Jika era sebelumnya aktivitas belajar calistung untuk anak dapat dilakukan dengan cara yang konvensional, saat ini sudah semakin dimudahkan melalui metode belajar membaca lewat video. Perkembangan teknologi yang kian pesat ternyata berdampak signifikan pada pola pembelajaran anak. Ada banyak sekali video yang bisa diakses pada portal internet guna menunjang pembelajaran anak.

Manfaat Belajar Membaca Lewat Video Bagi Anak

  • Waktu Belajar Fleksibel

Belajar membaca lewat video memberikan keuntungan paling utama dari segi fleksibilitas waktu. Anda bisa melakukan pembelajaran ini kapan saja sesuai waktu luang. Sistem belajarnya pun tidak harus menegangkan seperti pembelajaran di sekolah formal. Jadi, Anda bisa memilih waktu yang tepat ketika anak sedang dalam suasana hati ceria.

Mendampingi anak saat belajar membaca membutuhkan kesabaran dan ketekunan ekstra. Anda selaku orang tua sebaiknya memilih waktu belajar ketika benar-benar sedang luang, sehingga bisa totalitas dalam melakukan pendampingan. Jika sudah luang, sediakan video yang akan diperlihatkan dan bantu anak untuk mempelajarinya. Praktis, bukan?

  • Dapat Dilakukan Dimana Saja

Keuntungan belajar membaca lewat video untuk anak yang lain yaitu fleksibel dari segi tempat. Anak tidak harus pergi ke sekolah atau lembaga kursus untuk mendapatkan materi belajar membaca. Selain itu, jika dilakukan di rumah anak bisa mengambil posisi senyamannya karena pembelajaran dapat bertempat di kamar, ruang keluarga, atau bisa juga sambil duduk santai di beranda. 

film kartun anak

  • Mudah Diakses

Bahan untuk belajar membaca lewat video sangat mudah diakses oleh siapa saja asalkan tersambung dengan internet. Anda pun tak perlu kesulitan mencari bahan, tinggal kunjungi saja platform penyedia video berbasis online yang sesuai dengan kebutuhan. Anda pun bisa mendapatkan bahan video belajar sebanyak-banyaknya secara gratis. Anda juga dapat memilih video mana saja yang dirasa cocok sebagai bahan belajar anak. 

  • Tampilan Lebih Menarik

Yang paling menarik dari kegiatan melatih anak membaca melalui video adalah bahan pembelajarannya sudah sangat kreatif. Berbeda dengan proses belajar konvensional yang memfokuskan bahan pada buku saja, kini sudah tersedia beragam video kreatif dengan kemasan pembelajaran yang kian variatif. Anak pun akan semakin semangat belajar.

  • Dipenuhi Visual dan Suara yang Disukai Anak 

Tak bisa dipungkiri jika anak khususnya usia dini sangat senang dengan tampilan yang kaya visual. Oleh karena itu, orang tua dapat mendampingi mereka belajar membaca dengan mencarikan bahan berupa video kaya warna dan suara. Bahkan Anda juga bisa download video belajar membaca agar dapat diakses secara offline tanpa terkoneksi internet.

Tips Belajar Membaca Lewat Video untuk Mendampingi Anak

  • Mempersiapkan Bahan Video yang Akan Digunakan

Langkah pertama untuk mendampingi anak dalam belajar membaca via video yaitu orang tua harus mempersiapkan bahannya. Orang tua harus mampu memilih mana video yang paling tepat untuk pembelajaran, jangan sampai niatnya memancing agar anak semangat belajar, malah membuat mereka tak bersemangat karena salah pilih video.

Agar proses belajar semakin fleksibel, Anda bisa download video belajar membaca terlebih dahulu. Tujuannya untuk memudahkan kapan saja anak ingin menontonnya, karena jika masih berstatus video online diharuskan stay di jaringan internet secara terus-menerus. Di internet sudah ada banyak video yang bisa didownload gratis tanpa harus mengeluarkan biaya.

  • Menciptakan Suasana yang Nyaman

Anak usia dini masih belum bisa beradaptasi dengan sistem belajar yang kaku. Mereka cenderung aktif dan kadang tidak suka berdiam diri di suatu tempat dalam waktu yang lama. Inilah mengapa orang tua harus bisa menciptakan suasana yang nyaman ketika hendak mengajari anak membaca.

Melatih anak membaca melalui video sebenarnya sudah tergolong aktivitas yang santai. Tergantung bagaimana orang tua mengemas nuansa agar anak betah saat belajar. Jika orang tua belum bisa melakukannya, maka lebih baik anak didampingi oleh tutor ahli seperti di lembaga les privat calistung EDUMASTER yang siap menciptakan suasana belajar kondusif.

belajar membaca lewat video

  • Memberikan Pemanasan dengan Video

Barangkali ada yang beranggapan mengajari anak belajar dari video hanya butuh video, kemudian langsung saja sodorkan pada anak. Tentu pendapat ini tidak tepat, karena pada faktanya anak membutuhkan bimbingan dan pendampingan agar bisa belajar secara maksimal. Apalagi bagi anak usia dini yang baru mengenal baca tulis secara mendasar.

Sebelum mulai belajar membaca lewat video yang to the point, awali dengan menunjukkan video lucu-lucu sebagai pemantik. Jika nantinya anak sudah tertarik, mereka akan anteng. Selanjutnya pasti suka dengan video belajar yang akan Anda tunjukkan. Pilihlah video belajar yang kaya grafis warna-warni dengan suara lucu agar anak lebih betah menontonnya.

  • Memulai dari yang Paling Sederhana

Mengajari anak belajar membaca tidak bisa sekali langsung bisa. Apalagi kapasitas belajar setiap anak berbeda-beda. Orang tua perlu memahami konsep tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pendampingan belajar. Mulailah mengajari anak membaca dengan video alfabet agar mereka bisa belajar huruf dari dasar. 

Keuntungan belajar membaca lewat video untuk anak adalah kemasannya sudah bisa dibuat dalam bentuk nyanyian atau kartun. Apabila anak sudah familiar dengan nada nyanyian yang ditunjukkan dalam video, secara otomatis mereka akan mengikutinya. Pendamping harus bisa menyesuaikan tahapan video yang akan ditunjukkan pada anak agar belajarnya runtut.

Jika menginginkan hasil belajar yang lebih optimal, orang tua bisa menggunakan layanan privat seperti EDUMASTER. Dengan didampingi oleh tutor profesional, sistem pembelajaran yang diajarkan akan runtut karena telah diprogram dengan materi beralur. Anak pun bisa belajar dengan cepat dan tepat melalui pendampingan oleh tutor ahli.

  • Memberikan Pemahaman Agar Anak Mengikuti Instruksi

Di usia anak-anak masih sulit untuk mematuhi instruksi, karena sejatinya pikiran mereka masih bebas. Oleh karena itu, ketika belajar membaca lewat video hendaknya diberikan pemahaman agar mereka mau mengikuti sebagaimana instruksi yang ditampilkan. Pemahaman ini diberikan dengan lembut sehingga anak tidak merasa ditekan.

Memang ada anak yang kreatif, hanya dengan sekali liat saja mereka sudah bisa menirukan. Namun ada juga yang harus dipandu terlebih dahulu agar mau menirukan dan melakukan instruksi di video. Orang tua harus bersabar serta tekun dalam memberikan pendampingan. Yang paling utama, jangan sampai memahami anak jika mereka belum bisa.

  • Mendampingi Proses Belajar

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya belum banyak orang tua yang mampu mendampingi proses belajar anak secara total. Entah karena faktor kesibukan ataupun ketidaksabaran dalam membimbing. Pada kondisi ini, orang tua bisa bekerja sama dengan lembaga kursus seperti EDUMASTER yang akan mendampingi proses belajar anak secara profesional.

Itulah manfaat beserta tips bagi orang tua untuk mendampingi anaknya belajar membaca lewat video. Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan baik untuk orang tua maupun anak. Proses belajar membaca pun bisa lebih menyenangkan. Dengan pendampingan yang tepat, anak bisa mempelajari banyak hal secara cepat dengan metode pembelajaran via video.