Umum

Belajar Mengaji dan Caranya untuk Anak

Belajar mengaji merupakan aktivitas yang penting bagi anak-anak selain kegiatan menuntut ilmu di sekolah. Hukum mengaji sama seperti menuntut ilmu dalam agama Islam yakni fardhu ‘ain. Artinya, mengaji menjadi suatu kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Terlebih pada bulan suci Ramadhan.

Mengaji atau membaca Al Quran adalah aktivitas yang rutin dilakukan pada jam-jam tertentu setiap hari. Sebagian lembaga pengajian ada yang menerapkan jadwal mengaji bagi anak-anak pada waktu pagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari selepas sholat Maghrib.

Yang menjadi ciri khas dari anak yang sedang proses pembelajaran mengaji adalah berpakaian Koko bagi anak pria dilengkapi kopiah. Sedangkan bagi anak perempuan menggunakan pakaian muslimah yang menutup aurat dari ujung kaki sampai kepala kecuali muka dan telapak tangan. Ciri khas lainnya, anak yang belajar ngaji adalah selalu membawa Al Qur’an atau buku iqra.

Adapun tempat untuk belajar membaca Al Quran umumnya dilakukan di masjid maupun madrasah atau rumah ustaz. Banyaknya anak yang ingin bisa membaca Al Quran umumnya mengaji dilaksanakan pengelompokan dan penjadwalan waktu. Seperti kelompok mengaji kalangan usia TK, SD, SMP atau SMA dibuatlah jadwal mengaji secara bergilir.

Belajar Mengaji

Mengaji merupakan salah satu kegiatan ibadah yang banyak dilakukan anak-anak di tengah bulan puasa Ramadhan sekarang ini. Belajar mengaji dilakukan oleh orang yang belum pandai mengaji. Dalam hal ini belum bisa atau lancar membaca Al Quran. Pahala bagi orang yang sedang belajar ngaji baca Al Quran sangat besar. Pahala didapat persatu huruf yang kita baca.

Untuk bisa membaca Al Quran mempunyai tingkatannya masing-masing. Dari mulai tingkatan paling dasar hingga mahir. Bagi kalangan yang belajar dari tingkat paling dasar umumnya dari kalangan anak-anak. Yang paling dasar belajar ngaji adalah belajar membaca Al Quran dari nol. Yang dimulai dari belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah.

Untuk tahapan selanjutnya adalah belajar membaca Al Quran secara tartil, tajwid, lancar dan memahami terjemahan atau arti setiap ayat-ayat Al Quran yang dibaca. Tahapan ngaji Al Quran ini disebut sebagai tadabbur Al Quran yaitu pemahaman isi Al Quran. Jadi bukan hanya sekedar membaca Al Quran. Tapi sudah sampai kepada pemahaman terhadap ayat-ayat Al Quran yang dibacanya.

Belajar ngaji dan membaca Al-Quran tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak ketentuan. Salah satunya adalah menguasai ilmu tajwid dan makhrojatul huruf atau cara pembacaan tempat keluar huruf. Yang tak kalah penting sesuai perintah Allah swt adalah membaca Al Quran secara tartil, jelas dan perlahan-lahan sesuai ilmu tajwid dan pengucapan yang baik dan benar.

Lalu bagi orangtua atau tenaga pengajar tentu semangat mau mengajarkan anak-anak untuk menjalani pembelajaran mengaji Al Quran di rumah atau masjid secara tepat dan cepat. Terkadang dibuat pusing bagaimana cara mengajarkan mengaji dari awal sampai selesai.  Cara mudahnya adalah dengan mengikuti pedoman buku belajar membaca Al Quran dengan metode iqra.

Hukum Mengaji

Belajar mengaji menjadi kegiatan sehari-hari kalangan anak-anak yang beragama Islam. Adapun yang dipelajari dalam kegiatan ini adalah belajar membaca Al Qur’an, menulis Al Qur’an serta belajar materi tentang akhlak, fiqh, muamalah, siyasah dan lain sebagainya.

Sebenarnya bukan hanya kalangan anak-anak yang dituntut untuk bisa membaca Al Quran. Semua kalangan yang beragama Islam diharuskan mengaji. Seperti remaja, orang dewasa hingga kaum lansia. Mengaji adalah mempelajari ilmu-ilmu agama Islam. Mengaji memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah menuntun jalan ke surga dan meningkatkan kecerdasan emosional dan intelektual serta spiritual anak.

Umur Berapa Anak Mulai Belajar Mengaji

Semua ulama sepakat bahwa seorang anak mesti belajar dan diperkenalkan dengan bacaan Al Quran sejak dini bahkan sejak dalam kandungan. Hal ini sama pentingnya seperti mengajarkan anak berpuasa saat Ramadhan hingga shalat tarawih. Hal tersebut akan membentuk karakter anak menjadi pribadi soleh dan sesuai karakter baik. Dengan adanya perangkat teknologi canggih membuat pembelajaran terhadap Al Quran dapat dilakukan secara mudah dan cepat.

Belajar membaca Al Quran sebaiknya dilakukan sejak dini. Tidak ada yang mengetahui umur berapa anak mulai belajar mengaji. Untuk mengetahui semua itu tentu diperlukan pertimbangan dan sumber referensi dari beberapa ahli ulama. Sebagian ulama berpendapat bahwa waktu yang tepat bagi seorang anak untuk belajar membaca Al Quran di umur 3 tahun. Sebagian lagi berpendapat 2 tahun.

Lantas pada umur berapa anak mulai belajar mengaji? Waktu yang tepat untuk seorang anak mulai belajar baca Al Quran atau mengaji disesuaikan dengan kondisi anak ditambah dengan pertimbangan  usia anak. Umur anak  dikisaran dua tahun sampai tiga tahun sudah tepat untuk belajar mengkaji Al Qur’an. Dengan terlebih dahulu mengenalkan huruf hijaiyah. Kemudian dilanjutkan dengan belajar membaca Al Quran metode Iqra.

Upaya peningkatan minat anak untuk belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dan mendalami ilmu-ilmu keislaman perlu dilakukan oleh orangtua setiap saat. Salah satunya dengan memperdengarkan lantunan murottal ayat-ayat Al Quran di hadapan anak.

Hal tersebut akan memacu anak untuk meningkatkan kecintaan anak pada Al Quran. Ditambah lagi dengan peningkatan anak dalam segi semangat membaca dan belajar membaca Al Quran.

Anak yang rajin mengaji tentu akan membahagiakan orang tuanya. Sang anak pun akan lebih cepat menguasai bacaan Al Quran. Untuk memberikan upah bagi tenaga pengajar atau ustaz dan ustazah, seringkali beberapa lembaga pengajian memberikan tarif biaya belajar mengaji kepada setiap peserta anak didik atau murid.

Cara Mulai Mengajak Anak Belajar Mengaji

Salah satu yang diinginkan oleh orang tua adalah mampu mengajarkan anak membaca Al Quran secara efektif dan efisien. Salah satu cara mulai mengajak anak belajar mengaji adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi dibuat untuk mempermudah urusan dan pekerjaan manusia.

Begitu pula dalam pembelajaran mengaji yang digabungkan dengan teknologi saat ini. Yang membuat belajar membaca Al Quran dapat dilakukan secara online. Seorang anak akan bisa lebih pintar dan menguasai dalam mengaji dengan bantuan perangkat teknologi.

Sang anak mesti memiliki kemampuan mengaji yang baik sejak dini. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kesalehan anak di masa dewasa. Apalagi saat ini di tengah gempuran perangkat teknologi yang memasuki kehidupan manusia.

Seperti ponsel android, televisi dan game online membuat anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, untuk mengisi waktu dan membentuk karakter anak yang baik maka dibuatlah berbagai pengajian bagi anak.

Salah satu pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh orangtua adalah pada umur berapa anak mulai belajar mengaji? Pada dasarnya sang anak disuruh belajar membaca Al Quran adalah ketika anak sudah berumur 2 tahun.

Sedangkan teknik dan cara mulai mengajak anak belajar membaca Al Quran dapat dilakukan secara halus. Misalkan dengan memperdengarkan ayat-ayat suci Al Quran kepada anak.

Langkah jitu  untuk mengajak anak belajar ngaji Al Quran dengan cara mendengarkan pada anak lantunan ayat-ayat suci Al Quran. Sehingga sang anak tertarik untuk mengaji atau mengikuti dan belajar bacaan ayat-ayat Al Qur’an.

Cara Anak Cepat Belajar Mengaji

Pada setiap masjid umumnya memiliki kegiatan pengajian anak-anak. Sang guru yang akrab disapa ustadz atau ustadzah akan memberikan dan mengajarkan ilmu cara membaca Al Qur’an dan juga pengetahuan agama Islam yang meliputi ibadah, fiqh, thaharoh, muamalah dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini cara anak cepat belajar mengaji dari nol yang sebaiknya Anda tahu.

1.Mengenalkan huruf-huruf hijaiyah

Untuk belajar membaca Al Quran dari nol maka langkah pertama adalah mengenalkan huruf-huruf hijaiyah pada anak berikut cara membacanya yang baik dan benar.

2.Mengenalkan harakat

Setelah mengetahui dan memahami satu persatu huruf hijaiyah berikut cara membacanya yang benar maka dilanjutkan dengan mengenalkan dan memahami harakat dan tanda baca dalam Al Quran beserta cara bacanya dan teknik menyertainya.

3.Belajar mengaji

Cara anak cepat belajar mengaji selanjutnya adalah peserta didik dapat diberikan buku Iqra sebagai langkah dasar cara mudah belajar membaca Al Quran dari nol bagi anak-anak. Karena metode Iqro terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengaji Al Quran secara cepat dan efisien.

4.Rajin dan konsisten

Belajar membaca Al Quran harus dilakukan secara rajin dan disiplin. Minimal satu hari satu kali untuk belajar membaca Al Quran di rumah atau madrasah.

5.Belajar secara kolektif

Sebaiknya anak ikut mengaji bersama teman-temannya. Karena hal itu akan lebih menimbulkan semangat dan aura positif dalam mengaji secara bersama-sama secara menyenangkan ketimbang belajar sendiri.

Tempat Belajar Mengaji Online

Seiring dengan perkembangan kemajuan perangkat teknologi, sekarang belajar membaca Al Quran dapat dilakukan secara online. Berikut ini tempat belajar mengaji online untuk kalangan anak-anak, antara lain :

  1. OneQuran
  2. Nyantren.com
  3. Maungaji
  4. Superprof

Sebenarnya dengan perkembangan teknologi yang kian canggih seorang anak bisa belajar membaca Al Quran secara lebih cepat dan lebih mudah. Misalkan dengan bantuan aplikasi belajar mengaji online. Contoh ngaji online Zoom  atau belajar tajwid online gratis. Semua aplikasi tersebut dapat di download secara gratis di Playstore atau Appstore. Pembelajaran tambahan pendukung adalah dengan mengikuti les privat mengaji.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago