Cara manajemen waktu untuk pelajar merupakan hal penting dan wajib dilakukan setiap pelajar. Hal ini penting supaya pelajar dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Setiap pelajar diberikan waktu yang sama setiap harinya yakni 24 jam. Namun pelajar yang mengelola waktu dengan baik akan mampu mencapai hasil belajar yang optimal.

Setiap orang mendapatkan beban tugas dan pekerjaan masing-masing. Misalkan seorang pelajar ditugaskan untuk belajar. Sebagian waktunya dihabiskan untuk belajar. Padahal ada banyak pekerjaan lain yang harus ia lakukan. Di sinilah pentingnya seorang pelajar memanajemen waktu secara baik supaya yang menjadi cita-citanya dapat mereka raih dengan baik.

Tugas seorang pelajar adalah belajar. Kalangan intelektual ini terbiasa belajar di dalam kelas maupun luar kelas. Di tengah kesibukan sehari-hari belajar dan berorganisasi membuat seorang pelajar mesti mengatur waktu secara baik. Supaya kegiatan belajarnya bisa maksimal dan membuahkan hasil positif dan kegiatan organisasinya juga dapat berjalan lancar.

Jika kamu sekarang ini sebagai pelajar dan mengalami kesukaran untuk mengelola waktu belajar dan berorganisasi sebenarnya itu hal wajar. Karena mungkin kamu bukan hanya sibuk belajar. Kamu juga mungkin sibuk dengan pekerjaan lain. Seperti berorganisasi, mencari uang tambahan, membantu orang tua, dan tugas lain yang mesti kamu tunaikan.

Seorang pelajar yang ingin sukses dan berprestasi dalam segala hal positif maka itu hal yang sangat bagus. Namun untuk sukses, pelajar harus menerapkan cara manajemen waktu untuk pelajar secara baik. Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Pantang bagi seorang pelajar membuang waktu secara percuma. Seorang pelajar yang membuang waktu secara sia-sia maka pelajar itu masih belum memahami arti penting waktu.

Di sekolah kerap kita temukan pelajar yang sukses dan ada juga yang tidak sukses. Pelajar yang sukses dengan nilai-nilai sekolah yang baik adalah mereka yang mampu mengelola waktu secara baik. Sedangkan pelajar yang tak berprestasi adalah pelajar yang tak bisa memanajemen waktu dengan baik.

Pengertian Manajemen Waktu Belajar

Pengertian manajemen waktu belajar adalah suatu proses mengatur jadwal belajar secara baik dan terstruktur. Dari mulai belajar yang paling penting ke belajar yang penting hingga tambahan. Contoh manajemen waktu belajar adalah dengan membuat jadwal kegiatan belajar harian. Jadwal belajar ini bisa ditulis pada aplikasi di hp atau kalender maupun selembar kertas.

tips manajemen waktu yang efektif

Penggunaan manajemen waktu belajar sangat penting bagi seorang pelajar. Orang-orang yang sukses sekarang ini umumnya menerapkan ini dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga proses belajar dapat terarah dan berjalan maksimal.

Pengertian manajemen waktu belajar adalah pengelolaan waktu yang disusun berdasarkan kebutuhan. Ia tidaklah berdiri sendiri dan kaku. Namun semua jadwal pembelajaran dilakukan secara fleksibel. Sehingga di tengah jalan bisa dilakukan perubahan atas hal-hal yang perlu diperbaiki.

Baca juga Manfaat Mengenalkan Buku Pada Anak Sejak Usia Dini

Misalnya kamu telah menentukan satu pekerjaan di waktu tertentu dengan durasi tertentu. Ternyata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih lama dari yang ditentukan. Oleh karena itu, selanjutnya kamu bisa memperbaiki jadwal itu dengan memberikan tambahan durasi waktu atas pekerjaan atau pembelajaran tersebut.

Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar

Salah satu hal yang paling berharga di dunia bukan hanya semata harta benda dan uang. Tapi ada sesuatu yang lebih penting lagi yakni waktu. Harta benda bisa hilang dan kita cari lagi. Namun waktu yang hilang tidak bisa diganti lagi. Ada berbagai pengertian tentang pentingnya waktu.

Sebagian orang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Orang yang mengatakan ini biasanya adalah kalangan pekerja atau pengusaha. Dengan menghambur-hamburkan waktu secara sia-sia berarti ia telah membuang uang.

Bagi pelajar, waktu bukan hanya uang tapi waktu adalah untuk belajar. Dengan membuang-buang waktu maka ia telah membuang-buang waktu untuk belajar. Seorang pelajar akan sangat dirugikan dan akan ketinggalan dalam menguasai pelajaran jika ia menghambur-hamburkan waktu secara sia-sia.

Seorang pelajar tugasnya untuk menuntut ilmu. Disamping itu, seorang pelajar akan disibukkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan di organisasinya. Lantas apa itu cara manajemen waktu untuk pelajar?

Manajemen waktu belajar adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang pelajar untuk mengelola waktu dan jadwal secara rapi, baik dan benar. Sehingga semua pekerjaan dan tugas seorang pelajar dapat diselesaikan dengan baik.

cara manajemen waktu untuk pelajar

Di tengah kesibukan yang ada sebagai penuntut ilmu pengetahuan, seorang pelajar mesti berjibaku dengan kegiatan-kegiatan lainnya di sekolah maupun luar sekolah. Inilah yang menjadi permasalahan seorang pelajar. Terkadang pelajar tidak mampu mengatur waktunya dengan baik.

Sehingga semua kegiatan dan tanggungjawabnya terbengkalai. Oleh karena itu, seorang pelajar bisa melakukan suatu teknik cara manajemen waktu yang baik untuk pelajar.

Berikut ini beberapa cara manajemen waktu untuk pelajar yang efektif yng bisa kamu coba terapkan.

1.Menyusun jadwal aktifitas sehari-hari

Menyusun jadwal kegiatan sehari-hari sangat mudah. Kamu bisa menulis jadwal waktu kegiatan sehari-hari di selembar kertas. Jangan pernah mengandalkan memori otak karena otak suatu saat mudah untuk lupa. Jadwal kegiatan sehari-hari merupakan panduan bagi pelajar mengenai kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh seorang pelajar pada hari itu secara tersusun.

2.Membuat prioritas

Dalam menyusun jadwal kegiatan sehari-hari maka kamu harus memiih pekerjaan berdasarkan prioritas. Kamu mesti memilih pekerjaan dari yang terpenting sampai yang tak begitu penting. Sehingga jadwal tersusun rapi, baik dan benar sesuai target yang dicita-citakan.

Tips Manajemen Waktu Yang Efektif

Dalam cara manajemen waktu untuk pelajar tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan sembarangan. Namun kamu memerlukan perhitungan yang matang. Berikut ini beberapa tips manajemen waktu yang efektif bagi pelajar.

1.Jangan terlalu ketat

Ketika membuat jadwal kegiatan sehari-hari maka usahakan jangan membuat jadwal terlalu ketat. Misalkan jam enam pagi belajar di rumah. Kemudian makan dan minum. Selanjutnya, jam tujuh pagi berangkat ke sekolah.

2.Aturan imbalan dan sanksi

Terapkanlah pada jadwal kegiatan sehari-hari itu sistem sangsi. Jika ada salah satu kegiatan yang tak dilakukan maka kamu bisa menghukum diri sendiri dengan hal ringan.

manajemen waktu belajar adalah

Seperti membersihkan halaman rumah atau menambah waktu belajar.Hal tersebut untuk memberi peringatan agar tidak mengulangi hal serupa. Kamu tetap mesti mematuhi semua kegiatan yang tersusun di jadwal kegiatan harian.

Misalkan kamu telah berhasil menyelesaikan jadwal kegiatan sehari-hari-hari maka kamu bisa memberikan imbalan bagi diri sendiri. Misalkan makan menu makanan yang kamu sukai atau melakukan suatu hobi dan imbalan lainnya untuk memanjakan diri sendiri.

3.Fokus lagi pada jadwal

Tips manajemen waktu yang efektif dan penting adalah fokus pada jadwal. Apabila kamu lupa untuk melakukan jadwal kegiatan harian maka jangan biarkan berlarut-larut. Kamu mesti mendisiplinkan diri untuk melaksanakan jadwal kegiatan harian yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4.Tak mengerjakan pekerjaan secara sekaligus

Suatu pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan pastinya tak bisa dilakukan secara beriringan. Kalau itu bisa dikerjakan berbarengan maka silahkan saja. Namun jika tak mungkin maka kamu bisa memilih salah satu yang lebih prioritas atau lebih penting. Jangan sampai kamu salah menempatkan dengan mengerjakan pekerjaan yang tak penting dulu ketimbang yang penting.

Baca juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Pedoman dalam melaksanakan pekerjaan sesuai jadwal adalah melaksanakan pekerjaan satu persatu. Tak diperbolehkan bagi seorang pelajar melakukan pekerjaan dua sekaligus secara berbarengan. Karena itu tidak akan membuat maksimal dan tak fokus. Selesaikan satu pekerjaan dulu dengan baik kemudian setelah selesai maka lakukan pekerjaan lainnya.

5.Lebih spesifik

Tips manajemen waktu yang efektif adalah membuat jadwal kegiatan yang bisa terperinci. Misalkan kamu membuat jadwal untuk membaca buku sampai tamat maka kamu bisa membuat jadwal secara spesifik. Misalkan dalam satu jam kamu membaca satu halaman buku.

6.Beri tanda

Kemudian cara manajemen waktu untuk pelajar yang tak kalah penting adalah memberikan ceklis. Jika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal kegiatan maka berikanlah tanda seperti tanda ceklis. Apabila seorang pelajar mengalami hambatan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut seperti sakit kepala maka ia bisa beristirahat sejenak atau mengerjakan pekerjaan yang ia sukai.

cara manajemen waktu untuk pelajar

Contohnya membaca buku, main game, kumpul bareng teman, atau olahraga dan kegiatan positif lainnya. Jangan sampai rasa stres hinggap dalam diri seseorang secara berlebihan.

Cara Mengatur Waktu Belajar

Manajemen waktu untuk pelajar perlu disusun secara baik. Hal itu akan membuat kegiatan sehari-hari seorang pelajar lebih terstruktur. Seorang pelajar mempunyai target tertentu dalam proses belajarnya. Dengan adanya manajemen waktu maka target itu bisa direncanakan kapan akan terwujud. Bahkan bisa dipercepat untuk terwujud.

Berikut ini cara mengatur waktu belajar dari awal sampai akhir, antara lain:

1.Membuat jadwal harian kegiatan belajar

Cara manajemen waktu untuk pelajar dimulai dari pembuatan jadwal kegiatan sehari-hari. Jadwal ini berisi kegiatan harian yang harus dilakukan oleh pelajar dari awal bangun tidur sampai tidur kembali. Yang tentu saja dalam jadwal itu akan lebih banyak memasukkan kegiatan belajar ketimbang kegiatan lain. Seperti olahraga, bermain, atau piknik. Karena tugas seorang pelajar adalah belajar.

Baca juga Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

Seiring dengan perkembangan teknologi canggih, pembuatan jadwal kegiatan sehari-hari untuk pelajar dapat dilakukan secara lebih modern. Misalkan menggunakan ponsel android dan beberapa aplikasi pembuatan jadwal kegiatan. Dengan cara ini hidup seorang pelajar lebih bermakna dan berarti. Ia bisa mengendalikan hidupnya.

2.Jadwal fleksibel

Cara mengatur waktu belajar adalah dengan membuat jadwal kegiatan secara fleksibel. Dalam arti, kegiatan harian itu bisa diubah-ubah sesuai prioritas dan kebutuhan. Jangan sampai jadwal kegiatan yang dibuat bersifat kaku. Selain itu, lakukan pengontrolan terhadap semua jadwal kegiatan sudah dilaksanakan secara baik. Karena jadwal kegiatan itu dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar.

3.Menghindari pelanggaran

Sesudah terbuatnya jadwal kegiatan harian pastikan kamu mematuhinya secara baik. Pembuatan jadwal kegiatan sangat penting sebagai pedoman aktifitas sehari-hari seorang pelajar. Supaya target yang ditentukan dapat tercapai dengan mudah dan hidup dengan petunjuk arah jelas yang menuju ke satu tempat. Seorang pelajar yang tidak mempunyai jadwal kegiatan harian maka hidupnya tak tentu arah. Hingga sulit berprestasi secara akademik dan non akademik.

4.Menentukan prioritas

Cara manajemen waktu untuk pelajar juga perlu membuat jadwal berdasarkan skala prioritas. Tempatkanlah dulu pekerjaan yang sangat penting. Kemudian menuju pekerjaan penting sampai kurang penting. Contohnya kamu harus menempatkan bermain game sebagai prioritas terakhir. Kamu bisa saja memasukkan kegiatan bermain game dalam jadwal kegiatan.

cara mengatur waktu belajar

Namun semua itu hanya sebatas hiburan untuk membuat rileks tubuh dan pikiran. Pengontrolan harus dibuat supaya kegiatan main game tidak dilakukan berlebihan dan melupakan tugas seorang pelajar untuk senantiasa belajar.

Pendek kata, pekerjaan yang dianggap sangat penting harus ditempatkan di posisi paling atas. Seperti belajar karena tugas pelajar memang untuk belajar. Kemudian prioritas kedua menempatkan pekerjaan yang lainnya. Dalam hal ini, seorang pelajar dilatih untuk melakukan pekerjaan yang sangat penting untuk dirinya. Barulah mengerjakan pekerjaan yang lain.

5.Jangan menunda kegiatan

Salah satu tips berikutnya cara mengatur waktu belajar yang efektif adalah tidak pernah menunda-nunda pekerjaan. Apabila jadwal kegiatan sudah dibuat maka pastikan kamu melaksanakannya. Jangan pernah ada rasa malas dan menunda-nunda pekerjaan.

Sikap yang suka menunda pekerjaan tak baik karena pekerjaan baru setiap menit akan terus bertambah banyak. Prinsipnya pelajar yang menunda pekerjaan berarti tak melaksanakan pekerjaan tersebut. Menunda pekerjaan akan membuat sarang penyakit.

Yang menjadi penyebab seorang pelajar menunda pekerjaan adalah rasa tidak suka terhadap pekerjaan itu. Oleh sebab itu, dalam membuat jadwal kegiatan pastikan kamu memasukkan semua pekerjaan yang kamu sukai dan cintai.

Jangan pernah memasukkan pada jadwal kegiatan yang tak kamu sukai. Jika kamu tak suka terhadap pekerjaan itu tapi harus ada maka kamu bisa memulai untuk mencintai pekerjaan tersebut.

6.Jangan Berharap Sempurna

Dalam membuat jadwal  aktivitas harian untuk seorang pelajar maka janganlah berharap sempurna. Suatu waktu jadwal itu bisa diubah disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan. Tak ada jadwal kegiatan yang sempurna. Yang ada hanyalah jadwal kegiatan yang lebih baik dan secara berkala bisa diadakan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Itulah cara manajemen waktu untuk pelajar yang wajib diterapkan para pelajar.