Umum

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal dan Penyebabnya

Cara mengatasi rasa takut gagal memang bukan hal yang mudah. Perasaan ketakutan semacam ini bersifat sangat negatif dan cenderung menurunkan derajat kehidupan seseorang. Apalagi jika bayangan ini selalu muncul setiap akan melakukan sesuatu yang baik bagi hidupnya. Anehnya, alas an dibalik rasa takut ini sering kali tidak masuk akal.

Pada dasarnya rasa takut gagal adalah hal yang wajar. Namun jika bayangan ketakutan sudah berlebihan pada diri kita, maka hal itu menjadi hal yang tidak baik dan tidak wajar. Sebab segala sesuatu yang akan dilakukannya menjadi urung dilakukan karena timbulnya rasa takut tersebut.

Salah satu contoh yang banyak terjadi adalah saat akan memulai suatu usaha. Timbulnya rasa takut akan mengalami rugi membuat seseorang urung membuka usaha. Begitu juga ketika melamar kerja timbul rasa takut ditolak sehingga tak jadi melamar kerja. Tampak sekali rasa takut gagal yang berlebihan merupakan hal konyol dan menyedihkan. Hal tersebut merupakan bagian dari gangguan mental atau psikis yang perlu mendapat penanganan segera.

Berbagai cara dilakukan orang agar bisa menghilangkan rasa takut gagal. Namun rasa takut gagal tak bisa hilang sama sekali. Yang benar adalah rasa takut gagal hanya bisa diganti dengan sikap berani. Rasa takut gagal adalah pemikiran atau emosi negatif yang bisa membuat seseorang tidak berkembang dalam hidupnya.

Ketakutan terhadap kegagalan juga merupakan suatu sikap yang cenderung pesimis pada masa depannya. Lawan dari rasa takut gagal adalah optimis dan keberanian untuk melakukan tindakan. Tindakan adalah suatu kecerdasan tertinggi manusia.

Lantas apa yang menyebabkan orang takut gagal? Banyak orang yang menganggap sepele cara mengatasi rasa takut gagal. Begitu mudahnya mereka mengatakan upaya mengatasinya dengan cara berpikir positif. Padahal tidak hanya cukup berpikir positif. Karena dibutuhkan aspek-aspek lain.

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Memang benar bahwa salah satu cara efektif untuk menghindarkan diri dari perasaan rasa takut gagal adalah dengan berpikir positif. Berpikir positif bahwa usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil yang baik. Anda perlu berpikir optimis agar upaya dan cara yang akan anda lakukan pasti akan berhasil.

Dengan berpikir positif dan optimis akan membuat anda semakin tinggi rasa percaya diri dan anda berani melakukan tindakan nyata. Namun demikian berpikir positif terkadang tidak cukup untuk mengatasi rasa takut gagal secara baik, efektif dan efisien. Tidak selamanya berpikir positif itu baik kalau tanpa disertai perhitungan matang.

Berpikir positif adalah cara memandang segala sesuatu secara ideal bahwa semua yang akan dikerjakan atau diimpikan dan diyakini akan bisa dicapai dengan sukses. Namun kenyataannya tidak demikian. Hal yang diinginkan terkadang sulit untuk dicapai dengan berbagai rintangan dan hambatan. Berpikir positif menjadi baik jika dibarengi dengan tindakan dan pemikiran lainnya. Berpikir positif adalah suatu aspek kecil yang sifatnya belum utuh.

Apa Yang Menyebabkan Orang Takut Gagal

Siapa sih orang yang yang ingin mengalami kegagalan? Pastinya setiap orang tidak berharap mengalami yang namanya kegagalan. Rasa takut gagal  seringkali muncul dalam pikiran seseorang yang bisa menghambat keberhasilan hidupnya.

Setiap orang tentunya pernah merasakan ketakutan gagal atas setiap perbuatan yang akan dilakukannya. Padahal perbuatan itu sangat mulia dan baik baginya. Namun ada orang yang bisa mengelola perasaan takut gagal berlebihan itu dengan baik. Mereka memilih cara mengatasi rasa takut gagal dengan mengambil tindakan untuk berani mencobanya dengan berbuat nyata untuk menuju kondisi yang baik baginya.

Namun ada lagi orang yang merasa takut gagal kuliah atau lainnya hingga ia mengurungkan untuk melakukan apa yang berguna bagi dirinya sendiri. Hal tersebut tentu saja merugikan orang tersebut mengingat rasa takut itu menghambat keberhasilan dalam kehidupannya pada saat ini dan di masa datang.

Menyikapi yang namanya kegagalan, ada berbagai sikap orang terhadap kegagalan. Ada orang yang menganggap biasa terhadap sesuatu yang namanya kegagalan. Sebagian lagi ada yang merasakan rasa takut berlebihan jika ia mengalami kegagalan.

Lalu apa yang menyebabkan orang takut gagal? Berikut ini beberapa faktor yang bis menjadi penyebab timbulnya ketakutan tersebut yang perlu Anda tahu.

1.Pengalaman Masa Kecil

Salah satu penyebab seseorang merasa takut gagal adalah disebabkan pengalaman masa kecilnya yang tidak baik terhadap kegagalan itu sendiri. Kejadian tersebut bisa disebut dengan kejadian trauma pada masa kecil atau sebelumnya. Misalkan pada saat kecil, anak-anak yang melakukan kegagalan selalu mengalami kena marah, pemukulan atau penghinaan dari orang tuanya.

Tekanan psikologis ini akan membekas dalam diri anak ketika dewasa hingga ia merasakan takut jika harus melakukan sesuatu dan mengalami kegagalan. Hingga rasa takut gagal ini membelenggu dirinya sehingga dia dewasa dan yang membuatnya  tidak berbuat apapun untuk kebaikannya dengan alasan rasa takut gagal. Oleh sebab itu, cara mengatasi rasa takut gagal adalah dengan menghilangkan trauma dan ketakutan terhadap pengalaman buruk di masa kecil tersebut.

2.Sikap Perfeksionis

Penyebab rasa takut gagal lainnya bisa dikarenakan oleh sifat sang anak yang sangat perfeksionis atau yang selalu ingin berhasil sempurna. Sesuatu sifat  yang bisa diakibatkan oleh didikan orang tuanya. Segala sesuatu pekerjaan harus dilakukan secara sempurna dan mesti berhasil.

Pola pikir apa yang menyebabkan orang takut gagal tersebut dibawa hingga dewasa. Pada saat ia mau melakukan segala sesuatu maka ia ketakutan gagal berlebihan akibat sifat perfeksionis tersebut hingga ia urungkan niat melakukan pekerjaan tersebut.

3.Kepercayaan Diri yang Rendah

Faktor lainnya Yang terakhir yang membuat timbulnya rasa takut gagal pada diri seseorang adalah ia mempunyai tingkat rasa percaya diri yang rendah hingga ia merasakan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan itu dengan baik sampai berhasil. Ia merasa rendah diri. Untuk mengatasi rasa takut gagal itu anda bisa menghilangkan rasa malas dan pemicu timbulnya rasa takut gagal tersebut.

Motivasi Agar Tidak Takut Gagal

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut gagal adalah dengan mempunyai beberapa motivasi yang kuat untuk mengatasi rasa takut gagal. Beberapa ahli psikolog dan pengembangan diri memberikan semacam motivasi kepada mereka agar tidak takut gagal.

Salah satu cara mengatasi rasa takut gagal adalah dengan rajin membaca berbagai kata bijak atau motivasi supaya tidak takut gagal. Ini berguna dalam memberikan motivasi diri agar tidak takut gagal.

Nah, berikut ini beberapa motivasi agar tidak takut gagal yang bisa menjadi referensi Anda.

  1. Jangan biarkan rasa takut gagal merengggut masa depanmu. Perasaan ketakutan terhadap sebuah kegagalan adalah suatu perasaan saja yang tak perlu anda hiraukan.
  2. Manusia adalah makhluk yang bebas. Ia baru benar-benar disebut bebas jika ia sudah bisa mengatasi rasa takutnya dalam dirinya dan mengubahnya jadi keberanian bertindak.
  3. Rasa takut tidak ada dimanapun terkecuali dibuat oleh pikiran sendiri. Perasaan takut gagal harus lawan dengan memiliki sikap pemberani. Perasaan takut terhadap kegagalan hanyalah membuang waktu dengan percuma.
  4. Orang pemberani adalah orang yang bisa menyingkirkan rasa takut gagal dalam dirinya. Ia mengetahui perasaan takut gagal adalah perasaan yang harus disingkirkan untuk menuju kesuksesan. Perasaan takut gagal adalah perasaan orang-orang kerdil yang berpikiran sempit dan picik.
  5. Cara mengatasi rasa takut gagal juga bisa dengan menentukan apa yang membuat Anda merasa takut. Biasanya cita-cita atau target yang tinggi. Banyak orang yang mengalami ketakutan gagal pada sesuatu target mimpi besar yang ia inginkan. Jika anda mengalami hal yang demikian maka anda bisa mencoba untuk berpikir lain terhadap target besar anda. Anda bisa membuat target-target kecil yang lebih spesifik dan bisa anda jalankan secara mudah.

Tips Mengatasi Rasa Takut Gagal

Bahaya mengalami rasa takut gagal adalah terhadap perkembangan kehidupan anda. Anda akan menjalani kehidupan dengan tidak maksimal karena dipenuhi dengan rasa takut gagal untuk  memulai sesuatu usaha yang baik.Sehingga anda yang merasa takut gagal akan membuat anda tidak mau bertindak atau mencoba usaha yang baik bagi kehidupan Anda. Kehidupan anda tak bergerak ke arah lebih baik.

Oleh sebab itu, berpikir positif bukan satu cara yang bagus untuk mengatasi rasa takut gagal. Berpikir positif harus dibarengi dengan sikap siap menerima kegagalan terjadi dan juga bersiap untuk menghadapi rintangan-rintangan dalam mencapai impian tersebut.

Berikut ini beberapa upaya dan cara mengatasi rasa takut gagal, antara lain:

1.Lawan Rasa Takut dengan Berpikir Positif

Untuk mendapatkan hasil usaha yang sukses tidak hanya dibutuhkan berpikir positif namun juga diperlukan beberapa perincian dan pemikiran matang lainnya. Kalau segala sesuatu mudah didapatkan  pasti hidup akan menjadi mudah tapi dunia ini tak selamanya indah.

Kadangkala apa yang kita inginkan tidak tampak sesuai dengan kenyataan. Semua kembali kepada kehendak Allah SWT. Sebab hanya Tuhan yang berkuasa yang menentukan segalanya, sedangkan manusia hanya berusaha.

Selalu berpikir positif adalah menganggap semua kehidupan di dunia ini secara mudah dan sesuai dengan cita-citanya. Ketika apa yang diinginkan tidak tercapai atau keadaan yang tidak sesuai dengan kehendaki maka bisa membuat seseorang menjadi stres. Maka berpikir positif harus disertai dengan sikap sabar dan siap menerima kegagalan serta resiko terburuk lainnya.

2.Merasakan Resiko Terburuk Dari Kegagalan Itu Sendiri

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa takut berlebihan terhadap kegagalan adalah dengan membayangkan anda merasakan resiko terburuk dari kegagalan itu sendiri dan bagaimana rasanya kegagalan dalam bayangan. Setelah itu anda bisa menilai bahwa kegagalan yang anda dapatkan itu tidak terlalu buruk bagi anda sehingga anda memutuskan untuk bertindak. Itulah  cara yang paling efektif untuk mengatasi rasa takut terhadap kegagalan.

Pada saat anda mengalami rasa takut gagal maka anda harus segera berupaya mengatasinya. Jangan biarkan rasa takut gagal membuat anda tak bergerak melakukan apa yang baik bagi anda. Rasa  takut gagal yang dibiarkan berlarut-larut dalam diri anda akan menjadi sebuah kebiasaan dan membuat anda nyaman dengannya. Sehingga anda tak mau mencoba sedikitpun untuk mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa pakar psikologi memberikan nasihat cara mengatasi rasa takut gagal adalah dengan menghentikan atau mengurangi pikiran tentang ketakutan tersebut. Selanjutnya membuat pemikiran-pemikiran keyakinan untuk bisa berhasil dan bertindak serta siap menghadapi segala resiko terburuk dan rintangan.

Pendek kata, saat anda merasakan takut mengalami kegagalan terhadap apa yang anda lakukan maka terimalah keresahan tersebut. Namun anda perlu melakukan berbagai upaya dan persiapan untuk bisa mengatasi rintangan pada saat anda melakukan apa yang anda takutkan tersebut.

3.Pahami Arti Kegagalan Yang Sesungguhnya

Ketika anda merasakan takut gagal terhadap apa yang anda lakukan seperti dalam mendapatkan pekerjaan maupun usaha mendapatkan pasangan hidup maupun bisnis dalam membuka suatu usaha maka anda perlu mengingat kembali pengertian kegagalan yang sebenarnya. Tidak ada yang namanya kegagalan. Baru disebut kegagalan jika seseorang tidak mencobanya sama sekali atau berhenti mencoba atau berusaha.

Adapun seseorang yang sudah mencobanya dan ia gagal maka itu tidak disebut kegagalan. Tapi disebut dengan belum berhasil. Selama ia bersungguh-sungguh dan melakukan upaya untuk mencoba kembali meraih keberhasilan dengan kerja keras dan konsistensi, ia belum disebut gagal dan  akan bisa mendapatkan kesuksesan. Jadi tidak ada yang namanya kegagalan. Tapi yang ada adalah belum berhasil dan suatu saat kelak akan berhasil.

Tips motivasi agar tidak takut gagal adalah dengan menganggap kegagalan adalah sesuatu yang belum berhasil. Namun dalam arti sebentar lagi akan berhasil dengan upaya keras yang harus dilakukan untuk meraihnya. Kegagalan adalah sifatnya sementara untuk kedepannya kegagalan bisa dirubah menjadi suatu keberhasilan. Tidak ada yang namanya kegagalan kecuali anda yang belum berhasil.

Dengan mengetahui arti kegagalan yang sesungguhnya, anda bisa mengetahui bahwa kegagalan itu adalah hal yang tidak menakutkan bahwa kegagalan itu adalah hal biasa yang lumrah yang harus dilalui setiap orang sebelum meraih kesuksesan.

Dengan mengetahui arti kegagalan yang sebenarnya maka anda akan bertindak melakukan upaya keras untuk mendapatkan apa yang anda inginkan secara konsisten dan menghilangkan rasa takut gagal.

Selain itu, mengetahui penyebab timbulnya rasa takut gagal dalam diri anda dan berusaha menghilangkan penyebab

Demikianlah beberapa cara mengatasi rasa takut gagal yang semga bisa memberikan inspirasi untuk Anda. Dengan memahami persoalan yang kita alami akan menjadi motivasi agar tidak takut gagal dan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan tanpa adanya bayangan ketakutan terhadap kegagalan yang malah bisa menghalangi kesuksesan dalam kehidupan.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

3 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

9 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago