Cara menjadi OSIS yang aktif memang bukanlah hal mudah, terlebih jika pertama kali atau baru saja bergabung. Tidak hanya kepintaran, nyatanya keaktifan setiap anggota sangat dibutuhkan agar tugas-tugas yang diberikan bisa dilaksanakan dengan baik.

Namun tak perlu berkecil hati, sebab sejatinya untuk menjadi seorang anggota OSIS yang tanggap dan aktif bisa dilatih seiring berjalannya waktu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih agar murid bisa aktif dan berpartisipasi pada setiap kegiatan. Berikut ini adalah cara menjadi OSIS yang aktif dan baik saat sekolah yang dapat kamu lakukan.

Cara Menjadi OSIS yang Aktif dengan Penuhi Syarat Ini

  • Ramah

Cara menjadi OSIS yang aktif pertama yaitu menjadi seorang dengan kepribadian ramah. Sebenarnya sifat ramah ini tidak hanya bagi anggota OSIS saja, namun bagi setiap OSIS penting rasanya untuk ramah kepada sesama murid lainnya agar mencerminkan anggota yang baik.

Selain kepada sesama teman, sudah menjadi keharusan untuk ramah ke guru dan pengurus sekolah lainnya. Dengan demikian, akan banyak guru dan teman yang mengenal dan kemungkinan besar kamu sering dilibatkan pada setiap kegiatan penting sekolah. 

  • Suka tantangan

Memiliki rasa petualang dan tantangan merupakan cara menjadi OSIS yang aktif bisa kamu terapkan. Jadikan setiap tugas dan kegiatan yang diberikan sebagai tantangan sehingga kamu bisa memperoleh ilmu baru. Suka dengan tantangan juga membuat mental lebih kuat dan membangkitkan semangat agar lebih aktif lagi.

  • Percaya diri

Cara menjadi OSIS yang aktif paling penting yaitu memiliki rasa percaya diri tinggi. Dalam hal ini, rasa percaya diri bukan berarti sombong, namun lebih meningkatkan rasa pendirian agar tidak mudah terintimidasi.

Tidak semua siswa suka kamu menjadi OSIS sehingga rasa percaya diri ini sangat membantu agar tetap fokus tanpa menghiraukan yang tidak penting. Buktikan kepada mereka bahwa kamu mampu melakukan setiap tugas dan berperan aktif di dalamnya. 

  • Lancar dalam berkomunikasi

cara menjadi osis yang aktif

source: SMAN 1 SEMARANG

Selain mempunyai rasa percaya diri, cara menjadi OSIS yang aktif juga harus lancar dalam berkomunikasi. Dalam sebuah forum pasti kamu ingin memberikan masukan atau pertanyaan, untuk menyampaikan itu semua bicarakan dengan baik supaya bisa dimengerti. Dengan adanya komunikasi tersebut kamu akan selalu diingat sebagai OSIS aktif dalam diskusi.

  • Ikut berpartisipasi setiap agenda

Percaya diri, lancar komunikasi maka akan mengantarkan kamu sebagai anggota yang aktif dan berpeluang besar ikut dalam agenda penting sekolah. Seorang anggota OSIS dapat dikategorikan sebagai murid yang aktif apabila selalu hadir berpartisipasi baik membantu, menyusun atau mengisi kegiatan. Cara tersebut cukup efektif sebagai cara menjadi OSIS yang aktif.

  • Mampu bekerja dalam tim

OSIS sejatinya adalah tentang kerjasama. Cara menjadi OSIS yang aktif yakni mampu bekerja sama dalam tim dengan baik. Ada banyak manfaat apabila pekerjaan dilakukan bersama-sama yaitu pekerjaan menjadi cepat selesai dan banyak ide yang dituangkan dari banyak kepala. 

  • Tidak menunda pekerjaan

Cara menjadi OSIS yang aktif selanjutnya yakni tidak menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan setiap tugas yang telah dibebankan ke kamu dengan segara. Sebenarnya tidak sulit untuk membiasakan diri agar tidak mudah menunda pekerjaan salah satunya dengan menyusun rencana dan konsekuensi yang akan diterima apabila terlambat mengerjakannya.

Begini Cara Menjadi OSIS yang Baik dan Tegas

Dalam menjadi anggota OSIS tidak serta-merta melaksanakan tugas dan kewajiban, namun juga harus memiliki kepribadian yang baik supaya menjadi contoh. Setelah mengetahui cara menjadi OSIS yang aktif berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan agar menjadi OSIS yang baik dan tegas.

cara menjadi ketua osis yang baik dan tegas

source: MAN 2 Tulungagung

  • Bertanggung jawab

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjadi OSIS harus memiliki rasa tanggung jawab. Menjadi OSIS bukanlah hal yang mudah, sebab banyak beban yang ditanggung dan ditugaskan dimana harus dilaksanakan dengan baik. Tidak hanya itu, setiap tugas yang diberikan harus dikerjakan sesuai dengan aturan, visi dan misi baik itu diselesaikan sendiri atau bermusyawarah.

Tanggung jawab akan semakin berat apabila menjadi ketua OSIS, sebab tidak hanya bertanggung jawab atas tugas, visi, misi saja namun juga anggotanya apabila terjadi kesalahan. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan mental dan rasa tanggung jawab yang cukup besar karena resiko yang ditanggung juga tidak mudah.

  • Rendah hati

Menjadi OSIS adalah sebuah kebanggaan, bagaimana tidak? Menjadi bagian organisasi paling penting di sekolah yang alur seleksinya cukup panjang, oleh sebab itu banyak sekali OSIS yang ingin dihormati oleh siswa-siswi lainnya. 

Memang tidak salah ingin mendapatkan perhatian dan rasa hormat, namun alangkah lebih baik jika menyikapinya dengan rendah hati dan tidak sombong. Langkah tersebut merupakan cara menjadi OSIS yang baik dan tegas yang tepat untuk dilakukan. 

Sebab meskipun kamu memiliki jabatan atau bahkan posisi yang tinggi dibanding lainnya kamu tidak boleh merasa berkuasa justru harus rendah hati. Dengan demikian kamu akan disegani dan dijadikan teladan oleh teman-teman di sekitar tanpa disadari.

  • Bijaksana

Sifat bijaksana harus dimiliki serta ditanamkan bagi kamu yang menjadi OSIS sekolah baik itu SMP maupun SMA. Kamu harus bersikap bijaksana di lingkungan sekolah baik itu kepada teman sebaya, adik kelas bahkan kepada kakak kelas tanpa terkecuali. 

Mengapa hal tersebut sangat penting? Sebab jika bersikap bijaksana hanya kepada beberapa bagian atau golongan saja akan menunjukkan bahwa kamu bukan OSIS yang patut dijadikan teladan. Selain bijaksana dalam bersikap, kamu juga harus bijak dalam bertutur kata karena akan sangat tidak tepat apabila anggota OSIS selalu mengatakan hal-hal yang tidak baik untuk didengar.

  • Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kebiasaan yang harus dimiliki oleh setiap anggota OSIS. Sifat disiplin ini bisa menentukan apakah kamu layak menjadi OSIS atau tidak, karena pihak sekolah tidak akan memilih OSIS yang memiliki sifat urakan dan teledor sebagai panutan siswa lainnya serta untuk menerima tugas yang tanggung jawabnya tidak bisa dikatakan kecil.

Memiliki kepribadian disiplin tentunya tidak hanya menguntungkan diri kamu sendiri namun juga kepentingan orang banyak.  Sebagai contoh, kamu sebagai ketua OSIS selalu melakukan rapat setiap minggu dan selalu hadir tepat pada waktunya atau mematuhi aturan sekolah dengan menggunakan pakaian lengkap sesuai ketentuan sekolah.

  • Sopan 

Sikap sopan harus dimiliki oleh setiap OSIS agar lebih dihargai dan disegani. Sebenarnya sikap ini berlaku juga untuk semua murid baik yang menjadi OSIS ataupun tidak baik kepada guru maupun ke sesama pelajar. 

Sopan tidak hanya dicerminkan dalam bentuk perbuatan saja namun juga berupa ucapan. Jaga ucapan kamu, jangan sampai mengatakan hal yang buruk kepada siapapun karena tingkat kesopanan bisa dinilai dari segala aspek. Apabila kamu sudah menerapkan sikap sopan baik lisan atau sikap maka bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadi OSIS yang teladan dan dihargai.

  • Memiliki manajemen waktu yang baik

Sejalan dengan disiplin, cara menjadi OSIS yang baik dan tegas dapat dilakukan dengan memiliki manajemen waktu yang baik. Aktivitas OSIS kadang memang menyita banyak waktu sehingga kemungkinan besar kamu akan banyak mengerjakan tugas OSIS.

Namun sebenarnya, kamu bisa mengimbangi dengan waktu belajar, berkumpul bersama keluarga, bersantai bahkan bermain asal mengatur waktu dengan baik. Misalnya, belajar dan mengerjakan tugas sekolah dilakukan saat malam, lalu mengerjakan tugas OSIS saat pulang sekolah, akhir pekan digunakan untuk berkumpul keluarga, bersantai atau bermain dengan teman.

  • Jujur

Jujur merupakan sifat yang paling penting untuk dimiliki setiap anggota OSIS tanpa terkecuali. Sebagai organisasi besar di sekolah yang dipercaya baik oleh guru dan siswa, OSIS harus mengemban amanah dengan baik agar dipercaya oleh semua anggota sekolah dalam menjalankan tugasnya. Sifat ini sebagai cara menjadi OSIS yang aktif dengan bermusyawarah.

Salah satu contoh sifat jujur yaitu, kamu sebagai OSIS tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh divisimu. Kemudian kamu bisa meminta bantuan kepada guru, ketua OSIS atau anggota lain yang dirasa mampu memecahkan masalah dengan menceritakan masalah yang sebenarnya tanpa mengurangi satu apapun.

  • Adil

Sebagai anggota OSIS penting untuk berperilaku adil kepada seluruh siswa tanpa memandang tingkatan kelas bahkan status. OSIS yang adil akan disegani dan dijadikan panutan yang memiliki kepribadian baik. 

Contohnya, kamu sebagai OSIS yang memeriksa ketertiban berpakaian siswa saat akan masuk gerbang sekolah. Lalu mendapati teman sekelas dan kakak kelas tidak memakai ikat pinggang. Maka tanpa membeda-bedakan kamu bisa mengurangi poin atau peringatan kepada mereka. Bisa diartikan sikap ini merupakan cara menjadi OSIS yang aktif dalam bertindak.

  • Tegas 

Membahas cara yang tepat agar menjadi OSIS yang baik dan tegas maka harus memiliki pondasi utama yaitu sifat tegas itu sendiri. Memang bukan hal mudah untuk membangun sifat ini, apalagi kamu yang baru mencoba bergabung. 

Sebisa mungkin kamu harus memberikan porsi mana yang harus disikapi dengan tegas atau biasa saja. Jangan bersikap terlalu lemah atau baik karena kadang kala bisa dimanfaatkan sehingga OSIS tidak lagi dihargai.

  • Menjadi seorang yang berpikiran terbuka dan positif

Penting bagi setiap OSIS baik ketua atau anggotanya untuk berpikiran terbuka dan positif. Berpikiran terbuka maksudnya ketika musyawarah dan ada anggota lain yang menyampaikan pendapat berbeda dapat diterima dengan baik. Dengan kata lain sikap ini cerminan dari sikap menghargai orang lain. 

Menjadi OSIS dengan pribadi yang positif salah satu sikap yang patut ditanamkan pada setiap anggota. Dengan memiliki sikap positif seperti senang bergaul dengan siswa lain, peduli dan selalu membantu apabila ada masalah membuat kamu menjadi OSIS yang memiliki kepribadian yang terpuji.

  • Berjiwa kepemimpinan

Jiwa pemimpin ini wajib dimiliki setiap anggota khususnya ketua OSIS. Jiwa layaknya pemimpin ni juga diimbangi dengan cara menjadi OSIS yang aktif agar posisi ketua tidak hanya sebagai cangkang namun turut berpartisipasi.

Jabatan sebagai ketua bukan hanya sekadar nama, namun juga harus diimbangi dengan sikap yang tegas, bijak layaknya pemimpin. Untuk menjadi pemimpin yang baik alangkah lebih baik membenahi diri sendiri terlebih dahulu kemudian memimpin anggota lainnya.

  • Taat peraturan

Sudah sepatutnya sebagai OSIS menaati setiap peraturan sekolah yang telah ditetapkan. Tidak hanya sebatas organisasi saja, ketua OSIS merupakan teladan bagi setiap siswa sehingga merupakan kewajiban untuk taat kepada peraturan seperti datang sekolah tepat waktu, tidak membolos saat jam pelajaran berlangsung, memakai seragam lengkap dan sebagainya.

Tantangan Menjadi Ketua OSIS yang Perlu Diketahui

  • Sering ketinggalan pelajaran

Tujuan sekolah adalah mendapatkan ilmu dari belajar di kelas. Namun yang sering kali dirasakan ketika kamu menjadi ketua OSIS pendapat tersebut kurang berlaku karena terlalu sering skip atau keluar saat jam pelajaran sehingga sering ketinggalan materi. Mau tidak mau kamu harus menghadapi tantangan menjadi ketua OSIS tersebut. 

Keluar saat jam pelajaran di sini bukan dalam hal buruk melainkan untuk mengurus kepentingan OSIS seperti rapat atau membuat tugas yang sudah dekat dengan deadline. Oleh karena itu, ketika kamu berniat untuk menjadi ketua OSIS pastikan siap untuk skip dan sering ketinggalan pelajaran.

  • Banyak agenda

Seorang ketua OSIS merupakan kepala atau pimpinan yang sibuk dan banyak agenda sehingga jika kamu berminat menjadi ketua OSIS harus siap untuk kesana kemari dan tidak punya banyak waktu bermain. Tidak hanya di sekolah, bahkan kegiatan OSIS kadang bisa berlanjut hingga jam sekolah selesai.

Banyak agenda sebenarnya tidak terlalu buruk sebab menjadi salah satu cara menjadi OSIS yang aktif harus sering berpartisipasi pada setiap kegiatan. Jadi, tantangan tersebut tidak sepenuhnya buruk namun juga menjadi sebuah pembelajaran yang baik jika kamu merenungkannya.

  • Dituntut menjadi teladan sekolah

Tantangan menjadi ketua OSIS yang paling dirasakan ketika kamu sudah menjabat jadi ketua yaitu dituntut untuk menjadi siswa teladan di sekolah. Mengapa hal tersebut perlu? Sebab kamu adalah cerminan atau gerbang terdepan yang akan membawa nama baik sekolah dan seluruh bagian lainnya di muka umum.

Tuntutan inilah yang membuat beberapa siswa kadang mundur karena dirasa tidak dapat memenuhinya. Beberapa tuntutan yang dimaksud yaitu harus memiliki sifat dan sikap yang telah disebutkan di atas. 

Sebenarnya tuntutan tersebut tidak untuk memberatkan siswa, melainkan membiasakan siswa agar lebih disiplin dan berkepribadian yang baik. Maka dari itu, sebelum menjadi ketua OSIS sebaiknya membiasakan diri secara perlahan untuk memenuhi prilaku dan sifat seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Kurangnya dukungan orang tua

Para orang tua sering menganggap bahwa menjadi ketua OSIS tidaklah penting. Padahal dengan menjadi anggota OSIS kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman, teman bahkan pelajaran baru yang belum tentu didapat di tempat lain.

Kurangnya dukungan dari orangtua ini kadang kala membuat kurang percaya diri bahwa kamu bisa melakukan semua tugas ketua OSIS dengan baik. Ada berbagai macam alasan kenapa orang tua menganggap jika OSIS tidak terlalu penting. 

Oleh sebab itu, penting bagi ketua OSIS untuk meyakinkan bahwa kamu bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan jelaskan apa saja yang akan diperoleh apabila bergabung dalam organisasi tersebut. Gunakan bahasa sopan dan santun agar orangtua setuju dengan pilihan yang dibuat. 

Itulah informasi tentang cara menjadi OSIS yang aktif dan baik di sekolah serta tantangan apa saja yang kerap dihadapi ketika menjadi ketua OSIS. Menjadi bagian dari OSIS sekolah memang menyenangkan namun jangan lupakan kewajiban sebagai pelajar untuk belajar dengan benar agar nilai tidak turun meskipun kamu sibuk. 

Open chat
👩‍🏫Mau Les Privat
Halo,
Saya Ms. Stefany, mau les privat apa?