Cara menghafal dengan cepat bukanlah hal yang mudah. Bahkan kemampuan ini menjadi rahasia yang hanya diketahui sebagian orang. Namun setiap orang memiliki kemampuan yang baik untuk menghafal dengan cepat yang berguna untuk berbagai keperluan. Baik untuk anak-anak maupun siswa sekolah dalm menghadapi ulangan atau ujian.

Ketrampilan menghafal tak kalah pentingnya dengan membaca atau berhitung. Misalnya dalam menghafal operasi berhitung, menghafal al-Qur’an dengan cepat dan tidak mudah lupa, menghafalkan materi pelajaran sekolah atau kuliah, menghafal materi pidato dengan cepat, ataupun menghafal belanjaan.

Menghafal dengan cepat merupakan sebuah keterampilan yang bisa diasah oleh siapapun. Dalam pergaulan sehari-hari kita juga sering dituntut mampu menghafal dengan cepat. Seperti saat bertemu dengan teman lama dan meminta nomor ponselnya. Karena tidak membawa catatan, maka kita bisa menghafal nomor hp teman itu dengan menggunakan teknik tertentu.

Dalam interaksi dengan sesama manusia dan menjalani kehidupan sehari-hari seringkali kita memerlukan keterampilan menghafal dengan cepat disamping keterampilan membaca dan menulis dengan cepat.

Contohnya ketika anda akan mempresentasikan proposal untuk skripsi, hendak mempresentasikan materi tugas kuliah di kampus, ketika anda akan mengikuti ujian sekolah UAS atau UTS,  dan lain-lain. Ketrampilan menghafal dengan cepat merupakan pintu gerbang menuju kesuksesan dalam prestasi akademik di sekolah maupun kampus.

Beberapa teknik cara menghafal dengan cepat sudah ditemukan oleh para ilmuwan. Namun ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan dalam melakukan hafalan secara cepat. Anda bisa melakukan metoda menghafal dengan cepat sesuai efektifitas.

bagaimana agar anak cepat menghafal

Sebagai gambaran, salah satu cara  menghafal cepat yang sering dilakukan sebagian orang adalah menggunakan teknik pengulangan atau repetition. Ketika ada suatu materi yang harus anda hafal dengan cepat maka anda bisa mengulang-ulang dan membaca materi tersebut sampai otak anda mengingatnya secara otomatis.

Namun yang menjadi kelemahan teknik ini adalah anda mesti menyediakan waktu yang memadai. Ini kaena Anda harus melakukan pengulangan materi sampai otak anda mengingatnya secara mudah dan otomatis.

Terkadang menggunakan teknik menghafal dengan cepat memakai teknik pengulangan tidak begitu efektif dan efisien dan kadang juga mudah lupa. Oleh sebab itu, anda bisa melakukan kombinasi dengan teknik menghafal dengan cepat lainnya seperti menggunakan teknik asosiasi maupun singkatan.

Cara Menghafal Dengan Cepat

Metode menghafal adalah sebuah keterampilan mengingat sesuatu materi dalam waktu singkat. Tak sedikit orang yang sangat membutuhkan keterampilan ini. Seperti orang yang akan berpidato pastinya akan mencoba cara menghafal pidato dengan cepat.

Begitu juga bagi setiap muslim yang ingin menghafal Al- Qur’an akan berusaha mencari cara menghafal al Qur’an dengan cepat. Tak berbeda dengan pelajar yang akan menghadapi ujian sekolah pastinya akan belajar cara menghafal materi mata pelajaran dengan cepat.

agar anak cepat menghafal

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa untuk berbagai keperluan, antara lain:

1.Mencatat

Otak anda tidak selamanya dapat diandalkan dalam mengingat sesuatu dengan cepat. Yang namanya otak memiliki keterbatasan tersendiri. Tak ada salahnya selain mengandalkan hafalan melalui otak maka anda pun bisa mencatatnya jika sewaktu-waktu anda lupa.

Apalagi sebuah riset telah membuktikan bahwa mahasiswa yang mencatat materi kuliah yang disampaikan oleh seorang dosen kuliah di kampus maka tingkatan hafalannya akan jauh lebih  kuat ketimbang mahasiswa yang hanya mengandalkan otak untuk mengingat materi kuliah dari dosen dengan  tidak mencatat apa yang disampaikan oleh dosen di ruang perkuliahan.

2.Teknik Mind Map

Teknik menghafal cepat selanjutnya dipelopori oleh salah seorang psikolog tersohor bernama Tony Buzan yang berasal  dari Inggris. Ia memberikan  teknik termudah dalam cara menghafal sesuatu materi  dengan sangat cepat lewat metode mind map. Dari namanya Mind Map berarti pemetaan pikiran.

Miind Map adalah pemetaan pikiran yang bersifat kreatifitas, visualisasi, dan imajinasi, yang berkaitan dengan otak kanan dan alam bawah sadar. Teknik ini akan mengajarkan kegiatan menghafal menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan.

cara cepat menghafal pelajaran saat sebelum ujian

Berikut ini cara menghafal dengan cepat menggunakan metode mind map, antara lain:

  • Anda hendaknya mempersiapkan satu lembar kertas kosong. Kemudian persiapkan pula alat tulis yang berwarna warni seperti pensil warna atau spidol
  • Memulai teknik mind map dengan cara menulis tema utama di dalam kertas kosong tersebut di bagian tengahnya. Dari satu tema kemudian buatlah sub tema beserta anak cabangnya sampai detail yang masih saling berkaitan

Contoh teknik menghafal dengan cepat dengan teknik Mind Map adalah anda akan menghafalkan tentang tema mata pelajaran IPA Biologi yang sub pokoknya adalah cara berkembang makhluk hidup. Maka anda bisa menyusun dengan beberapa sub tema, antara lain vegetatif dan generatif. Kalau vegetatif sub temanya adalah binatang, tanaman, dll.

Dalam teknik Mind Map maka dalam pengisian tema dan subs tema sebisa mungkin katanya sangat pendek. Kalau katanya terlalu panjang akan menyulitkan untuk menghafalkan tema tersebut. untuk lebih menarik, Tony Buzan memberikan saran agar menambahkan dengan ilsutrasi atau gambar yang menarik dan berwarna-warni.

3.Teknik Jembatan Keledai

Teknik jembatan keledai adalah cara menghafalkan sesuatu hal dengan asosiasi atau mengambil kata pertama dari rangkaian materi yang harus dihafal. Contoh penerapan Metode jembatan keledai yang paling tepat diterapkan dengan menyebutkan warna-warna pelangi yang tersusun, antara lain:merah, kuning, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu yang disingkat MEJIKUHIBIU.

Ketika anda disuruh untuk menyebutkan nama-nama warna pelangi secara tersusun maka anda bisa menggunakan teknik menghafal jembatan keledai seperti tersebut yang pada dasarnya bisa juga untuk menghafal sesuatu lainnya disamping warna yang tersusun.

4.Teknik Singkatan dari Huruf Depan

Cara menghafal dengan cepat adalah sebuah keterampilan. Anda bisa mudah menghafal segala seuatu hal dengan lebih cepat dan mudah berdasarkan pengalaman anda. Salah satu teknik menghafal cepat adalah menggunakan metode asosiasi atau singkatan.

Misalkan anda disuruh untuk membeli tomat, cabe, kentang, bawang merah dan tahu. Kalau menghafal semua susunan belanjaan tersebut tentu tidak mudah. Apalagi dalam jumlah banyak. Cara menghafalnya adalah anda bisa mengambil kata pertama dari semua itu dan menjadi sebuah kata.

Ketimbang anda menghafalkan semua belanjaan yang banyak dan acak yang mudah lupa, maka anda bisa menggunakan teknik asosiasi dengan menyebut nama-nama depan belanjaan tersebut menjadi susunan kata. Misalkan tomat menjadi T, cabe menjadi C, kentang jadi K, bawang merah jadi B, tahu menjadi Tah maka susunan kata yang dibuat untuk mengingat semua itu adalah TC-KB tah.

5.Teknik Cerita

Salah satu metode cara menghafal dengan cepat lainnya adalah membuat cerita. Hal ini diterapkan dalam menghafal susunan surat-surat di dalam Al-Qur’an. Surat pertama di dalam Al Qur’an yang dimulai dari juz pertama adalah Surat Al Fatihah. Yang disusul dengan surat Al Baqarah.

cara menghafal dengan cepat

Maka untuk menghafal susunan surat-surat di dalam Al-Quran secara berurutan bisa menggunakan teknik cerita. Anda pastinya sudah mengenal susunan surat pertama di dalam Al-Qur’an adalah surat Al-fatihah. Sedangkan untuk menghafal surat kedua dan selanjutnya, anda bisa menggunakan teknik cerita.

Untuk caranya dimulai dari cerita di sebuah kebun yang sangat luas ada seekor sapi betina yang sangat besar dan berwarna putih sangat cantik. Yang berarti sapi betina artinya Al Baqarah. Kemudian sapi betina tersebut dinaiki oleh keluarga Ali Imran. Surat Ali Imran surat ketiga. Keluarga Ali Imran tersebut semuanya wanita sehingga surat keempat adalah Annisa yang artinya wanita.

Pemakaian cara menghafal dengan cepat menggunakan teknik cerita ini bisa anda modifikasi untuk menghafal materi lainnya yang anda butuhkan. Seperti menghafal materi mata pelajaran dan materi lainnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang tepat.

6.Melakukan Perekaman dan Memutarnya Berulang-ulang

Salah satu teknik menghafal cepat dan paling efektif yang bisa anda tempuh dengan merekamnya. Misalkan  anda mempunyai materi pelajaran sekolah yang harus anda hafal.

Maka anda bisa mencoba merekam dengan suara anda sendiri atas semua materi itu pada ponsel android atau kaset. Kemudian di lain waktu anda bisa memutarnya secara berulang-ulang yang membuat anda bisa langsung hafal materi tersebut dalam waktu singkat secara otomatis.

7.Menempelkan Materi di Tempat yang Sering Anda Lihat

Teknik berikut cukup ampuh dalam cara menghafal dengan cepat. Misalkan anda disuruh menghafal rumus-rumus kimia atau matematika. Maka waktu belajar anda bisa menggunakan cara ini yaitu dengan menulis rumus-rumus kimia atau matematika yang harus anda hafal tersebut pada kertas besar dengan huruf besar.

Kertas yang berisi rumus tersebut lalu ditempelkan di tempat yang sering anda lihat. Seperti di dinding pintu atau tembok kamar maka secara perlahan-lahan akibat sering melihat kertas tersebut berikut daftar rumusnya. Anda pun akan hafal secara otomatis rumus-rumus matematika atau kimia tersebut dalam alam bawah sadar.

Bagaimana Agar Anak Cepat Menghafal

Memperlakukan anak-anak agar cepat menghafal harus dengan cara tersendiri. Salah satu cara bagaimana agar anak cepat menghafal adalah dengan menggunakan lagu atau irama nyanyian. Karena setiap anak-anak suka bernyanyi. Mereka akan senang mendendangkan sebuah lagu. Lirik lagu tersebut bisa diubah menjadi lirik sebuah materi yang harus dihafal.

Teknik menghafal dengan lagu bagi anak-anak sudah bukan hal asing lagi. Dan cara ini sangat efektif agar anak menghafal dengan cepat. Misalkan menghafal nama-nama Nabi dan Rasul yang jumlahnya 25 seringkali anak-anak diberikan lantunan lagu irama lagu anak-anak yakni Balonku yang diubah liriknya menjadi nama-nama nabi dan rasul yang 25.

bagaimana agar anak cepat menghafal

Cara menghafal dengan cepat menggunakan lagu sangat efektif dan bagus untuk anak-anak. Dengan menggunakan lagu maka kegiatan menghafal akan sangat  mudah dan menyenangkan. Jika ditanya lebih mudah mana menghafal lirik lagu atau menghafal materi mata pelajaran?

Pastinya anda akan menjawab lebih mudah menghafal lirik lagu. Kalau begitu, anda bisa menjadikan materi yang harus anda hafal dalam bentuk lirik lagu agar lebih mudah dihafalkan. Seperti menghafalkan nama-nama negara di dunia maka anda bisa membuat lirik lagu kesukaan anda menjadi nama-nama negara di dunia.

Begitu juga bagaimana agar anak cepat menghafal huruf hijaiyah saat mengaji bisa mempergunakan dalam bentuk lirik lagu. Hal itu umumnya akan lebih mudah dihafal oleh anak-anak dan juga kalangan remaja.

Cara Cepat Menghafal Pelajaran Saat Sebelum Ujian

Dalam jenjang bangku kuliah atau sekolah pastinya seorang pelajar atau mahasiswa akan secara rutin diberikan tes atau ujian secara berkala. Ujian rutin tersebut bisa sebulan sekali atau enam bulan sekali yang disebut UTS maupun UAS.

Dalam menjelang ujian akhir semester atau ujian tengah semester pastinya palajar atau mahasiswa akan giat untuk menghafal semua materi yang telah diberikannya.

Namun seiring dengan banyaknya materi yang harus anda hafal, terkadang membuat anda bingung dan pusing untuk menghafal semua materi yang akan diujiankan tersebut padahal ujian di depan mata.

cara cepat menghafal pelajaran

Oleh sebab itu,  berikut ini, penulis akan menjelaskan cara cepat menghafal pelajaran saat sebelum ujian tiba, antara lain:

1.Membaca dan Memahami Materi

Sebelum ujian tiba sebentar lagi maka tidak ada waktu bagi anda untuk menghafal lagi. Langkah yang baik untuk cepat menghafal pelajaran sebelum ujian tiba sebentar lagi adalah dengan membaca cepat ringkasan materi-materi yang telah diberikan sebelumnya dan memahaminya.

2.Belajar Bersama

Pada saat sebelum ujian dimulai maka anda bisa mengajak teman-teman anda untuk belajar bersama atau diskusi belajar. Model cara cepat menghafal pelajaran saat sebelum ujian ini berguna agar lebih interaktif dan lebih hidup suasananya serta mengingat materi pelajaran yang akan diujikan.

Cara Cepat Menghafal Perkalian

Pada umumnya orang tua pada jaman dulu mengharuskan setiap murid sekolah dasar untuk menghafal perkalian dari mulai angka perkalian satu hingga 10. Seiring dengan itu, seorang guru akan menjelaskan konsep perkalian  pada muridnya.

Cara menghafal dengan cepat tersebut dilakukan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Mengingat mengajarkan perkalian pada anak SD lebih sulit ketimbang mengajarkan penjumlahan.

Berikut ini salah satu metode  cara cepat menghafal perkalian bagi anak SD yaitu memakai gambar. Untuk menjelaskan perkalian dan menghafalkan perkalian pada anak maka anda bisa menambahkan dengan gambar untuk menerangkan konsep perkalian.

Anda bisa mengajarkan konsep perkalian dengan digabungkan dengan konsep pertambahan. Misalkan 2×2 sama dengan empat yang artinya duanya ada dua dan dijumlahkan. Kemudian anda bisa menjelaskan konsep perkalian pada anak dengan barang-barang yang ada di sekitar anak.

Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an Untuk Anak dan Remaja

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang berisi petunjuk bagi orang beriman yang berisi firman-firman Allah SWT. Membaca Al-Quran adalah sebuah ibadah yang berpahala dari setiap huruf yang dibaca. Membacanya saja sudah berpahala apalagi sampai menghafal Al-Quran dari juz 1 sampai juz 30.

Sebelum anda belajar menghafal Al-Qur’an dengan cepat maka anda mesti terlebih dahulu mengetahui keutamaan menghafal Al Qur’an. Lalu apa keutamaan membaca Al Qur’an?

Banyak hadis yang menjelaskan tentang keutamaan membaca dan menghafal Al Quran, antara lain:

  1. Berpahala. Yang paling jelas adalah keutamaan menghafal Al Qur’an adalah berpahala. Laksana ia menjaga Al Qur’an dan membacanya. Orang yang menghafal Al Qur’an disebut Al hafidh.
  2. Mendapatkan kedudukan tinggi di akhirat berupa surga
  3. Mendapatkan kedudukan tinggi di dunia. Beberapa lembaga swasta dan pemerintah memberikan keutamaan bagi mereka yang hafal Al-Quran. Salah satunya dengan memberikan beasiswa khusus bagi para penghafal Al-Quran untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan swasta secara gratis dengan fasilitas beasiswa gratis maupun bantuan tertentu.

Dengan adanya keutamaan-keutamaan menjadi penghafal Al-Qur’an hampir semua kalangan tertarik untuk menghafalkan Al-Qur’an. Lalu bagaimanakah cara menghafal Al-Qur’an?

cara cepat menghafal pelajaran saat sebelum ujian

Untuk menghafal Al-Qur’an ada seninya tersendiri. Berikut ini panduan cara menghafal dengan cepat ayat Al-Qur’an yang bisa Anda coba.

  1. Memahami terlebih dahulu bahwa cara menghafal Al-Qur’an itu tidak mudah dan juga tidak sulit. Sebelum memulai menghafal Al-Qur’an maka anda harus mempunyai niat dulu yang benar yaitu niat menghafal Al-Qur’an ikhlas karena untuk mendapat ridho dan pahala dari sisi Allah SWT.
  2. Memahami bahwa menghafal Al-Qur’an harus rajin dan sangat mudah lupa laksana mengikat kuda yang mudah lari. Sehingga setiap hari anda mesti menghafal Al Qur’an atau ayat Al quran yang telah hafal mesti sering dibaca diulang-ulang untuk menguatkan hafalan  Al-Qur’an.
  3. Al-Quran itu bersih sehingga supaya anda bisa hafal Al-Qur’an dengan baik maka hati anda juga harus bersih.
  4. Al-Quran diturunkan secara bertahap satu ayat hingga beberapa ayat dalam satu harinya. Anda pun bisa Menghafal Al-Qur’an dengan berangsur-angsur
  5. Mengetahui arti ayat Al quran yang dibaca. Untuk menghafal Al-Qur’an secara cepat dan mudah adalah dengan mengetahui arti satu ayat demi ayat disertai pemahaman akan arti dan maknanya. Cara menghafal dengan cepat ini akan membuat Anda mudah menghafal Al-Qur’an dalam waktu singkat.
  6. Setelah anda bisa menghafal satu surat di dalam Al-Qur’an maka anda harus mengikatnya secara kuat dengan rajin membacakannya.Misalkan pada waktu solat sunat atau wajib, anda membacakan surat Al-Qur’an yang sedang anda hafal tersebut karena bacaan Alquran mudah sekali lupa kalau tak mengikatnya dengan kuat lewat bacaan atau murojaah.
  7. Mengelola waktu dengan baik. Yang tak kalah penting untuk bisa menghafal Al-Qur’an, anda mesti mengelola waktu dengan baik. Karena ada banyak hal yang mesti Anda lakukan di dunia disamping menghafal Al-Qur’an. Misalkan anda juga bekerja. Anda bisa menggunakan waktu sepulang kerja untuk menghafalkan Al-Qur’an.
  8. Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. Dalam hal ini, anda mesti selalu membawa Al Qur’an di tas anda. Dan biasakan untuk membaca atau menghafal Al-Qur’an di waktu luang beserta mempelajari tajwid dan panjang pendek serta makhroj hurufnya yang tepat.
  9. Menghafal satu ayat perhari. Bagi anak-anak dan remaja maupun siapapun anda bisa memulai untuk menghafal Al-Qur’an dari yang paling mudah terlebih dahulu. Misalkan ditarget secara rutin setiap hari anda menghafal satu ayat Alquran. Cara ini relatif lebih mudah dan tak membebani anda dan tanpa mengganggu pekerjaan sehari-hari anda.
  10. Terakhir tips cara menghafal Al Qur’an dengan cepat adalah menggunakan mushaf yang sama. Jangan pernah mencoba-coba untuk menggunakan mushaf yang berbeda karena itu bisa membuat proses menghafal al-Quran anda tersendat. Ini karena banyak Al Quran mempunyai susunan bentuk tulisan dan ukuran tulisan Al Quran yang berbeda-beda. Karena itu jika anda ingin cepat menghafal al Quran maka fokus pada satu mushaf Al-Quran saja.

Demikianlah beberapa teknik dan cara menghafal dengan cepat. Anda bisa memilihnya yang terbaik dan terbukti berhasil dan mudah bagi anda.  Dengan kemampuan menghafal cepat akan memudahkan anda dalam melaksanakan berbagai pekerjaan dan aktivitas anda dengan lancar.