Umum

Cara Jadi Mahasiswa Berprestasi dan Manfaatnya

Bagaimana sih cara jadi mahasiswa berprestasi? Setiap mahasiswa tentunya menginginkan bisa meraih prestasi setinggi mungkin. Ada banyak manfaat dan keuntungan menjadi mahasiswa yang berprestasi. Seperti peluang lebih besar memperoleh beasiswa, kemudahan mendapatkan pekerjaan, lebih dihargai teman dan dosen, hingga kemudahan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Tidak setiap orang bisa menjadi mahasiswa. Kesempatan untuk bisa menuntut ilmu di pendidikan tinggi tentunya sangat membanggakan. Apalagi mahasiswa merupakan kalangan intelektual dalam strata sosial yang mendapat tangggung jawab besar sebagai agen perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Untuk mewujudkan tugas tersebut mahasiswa tidak hanya harus tekun dalam menuntut ilmu di kampus tapi juga perlu pandai dalam berorganisasi. Baik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat maupun dengan mengikuti terus perkembangan situasi terbaru di Indonesia.

Masyarakat melihat mahasiswa sebagai generasi penerus yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan bangsa dan masyarakat ke arah yang lebih baik. Sehingga tak heran jika mahasiswa sering melakukan aksi demonstrasi dan unjuk rasa untuk memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak adil. Ini merupakan upaya mahasiswa sebagai agen perubahan social menuju kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Mahasiswa juga merupakan generasi muda yang akan menggantikan tongkat kepemimpinan bangsa di masa depan. Sehingga saat menjadi mahasiswa harus dimanfaatkan secara optimal supaya kelak mampu menggantikan estafet kepemimpinan bangsa dengan baik.

Cara Jadi Mahasiswa Berprestasi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa agar menjadi generasi penerus yang mempunyai masa depan yang cerah. Salah satunya adalah dengan belajar secara baik sesuai jurusan kuliah yang diambil dan meraih prestasi dalam berbagai bidang. Baik dalam bidang akademik, keilmuan yang dijalani, olahraga, serta bidang positif lainnya.

Cara jadi mahasiswa berprestasi juga tidak sulit. Yang diperlukan adalah keseriusan dalam menimba ilmu serta fokus. Jika anda ingin mendapatkan nilai IPK yang tinggi, maka anda mesti bersungguh-sungguh dalam belajar. Dengan keseriusan dan rajin belajar serta mencintai mata kuliah yang dipelajari akan membuat nilai IPK anda lebih baik.

Mahasiswa Berprestasi Adalah

Sekarang ini kita berada pada jaman yang canggih dan melimpah dengan informasi. Sehingga semakin banyak mahasiswa yang sadar akan pentingnya belajar menuntut ilmu selama kuliah secara serius atau fokus untuk meraih prestasi.

Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mendapatkan predikat terbaik dalam bidang yang ditekuninya. Baik dalam bidang akademik dan non akademik (seperti perlombaan dan olahraga).

Untuk meraih prestasi ada banyak kategorinya. Seperti mahasiswa termuda yang lulus kuliah, mahasiswa dengan IPK tertinggi, mahasiswa yang paling aktif berorganisasi, mahasiswa yang berprestasi dalam olahraga, mahasiswa teladan, ataupun kategori mahasiswa berprestasi lainnya.

Karena itu mahasiswa berprestasi adalah mampu meraih nilai tinggi dalam bidang tertentu. Sedangkan secara umum, mahasiswa yang berprestasi mempunyai ciri-ciri yang bisa kita kenali seperti berikut ini.

1.Supel dan Pandai Menjalin Relasi

Seiring berjalan waktu, mahasiswa berprestasi akan lebih dikenal banyak orang dan lebih dekat dengan semua kalangan di kampus seperti dosen, dekan sampai rektor dan pejabat negara.

2.Senantiasa Bersikap Aktif Dalam Perkuliahan

Pada saat ada materi perkuliahan yang belum ia mengerti maka sang mahasiswa berprestasi akan aktif dalam pembelajaran dan bertanya langsung atas materi tersebut sekaligus mewakili teman-temannnya dalam bertanya.

3.Semangat dalam Mengikuti Berbagai Kegiatan

Biasanya pada momen tertentu kampus sering mengadakan berbagai lomba. Baik dalam bidang olahraga, lomba karya tulis ilmiah, lomba debat, lomba mengarang, lomba menulis cerita, dan lomba lainnya. Maka ciri mahasiswa berprestasi adalah rajin mengikuti berbagai kejuaraan dan lomba yang diminatinya sekaligus untuk menguji kemampuan.

Kegiatan ini akan berguna untuk mengukur keterampilan dan kecerdasannya. Hal tersebut akan memberikan nilai tambah, termasuk di mata dosen. Sang mahasiswa berprestasi akan lebih dikenal dosen.

4.Aktif dalam Organisasi

Ada sebagian mahasiswa yang berprestasi dalam segi akademik namun kurang berprestasi dalam organisasi. Mahasiswa seperti itu tidak bisa disebut mahasiswa berprestasi secara sempurna.

Karena itu cara jadi mahasiswa berprestasi juga mesti seimbang antara akademik dan organisasi. Aktif dalam organisasi sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinan dan menjaga pikiran agar tetap terbuka atau tidak berpikir sempit.

5.Senang Menulis Karya Tulis Ilmiah

Ciri mahasiswa berprestasi juga dapat dilihat dari kemampuan dan hobinya dalam menulis karya tulis ilmiah yang kemudian dibaca banyak orang. Itu artinya mahasiswa tersebut cerdas dan bisa menyampaikan pemikiran dan gagasannya kepada orang lain secara baik.

6.Pandai dalam Berbicara Di Depan Publik

Salah satu ciri berikutnya yang membuat seorang mahasiswa dapat disebut mahasiswa berprestasi adalah memenuhi unsur bahwa dia mampu berbicara di depan publik dengan sangat bagus.

Sehingga kemampuannya terlihat sempurna yakni cerdas dalam akademik, pandai dalam berorganisasi serta dapat menyampaikan ide atau gagasan atau presentasi di depan kelas dengan baik.

Manfaat Menjadi Siswa Berprestasi

Cara jadi mahasiswa berprestasi memang tidak sulit. Apalagi ada banyak keuntungan menjadi siswa berprestasi. Manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh diri sendiri tapi juga bisa dirasakan oleh keluarga dan lingkungan sekitar anda serta orang lain. Berikut ini beberapa manfaat menjadi siswa berprestasi yang meliputi:

1.Menjadi Sebaik-baik Manusia

Salah satu hadist menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang memberikan manfaat pada orang lain. Dengan menjadi seorang mahasiswa atau siswa berprestasi pastinya ada sesuatu hal yang bisa anda bagikan kepada orang lain sehingga orang lain bisa mengambil manfaat dari anda.

2.Pengetahuan Luas

Yang paling mencolok dan terlihat jelas dari manfaat menjadi siswa berprestasi adalah memiliki pengetahuan yang luas. Dalam arti berprestasi dalam banyak hal seperti prestasi akademik misalkan nilai IPK yang tinggi atau nilai ujian UAS dan UTS selalu tinggi di kampus.

Kemudian  prestasi olahraga yang baik.  Namun dalam tingkat dunia pendidikan, siswa berprestasi umumnya dinilai dari memiliki pengetahuan yang luas. Apalagi ia beprestasi dalam lomba secara akademik. Misalkan juara lomba cerdas cermat.

3.Mempunyai Pribadi yang Menarik

Manfaat menjadi siswa berprestasi selanjutnya adalah dari segi penampilan yang cenderung lebih menarik ketimbang siswa biasa pada umumnya. Banyak siswa-siswi pastinya lebih senang berdekatan dengan siswa berprestasi dalam menghadapi ujian sekolah. Walaupun begitu siswa berprestasi umumnya tidak sombong tapi ia bersikap rendah hati, baik, santun, dan sopan.

4.Relasi Luas

Manfaat menjadi anak sekolah yang berprestasi lainnya adalah mempunyai pergaulan atau relasi yang luas. Misalkan ia bisa mengenal dan menjalin relasi dengan kalangan dekan, rektor, atau pejabat negara. Semua itu berkat prestasinya yang membuat ia mempunyai tempat istimewa dalam berbagai kesempatan acara.

5.Mendapatkan Beasiswa

Yang terakhir yang menjadi manfaat siswa atau mahasiswa berprestasi adalah kemudahan dalam mendapatkan beasiswa kuliah. Sebab umumnya beasiswa yang disediakan oleh pihak sekolah atau  kampus umumnya diperuntukan bagi mahasiswa pintar yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang  miskin.

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sebenarnya tidak sulit bagi mahasiswa untuk berprestasi dalam bidang yang ditekuninya. Hal yang paling mudah adalah dari jurusan kuliah yang dipilihnya dengan menguasai ilmu jurusan tersebut secara baik. Sehingga mampu meraih nilai tinggi dari mata kuliah atau tugas yang diberikan. Baik berupa tugas pembuatan makalah, presentasi di depan kelas maupun mampu menjawab soal ujian tengah semester dan akhir semeseter dengan baik.

Berbagai kontes mahasiswa berprestasi sering diadakan dalam tingkat internal kampus, nasional, hingga internasional. Ada berbagai hadiah dan fasilitas menarik akan diberikan pada mahasiswa yang mampu berprestasi, seperti bantuan beasiswa.

Untuk mendapatkan predikat sebagai mahasiswa berprestasi ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut ini langkah-langkah cara jadi mahasiswa berprestasi yang sebaiknya Anda tahu.

1.Selalu Aktif Pada Kegiatan di Ruang Kuliah

Pada awal kuliah, dosen biasanya akan memberitahukan bahwa kehadiran mahasiswa di ruang perkuliahan ikut menentukan nilai suatu mata kuliah. Biasanya porsi nilainya sebesar 30 persen dari kehadiran mahasiswa di ruang perkuliahan. Tak hanya rajin kuliah namun mahasiswa cerdas juga akan aktif bertanya pada dosennya.

2.Mempertahankan Nilai Akademik yang Baik

Cara berikutnya adalah dengan mempertahankan nilai yang bagus dalam ujian tengah semester maupun akhir semester. Siswa berprestasi juga pandai mengatur waktu belajar, sehingga bisa mempertahankan absensi kehadiran di ruang kuliah maupun prestasi akademiknya dengan baik.

3.Dekat dengan Dosen

Tips selanjutnya agar menjadi mahasiswa berprestasi adalah dengan dekat dengan dosen. Namun pengertian dekat ini tidak sampai bersifat personal ya. Ada banyak keuntungan jika anda dekat dengan dosen. Seperti dalam nilai akademik yang bisa ditingkatkan atau pemberian bantuan nilai secara akademik maupun bantuan sosial.

4.Aktif Serta Dalam Berbagai Lomba

Tips terakhir cara jadi mahasiswa berprestasi adalah dengan selalu aktif dalam mengikuti berbagai lomba yang ada. Baik yang diselenggarakan oleh pihak universitas maupun luar kampus.

Seperti mengikuti lomba debat, lomba cerdas cermat, lomba olimpiade fisika, kimia, matematika, lomba robot, lomba pembuatan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Dikti, maupun ikut lomba olahraga dalam tingkat kampus atau nasional.

Motivasi Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Menjadi mahasiswa berprestasi adalah cita-cita setiap orang. Namun ada mereka yang bisa mewujudkannya dan ada pula siswa yang tak bisa mewujudkan diri sebagai siswa berprestasi.

Jika anda ingin menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi maka anda harus terlebih dulu mengetahui motivasi apa yang membuat anda ingin menjadi siswa berprestasi.

Berikut ini beberapa keuntungan menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi yang mungkin bisa melecut semangat atau memotivasi anda untuk menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi di kelas atau kampus, antara lain:

1.Memperluas Relasi

Salah satu keuntungan menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi adalah mempunyai pergaulan luas. Dari mulai kalangan terendah sampai kalangan atas. Di mulai dari lingkungan kampus, anda akan lebih dikenal bagaikan sosok selebritas.

Bukan hanya teman-teman anda yang satu jurusan yang mengenal anda tapi juga mahasiswa dan mahasiswi dari jurusan kuliah lain akan mengenal anda dengan segudang prestasi yang pernah anda torehkan.

2.Memperoleh Bekal Keuangan di Masa Depan

Dengan menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi maka anda akan mendapatkan berbagai penghargaan. Seperti berupa hadiah uang, materi, maupun beasiswa. Uang yang anda dapatkan sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang anda raih bisa anda simpan untuk bekal di kehidupan nanti seperti bekal biaya untuk meneruskan kuliah.

Demikianlah berbagai cara jadi mahasiswa berprestasi yang dapat anda lakukan di kampus maupun dalam kehidupan anda sehari-hari. Ada banyak keuntungan dan manfaat menjadi siswa berprestasi. Sehingga anda akan berusaha keras untuk meraih prestasi terbaik.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

2 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago