara baik sesuai perintah.

5.Meningatkan kemampuan memecahkan masalah

Manfaat belajar coding untuk anak secara tak langsung juga melatih kemampuan anak dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapinya yang rumit sekalipun. Sang anak terbiasa berpikir kreatif, sistematis, logis dan kritis sesuai algoritma. Sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan sangat cepat dan baik.

6.Membentuk mental tangguh, sabar dan gigih serta keberanian dalam mencoba

Manfaat belajar bahasa pemrograman untuk anak selanjutnya adalah meningkatkan sifat anak menjadi pribadi tangguh, penuh kesabaran dan gigih serta pantang menyerah dan melakukan tindakan mencoba sesuatu hal sampai berhasil.  Itu semua diajarkan dari proses belajar pemrograman ilmu komputer ini.

Karena  dalam pembuatan suatu software, aplikasi ataupun program tentu memerlukan sikap sabar, berani mencoba,  gigih dan pantang menyerah. Tanpa semua itu mustahil sebuah software, program atau aplikasi dapat dibuat secara sempurna dan dapat berjalan dengan baik.

Dengan demikian sangat jelas betapa besarnya manfaat belajar coding untuk anak dalam meningkatkan kemampuan softskill pada anak sebagai bagian modal  terbesar bagi anak untuk meraih kesuksesan di masa depan.

7.Peningkatan kreatifitas anak

Manfaat lain yang tak kalah penting dari seorang anak belajar bahasa pemograman adalah peningkatan daya kreatifitas anak. Sang anak akan mampu memecahkan masalah yang rumit dengan cara sederhana dan imaginatif.

Langkah Belajar Coding Untuk Anak

Sebagai orangtua yang berpikiran luas ke masa depan perlu sekali membekali anak dengan kemampuan bahasa coding bagi masa depan anak. Karena sangat sedikit orang yang berminat dan menguasai bahasa coding.

Sedangkan kebutuhan di masa depan terhadap orang yang terampil bahasa pemograman komputer sangat besar. Oleh sebab itu, persiapan perlu dilakukan oleh anak sejak dini dengan baik yang memerlukan dukungan positif dari orangtuanya.

Saat ini, anda tidak usah dipusingkan untuk belajar coding untuk anak. Karena telah tersedia aneka sarana pembelajaran coding yang berbayar maupun gratisan.  Yang semua itu akan memudahkan anak belajar coding pemograman.

Berikut ini langkah-langkah dalam pembelajaran coding untuk anak yang sebaiknya Anda tahu.

1.Mengawali dari pembukaan atau perkenalan tentang coding

Pengenalan coding pada anak dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan sarana mainan. Misalkan permainan game Minecraft atau penyusunan lego yang secara tak langsung membuat anak belajar coding. Atau bisa juga menggunakan aplikasi ScrtchJr untuk belajar bahasa pemrograman untuk anak yang dapat didownload di hp android lewat playstore.

2.Dari dasar

Untuk kalangan anak TK maupun SD tentu bisa memulai belajar coding dari nol atau tingkatan paling dasar. Pendek kata, untuk mengajarkan coding pada anak harus dibuat sekreatif mungkin seperti bermain sebuah games agar anak tak bosan.

3.Referensi Belajar Coding Untuk Anak

Ada banyak situs dan aplikasi di internet yang bisa anak anda manfaatkan untuk belajar coding. Selain ScrtchJr ada aplikasi belajar coding bagi anak terbaik lainnya yaitu Waterbear dan Tynker.  Setiap aplikasi pembelajaran coding untuk anak tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Untuk tingkatan lanjutan belajar pemograman pada anak bisa melalui website tertentu yang mengajarkan cara pembuatan program secara sederhana. Misalkan kaya seni, game, buat animasi dll.

Bagi anak SD umur delapan tahun sangat bagus untuk belajar coding lewat aplikasi Scratch memakai komputer atau netbook.  Karena kemampuan dasar anak dalam menulis dan membaca sudah terlatih dengan baik di usia tersebut. Ditambah lagi anak sudah terbiasa bersikap mandiri dan kreatif. Namun semua itu tetap membutuhkan bimbingan mentor.

Biaya Belajar Coding Untuk Anak

Untuk mempersiapkan anak menghadapi jaman yang serba digital di masa mendatang dan kebutuhan yang sangat tinggi terhadap manusia yang pandai dan menguasai bahasa pemograman maka sejak dini seorang anak dapat diikutkan pada sekolah atau kursus coding.

Sekolah bahasa pemrograman untuk anak tersedia banyak di Indonesia dengan beberapa kelas yang tersedia. Seperti kelas untuk anak  untuk umur empat  tahun sampai tujuh tahun dengan biaya sekitar Rp 5 jutaan.

Sedangkan biaya belajar coding untuk anak umur delapan tahun sampai enambelas tahun sebesar Rp 8 jutaan. Dengan mengikuti kelas belajar pemrograman untuk anak diharapkan sang anak bisa mengikuti jejak kesuksesan yang diperoleh oleh Mark Zuckenberg atau Bill Gates.

Demikianlah penjelasan singkat tentang belajar coding untuk anak yang mudah-mudahan bermanfaat bagi perkembangan anak di masa depan. Misalkan untuk menumbuhkan sikap keberanian dalam mencoba, sikap kreatif dan sistematis serta berpikir secara logis.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

4 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago