Umum

Cara Melatih Vokal, Pernafasan, dan Nada Tinggi

Cara melatih vokal secara rutin merupakan hal yang penting bagi mereka yang tertarik menekuni dunia tarik suara.  Untuk melatih vokal tidak perlu jauh-jauh anda lakukan. Anda bisa berlatih vokal atau suara sendiri atau mengundang guru privat ke rumah. Cara ini lebih praktis dan mampu meningkatkan vokal suara menjadi lebih merdu dan berkualitas.

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Ada orang yang memiliki  kelebihan dalam kemahiran memainkan alat musik tertentu. Ada juga orang yang mendapat kelebihan dalam menulis atau mengarang yang baik. Selanjutnya ada orang yang diberikan kelebihan dalam bidang-bidang lainnya.

Tak sedikit pula orang yang mempunyai kelebihan dalam olah vokal suara yang merdu dan kemampuan bernyanyi yang baik. Tentu bakat menyanyi ini harus dilatih secara rutin jika anda benar-benar ingin menjadi penyanyi hebat dan terkenal. Tujuannya supaya kemampuan bernyanyi semakin merdu dan berkualitas bagus serta tidak fals ketika anda bernyanyi di depan orang.

Cara Melatih Vokal yang Baik dan Benar

Untuk meningkatkan kualitas suara, seseorang tidak bisa membiarkannya. Sama seperti pertandingan olahraga maka seseorang perlu berlatih diri. Untuk seorang yang berprofesi sebagai penyanyi profesional, latihan vokal dan pernafasan sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang wajib dilakukan.

Ini bertujuan mempertahankan kualitas suara tetap terjaga baik, merdu dan tidak fals. Berikut ini tahapan-tahapan cara melatih vokal suara agar tidak fals dan merdu serta berkualitas terbaik bagi pemula, antara lain:

1.Lakukan Pemanasan

Sebelum bernyanyi maka silahkan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sehingga pada saat anda tampil di depan orang banyak maka anda bisa bernyanyi secara maksimal. Pemanasan bermanfaat bagi anda sebagai cara melatih vokal nada rendah dan tinggi pada pria dan wanita. Sekaligus juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko cedera di bagian tenggorokan.

Baca juga Les Privat Vokal, Materi dan Biayanya

Pemanasan sebelum bernyanyi sama pentingnya bagi anda layaknya pemanasan sebelum olahraga. Yang akan mempersiapkan badan untuk tampil lebih santai dan maksimal pada saat bernyanyi serta menghindari resiko cedera pada bagian pita suara atau tenggorokan.

2.Mengenali Ciri Khas Suara

Dengan melatih vokal secara teratur maka anda bisa mengenali karakter vokal anda. Karena setiap orang mempunyai karakter vokal yang berbeda. Ada jenis suara yang tak bisa mencapai irama-irama tangga nada tertentu.

3.Lafal yang Baik

Salah satu kesalahan penyanyi pemula adalah mereka tidak melakukan lafalan lagu secara baik dan kurang jelas. Untuk berlatih vokal yang baik maka anda mesti bernyanyi dengan lafal suara yang jelas. Mulut dibuka lebar lalu bernyanyi dengan melafalkan lirik lagu secara jelas dan tidak samar secara santai. Pelafalan lirik lagu yang jelas berguna supaya pesan dari lagu itu dapat diterima baik oleh pendengar.

4.Latihan Terus Menerus

Latihan terus menerus dalam arti latihan bernyanyi harus kita lakukan secara berkala atau terjadwal. Misalkan setiap hari anda membuat jadwal latihan bernyanyi pada jam tertentu.  Pada waktu kosong atau sibuk pun, anda mesti berlatih untuk bernyanyi yang baik supaya kualitas suara bisa lebih baik dan lebih mampu mendendangkan lagu kesukaan dengan lebih merdu.

Bukti nyata, cara melatih vokal secara mudah dan sederhana bisa dengan menyanyikan lagu dengan karaoke. Ada sejumlah pakar yang menyarankan agar bernyanyi di kamar mandi kemudian merekam menggunakan HP dan mendengarkannya sendiri. Apakah lagu yang kita nyanyikan itu sudah enak didengar atau tidak?

Demikianlah latihan vokal anda supaya lebih baik dan lebih mahir menyanyikan lagu dengan baik. Cara lainnya dengan berguru pada penyanyi hebat yang berpengalaman. Misalkan kalau anda seorang perempuan maka anda bisa belajar kepada Tasya Rosmala, Aura Kasih, Vicky Shu, Anggun C Sasmi dan penyanyi wanita lainnya mengenai cara bernyanyi yang baik dan benar. Mereka suka membagikan tips bernyanyi yang baik di situs, blog atau sosial media mereka.

Cara Melatih Vokal Nada Tinggi

Banyak orang yang ingin menjadi penyanyi hebat dan terkenal dan kaya raya. Keterampilan menyanyi merupakan sebuah keterampilan yang tidak semua orang menguasainya. Banyak hal yang mesti dikuasai oleh seseorang untuk mencapai suara yang merdu dan tak fals. Seperti menguasai teknik vokal dalam bernyanyi dan langkah tercepat adalah mengikuti kursus bimbingan olah vokal suara.

Beberapa orang yang memiliki cita-cita sebagai penyanyi terkadang mempunyai keterbatasannya dalam olah vokal. Seperti tidak bisa mencapai nada tinggi. Oleh karena itu, mereka bisa mengatasinya dengan cara melatih suara tinggi pria dan wanita serta belajar cara menyanyikan nada tinggi tanpa harus berteriak. Cara melatih vokal nada tinggi tersebut dapat anda lakukan di rumah.

Baca juga Belajar Bernyanyi dengan Cara yang Baik dan Benar

Siapa sih penyanyi yang tak mau mempunyai kemampuan olah suara yang baik. Tentu setiap penyanyi menginginkan mempunyai suara vokal suara yang bagus dan berkualitas baik. Karena tugas penyanyi adalah menjual suara merdu yang mereka miliki.

Untuk mempertahankan suara yang bagus itu, mereka melakukan berbagai upaya di dalam tubuhnya maupun di luar atau eksternal. Seperti belajar cara menyanyi yang benar dan teknik vokal dalam bernyanyi.

Salah satu yang didambakan oleh seorang penyanyi adalah memiliki pita suara yang lebar. Dalam arti, ia mampu menjangkau nada tinggi maupun rendah. Dengan demikian, lagu yang dilantunkan akan dengan mudah disampaikan dengan sangat merdu, tidak fals dan indah. Penampilan menyanyinya akan membuat banyak orang terkagum.

Tapi tak setiap penyanyi bisa menjangkau nada tinggi dengan baik. Hal tersebut dapat diakibatkan beberapa hal. Misalkan pita suara yang kaku sehingga untuk mencapai nada tinggi maka ia membutuhkan beberapa latihan secara rutin. Itu semua supaya pita suara menjadi lentur dan kuat hinggga mampu menyanyikan nada tinggi.

Berikut ini salah satu cara melatih vokal nada tinggi yang sudah terbukti yaitu dengan melakukan pemanasan pita suara dengan bersikap duduk santai. Kemudian lakukan pernafasan secara baik dan santai.

Tarik nafas perlahan-lahan. Kemudian hembuskan nafas perlahan-lahan. Lakukan berulang kali sampai kondisi pita suara sangat rileks atau tidak tegang. Nada tinggi bisa dicapai dengan baik jika pita suara dalam keadaan rileks dan lentur.

Cara Melatih Vokal Suara Agar Tidak Fals

Kegiatan menyanyi adalah salah satu aktifitas manusia yang sangat populer akhir-akhir ini. Kegiatan bernyanyi sering dilakukan orang untuk menghibur diri ketika suasana hati gundah gulana atau sedang sedih maupun gembira. Pada berbagai acara pun sering diadakan kegiatan menyanyi. Seperti pentas hajatan pesta pernikahan, konser musik, seminar, workshop, peresmian, dan kegiatan formal atau non formal lainnya.

Namun tidak semua orang dapat menyanyikan lagu dengan baik. Banyak orang yang kalau menyanyi suaranya sangat fals dan tak enak didengar. Semua itu bisa diatasi dengan cara orang itu mau berlatih bernyanyi secara teratur dengan baik dan benar. Dengan banyak latihan vokal maka suara yang buruk bisa menjadi enak didengar dan suara fals menjadi tak fals.

Dalam dunia tarik suara bahwasanya mempunyai vokal yang merdu disertai suara yang tak fals merupakan dambaan setiap orang. Namun tak semua orang memilikinya.

Ada beberapa cara dan latihan yang perlu ditempuh oleh seseorang untuk mendapatkan suara yang merdu dan tak fals. Berikut ini beberapa cara melatih vokal suara agar tidak fals yang bisa anda lakukan.

1.Melaksanakan Kegiatan Pernafasan Yang Baik

Sebelum melakukan aktifitas nyanyi maka seseorang perlu melakukan pemanasan. Seperti melakukan teknik pernafasan yang baik sebelum bernyanyi untuk menjaga kondisi baik pada bagian tenggorokan, pita suara dan paru-paru tetap lembap.

2.Menjaga Postur Badan Dalam Posisi yang Tepat

Posisi badan ikut menentukan kualitas suara yang dihasilkan oleh seseorang. Pada saat akan bernyanyi, usahakan anda berdiri tegak dengan kepala tegak, bagian lutut ditekuk sedikit dan kaki sedikit terbuka supaya tampil tidak tegang.

3.Minum Minuman Tertentu Dapat Mempengaruhi Kualitas Suara

Alternatif lainnya cara melatih vokal suara agar tidak fals adalah dengan mencoba minum madu atau minuman air putih yang hangat secara berkala. Jangan pernah mengonsumsi minuman bersoda dan susu kental karena akan mengakibatkan terciptanya lendir yang membuat kualitas suara menjadi sangat buruk.

Baca juga Fungsi Musik Bagi Otak dan Kehidupan Manusia

Salah seorang penyanyi terkenal dunia, Christina Aguilera melakukan hal yang demikian. Sebelum pentas menyanyikan sebuah lagu, ia selalu menyempatkan untuk minum madu.

Penyebab Suara Fals

Untuk meningkatkan kualitas suara lebih bagus dan merdu serta tidak fals maka anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Beberapa penyanyi menyikapi cara membuat suara merdu dengan jahe dan kunyit. Artis terkenal Christina Aguilera menyikapi dengan meminum minuman madu. Pendek kata, ada beragam makanan dan minuman terbukti bisa membuat suara lebih merdu dan halus serta tak fals.

Untuk membuat suara anda menjadi merdu dan tak fals maka anda bisa mengetahui dulu beberapa penyebab suara anda bisa menjadi fals. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda bisa menghindari penyebab tersebut. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan suara anda menjadi fals, antara lain:

1.Capek

Rasa capek  tubuh dalam menjalani aktifitas seharian bisa memicu suara menjadi fals.

2.Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Penyebab kedua yang bisa membuat suara anda menjadi fals adalah mengonsumsi makanan berminyak dan tekstur kasar. Makanan tersebut bisa membuat kualitas pita suara menurun dan suara serak layaknya fals.

Jika anda berkeinginan kuat untuk bernyanyi tidak fals maka ada sejumlah minuman dan makanan yang bisa mempertahankan kualitas pita suara agar tidak fals. Berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang terbukti bisa membuat suara anda semakin merdu dan tidak menjadi fals, antara lain:

  1. Air putih yang membuat tenggorokan tak terjadi dehidrasi.
  2. Roti atau crackers yang menjadikan tenggorokan tetap lembap
  3. Melon
  4. Jus apel
  5. Teh Herbal hangat

Latihan Vokal dan Pernafasan

Cara melatih suara atau vokal dalam bernyanyi bisa anda lakukan sendiri dengan cara beraktifitas di rumah melalui bimbingan mentor ataupun tidak. Untuk melatih suara dapat anda lakukan sendiri di rumah tanpa bimbingan mentor yaitu dengan melakukan latihan pernafasan dan vokal secara rutin.

Langkah melatih vokal yang utama adalah dengan latihan vokal dan pernafasan yang baik. Ini berkaitan dengan mengontrol ritme suara. Cara bernyanyi ini bisa menggunakan perut. Silahkan tarik nafas secara dalam memakai bagian perut. Lalu keluarkan nafas secara pelan-pelan.

Selain itu, pada saat anda akan bernyanyi, pastikan badan anda dalam posisi yang benar yakni berdiri tegak. Sehingga memudahkan dalam bernyanyi dan bernafas dengan suara yang optimal dan badan santai.

Demikian cara melatih vokal nada tinggi dan nada rendah agar tidak fals serta beberapa penyebab suara menjadi fals. Mudah-mudahan informasi singkat ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

7 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago