Umum

Belajar Membaca Anak TK: Materi, Buku dan Cara Mengajarnya

Belajar membaca anak TK perlu dilakukan dengan cara yang sederhana dan  paling dasar. Hal ini agar dapat dengan gampang dipahami dan dimengerti oleh anak. Materinya bisa dimulai dengan belajar membaca dari nol atau tahap paling dasar.

Aktivitas membaca buku adalah kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh setiap manusia khususnya pelajar. Aktivitas ini memiliki banyak kegunaan. Seperti menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, memperbesar peluang kesuksesan dalam karir pekerjaan dan meningkatkan peluang keberhasilan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari kegiatan membaca buku membuat orang tua dapat melatih anaknya agar mempunyai kebiasaan positif yakni membaca buku. Bagi seorang anak usia taman kanak-kanak yang belum bisa membaca buku dengan lancar dapat memulai  tahapan belajar membaca anak TK dari sekarang.

Penyebab Anak TK Kesulitan Membaca

Berikut ini salah satu faktor utama penyebab anak mengalami kesulitan membaca yaitu anak mengalami sukar sekali untuk konsentrasi. Salah satu penyebab seorang anak TK kesulitan belajar membaca dengan mengeja adalah kesulitan dalam mengingat bunyi huruf dan bentuk huruf.

Penyebab kesulitan lain anak dalam membaca adalah faktior tempat belajar yang tidak nyaman. Seperti gaduh. Sehingga dapat mengganggu konsentrasi belajar anak. Oleh sebab itu, saat hendak belajar membaca, pastikan anda membawa anak pada tempat yang nyaman untuk belajar membaca anak TK.

Pada waktu orangtua hendak memberikan materi belajar atau mengajari anak membaca maka orangtua bisa mengajak anak untuk ke tempat yang aman dan nyaman. Seperti di luar ruangan maupun di dalam ruangan.  Misalkan belajar membaca di kamar anak. Sedangan untuk di luar ruangan bisa mengajak anak belajar membaca di alun-alun.

Metode Belajar Membaca Anak TK

Berikut ini beberapa metode mengajarkan anak  dalam belajar membaca anak TK, antara lain :

1.Menyenangkan dan peran aktif orangtua

Dalam hal orangtua mengajarkan membaca anak TK dapat dilakukan dengan proses yang simpel dan gampang.  Teknik yang digunakan hendaklah dengan pembelajaran membaca anak TK yang menyenangkan.

2.Bermain sambil belajar membaca

Karena usia anak taman kanak-kanak adalah usia anak bermain. Segala aktifitas anak dihabiskan untuk bermain. Sehingga orangtua bisa mengajarkan keterampilan membaca pada anak melalui sebuah permainan yang disukai anak.

3.Tidak melakukan pemaksaan pada anak

Setiap orangtua tentunya berkehendak memiliki anak yang bisa membaca dengan lancar. Oleh sebab itu, berbagai upaya dilakukan. Seperti mengajarkan anak belajar membaca.

Namun terkadang kesalahan dilakukan oleh orangtua dalam mengajarkan keterampilan membaca pada anak. Salah satunya adalah melakukan pemaksaan kehendak pada anak untuk belajar membaca anak TK secara cepat. Sehingga anak dapat lancar membaca.

Pemaksaan belajar membaca hanya akan membuat anak kurang bahagia dalam kegiatan pembelajaran. Anak akan kesulitan membangun kebiasaan positif membaca yang baik. Oleh karena itu, setiap orangtua harus bersikap sabar dalam mengajarkan anak bisa membaca secara lancar.

Lakukan pengajaran keterampilan membaca pada anak dengan perlahan-lahan. Dari mulai materi latihan dasar membaca yang mudah dan simpel.

Cara Belajar Membaca Anak TK

Berikut ini beberapa cara belajar membaca anak TK yang gampang dimengerti dan mudah dilakukan.

1.Mengenalkan anak dengan huruf-huruf alfabet

Sebuah tulisan yang dibaca terdiri-dari kalimat. Sedangkan kalimat terdiri dari kata-kata. Sedangan kata terbangun dari beberapa huruf. Untuk mengajari anak TK membaca dapat dimulai dari mengenalkan bentuk-bentuk huruf alfabet secara lengkap beserta pengucapannya.

2.Belajar membaca secara menyenangkan

Dalam memperkenalkan berbagai macam huruf dasar. Dari A sampai Z  hendaklah dilakukan dengan cara santai, menyenangkan dan seru. Sehingga proses belajar membaca yang sangat disukai anak. Anak akan termotivasi kuat untuk belajar membaca sampai lancar.

Ada berbagai teknik belajar membaca anak TK secara menyenangkan. Misalkan penggunaan permainan pada proses belajar baca anak. Misalkan permainan puzzle untuk mengenalkan bentuk huruf atau permainan kartu gambar huruf untuk mengenalkan macam-macam dan bentuk huruf dari A sampai z beserta cara mengucapkannya.

3.Tidak tergesa-gesa

Cara belajar membaca anak TK hendaklah dilakukan perlahan-lahan. Tidak ada pemaksaan bagi anak TK dalam belajar membaca. Biarkanlah sang anak belajar membaca dengan caranya sendiri yang menyenangkan baginya. Berikanlah pengenalan huruf-huruf pada anak TK sedikit terlebih dahulu.

Misalkan dalam satu hari mengenalkan dengan tiga bentuk huruf dan selanjutnya. Yang penting adalah konsisten dan mudah dimengerti anak.

Setiap selesai belajar membaca anak TK dapat dilakukan tes atau evaluasi. Sehingga anak benar-benar paham dan menguasai apa yang telah diajarkan padanya mengenai bentuk—bentuk huruf.

Belajar Membaca Anak TK Tanpa Mengeja

Sebagai orangtua terkadang mengalami kesukaran dalam mengajarkan anak TK membaca.  Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor internal. Seperti orangtua tidak pandai dalam mengajari anak membaca.

Namun kadang kala juga kesukaran belajar membaca pada anak disebabkan oleh faktor anak itu sendiri. Anak mengalami kesulitan untuk fokus atau kesulitan dalam belajar membaca dengan cara mengeja. Oleh sebab itu, jika hal tersebut terjadi maka  seorang anak TK bisa memilih belajar membaca tanpa mengeja.

Secara lumrah, dalam proses belajar membaca yang dilakukan oleh anak TK menggunakan teknik mengeja. Belajar membaca dengan teknik mengeja bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap kata yang dieja, tata bahasa, bunyi atau fonem. Namun bagi anak yang kesukaran dalam belajar membaca dengan teknik mengeja dapat memilih belajar membaca tanpa mengeja.

Berikut ini beberapa cara belajar membaca anak TK tanpa mengeja yang bisa dilakukan para orang tua.

1.Mengenalkan bentuk huruf alfabet dan cara pengucapannya

Mengenalkan pada anak terhadap semua bentuk huruf alfabet beserta cara pengucapannya. Kemudian dari huruf tersebut bisa dikaitkan dengan kata-kata yang dimulai dari huruf tersebut.

2.Menyanyikan atas setiap huruf yang jadi kata dengan lagu

Contohnya huruf A terdapat pada kata Anggur, Apel,… dan seterusnya. Lakukan cara ini bahkan bisa dengan permainan tebak-tebakan sambil bernyanyi.

3.Permainan mencocokkan bunyi dan gambar

Belajar membaca anak TK tanpa mengeja berikutnya dapat dilakukan dengan memainkan permainan mencocokkan bunyi dan gambar. Orangtua bisa menulis berbagai huruf pada kertas kosong. Lalu anak disuruh mengambil salah satu kertas. Ketika mendapatkan kertas dengan bentuk huruf tertentu maka anak disuruh untuk melafalkan bunyi huruf tersebut.

Buku Belajar Membaca Anak TK

Buku belajar membaca anak TK adalah sebuah buku yang bermanfaat bagi siswa siswi TK. Manfaatnya terutama akan membantu  menghantarkan anak usia taman kanak-kanak untuk bisa membaca secara lancar dengan cepat.

Berikut ini beberapa rekomendasi buku belajar membaca terbaik yang sangat direkomendasikan untuk anak usia TK.

1.Pintar Membaca AIUEO

Buku belajar membaca anak TK yang pertama direkomendasikan adalah buku Pintar Membaca AIUEO. Buku ini sebagai panduan bagi orangtua murid dalam mengajari anak TK membaca. Lewat panduan buku ini, sang anak usia TK dapat melakukan pembelajaran dalam membaca tanpa mesti mengeja.

Buku Pintar Membaca AIUEO bukan hanya mengajarkan keterampilan membaca pada anak secara dasar tanpa mesti mengeja. Tapi juga melengkapinya dengan berbagai gambar yang menarik sehingga mampu menghilangkan kebosanan dalam belajar membaca ataupun menulis. Bahkan belajar membaca dan menulis anak TK semakin semangat dengan gambar menarik dan mudah dipahami.

2.Jago Membaca Tanpa Mengeja

Buku belajar membaca anak TK selanjutnya yang direkomendasikan adalah Jago Membaca Tanpa Mengeja. Buku ini sesuai dengan nama judulnya mengajarkan pada anak TK tentang cara belajar membaca secara lancar tanpa mengeja.

Buku belajar membaca ini bukan hanya cocok dipergunakan oleh kalangan usia anak TK. Tapi dapat juga dipergunakan bagi anak yang duduk di jenjang PAUD maupun sekolah dasar kelas satu.

3.Metode 1 Jam Pintar Membaca

Terakhir, buku belajar membaca yang direkomendasikan adalah Metode 1 Jam Pintar Membaca. Dengan panduan dari buku ini akan membuat anak TK bisa lebih pintar dan lancar membaca dengan lebih cepat dan mudah.

Itulah beberapa buku belajar membaca untuk anak usia TK yang direkomendasikan. Anda bisa mendapatkan buku tersebut di perpustakaan ataupun membelinya di toko buku terdekat.

Materi Belajar Membaca Anak TK

Berikut ini beberapa materi belajar membaca anak TK yang bisa Anda gunakan.

1.Pemberian kosakata setiap hari

Salah satu materi belajar membaca adalah menambahkan kosakata setiap hari. Kata-kata tertentu yang sederhana mudah diingat oleh anak beserta huruf yang menyusunnya. Dengan demikian, memudahkan anak dalam belajar membaca.

2.Bercerita

Materi belajar membaca anak TK berikutnya adalah bercerita. Sang anak diberikan kesempatan unuk bercerita atas kegiatan yang sudah dilakukannya pada hari itu. Dengan anak memiliki kepandaian dalam bercerita akan memudahkan anak dalam  memiliki keterampilan membaca.

3.Menulis

Materi belajar membaca anak TK berikutnya yang mendukung kemampuan anak membaca adalah menulis. Anak diberikan kesempatan bercerita dengan media tulisan pada media buku. Hal ini juga akan turut meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca secara lebih mudah dan cepat. Menulis akan memudahkan anak dalam menghafal setiap kata yang ditulis beserta huruf-huruf dan pelafalannya.

Dalam penulisan kata-kata dapat dilakukan dengan pemberian spidol warna warni atau stabilio hingga lebih menarik untuk dibaca.

Cara Mengajar Anak yang Belum Bisa Membaca

Cara mengajari anak yang belum bisa membaca dapat dilakukan oleh orangtua di rumah maupun guru di sekolah. Langkah ini sangat penting dilakukan dalam rangka melatih anak untuk bisa lancar membaca.

Nah, berikut ini beberapa cara mengajar anak yang belum bisa membaca yang bisa Anda coba lakukan.

1.Memperkenalkan dengan huruf-huruf

Cara mengajari anak membaca yang belum bisa membaca adalah mengenalkan pada anak dengan berbagai macam huruf secara lengkap dari huruf a hingga z. Dalam memperkenalkan macam-macam huruf alfabet dapat dilakukan dengan berbagi cara menyenangkan. Salah satunya memakai lagu.

2.Permainan kartu gambar huruf

Cara memperkenalkan huruf pada anak dapat juga dilakukan oleh orangtua dengan melakukan permainan kartu gambar huruf. Selain mengenalkan bentuk huruf, ajarkan pula cara pengucapan dari huruf tersebut. Hal ini sangat berguna bagi anak dalam mempercepat proses belajar membaca anak TK.

3.Menempelkan gambar-gambar huruf pada dinding kamar anak

Cara mengajar anak yang belum bisa membaca selanjutnya bisa dengan memberikan poster yang berisi gambar huruf-huruf alfabet. Sehingga anak dapat dengan mudah mengenali bentuk huruf-huruf beserta pelafalannya.

4.Belajar menguasai suku kata

Setelah anak mengetahui berbagai macam bentuk huruf beserta masing-masing cara mengucapkannya, kemudian berikan materi berupa suku kata.  Misalkan penggabungan huruf konsonan dengan huruf vokal yang sederhana. Contohnya : huruf B digabungkan dengan huruf u menjadi bunyi bu. Lakukan ini seterusnya pada huruf-huruf alfabet berikutnya hingga huruf z.

5.Ajaklah anak untuk belajar membaca setiap hari

Pastikan anak belajar membaca pada waktu dan kondisi yang tepat. Misalkan jauh dari kebisingan dan menjauhkan dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi anak dalam belajar membaca.

Pada setiap kesempatan seperti saat jalan-jalan di tempat umum atau pusat keramaian, orangtua bisa menanyakan pada anak tentang huruf-huruf yang terdapat pada papan reklame dan cara membacanya. Hal tersebut akan turut mempercepat kemampuan membaca anak.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pentingnya belajar membaca anak TK. Sebagai orang tua, Anda bisa membantunya dengan menggunakan buku maupun materi-materi belajar membaca yang dapat diberikan pada anak TK. Jika Anda membutuhkan layanan les calistung yang terbaik, Anda dapat menghubungi Edumaster Privat.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

54 menit ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

23 jam ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

2 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago