Cara agar anak cepat lancar bicara dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai cara tradisional sampai modern. Namun dari semua itu, cara yang paling efektif bukan hanya dengan satu cara saja. Orang tua juga perlu menggabungkan berbagai cara. Termasuk jika perlu dengan berkonsultasi ke para ahli agar anak tidak terhambat kemampuan berkomunikasinya.

Mendengar seorang anak sudah dapat bicara pertama kali akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Umumnya kata pertama yang bisa diucapkan oleh seorang anak adalah mamah atau ibu. Kemampuan berbicara atau membaca tak kalah pentingnya dengan mengajarkan anak belajar menggambar.

Namun terkadang ada beberapa kasus anak yang telah berumur 2 tahun lebih tapi belum lancar bicara. Orang tua seharusnya berinisiatif mengajarkan dan melatih buah hati mereka agar dapat lancar berbicara secara jelas.

cara agar anak lancar bicara

Menjadi suatu kekhawatiran bagi kebanyakan orang tua jika anaknya belum lancar bicara padahal usianya sudah mencapai dua tahun lebih. Berbagai metode tradisional dan terapi modern pun bisa dilakukan agar anak menjadi lancar bicara.

Bahkan kabarnya ada suplemen yang bisa diberikan pada anak agar lebih mudah dalam berbicara sesuai usianya. Stimulus lain yang bisa diberikan oleh orang tua adalah dengan rutin melantunkan doa  agar anak cepat lancar bicara.

Cara Agar Anak Cepat Lancar Bicara

Pada dasarnya cara agar anak cepat lancar bicara sangat mudah yaitu dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu pada anak. Orang tua juga dapat melatih dan memberikan stimulus supaya anaknya bisa cepat lancar bicara.

Pernahkah anda mendengar seorang anak mengucapkan kata-kata kotor? Hal tersebut umumnya karena orang tua atau lingkungannya yang mengajarkan kata-kata demikian dan ditiru oleh anaknya. Sangat gampang untuk membuat anak cepat lancar bicara. Namun pastikan bahasa yang dikeluarkan anak adalah kata-kata baik yang terpuji yang tidak mengandung kata-kata kotor dan jorok.

Anak diibaratkan sebuah kertas putih. Tugas orangtuanya untuk membentuk karakter anak. Jika orangtua ingin anaknya bisa cepat lancar bicara maka orangtua bisa mengajarkan pada anaknya sepatah kata hingga beberapa kata.

Sang anak akan mengingatnya dengan baik dan menirukannya. Kemudian memberikan contoh pengucapan kata yang baik dan benar. Biasanya sang anak akan mencontoh perkataan ayah dan ibunya.

Mengenai cara agar anak cepat lancar bicara tak bisa dilepaskan dari peran penting orangtua. Oranng tua dapat memberikan stimulus dan suplemen maupun doa-doa agar anak cepat lancar bicara. Orang tua bisa melatih anaknya untuk lancar berbicara dengan kata-kata yang mudah dan sederhana sebelum belajar mengucapkan kata yang sulit.

cara anak lancar bicara

Orang tua yang mengajarkan anaknya untuk bisa berbicara yang baik dengan untaian kata demi kata yang diajarkan oleh orangtuanya akan membuat sang anak mempunyai perbendaharaan kosa kata yang jelas dan banyak.

Lalu mengapa ada anak 2 tahun lebih belum lancar bicara? Hal tersebut bisa disebabkan banyak faktor. Baikkarena ada keterlambatan perkembangan anak maupun faktor didikan orang tuanya yang kurang intensif dan konsisten melatih anak agar cepat lancar bicara.

Keterlambatan maupun ketidakmampuan sang anak yang belum lancar bicara harus ditangani secara cepat dan baik. INi sangat penting agar tidak mengganggu perkembangan anak di masa depan.

Ketidakmampuan anak untuk lancar bicara padahal anak seumurannya sudah bisa lancar berbicara membuat kekhawatiran bagi orang tuanya. Mereka khawatir masa depan anak terganggu dengan ketidak mampuan anak dalam berbicara secara lancar.

Oleh sebab itu, orangtua akan berupaya untuk mencari solusi agar anaknya bisa lancar bicara sehingga dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya secara normal.

Kemampuan berbicara yang baik dan benar pada setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang umur satu tahun  hingga dua tahun sudah bisa berbicara. Tapi ada juga anak usia 2 tahun lebih belum lancar bicara. Lalu bagaimanakah cara agar anak cepat lancar bicara?

Gejala Anak Telat Bicara

Apabila anak anda mendapatkan gangguan telat bicara yakni belum lancar bicara padahal anak sebayanya sudah bisa berbicara secara lancar maka  anda harus mewaspadai kejadian itu.

agar anak lancar bicara

Sebagai patokan, berikut ini beberapa gejala anak telat bicara atau gangguan perkembangan yang bisa terjadi pada anak anda dalam bahasa.

  1. Anak umur satu tahun belum  bisa menunjukkan ekspresi melalui wajahnya
  2. Pada umur 16 bulan sang anak belum bisa mengatakan satu patah kata pun dan belum mengoceh
  3. Pada umur 2 tahun, sang anak belum dapat berkata dua patah kata yang bisa dipahami oleh orang di sekitarnya.
  4. Pada anak umur dua tahun sampai tiga tahun belum dapat memakai mengucapkan dua sampai tiga kata, dan tidak dapat menjelaskan apa saja barang-barang yang ada sekelilingnya, serta sang anak belum memahami dan membedakan warna.
  5. Umur empat tahun sampai lima tahun, sang anak belum bisa mengatakan namanya, jenis kelamin dan usianya serta tak bisa mengatakan kalimat terdiri-dari empat kata atau lebih.

Itulah beberapa gejala anak telat bicara. Setiap orang tua harus memastikan setiap perkembangan anak berlangsung secara optimal sesuai usianya. Seperti anak harus lancar bicara pada usia tertentu. Lebih cepat perkembangan anak dalam berbicara secara lancar akan lebih baik.

Tips Cara Agar Anak Lancar Bicara

Perbedaan kemampuan seorang anak berbeda-beda. Ada anak yang mampu bicara secara lebih cepat ketimbang anak-anak seusianya. Sama seperti  ada anak yang lebih cepat berjalan dan ada anak yang lebih lambat dalam masa tahap belajar berjalan.

Setiap anak mempunyai tahap perkembangan masing-masing. Begitu pula dalam bahasa dan kosakata anak berkembang dari hari ke hari. Sudah ditentukan anak usia tertentu harus bisa mengucapkan kata. Lalu anak seumuran tertentu bisa lancar bicara.

Berikut ini beberapa tips cara agar anak cepat lancar bicara yang sebaiknya orang tua tahu.

1.Mengajak Bicara Dengan Anak

Supaya anak anda cepat lancar bicara salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan sering mengajaknya mengobrol bersama.  Dengan cara ini, sang anak akan belajar untuk berani bicara dan membiasakan untuk berbicara secara lancar.

cara agar anak cepat lancar bicara

Pada beberapa kasus, seorang anak yang belum lancar bicara akan menjadi lancar bicara dengan terapi sering mengajak bicara pada anak. Hal tersebut berguna juga untuk memperkuat hubungan emosional antara seorang anak dan orangtua.

2.Membacakan Cerita

Upaya lain yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendorong anaknya dapat lancar bicara adalah dengan rajin atau rutin membacakan cerita pada anak. Anda juga bisa mengajari anak membaca dengan membelikan buku tentang huruf, benda, atau kata sederhana. Sebelum tidur, anak juga bisa dibacakan cerita yang lucu dan menarik bagi anak.  Karena hal tersebut akan menambah kosa kata anak dalam berbicara.

3.Menciptakan Budaya Baca Buku Pada Anak

Kegiatan membaca buku pada anak  dengan penuh semangat dapat memicu anak lancar berbicara. Anda bisa mengajarkan anak untuk terbiasa membaca buku dengan membacakan buku bagi anak atau menyediakan buku-buku di sekitar anak dengan gambar menarik.

Pada saat mengenalkan buku sejak usia dini bisa pula diselingi dengan lantunan lagu atau musik. Karena membaca buku sambil mendengarkan lantunan musik dapat memicu kemampuan anak untuk cepat lancar bicara secara baik dan benar. Sang anak pun bisa melantunkan lagu sesuai lirik yang ia dengar. Secara tak langsung, ajak pula anak untuk bernyanyi bareng.

agar anak cepat lancar bicara

Kemudian, anda jangan pernah melakukan kritik atau kecaman atas gaya bicara anak. Bahkan anda harus memberikan pujian atas setiap kata yang dilontarkan oleh anak. Misalkan melakukan kritik pada logat atau artikulasi pada anak akan berbahaya.

Karena hal tersebut justru akan membuat anak akan menurun rasa percaya dirinya dalam berbicara. Yang pada akhirnya, sang anak tidak percaya diri lagi untuk bicara dan kemudian mengalami kesulitan berbicara secara lancar di masa mendatang. Sehingga tujuan anda tidak akan sukses jika suka mengkritik anak dalam bicara sebagai upaya cara agar anak cepat lancar bicara.