Cara mengajari anak menulis bukanlah perkara yang mudah. Setiap orangtua sangat mungkin mengalami kendala dalam mengajarkan anaknya menulis. Kegiatan semacam ini memerlukan kesabaran yang tinggi dari orang tua. Begitu juga guru sekolah untuk mengajarkan anak bisa pandai menulis secara baik dan benar.

Kemampuan menulis seorang anak tentunya berbeda-beda. Ada seorang anak yang cepat belajar menulis. Tapi banyak juga anak yang sangat lambat dalam belajar menulis. Lalu bagaimana cara cepat mengajari anak menulis? Semuanya akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara Mengajari Anak Menulis

Menulis adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang anak sejak dini di masa sekolah. Hal ini karena manfaatnya yang sangat besar bagi sang anak dalam pembelajaran di sekolah.

bagaimana cara agar anak cepat bisa membaca dan menulis

Dalam belajar di sekolah dan rumah, setiap anak dituntut untuk bisa menulis secara baik dan benar sebagaimana halnya keterampilan membaca yang perlu juga dimiliki oleh setiap anak sekolah  dasar.

Bagi orang tua yang menyaksikan anaknya sendiri belum bisa menulis secara baik dan benar tentu ada rasa sedikit khawatir. Mereka takut anaknya kelak tidak mempunyai kemampuan menulis yang baik sampai dewasa.

Padahal kemampuan menulis secara baik dalam dunia akademik sekolah sangat diperlukan dalam menunjang kesuksesan menempuh pendidikan di sekolah formal. Bahkan keterampilan menulis yang baik sangat diperlukan oleh seorang anak dalam rangka menulis lamaran kerja sesudah lulus sekolah pada tingkat SMA atau SMK sederajat.

Rajin menulis adalah sebuah keterampilan yang harus diajarkan pada seorang anak sejak dini. Karena anak yang belajar menulis lebih dini akan lebih mudah dan cepat menguasai keterampilan menulis ketimbang orang dewasa.

Di tengah berbagai peralatan canggih dan lengkap saat ini sangat memudahkan bagi orangtua murid dan guru sekolah dalam cara mengajari anak menulis. Menulis bisa dimulai dari mengenal bentuk huruf satu persatu. Menulis pun akan mudah dilakukan jika sebelumnya seorang anak sudah mempunyai keterampilan membaca secara baik dan benar.

Manfaat Menulis Bagi Anak

Kegiatan menulis yang dilakoni oleh seorang anak mempunyai banyak manfaat dan keutamaan bagi anak. Dengan manfaat-manfaat dari menulis bagi seorang anak maka sudah seharusnya orangtua mendorong anak untuk belajar menulis sampai mempunyai keterampilan menulis secara baik.

Kemampuan menulis anak harus terus ditingkatkan setiap harinya sampai sang anak merasakan manfaatnya mempunyai keterampilan menulis. Seperti memperoleh kesehatan fisik, emosional, mental dan spiritual serta finansial.

bagaimana mengatasi anak yang sulit menulis

Sebelum membahas cara mengajari anak menulis, berikut ini sejumlah manfaat aktivitas menulis pada seorang anak yang sebaiknya orang tua ketahui.

1.Meningkatkan kemampuan motorik anak

Manfaat utama dari seorang anak belajar dan berlatih menulis adalah meningkatkan kemampuan motorik anak yang sangat halus.

2.Meluapkan emosi negatif

Selanjutnya dengan seorang anak mempunyai keterampilan menulis maka anak sangat mudah untuk meluapkan emosi negatifnya dalam bentuk tulisan. Seperti ekspresi marah, kesal dan emosi negatif lainnya dapat disalurkan pada bentuk karya tulisan. Sehingga tidak membahayakan kesehatan fisik dan mental anak.

3.Mengeluarkan unek-unek

Salah satu manfaat menulis bagi seorang anak adalah mampu mengatasi pikiran yang ruwet. Langkah cara mengajari anak menulis ini dengan orang tua memberikan secarik kertas kosong pada anak dan seperangkat alat tulis. Biarkanlah anak untuk menulis atau melakukan corat coret di atas kertas kosong tersebut.

4.Menghasilkan uang

Manfaat yang tak kalah penting dari seorang anak mempunyai kepandaian dalam menulis adalah mampu menghasilkan uang. Kegiatan menulis bukan hanya sebagai media ekspresi untuk menyalurkan emosi negatif dan positif. Tapi juga menulis mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Dengan cara menulis artikel, menulis novel, membuat autobiografi dan lain sebagainya.

Langkah Awal Belajar Menulis?

Cara mengajari anak menulis adalah bukan urusan yang gampang terutama bagi orangtua yang tidak mempunyai latar belakang dari profesi keguruan. Orangtua harus memulai langkah pertama dari mengajarkan anak menulis.

Berikut ini beberapa langkah awal belajar menulis yang bisa diterapkan oleh orangtua kepada anak, antara lain :

1.Memahami perkara menulis yang tidak gampang

Langkah awal yang mesti dimiliki oleh orangtua adalah pola pikir bahwa cara mengajari anak menulis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan ada banyak kendala yang mesti dihadapi orangtua ketika mengajarkan kemampuan menulis pada anak. Misalkan anak melakukan drama-drama kecil.

bagaimana cara agar anak cepat bisa menulis

Contohnya saja sang anak meminta upah atau imbalan sebelum memulai belajar menulis atau sang anak berpura-pura tertidur maupun sakit, sang anak menangis sampai melawan orangtua, sang anak mengalami kebosanan dalam belajar menulis dan lain sebagainya.

2.Tempat yang nyaman

Setelah orang tua menyadari tentang tidak mudahnya cara mengajari anak menulis, maka berikutnya adalah orang tua mencarikan tempat yang paling nyaman untuk anak belajar menulis. Tempat tersebut mesti jauh dari bunyi bising yang mengganggu pendengaran serta terbebas dari alat-alat mainan anak yang dapat mengganggu fokus anak dalam berlatih menulis.

3.Sarana belajar menulis yang lengkap dan nyaman

Setelah mempunyai tempat yang nyaman dalam belajar menulis bagi anak berikutnya adalah menyediakan sarana belajar menulis bagi anak yang nyaman dan lengkap sesuai standar. Misalkan dengan menyediakan papan tulis, buku, kursi dan meja belajar anak. Sehingga anak bisa tenang dan betah berlama-lama selama belajar menulis dalam kurun waktu yang lama sekalipun.

Bagaimana Mengatasi Anak Yang Sulit Menulis?

Itu tadi cara mengajari anak menulis sebagai langkah-langkah awal yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Lalu bagaimana mengatasi anak yang sulit menulis? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mengatasi anak yang sulit menulis.

1.Mengenalkan huruf-huruf alfabet

Mengenalkan huruf-huruf alfabet pada anak dengan menyenangkan lewat berbagai macam alat peraga yang menarik dan disukai anak. Seperti huruf-huruf dari bahan plastik yang aman dengan warna-warni yang kontras dan cerah serta memikat hati anak.

cara mengajari anak menulis

2.Dengan latihan menulis

Melakukan latihan menulis pada anak mesti dimulai dari hal paling dasar yakni cara menggenggam pensil yang baik dan benar untuk menulis. Orangtua bisa melakukan cara mengajari anak menulis dengan posisi genggaman tangan yang benar. Salah satunya sesuai etika mesti menggunakan tangan kanan dan mengucapkan doa pembuka yakni bismillah sebelum memulainya.

3.Ajak anak untuk menulis bebas

Setelah anak mengetahui berbagai macam huruf maka selanjutnya orangtua menyuruh anak untuk menulis dengan bebas terhadap huruf atau angka yang mau ditulisnya sesuai pedoman cara menggenggam pensil yang baik dan benar dalam menulis.

4.Berdoa

Terakhir, untuk mengatasi anak yang sulit sekali menulis maka orangtua bisa melantunkan doa- doa kepada Allah swt agar dimudahkan anaknya dalam belajar menulis secara  baik dan lancar.

Berapa Lama Anak Bisa Menulis?

Setelah cara mengajari anak menulis dan membaca secara lebih cepat maka salah satu pertanyaan yang timbul dari banyak pembaca adalah berapa lama anak bisa menulis? Untuk menjawab pertanyaan demikian tentu harus berdasarkan kajian ilmiah yang objektif yang hanya para pakar yang bisa menjawabnya.

Berdasarkan hasil riset dan penelitian serta pengalaman empiris maka seorang anak baru bisa menulis huruf dan angka secara baik dimulai dari umur empat tahun. Umur empat tahun umumnya anak sudah pandai memegang pensil yang baik dan benar dan lalu menuliskan satu persatu huruf alfabet di atas kertas.

Bahkan lebih dari itu, anak berumur 4 tahun sudah bisa pula menulis beserta menggambar terhadap objek benda yang diminati oleh anak. Namun semua itu kembali kepada kecerdasan dan daya tangkap anak. Ada anak yang sangat cepat bisa menulis dan ada pula anak yang sangat lambat dalam memiliki keterampilan menulis. Tugas orangtua hanyalah memberikan cara mengajari anak menulis sejak dini. Perkara hasilnya hanya diserahkan kepada Allah Swt.

Bagaimana Cara Agar Anak Cepat Bisa Membaca dan Menulis?

Cara agar anak cepat bisa membaca dan menulis adalah dua hal yang berbeda. Pertama adalah upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua supaya anaknya bisa cepat belajar membaca. Yang kedua, upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mempercepat kemampuan anak dalam menulis.

langkah awal belajar menulis

Lantas bagaimana cara agar anak cepat bisa membaca dan menulis? Untuk memulainya, berikut ini sejumlah upaya yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mempercepat keterampilan anaknya dalam membaca yang bisa orang tua coba lakukan.

1.Sediakan berbagai macam buku huruf dan angka

Cara mengajari anak menulis yang efektif adalah dengan menyediakan di sekitar anak berbagai macam buku mengenal huruf dan angka. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menumbuhkan minat anak untuk mengenal berbagai huruf alfabet sebagai langkah awal untuk proses belajar membaca.

2.Menyediakan berbagai macam buku yang menarik bagi anak

Setelah anak mengenal berbagai macam huruf satu persatu dari a sampai z, selanjutnya orangtua menyuruh anaknya untuk menyusun kata dari rangkaian huruf konsonan dengan huruf vokal. Lakukan pengejaan sampai anak bisa mengucapkan satu patah kata secara tepat.

3.Lakukan permainan

Berikutnya untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak maka orangtua bisa melakukan berbagai simulasi permainan membaca bagi anak. Misalkan menggunakan aplikasi di ponsel android.

Bagaimana Cara Mengajari Anak Menulis

Lantas upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam meningkatkan kemampuan menulis anak? Berikut ini beberapa langkah cara mengajari anak menulis yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan kemampuan menulis pada anak.

1.Menyediakan peralatan menulis yang memadai dan memanjakan anak

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orangtua untuk mengembangkan keterampilan menulis pada anak adalah dengan menyediakan berbagai peralatan menulis. Orang tua bisa menyediakan pensil, pulpen, penghapus sampai tipex untuk membuat anak menjadikan menulis sebagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

2.Membuat kondisi yang aman dan nyaman

Setelah anak diberikan kecintaan dan kesukaan terhadap pekerjaan menulis maka berikutnya adalah orangtua memberikan tempat yang nyaman bagi anak belajar menulis secara baik dan lancar.

Menciptakan kondisi yang nyaman dan aman untuk menulis sangat penting. Misalkan menyediakan alat peraga yang lengkap dan lingkungan sekitar jauh dari kebisingan.

Tempat belajar tersebut mesti jauh dari suara keributan yang umumnya jauh dari pinggir jalan atau tempat keramaian. Disamping itu sediakan juga kursi yang nyaman dan meja yang pas bagi anak dalam belajar.

3.Belajar kepada guru dan temannya yang terampil menulis secara intensif

Langkah cara mengajar anak menulis yang juga dapat dilakukan oleh orang tua adalah mendekatkan anaknya pada teman-temannya dan guru yang sudah terampil menulis.

4.Menanamkan kecintaan anak pada menulis

Lalu bagaimana cara mengajari anak menulis? Dalam mengajari anak menulis tentu harus dimulai dari nol dulu atau dari tahap dasar terlebih dahulu. Langkah pertama adalah menanamkan pada diri anak kecintaan terhadap aktifitas menulis.

berapa lama anak bisa menulis

Menulis adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Hanya segelintir orang yang bisa bersenang-senang dari kegiatan menulis. Banyak penghargaan dan penghormatan dari seseorang yang memiliki kemampuan menulis yang baik. Penghargaan bisa berupa moral ataupun materi.

5.Latihan anak menulis huruf tunggal

Cara mengajari anak menulis selanjutnya orangtua dapat mengajarkan anak untuk menulis huruf tunggal. Yang dilanjutkan menuliskan huruf yang bermakna dalam bentuk kata.

6.Sabar

Yang terakhir, orangtua mesti mempuyai sikap sabar dan tak pantang menyerah. Akan banyak drama dan keluhan yang akan dilontarkan anak. Seperti capek menulis, lesu, sakit, mengantuk dan alasan lain sebagainya. Orangtua harus bersikap bijak dan sabar dalam menyikapinya.

Demikianlah beberapa cara mengajari anak menulis yang dapat dilakukan oleh orang tua. Ada sejumlah faktor yang juga penting diperhatikan supaya anaknya mempunyai keterampilan dalam membaca dan menulis yang baik dan lancar. Nah, jika Anda membutuhkan layanan les privat termausk untuk membaca, menulis atau ketrampilannya, jangan sungkan untuk menghubungi Edumaster Privat.