Cara meningkatkan bonding dengan anak sebenarnya tidak sulit.  Dengan hubungan emosional antara orang tua dengan anak yang lebih kuat akan membuat nak lebih dekat. Apalagi kewajiban orang tua pada anaknya adalah mendidik sekaligus membesarkan anak dengan baik.

Menyorot hubungan antara orang tua dengan anak memang sangat menarik. Ada banyak dinamika yang terjadi, bahkan pengalaman sebuah keluarga akan sangat berbeda dengan keluarga lainnya. Namun karena berbagai alasan tak jarang membuat orang tua tidak mempunyai banyak waktu luang bersama anaknya.

Terlebih untuk orang tua yang keduanya bekerja, pastinya ada sedikit cemas terhadap kondisi anak yang tidak bisa diasuh sepenuhnya. Apalagi jika ada anak yang masih balita atau bayi. Namun semua kekhawatiran tersebut bisa kita atasi dengan melakukan bonding bersama anak.

bonding orang tua dengan anak

Bonding adalah ikatan batin atau ikatan emosional antara orang tua dengan anak. Ikatan jiwa atau bonding tersebut harus tetap kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan agar anak merasa kehadirannya diakui dan dihargai serta merasa nyaman dan aman.

Dengan bonding yang kuat maka ketika orang tua bekerja maka sang anak akan merasa tenang. Sebab bonding mempunyai kekuatan yang besar yang juga bisa menjadi support system. Ini akan membuat anak mempercayai apa yang dilakukan ayah dan ibunya di kantor untuk membantu ekonomi keluarga dan anak-anaknya.

Cara Meningkatkan Bonding dengan Anak

Bonding merupakan istilah untuk menunjuk bentuk ikatan batin dan emosional kuat yang eksis dengan sendirinya secara alami. Ini merupakan karunia dari Tuhan yang telah menciptakan manusia. Sang anak menyayangi ibunya dan ibunya mencintai anaknya.

Namun bonding ini juga seperti keimanan, kadang naik dan tak jarang turun. Karena itu penting kita selalu berusaha meningkatkan kekuatan ikatan emosional pada anak tersebut. Nah, ada berbagai cara meningkatkan bonding dengan anak yang bisa dilakukan para orang tua berikut ini.

1.Menyusui ASI

Bonding adalah suatu hubungan ikatan emosional orang tua dan anak yang sangat kuat terutama antara seorang anak dan ibu. Khususnya ketika anak sedang menyusu pada ibunya.

Seorang ibu yang memilih untuk menyusui anaknya sendiri merupakan upaya meningkatkan dan membangun bonding terhadap anak dengan lebih kuat. Hubungan emosional antara ibu dan anaknya akan semakin kuat ketika seorang ibu memutuskan memberikan air susu ibu (ASI) untuk anaknya.

2.Menggendong

Cara meningkatkan bonding ketika anak masih bayi bisa pula dengan cara sering menggendong anak. Itu berlaku untuk ayah maupun ibu. Hal tersebut untuk menunjukkan belaian dan sentuhan kasih sayang seorang ayah dan ibu terhadap anaknya.

cara meningkatkan bonding dengan anak

Ini sekaligus akan memberikan kehangatan pada anaknya.  Sehingga sang anak bisa merasakan kasih sayang ibu sangat kuat hingga terciptalah bonding yang lebih kuat.

3.Melakukan Skin to Skin Pada Bayi

Meluangkan waktu bersama anak belum tentu bisa meningkatkan bonding kalau kualitas waktu yang diberikan hanya untuk kegiatan yang tak melibatkan emosi orang tua dan anak. Agar cara meningkatkan bonding dengan anak yang masih balita atau bayi efektif, maka orang tua bisa meluangkan waktu untuk bersentuhan kulit dengan anak. Seperti menggendong, memandikan, atau mengganti pakaian anak.

Lakukan kegiatan bersentuhan dengan anak saat hendak berangkat kerja ataupun pulang kerja untuk meningkatkan bonding. Dengan sistem bonding yang konsisten dengan melalui fisik sentuhan yang dilakukan oleh ayah dan anak atau ibu pada anaknya yang masih bayi atau balita dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anaknya.

Pada dasarnya, kegiatan bonding adalah hal penting yang bisa dilakukan setiap orang tua pada anaknya agar terjalin ikatan emosional yang kuat. Bonding adalah sesuatu hal yang bisa dilakukan pada anaknya dengan berbagai cara. Cara tersebut umumnya cara yang memberikan keamanan dan kenyamanan pada anak. Sehingga anak bisa merasakan cinta dan kasih orang tuanya semakin besar.

cara meningkatkan bonding

Dengan pengalaman anak yang diberikan oleh orang tuanya yang  dirasakan menyenangkan seperti melakukan sentuhan kulit akan  membuat bonding antara anak dan orang tua semakin meningkat.

Selain itu manfaat adanya sentuhan kulit dengan anak seperti memelihara kulit anak dapat meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme pada anak. Anak merasakan kehadirannya sangat dicintai dan anak merasa dihargai. Hal tersebut akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan membuatnya semakin nyaman sebagai modal dalam menghadapi masa dewasanya.

Bersentuhan dengan kulit anak menjadi bagian dari cara meningkatkan bonding dengan anak yang sangat efektif. Dan itu banyak cara dan variasi seperti memberikan perawatan kulit pada tubuh, kaki, wajah dan tangan anak yang masih bayi sambil mengajak berbicara padanya. Atau orang tua bisa memandikan anak hingga memberikan bedak atau minyak.

Semua kegiatan tersebut merupakan cara meningkatkan bonding. Dimana anak akan merasakan kasih sayang orang tua sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri dan lebih nyaman dan dihargai. Tindakan seperti ini tampak sepele tapi manfaatnya sangat besar dan membutuhkan waktu sedikit hanya untuk meningkatkan bonding.

Untuk anak yang sudah tumbuh besar tentu saja cara meningkatkan bonding pada mereka akan  berbeda dengan cara meningkatkan bonding pada anak yang masih bayi. Namun pada intinya sama saja yakni menciptakan kehangatan dan kenyamanan pada anak. Seperti untuk anak- anak yang telah remaja atau dewasa bisa mengajak pergi liburan bersama atau mengajak jalan jalan maupun bermain bersama.

4.Sering Mengajak Berbincang Berdua

Cara meningkatkan bonding dengan anak berikutnya adalah mengajak anak untuk berbincang-bincang berdua. Misalkan pada anak yang masih bayi ketika orang tua memberikan bedak atau lotion pada kulit tubuh anak maka orang tua bisa mengajak anak untuk berbincang-bincang.

bonding dengan anak

Begitupun pada saat anak beranjak tumbuh besar kegiatan berbincang-bincang perlu dilakukan oleh orang tua dengan anaknya berdua sebagai cara meningkatkan bonding.

5.Meluangkan Waktu Bersama Anak

Salah satu cara meningkatkan bonding pada anak adalah dengan meluangkan waktu bersama anak. Walaupun anda sibuk di kantor dan bekerja maka anda mesti meluangkan waktu sebentar untuk meluangkan waktu bermain atau bersama anak. Hal tersebut akan membuat anak akan merasa dihargai, diperhatikan yang membuat hubungan batin emosional anak dan orang tua akan meningkat.

Sebuah petuah bijak mengatakan setiap waktu orang tua hendaknya tidak selamanya dipakai untuk bekerja tapi sebagian waktu mesti dipergunakan untuk bersama anak. Ini sangat efektif, bahkan bisa untuk mengatasi kenakalan remaja.

Sesibuk apapun mesti ada waktu untuk bercengkerama dan meluangkan waktu bersama anak. Karena itu manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan bonding. Misalkan minimal setiap akhir pekan mengajak anak untuk makan bersama di sebuah restoran.

Dengan meluangkan waktu dengan anak akan meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak. Pada waktu bersama itu bisa dipergunakan untuk bermain bersama atau curhat seorang anak ketika di sekolahnya. Cara meningkatkan bonding dengan anak baik untuk membangun hubungan batin semakin kuat.

Sudah menjadi naluri untuk seorang ibu mencintai anaknya yang menjadi generasi penerusnya. Begitu pula seorang anak yang mencintai orang tuanya yang mengasuh dan mendidiknya hingga besar. Kasih ibu sepanjang masa. Itulah kalimat tentang betapa kasih ibu terhadap anaknya.

Bahasa cinta orang tua dapat ditangkap oleh anak melalui sikap dan tindakannya. Seperti seorang ayah yang bekerja keras. Atau kesediaan seorang ibu untuk mengasuh anaknya dari bayi hingga dewasa. Ikatan cinta seorang ibu dengan anaknya mudah sekali terlihat.

Rasa aman dan nyaman merupakan perasaan dan kondisi yang selalu diharapkan seorang anak. Salah satu cara mendapatkannya dengan melakukan peningkatan bonding. Bonding adalah sebuah ungkapan rasa sayang orang tua pada anaknya dan begitu sebaliknya. Sama seperti tumbuhan, rasa ikatan batin kasih sayang perlu dipupuk agar terus subur. Seperti meluangkan waktu bersama anak.

meningkatkan bonding

Yang dibutuhkan oleh seorang anak kecil adalah kenyamanan. Dan orang tua mampu memberikan hal tersebut dengan adanya bonding dan rasa kasih sayangnya yang teramat besar. Bonding adalah sesuatu yang tidak terlihat antara orang tua dan anak. Tapi walau begitu, bonding bisa dirasakan oleh orang tua dan anaknya. Namun tingkatan bonding berbeda-beda. Ada tingkatan bonding sangat kuat dan ada yang biasa saja.

Demikian beberapa cara meningkatkan bonding dengan anak yang bisa kita lakukan. Sebagai orang tua tentunya perlu selalu menjaga untuk menumbuhkan dan meningkatkan bonding dan ikan batin dengan anak. Langkah inipun harus sering kita lakukan jika kita ingin mempunyai bonding yang kuat dengan anak.