Umum

Cara Memilih Universitas Swasta Terbaik

Cara memilih universitas swasta terbaik yang paling umum dan paling mudah adalah dengan memperhatikan akreditasinya, yaitu akreditasi A. Begitu juga dengan perguruan tinggi yang telah mempunyai pamor yang baik di mata masyarakat. Namun tentunya ada sejumlah faktor lainnya yang juga perlu anda ketahui sebelum menentukan pilihan.

Begitu juga dalam memilih jurusan kuliah haruslah didasarkan pada bakat dan minat serta kepribadian anda. Hal ini untuk menghindarkan dari kesalahan di kemudian hari. Begitu pula ketika anda memilih suatu perguruan tinggi swasta harus sesuai dengan minat anda terhadap kampus tersebut.

Menempuh pendidikan tinggi dan kuliah merupakan harapan setiap orang. Status mereka dimasyarakat akan lebih tinggi dan dipandang lebih terhormat dengan status mahasiswa yang identik dengan intelektualitasnya yang tinggi.

Universitas Tarumanegara Jakarta

Biaya pendidikan tinggi setiap tahun mengalami kenaikan. Dengan biaya yang cukup besar untuk kuliah membuat  hanya sebagian orang yang bisa mengecap pendidikan tinggi. Untuk jenis perguruan tinggi yang paling banyak dituju orang adalah perguruan tinggi negeri. Namun jika mereka tak lolos masuk perguruan tinggi negeri maka dapat memilih kuliah di perguruan tinggi swasta.

Cara memilih universitas swasta yang tepat dan cocok memang perlu waktu untuk mengkaji lebih dalam.  Seseorang tidak bisa terburu-buru mengambil kampus swasta tanpa perhitungan yang baik. Mengingat pada waktu kuliah seringkali seorang mahasiswa  mahasiswi tidak cocok dengan kuliah di lembaga pendidikan tinggi tersebut. Yang membuat  ia berpindah ke kampus lain sehingga hanya menghabiskan waktu dan biaya secara percuma.

Faktor yang penting lagi dalam memilih perguruan tinggi swasta adalah memilih kampus swasta yang sesuai dengan jalur cita-cita yang anda inginkan dalam dunia bisnis maupun karir pekerjaan. Ada beberapa kampus swasta yang memberikan layanan pembelajaran yang komprehensif dan berkualitas baik. Itulah yang menjadi universitas yang layak anda pilih.

Cara Memilih Universitas Swasta

Siapa sih yang tidak ingin melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi? Pada umumnya setiap lulusan SMA atau SMK dan sederajat berkeinginan kuat untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi. Namun untuk lulusan SMK umumnya lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan karena orientasinya memang untuk bekerja dalam industri.

Keinginan kuat seseorang untuk kuliah kadang terhambat  dengan ketiadaan biaya kuliah. Mengingat biaya kuliah saat ini di perguruan tinggi negeri dan swasta sudah meningkat tajam walaupun terdapat beasiswa. Biaya kuliah yang mahal dan ketiadaan biaya kuliah adalah alasan paling umum  yang membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Universitas Ciputra Surabaya

Pilihan yang banyak diambil adalah memilih universitas negeri. Namun untuk masuk ke kampus negeri yang dikelola oleh pemerintah atau kampus negeri harus melalui serangkaian tes secara nasional atau mandiri. Apalagi daya tampung perguruan tinggi negeri yang terbatas membuat banyak lulusan SMA atau SMK terpaksa mengambil perguruan tinggi swasta.

Pendek kata, salah satu pilihan kuliah di samping perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi swasta. Kalau anda harus memilih kuliah di universitas swasta tentu anda mesti memilih kampus swasta yang terbaik dan mempunyai kualitas yang bagus.

Perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia di setiap kota dan daerah cukup banyak. Hal tersebut membuat banyak pelajar lulusan SMA/SMK dan sederajat yang mau melanjutkan kuliah di universitas swasta lebih banyak pilihan. Tentu dibutuhkan cara memilih universitas swasta yang tepat ditengah banyaknya pilihan yang ada.

Saat ini ada banyak universitas swasta yang kualitas pendidikannya setara dengan perguruan tinggi negeri terkemuka. Bahkan ada PTS yang kualitas pendidikannya lebih baik dari PTN asalkan anda bisa pandai cara memilih universitas swasta yang tepat.

Kebanyakan orang yang baru lulus sekolah SMA atau SMK dan sederajat dan berniat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi umumnya lebih memilih masuk ke perguruan tinggi negeri. Sedangkan kuliah di perguruan tinggi swasta merupakan pilihan kedua.

Hal itu sangat wajar. Karena masyarakat menganggap mutu pendidikan tinggi di PTN lebih baik ketimbang di perguruan tinggi swasta. Kemudian anggapan masyarakat bahwa mereka yang bisa kuliah di perguruan tinggi negeri adalah orang pintar yang memiliki segi intelektual yang baik.

Untuk memenuhi permintaan para lulusan SMA sederajat untuk kuliah di perguruan tinggi negeri dan jumlahnya sangat besar membuat pemerintah mengadakan seleksi tes masuk perguruan tinggi negeri secara ketat. Dengan tujuan pihak kampus bisa mendapatkan mahasiswa dan mahasiswi baru yang diperkirakan bisa menyelesaikan perkuliahan secara tepat waktu.

Keunggulan Universitas Swasta

Ada anggapan di mata masyarakat bahwa orang-orang yang kuliah di perguruan tinggi swasta adalah orang terbuang yang tidak lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Padahal tidak demikian. Beberapa orang terbaik memilih kuliah di perguruan tinggi swasta.

Universitas Surabaya

Ada banyak keuntungan bagi anda untuk memilih kuliah di perguruan tinggi swasta. Lalu apa saja keunggulan kuliah di universitas swasta? Berikut ini beberapa kelebihan kuliah di perguruan tinggi swasta yang perlu Anda tahu.

1.Kualitas setara dengan kampus negeri

Kampus terbaik di Indonesia sebagiannya ditempati oleh perguruan tinggi swasta. Hal ini membuktikan kualitas pendidikan di universitas swasta banyak yang setara dengan kualitas pendidikan di perguruan tinggi negeri. Contohnya Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas katolik Indonesia Atma Jaya, Telkom University dan Binus University.

2.Fasilitas komplit

Salah satu kelebihan utama universitas swasta yang lain adalah fasilitas di dalam kampus swasta umumnya sangat lengkap atau lebih lengkap dari kampus negeri. Hal tersebut sebagai upaya pihak lembaga perguruan tinggi swasta tersebut untuk menarik sebanyak mungkin lulusan SMA atau SMK sederajat untuk memilih masuk ke kampus swasta tersebut.

Politeknik Pos Bandung

3.Beasiswa lebih banyak

Universitas swasta juga cenderung mempunyai beasiswa yang lebih banyak. Dari kalangan pemerintah, swasta maupun perorangan. Hal tersebut juga sebagai teknik pihak kampus swasta untuk menarik semakin banyak orang untuk kuliah di kampus swasta tersebut.

4.Persaingan yang rendah

Yang tak kalah menyenangkan dari kelebihan universitas swasta adalah persaingan masuk ke perguruan tinggi swasta umumnya lebih mudah ketimbang persaingan masuk ke perguruan tinggi negeri.

Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik

Ada beberapa cara untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Seperti mengikuti seleksi jalur mandiri, mengikuti tes  SBMPTN atau SNMPTN. Anda bisa memilih perguruan tinggi negeri tertentu dengan jurusan tertentu sekehendak hati anda. Bahkan anda bisa memilih masuk ke perguruan tinggi swasta yang jauh lebih mudah dalam persyaratan dan tanpa tes yang berbelit.

Memilih kuliah adalah sebagian pilihan lulusan SMA atau SMK dan sederajat terbaru. Dengan mengambil kuliah diharapkan peluang kerja bisa lebih banyak dan memberikan gaji yang lebih besar. Sebab setiap jenjang pendidikan memberikan patokan besaran gaji tertentu. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang maka semakin tinggi gaji yang bisa didapatkannya.

Universitas Gajayana Malang

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini panduan cara memilih universitas swasta terbaik, antara lain :

1.Pamor yang baik dan terkenal bagus di masyarakat

Anda bisa memilih kuliah di perguruan tinggi swasta yang telah memiliki pamor yang baik di masyarakat.

2.Akreditasi kampus

Anda juga bisa memilih untuk kuliah di kampus swasta yang sudah memiliki akreditasi yang baik.

3.Akreditasi jurusan

Kemudian anda bisa memilih jurusan dengan akreditasi jurusan di kampus swasta tersebut yang cukup bagus. Tingkat dan penilaian akreditasi yang dilakukan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional menjadi ukuran baik tidaknya mutu pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

4.Peringkat perguruan tinggi swasta

Beberapa lembaga independen, swasta dan pemerintah skala nasional dan internasional banyak memberikan daftar peringkat perguruan tinggi swasta terbaik. Seperti 4ICU, The World University Rankings, Kemenristekdikti, dan lain-lain. Anda bisa mengambil universitas swasta yang berada di peringkat teratas yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut yang  menunjukkan kualitas mutu pendidikan di PTS tersebut.

Universitas Atmajaya Jakarta

Demikianlah beberapa cara memilih universitas swasta yang perlu Anda perhatikan. Dengan tersedianya banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia membuat anda tidak perlu khawatir jika anda tidak lolos dalam tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang sangat ketat. Karena anda bisa mengambil alternatif lain untuk kuliah di universitas swasta.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

17 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

2 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

3 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

5 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

6 hari ago