Categories: Umum

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah, Ini Tipsnya!

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah tentu bukan hal yang mudah. Selain orang tuanya yang mampu, untuk menyisihkan uang sebanyak itu bagi pelajar juga tidak gampang. Namun langkah ini tentunya penting mengingat besarnya biaya sekolah atau kuliah nantinya yang membutuhkan persiapan yang baik.

Siapa sih yang tidak kenal dengan anak sekolah? Setiap orang mengenalnya. Bagi kalangan orang tua yang mempunyai anak sekolah tentu harus mempersiapkan biaya pendidikan yang memang tidak murah. Hal ini terutama bertujuan untuk memastikan selama sekolah hingga kuliah dapat tercukupi segala kebutuhan anak.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Anak sekolah adalah kalangan anak-anak yang tugasnya sehari-hari menuntut ilmu. Dalam menuntut ilmu tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Seperti untuk biaya transportasi ke sekolah, bekal sekolah, uang jajan sekolah, iuran sekolah,  membeli peralatan dan perlengkapan sekolah seperti  pulpen, penggaris, buku, dan lain-lain.

Bagi anak sekolah yang permulaan pastinya akan terasa berat untuk menabung satu juta rupiah setiap bulan. Namun bagi anak sekolah yang terbiasa hal tersebut sangat mudah dilakukan. Lantas bagaimana cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah?

Misalkan dalam satu hari seorang pelajar dibekali uang saku oleh orang tuanya sebesar Rp 50 ribu per hari. Maka uang sebesar itu sebagiannya disisihkan untuk menabung, contohnya sebesar Rp 35 ribu. Sehingga dalam satu bulan, uang tabungan yang terkumpul oleh pelajar mencapai lebih dari Rp 1 juta.

Mungkin ada lagi pemberian  uang dari orang tua. Seperti pada momen lebaran. Uang angpao atau uang lebaran THR tersebut dapat dipergunakan oleh anak sekolah untuk ditabungkan ketimbang dijajankan atau untuk dijadikan kebutuhan konsumtif yang hanya habis dalam waktu sekejap. Itulah salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang dapat anda lakukan.

Bagaimana Cara Menabung dengan Cepat Untuk Anak Sekolah?

Sebenarnya bagaimana cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah? Ada banyak manfaat menabung bagi anak-anak. Nah, berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan oleh anak sekolah agar bisa menabung secara lebih cepat dan lebih besar.

1.Menentukan tujuan menabung

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh anak sekolah yang ingin menabung dengan lebih cepat dan lebih banyak adalah menentukan tujuan dari menabung itu sendiri beserta target yang ingin dicapainya.  Adapun secara umum yang menjadi tujuan anak sekolah menabung adalah untuk membeli pakaian baru, tas baru, sepatu baru hingga hp baru.

2.Tidak mengandalkan dari satu sumber pemasukan

Seorang pelajar atau anak sekolah yang ingin menabung lebih banyak dan lebih cepat sesuai targetnya memerlukan pendapatan lebih besar. Sehingga seorang anak sekolah tidak cukup hanya memiliki satu sumber pemasukan saja misalkan dari uang saku pemberian oran tua atau dari pekerjaan sampingan.

Kita juga membutuhkan banyak sumber pemasukan. Misalkan selain punya uang dari uang saku, seorang anak sekolah bisa mempunyai uang dari  pekerjaan sambilan atau usaha sampingan yang dimilikinya.

Pendek kata, dengan mempunyai lebih banyak pemasukan seperti mempunyai usaha sampingan lebih dari satu merupakan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah akan lebih efektif. Ini akan membuat anak sekolah lebih cepat menabung uang dalam jumlah besar untuk membiayai kebutuhan pendidikannya sekarang dan di masa depan.

3.Investasi

Sebuah uang yang berhasil dikumpulkan oleh seorang anak sekolah bisa dijadikan instrumen investasi. Yang paling mudah adalah investasi dalam bentuk usaha atau bisnis.

Misalkan membuka suatu usaha waralaba atau menginvestasikan uangnya dalam bentuk saham atau deposito. Yang tak kalah menjanjikan adalah menginvestasikan uang anak sekolah pada bidang usaha properti rumah atau tanah.

4.Konsisten

Yang tak kalah penting, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah adalah bersikap konsisten. Sebuah peribahasa mengungkapkan sedikit demi sedikit jadi bukit. Anda bisa menabung lima ribu atau Rp 10 ribu perhari. Jika hal tersebut dilakukan secara konsisten maka anda akan mendapatkan suatu hari kelak tabungan anda akan sangat besar.

5.Berpikir realistis

Terakhir, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dengan cepat misalkan dengan tujuan target nominal tertentu harus dilakukan secara realistis. Contoh dengan menabung sekian perhari maka perbulannya dapat sekian dan seterusnya. Anda dapat melakukan perhitungan secara realistis dengan bantuan kalkulator.

Menabung 10 Ribu Perhari Dapat Berapa?

Tahukah kalian menabung 10 ribu perhari dapat berapa? Ditengah kesulitan menabung yang dilakukan oleh anak sekolah membuat kebiasaan menabung walaupun dalam nominal kecil sekalipun tetap harus dilakukan. Salah satu tips cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah adalah dengan nominal uang sebesar Rp 10 ribu. Dikalikan 30 hari berarti seorang pelajar hanya bisa dapat menabung Rp 900 ribu setiap bulan.

Jika seorang anak sekolah yang menginginkan menabung bisa mencapai satu juta rupiah perbulan maka anak sekolah tersebut mesti menabung uang setiap harinya minimal Rp 34 ribu. Disamping terdapat cara lainnya untuk anak sekolah bisa menabung satu juta rupiah setiap bulan. Salah satunya adalah menerapkan pola hidup hemat atau tak boros.

Disamping itu, anak sekolah bisa mengumpulkan uang receh dari bisnis sampingan, berinvestasi dari uang yang berhasil dikumpulkan selama lima tahun sebesar Rp 5 ribu perhari. Investasi pada bentuk saham, emas ataupun bisnis dan lain sebagainya untuk bisa menabung satu juta rupiah perbulannya.

Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa?

Lantas kalau menabung 5 ribu setahun dapat berapa? Dalam mencapai target cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah tidak ada yang tak mungkin. Hal tersebut bisa terwujud dengan baik jika pelajar tersebut bersungguh-sungguh dalam mengupayakannya dalam menyusun strategi yang tepat untuk bisa meraih tabungan satu juta perbulan.

Untuk cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dan kalangan pelajar adalah hal mudah. Karena itu hanya soal matematika.  Jika anda menabung setiap hari sebesar Rp 40 ribu secara konsisten maka dalam jangka waktu sebulan, anda sudah bisa nabung  sebanyak satu juta rupiah.

Namun berapakah uang yang berhasil anda kumpulkan jika sehari  hanya menabung sebesar Rp 5 ribu dan itu berkelanjutan sampai lima tahun. Anda bisa menggunakan bantuan kalkulator untuk menghitungnya.

Tahukah kalian kalau menabung 5rb setahun dapat berapa? Satu tahun sama dengan 365 hari. sehingga jika anda menabung setiap hari sebesar Rp 5 ribu dan itu berlangsung secara konsisten selama lima tahun maka uang yang berhasil anda tabung sebesar Rp 1.825.000 pertahun x 5 tahun = Rp 9.125.000,00.

Bagaimana lumayan bukan? Itulah salah satu strategi mudah cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Ini juga bisa menjadi kekuatan menabung sedikit yakni Rp 5 ribu namun jika dikumpulkan dalam waktu lama bisa mencapai nominal uang yang cukup besar.

Bagaimana Cara Menabung 1 Bulan Dapat 1 Juta?

Bagaimana cara menabung 1 bulan dapat 1 juta? Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar bisa menabung satu bulan dapat 1 juta.

1.Melakukan pencatatan setiap pemasukan dan pengeluaran

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam meraih cita-cita menabung satu juta dalam satu bulan adalah mencatat setiap pengeluaran dan penghasilan. Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah ini untuk memastikan pengeluaran jauh lebih kecil dari pemasukan.

2.Komitmen dan tekad yang kuat

Setelah anda menentukan tujuan nominal uang yang hendak ditabung sebesar Rp 1 juta maka cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah selanjutnya adalah membuat komitmen untuk mencapai dan menjalankan komitmen tersebut dengan tekad yang kuat. Anda bisa  menunda kesenangan untuk sementara demi tujuan menabung bisa tercapai.

3.Menyisihkan sebagian uang dari pemberian orang tua

Seorang anak sekolah umumnya mendapatkan uang dari hasil pemberian dari orang tuanya. Misalkan berupa uang jajan sekolah, uang saku, uang bekal sekolah dan nama lainnya. Uang tersebut hendaknya sebagian ditabung dalam bentuk simpanan demi meraih tujuan menabung satu bulan dapat satu juta.

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Berikut ini beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang dijamin pasti berhasil, antara lain :

1.Mengelola keuangan secara baik

Untuk mencapai target sebagai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah adalah dengan memiliki kemampuan mengelola uang secara baik. Setiap pemasukan keuangan mesti dicatat sebagaimana mencatat pengeluaran.

Salah satu bentuk lainnya mengelola keuangan secara baik adalah dengan membiasakan diri untuk menabung. Sekarang yang menjadi target pelajar adalah menabung satu juta rupiah perbulan lalu dibagi-bagi maka setelah dihitung uang satu juta rupiah tersebut dibagi 30 hari. Sehingga dalam satu hari minimal seorang pelajar menabung sebanyak Rp 35 ribu untuk bisa cara menabung 1 juta per bulan.

2.Menyisakan uang bekal atau uang saku

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah adalah menyisihkan dari uang saku. Setiap hari seorang pelajar harus menyisihkan uang sakunya sebesar Rp 34 ribu untuk bisa menabung Rp 1 juta perbulan. Kalau itu hanya mengandalkan dari uang saku pemberian orang tua saja.

Jika uang saku tak memadai untuk disisihkan sebesar itu maka seorang pelajar bisa melakukan suatu usaha atau pekerjaan sampingan yang tanpa mengganggu tugasnya bersekolah.

Uang bekal atau uang saku adalah uang pemberian orang tua kepada anak sekolah sebagai uang jajan ataupun uang untuk  memenuhi kebutuhan sekolah lainnya.  Uang saku atau uang bekal ataupun uang jajan yang dimiliki oleh seorang anak sekolah berbeda satu sama lain. Ada anak sekolah yang diberikan uang saku Rp 10 ribu perhari. Ada pula yang kurang dari itu seperti Rp 5000 perhari.

Mengenai besaran nominal uang saku atau uang bekal untuk anak sekolah berlainan tergantung siswa tersebut dan jenjang pendidikannya.  Semakin tinggi jenjang pendidikan maka akan semakin besar nominal uang saku atau uang bekal anak sekolah tersebut.

Seorang pelajar yang mengandalkan uang jajan atau uang bekalnya untuk ditabung sebesar Rp 1 juta perbulan tentunya akan mengalami kesulitan. Apalagi uang bekalnya tidak sebesar seperti yang diinginkan untuk mencukupi menabung satu juta rupiah perbulan. Alternatif tambahan yang perlu dilakukan dengan menjalankan usaha atau pekerjaan tingkat kebutuhan sampingan.

3.Mempunyai usaha sampingan anak sekolah

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah lainnya adaah dengan usaha sampingan. Jika uang bekal atau uang jajan anak sekolah tidak mencukupi ditabung sebanyak Rp 1 juta perbulan maka seorang pelajar atau anak sekolah bisa menambahnya dengan melakukan suatu usaha bisnis atau pekerjaan sampingan  bagi anak sekolah.

Usaha sampingan bagi seorang anak sekolah atau pelajar sangat banyak yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Usaha sampingan anak sekolah adalah usaha yang dikerjakan dalam menghasilkan uang tambahan tanpa atau tidak mengganggu aktifitas belajar di sekolah.

Berikut ini beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan anak sekolah untuk mendukung cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dan menambah pemasukan.

  1. Berjualan barang secara fisik di sekolah. Adapun yang menjadi targetnya teman-temannya sesama anak sekolah di lingkungan sekolah. Contohnya menjual kuliner nasi uduk, nasi kuning dan lain-lain.
  2. Menjual jasa keterampilan menulis. Seorang pelajar bisa membuka usaha sampingan dengan menjual keterampilannya dalam membuat atau menulis artikel. Pilihan lain juga bagi anak sekolah yang terampil menulis bisa memilih usaha sampingan berupa jasa menulis novel. Sekarang ini sudah banyak platform novel online yang membayar penulisnya dengan bulanan ataupun perkontrak.
  3. Jualan jasa desain grafis. Bagi seorang anak sekolah yang memiliki kemampuan desain grafis bisa membuka usaha jasa desain grafis secara offline ataupun online. Bila dikerjakan secara serius dan profesional maka tak mustahil dari usaha jasa desain grafis, seorang anak sekolah bisa menabung Rp 1 juta perbulan. Karena keuntungannya cukup menjanjikan.

Demikianlah sejumlah strategi dan tips mudah cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan layanan les privat terbaik untuk meningkatkan prestasi akademik anak Anda, silahkan hubungi Edumaster Privat.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago