Umum

Budaya Belajar dan Cara Membangunnya

Budaya belajar adalah sebuah kebiasaan yang harus diciptakan di berbagai lingkungan. Baik di sekolah, kantor, dan lingkungan pergaulan anak sehari-hari.  Hal ini sangat penting agar anak terbiasa dan menganggap belajar sebagai kebutuhan dalam kesehariannya.

Tradisi untuk selalu belajar telah diterapkan oleh negara-negara maju pada sekolah, perguruan tinggi, hingga lingkungan perusahaan. Hal ini berbeda sekali dengan sekolah-sekolah dan instansi pendidikan di Indonesia yang umumnya cenderung lebih mengedepankan budaya sekolah ketimbang budaya belajar.

Budaya Belajar

Budaya belajar dengan budaya sekolah adalah dua hal yang sangat berbeda. Budaya sekolah adalah sebuah kebiasaan atau budaya anak dalam berangkat ke sekolah secara rutinitas. Dari mulai pagi berangkat ke sekolah dan siang hari pulang dari sekolah.

Budaya sekolah seorang siswa membuat siswa tersebut  hanya sekedar formalitas dalam aktifitas sehari-hari hanya untuk berangkat sekolah dan pulang pada jam-jam tertentu secara rutin.

Budaya sekolah akan membuat tampak dari sudut pandang luar. Sedangkan dari segi dalam tak bermakna apapun. Hasil dari budaya sekolah tersebut seringkali membuat seorang murid tak mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang mencukupi yang telah diajarkan oleh guru di sekolah. Sekolah hanya untuk mendapatkan ijazah kelulusan.

Sekolah hanyalah aktivitas bermain dan jajan di sekolah yang merupakan produk dari budaya sekolah. Sekolah tidak memberikan pengetahuan dan keterampilan yang memadai yang dibutuhkan oleh anak saat ini sesuai perkembangan jaman.

Hal tersebut berbeda sekali dengan budaya belajar. Kebiasaan ini akan memberikan pemahaman dan pengertian pada siswa secara mendalam atas suatu ilmu dan keterampilan. Setiap siswa yang berangkat pagi ke sekolah akan mendapatkan bimbingan dan ilmu langsung dari guru.

Sehingga setiap harinya siswa mendapatkan pergerakan kenaikan positif dari kemampuan belajar dan pengetahuan serta keterampilan yang meningkat setiap harinya.

Pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya berkat di sekolah terus dilakukan pembaharuan sesuai perkembangan jaman terbaru. Bahkan waktu belajar yang dilakukan sang anak bukan hanya saat berada di sekolah. Tapi juga saat berada di dalam rumah dan luar sekolah. Setiap waktu dimanfaatkan oleh sang anak untuk melakukan pembelajaran.

Pentingnya Budaya Belajar

Budaya adalah tradisi atau keseharian yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yang mendarah daging hingga ke anak cucu. Salah satu budaya yang penting dimiliki oleh setiap orang adalah budaya belajar. Dengan memiliki tradisi ini akan mempunyai harapan akan peningkatan dalam taraf kehidupan pada segala bidang. Seperti ekonomi, sosial, budaya, politik dan keamanan.

Budaya juga merupakan kepribadian, nilai  atau karakter yang melekat kuat pada setiap orang. Adapun jenis budaya yang dimiliki seseorang bisa berupa budaya baik atau budaya buruk.  Pada setiap lingkungan pastinya mempunyai budaya masing-masing yang dimiliki.

Seperti pada organisasi, lingkungan kantor atau tempat kerja, perusahaan yang dinamakan budaya perusahaan, maupun instansi swasta dan pemerintah. Yang tak kalah penting pada sebuah keluarga juga mempunyai budaya tersendiri yang dinamakan budaya keluarga.

Selama budaya yang terdapat pada sebuah instansi atau perusahaan atau pun sekolah baik maka harus dipertahankan. Namun jika budaya yang terdapat pada lingkungan tersebut buruk maka dapat dilakukan penggantian dengan budaya baru yang lebih baik. Salah satunya adalah budaya belajar ketimbang budaya sekolah.

Mengapa Budaya Belajar Itu Penting?

Kebiasaan aktif belajar akan membuat seorang anak menjadi seorang penuntut ilmu sepanjang hayat. Setiap anak dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Sehingga pengetahuan dan keterampilannya bertambah setiap hari tanpa ketergantungan dengan kehadiran seorang guru di sekolah.

Kebiasaan senang belajar yang ada pada sebuah perusahaan, sekolah, organisasi ataupun tempat kerja memegang peranan yang sangat penting. Mengapa budaya belajar itu penting? Berikut ini beberapa alasan pentingnya budaya belajar yang perlu kita ketahui.

1.Meningkatkan motivasi kerja pada karyawan

Tradisi belajar akan meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik dari hari ke hari. Selain itu, peningkatan kualitas kerja terus dilakukan untuk mendapatkan hasil kerja berkualitas baik dan produktif.

2.Membentuk kepribadian

Membentuk pribadi yang baik dan mampu menerima segala perbedaan yang ada serta mampu bersikap saling toleransi dan menghargai sesama manusia.

3.Meningkatkan kompetensi dan keterampilan

Pentingnya budaya belajar pada suatu perusahaan juga akan membentuk karyawan yang unggul dan mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Yang tak kalah penting lainnya, karyawan mampu meningkat pengetahuan dan keterampilan hingga bisa menduduki jabatan lebih tinggi lagi pada perusahaan.

4.Persaingan yang sehat

Mengapa budaya belajar itu penting juga karena bisa memicu budaya kompetitif pada perusahaan. Setiap karyawan berusaha memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaannya.

5.Konsentrasi pada tujuan

Kebiasaan belajar pada satu perusahaan mampu mengarahkan para karyawan dengan baik terhadap fokus tujuan utamanya. Sehingga konsentrasi dapat terjaga dengan baik.

6.Menciptakan kepemimpinan yang hebat

Terakhir, budaya belajar yang tercipta pada suatu perusahaan akan mampu membentuk pribadi-pribadi yang mampu memimpin dengan baik. Seseorang yang asalnya sebagai karyawan office boy dapat menduduki jabatan sebagai manager berkat tradisi belajar yang dimiliki dan diciptakan pada perusahaan.

Membangun Budaya Belajar

Mengingat pentingnya budaya belajar ketimbang budaya sekolah membuat orangtua murid bersama guru mesti bekerjasama dalam menciptakan kebiasaan belajar di sekolah atau di rumah.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun budaya belajar di perusahaan.

1.Konsentrasi untuk peningkatan kemampuan, keahlian dan pengetahuan

Dengan semua karyawan diberikan pengetahuan, keterampilan, keahlian dan kemampuan spesial maka akan membuat karyawan  mempunyai kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Pengetahuan dan keterampilannya semakin banyak dan baik.

Hal itu secara tak langsung akan membentuk budaya belajar yang baik di perusahaan. Yang semua itu salah satunya dapat diwujudkan dengan memberikan pelatihan bagi semua karyawan.

2.Menyesuaikan dengan perkembangan jaman

Seiring dengan perkembangan jaman yang terus mengalami perubahan termasuk dalam dunia bisnis membuat trend bisnis mengalami gejala drastis yang ikut berubah.  Seseorang tidak bisa mengandalkan lagi gaya bisnis dan trend bisnis konvensional yang lama.

Sehingga perlu adaptasi dari pelaku bisnis itu sendiri untuk menyikapi perubahan jaman dan pasar terbaru. Tanpa adanya proses adaptasi dan perubahan hanya akan membuat bisnis semakin tertinggal jauh dari pesaing.

Sebuah bisnis harus sesuai dengan permintaan dan pasar terbaru jaman kini. Tanpa kesesuaian dengan perubahan jaman maka sebuah bisnis bisa mengalami sepi pembeli hingga bangkrut. Oleh sebab itu, belajar menjadi satu hal yang sangat penting untuk bisa memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan dengan pasar saat ini.

Proses belajar terhadap bisnis harus dilakukan terus menerus untuk menemukan dan menyesuaikan dengan perkembangan terbaru. Hal itu dapat dilakukan oleh seorang karyawan maupun pengusaha.

Bagi seorang pengusaha sangat penting untuk membangun budaya belajar di perusahaan yang dimilikinya. Hal itu sangat penting untuk kemajuan dalam perkembangan usaha dan memaksimalkan potensi semua sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Salah satu manfaat pentingnya budaya belajar di perusahaan atau tempat kerja yaitu dari segi produktivitas dan efisiensi sumber daya manusia di perusahaan yang akan semakin meningkat.

Demikianlah cara dan manfaat kebiasaan belajar di tempat kerja atau perusahaan maupun organisasi lainnya. Cara membangun budaya belajar dapat dilakukan dimanapun seperti di tempat kerja, perusahaan maupun kantor, sekolah maupun organisasi lainnya. Hal tersebut sangat penting diterapkan pada semua lingkungan dengan alasan-alasan tertentu.

Yusuf C

Recent Posts

Biografi Nicolaus Copernicus Seorang Astronom Penemu Teori Heliosentris

Pembahasan mengenai biografi Nicolaus Copernicus yang merupakan seorang astronom penemu teori heliosentris telah menandai perubahan…

19 jam ago

Penemu Mesin Uap Memicu Terjadinya Revolusi Industri

Pentingnya mengenali penemu mesin uap yang menggerakan Revolusi Industri pertama. Transportasi, manufaktur, dan banyak aspek…

2 hari ago

Memahami Bentuk Muka Bumi pada Peta

Bentuk muka bumi pada peta sangat berbeda pada setiap tempat atau wilayah. Ada bentuk muka…

3 hari ago

Memahami Pentingnya Agribisnis: Pengertian, Manfaat, Sistem, Peluang dan Contohnya

Jika kamu sering memelihara tanaman bermanfaat seperti buah dan sayur istilah agribisnis ini pasti tidak…

4 hari ago

Memahami Evaporasi: Pengertian, Manfaat, Faktor, Dampak, dan Contohnya

Proses daur ulang air atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan evaporasi yang merupakan salah satu…

5 hari ago

Kehidupan Politik Kerajaan Mataram Kuno: Ekonomi, Sosial Budaya dan Agamanya

Kehidupan politik Kerajaan Mataram Kuno sebagai salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha sangat menarik untuk dipelajari.…

6 hari ago