Anak

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat dan Mudah

Cara mengajari anak membaca secara cepat adalah perkara yang mudah bagi sebagian orang tua. Namun bagi sebagian orang tua yang lain menjadi hal yang terasa suit. Benarkah demikian? Seorang anak sudah diperkenalkan huruf sejak TK.

Kemudian dalam usia-usia tertentu seorang anak dituntut untuk bisa membaca. Untuk bisa membaca seorang anak tidak bisa dipaksakan. Akan tetapi, melalui proses secara perlahan-lahan. Dari proses membaca sampai bisa membaca.

Terkadang pada anak usia masuk sekolah dasar kelas satu sudah dituntut untuk bisa membaca. Dasar-dasar membaca sudah diajarkan sejak duduk di Taman Kanak-Kanak. Namun bagi anak yang tidak mengenyam pendidikan di TK tentu saja harus mulai belajar membaca. Sudah menjadi tugas orang tuanyalah untuk mengajari anak membaca.

Bagi orang tua yang tidak mengetahui bagaimana cara mengajari anaknya membaca terkadang dibuat pusing dengan bagaimana mengajarkan kepada anak untuk membaca. Dimulai dari mana cara mulai mengajari anak membaca.

Sebab tidak mungkin seorang anak disuruh membaca secara langsung. Ia harus mulai belajar membaca dari tahap awal sampai mahir. Seorang anak mulai dikenalkan dengan huruf-huruf alfabet dan mampu menyebutkan satu persatu.

Bagi kamu yang merasakan kesulitan mengajari anak membaca secara cepat maka sejak sekarang jangan resah lagi dan bingung. Karena artikel ini akan mengajarkan bagaimana kamu bisa mengajari anak membaca sampai bisa secara cepat dan mudah.

Cara Mengajari Anak Membaca

Cara mengajari anak membaca adalah perkara mudah bagi mereka yang berilmu. Setiap orang tua bisa melakukan hal demikian. Namun mengajarkan anak membaca dengan baik dan benar membutuhkan waktu yang cukup lama sampai sebentar dan beberapa persiapan matang. Beberapa anak bisa cepat belajar membaca sampai bisa. Dan beberapa anak terlambat bisa membaca.

Baca juga Manfaat Mengenalkan Buku Pada Anak Sejak Usia Dini

Mungkin kita pernah menjumpai sekelompok anak yang baru masuk atu sudah duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar. Meski usia mereka sama sekitar 7 tahun namun ada yang sudah bisa membaca buku dan ada yang belum bisa. Mengapa terjadi kondisi demikian? Ternyata anak yang sudah bisa membaca adalah mereka yang biasanya akrab dengan buku.

Cara Cepat Belajar Membaca Untuk Anak

Berikut ini beberapa tahapan cara cepat belajar membaca untuk anak yang bisa Anda lakukan.

Dengan Membacakan Buku

Secara berkala, kamu bisa membacakan buku pada anak pada saat jiwa anak sedang tenang. Tentu saja bacaan buku yang menarik sang anak. Ada banyak manfaat membacakan buku pada anak yang meliputi:

  • Membuat sang anak tertarik untuk membaca buku sendirian.
  • Mengakrabkan diri sang anak dengan buku-buku. Sang anak yang terbiasa dan akrab dengan buku maka buku akan akrab dengannya. Secara perlahan sang anak akan mulai baca buku. Apabila anak tertarik baca buku maka itu langkah pembuka bagi anak untuk bisa membaca buku dengan baik dan lebih cepat.

Memperkenalkan Huruf

Langkah selanjutnya cara mengajari anak membaca adalah dengan memperkenalkan anak pada huruf-huruf. Dari mulai huruf A dengan bentuk dan cirinya sampai huruf Z. Di sinilah pentingnya sang anak menghafal huruf dan bentuknya. Termasuk bentuk huruf besar dan huruf kecilnya.

Untuk lebih cepat ada berbagai peralatan yang bisa digunakan untuk memperkenalkan huruf pada anak. Seperti membeli poster huruf atau menggunakan aplikasi hp mengenal huruf di ponsel android.

Pada tahapan ini biasanya timbul pertanyaan dari sebagian orang tua, “Manakah yang harus diajarkan pada anak, huruf kecil dulu atau huruf besar?” Sang anak hendaklah kita perkenalkan dulu dengan huruf kecil. Kemudian baru huruf besar.

Lihat juga Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Alasannya, jumlah huruf kecil pada sebuah kalimat atau buku lebih banyak ketimbang huruf besar. Hal tersebut sudah menjadi ketetapan tata bahasa Indonesia yang hanya menggunakan huruf besar pada awal kalimat dan kata-kata tertentu pada awal kata.

Setelah sang anak mengenal huruf-huruf kecil maka selanjutnya orang tua mengenalkan pada huruf besar. Sehingga sang anak sudah mulai mengerti secara mudah. Hanya dengan praktik membaca akan memudahkan anak untuk mengerti penggunaan huruf besar atau kapital.

Mulai Dari Kata yang Paling Mudah

Cara cepat belajar membaca untuk anak juga perlu mengajari anak dari susunan kata paling mudah. Misalkan dari dua suku kata atau gabungan huruf konsonan dan vokal. Seperti ke, di, me dll. Kalau sudah bisa membaca dua suku kata maka bisa bertambah ke 4 suku kata yang juga mudah. Begitu seterusnya. Untuk lebih mudahnya, orang tua bisa membeli buku belajar baca seperti ini di toko buku terdekat dengan harga murah.

Melatihan Suku Kata Sulit

Cara mengajari anak membaca selanjutnya juga dengan melatih membaca suku kata yang baru. Misalkan ng. Dilanjutkan belajar membaca ny. Lalu terapkan pada beberapa kata dan sebutkan. Seperti pisang, mangga, nyoklat, nyai, dan lainnya.

Membaca Secara Bertahap

Setelah sang anak bisa membaca walau terbata-bata maka kamu bisa menyuruh anak untuk membaca satu paragraf singkat dulu. Yang kemudian ditambahkan dengan paragraf yang lebih panjang.

Hindari Paksaan

Jangan paksakan anak belajar membaca bila ia sedang tak ingin. Juga waktu belajar baca jangan terlalu lama. Kamu bisa mengajari anak membaca selama 10 menit setiap hari. Yang penting adalah konsisten.

Tips Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

Tips dan cara mengajari anak membaca dengan cepat harus dimulai dari orangtuanya sendiri. Dalam arti, untuk mengajarkan buah hati bisa membaca buku dengan lebih cepat maka orang tua mesti mengetahui cara yang paling tepat dan efektif untuk mengajarkannya.

Di samping itu juga lingkungan perlu diciptakan supaya anak bisa tertarik dan menyenangi kegiatan membaca buku. Berikut ini beberapa tips mengajari anak membaca dengan cepat.

Memakai Lagu Dalam Mengajarkan Sang Anak Belajar Membaca

Hal ini akan membuat sang anak menjadi terasa menyenangkan dalam belajar baca. Inilah fokus inti yang harus diciptakan dalam mengajari anak membaca yakni menciptakan lingkungan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Misalkan mengenalkan huruf-huruf pada anak menggunakan musik atau lagu.

Biasakan Sang Anak Dibacakan Buku Secara Berkala

Cara mengajari anak membaca dengan cepat juga bisa dengan mengakrabkan buku pada anak. Caranya sangat banyak. Misalkan secara berkala membacakan buku pada anak. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan rasa tertarik sang anak pada buku. Hingga sang anak dengan sukarela membaca buku sendirian suatu waktu. Kalau ia belum bisa membacanya maka ia akan mengenali huruf-hurufnya.

Menampilkan Poster Huruf-Huruf

Cara ini akan menstimulus otak anak agar mengenal setiap huruf yang dilihatnya. Ia akan mengakrabi dengan huruf-huruf sampai bisa menyusunnya menjadi rangkaian kata dan bisa membacanya. Sekarang ini sangat mudah bagi kamu membeli poster huruf-huruf beserta gambarnya. Kemudian dipasang di dinding kamarnya. Di pasaran harga poster huruf-huruf sebesar Rp 5000 per lembar.

Main Kartu

Tips mengajari anak membaca dengan cepat selanjutnya adalah membuat lingkungan belajar baca yang menyenangkan. Salah satu ide yang bisa diterapkan adalah ide bermain kartu yang berisi huruf-huruf abjad yang bisa dilihat dan diucapkan oleh anak atau menuliskan satu kata jika anak sudah sedikit bisa baca. Sehingga anak bisa diajak main sambil belajar membaca. Cara ini sangat efektif untuk mengenalkan huruf-huruf pada anak.

Baca juga Anak Manja, Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sabar

Terakhir, tips mengajari anak membaca dengan cepat adalah bersikap sabar. Sebagai orang tua harua telaten dalam mendidik anak.

Demikianlah tips dan cara mengajari anak membaca dengan cepat. Membaca tak hanya penting untuk persiapan pendidikan sekolah anak namun juga ada banyak manfaatnya. Namun agar hasilnya optimal, maka mengajarkan membaca pada anak tidak boleh dengan paksaan. Sang anak mesti belajar membaca dengan sebuah proses yang menyenangkan dan mudah.

 

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

15 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

2 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

3 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

5 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

6 hari ago