Banyak orang yang mencari cara menjadi pintar karena memang menjadi lebih pintar atau cerdas akan memberikan banyak keuntungan. Kadang ada yang bilang bahwa kecerdasan atau kepintaran itu soal genetik dan jika kita terlahir dari orang tua yang pintar, maka pasti kita akan pintar juga. Meski demikian, kepintaran tetap bisa diusahakan. Ada beberapa tips untuk menambah kepintaran di bawah ini.

Perlu diingat jika cara menjadi pintar tidak melulu lewat pendidikan tinggi atau edukasi. Semuanya bisa dilakukan lewat hal-hal kecil dan kebiasaan sehari-hari. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menambah kecerdasan, baik lewat kegiatan sehari-hari (kebiasaan kecil) maupun lewat hal-hal non-edukatif lainnya. Simak informasi selengkapnya di sini.

Mengapa Cara Menjadi Pintar Banyak Dicari?

Sebelum kita mencari tahu kebiasaan dan cara-cara apakah yang bisa dilakukan agar kita menjadi pintar, maka ada baiknya kita membaca dulu mengapa cara untuk menjadi lebih pintar banyak dicari oleh orang-orang. Jawabannya ada di bawah ini sehingga kita bisa memahaminya dengan lebih baik.

  • Orang Pintar Berpikiran Lebih Terbuka

Banyak cara menjadi pintar yang dicari orang-orang karena memang menjadi orang dengan tingkat kecerdasan tinggi membuat pikiran kita lebih terbuka. Kita bisa memandang banyak hal dari sudut pandang dan perspektif yang lebih netral dan masuk akal. Alhasil, kita tidak mudah emosi dan terbawa suasana ke arah yang negatif.

  • Orang Pintar Cenderung Lebih Dihormati

Hal ini tidak melulu benar, namun tak bisa dipungkiri jika kita masih tinggal di tengah masyarakat yang menganggap jika orang pintar atau dengan kecerdasan yang tinggi memiliki hak atau privilege yang lebih banyak. 

Alhasil, orang cerdas memang lebih banyak dihormati dan hal ini sebenarnya bisa memberikan keuntungan bagi banyak individual. Inilah mengapa banyak orang yang termotivasi untuk menjadi lebih pintar dan cerdas. 

  • Lebih Banyak Potensi Mendapatkan Pekerjaan

cara menjadi pintar agar mudah mendapat pekerjaan

Sebenarnya masalah pekerjaan dengan kecerdasan adalah hal yang ambigu juga jika dikaitkan. Namun, tak ayal kita harus percaya jika kita semakin cerdas dan pintar, maka mendapatkan pekerjaan memang semakin mudah. Lebih baik lagi, ketika kita cerdas, maka kita malah bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan berkreasi dengan lebih baik.

  • Kemungkinan Sukses Lebih Tinggi

Tidak ada cara cara menjadi pintar dalam sekejap dan juga tidak ada jaminan jika orang pintar pasti jadi orang sukses. Tapi, setidaknya ada kemungkinan yang lebih tinggi bagi orang yang memiliki kecerdasan lebih untuk bisa sukses dalam hidupnya, terutama di bidang karir dan pekerjaan formal karena tidak dipungkiri bahwa wawasan dan kecerdasan juga berpengaruh.

  • Memiliki Wawasan Luas Membuat Hidup Lebih Mudah

Tidak enak rasanya menjadi orang yang selalu ketinggalan informasi. Alhasil, banyak orang yang ingin menjadi pintar karena memang jika kita lebih pintar, kita bisa memiliki wawasan yang lebih luas dan hidup menjadi lebih mudah tentunya, Temukan hal-hal baik dan kebiasaan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan di daftar yang nantinya akan ditemukan di bawah ini. 

Cara Menjadi Pintar Tanpa Harus Belajar

Kepintaran tak harus melulu ditambah dengan cara belajar. Banyak cara lain yang bisa dilakukan, termasuk hal-hal di bawah ini. Berikut adalah daftar cara yang kerap kali dilakukan oleh orang-orang untuk menambah kecerdasan tanpa harus belajar.

  • Banyak Bertanya

Jika kita mencari cara menjadi pintar tanpa belajar maka salah satu hal paling simpel yang bisa dilakukan adalah banyak bertanya. Berubahlah menjadi orang yang kerap penasaran dan kerap bertanya-tanya. Apalagi jika anda menggunakan pendampingan belajar dari edumaster. Pastikan anda banyak bertanya kepada guru les privat agar mendapatkan banyak ilmu yang berguna.

Hal ini membuat otak terus bekerja dan memproses tiap informasi baru dengan lebih baik. Maka, jangan takut dicap menjadi orang yang terlalu sering bertanya karena toh nyatanya hal ini dianggap lebih mencerdaskan.

  • Belajar Bahasa Lain

Salah satu cara menjadi pintar yang paling sering dilakukan adalah mempelajari bahasa asing. Dengan belajar bahasa lain, maka otak akan terstimulasi dengan baik dan bekerja dengan sedikit lebih keras karena harus mengingat lebih banyak kosa-kata dari bahasa lain. 

Inilah mengapa anak-anak yang tumbuh dengan dual language atau dua bahasa sejak kecil kerap kali lebih pintar dibandingkan dengan teman sebayanya.

  • Sering Bermain Game Asah Otak

Meningkatkan kecerdasan tidak harus dilakukan dengan mengenyam pendidikan tinggi. Salah satu cara menjadi pintar tanpa belajar yang paling disukai orang jaman sekarang adalah bermain game asah otak. 

Teka-teki silang, permainan kata, permainan susun huruf dan angka, atau permainan yang berkaitan dengan hitung-menghitung terbukti dapat mencerdaskan dan membuat orang-orang lebih pintar.

Jenis game lain yang juga mengasah otak secara maksimal adalah permainan misteri atau benda-benda tersembunyi. Keduanya bisa “memaksa” otak untuk sungguh-sungguh bekerja lebih keras demi mencari petunjuk dan menyelesaikan misteri. Jika sering bermain game semacam ini, dijamin kecerdasan pasti akan meningkat.

  • Bermain Alat Musik

cara menjadi pintar dengan bermain musik

Pernah bertanya-tanya mengapa anak-anak prodigy atau anak-anak jenius dengan kecerdasan tinggi pasti bisa memainkan piano atau biola? Hal ini memang ada kaitannya. 

Bermain alat musik memang terbukti bisa menambah kecerdasan dan membuat otak bekerja dengan lebih baik. Inilah alasannya mengapa banyak orang tua yang memberikan les atau pendidikan musik pada anak mereka.

  • Banyak Membaca Buku

Buku sekarang sudah banyak ditinggalkan oleh orang banyak, terutama anak muda. Membaca buku bukanlah prioritas untuk mengisi waktu luang. Handphone dan gadget lain lebih jadi opsi sekarang ini. 

Padahal, buku adalah kunci ilmu dan cara menjadi pintar. Buku bisa memberikan kita banyak sekali pengetahuan baru. Apalagi, membaca buku menstimulasi otak dengan baik dan membuat kita lebih cerdas serta membuat ingatan lebih tajam.

  • Mencatat Apapun dengan Tangan

Memang tidak ada cara menjadi pintar dalam sekejap karena semuanya harus dilakukan melalui proses. Namun setidaknya, dengan mencatat apapun dengan tangan, bukan dengan aplikasi notes di HP atau malah memotret catatan, kita bisa menstimulasi otak dan membuat sinkronisasi antara apa yang kita catat dengan apa yang kita ingat. Hal ini membuat otak mengingat apa ang kita catat dengan lebih baik.

  • Berteman dengan Orang Cerdas

Hal ini sebenarnya agak ambigu, tapi memang orang-orang di sekitar kita memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap bagaimana kita nantinya, terutama dalam hal kecerdasan. Tinggal dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki tingkat intelektualitas tinggi atau orang-orang cerdas akan membuat hari-hari kita diisi dengan obrolan berkualitas dan menambah wawasan. Alhasil, kita akan menjadi lebih cerdas tentunya.

Kebiasaan yang Bikin Pintar dengan Mudah

Ada beberapa kebiasaan baik yang memang bisa membuat kita lebih pintar, beberapa di antaranya akan dijelaskan di sini. Lakukan kebiasaan-kebiasaan ini dan alhasil kita bisa menjadi lebih cerdas meski tidak dilakukan dengan sengaja. Ini dia daftar kebiasaan baik tersebut:

  • Sering Berolahraga

Berolahraga teratur adalah kebiasaan yang bikin pintar yang memang sudah terbukti benar adanya. Olahraga membuat tubuh lebih sehat dan membuat organ-organ vital, termasuk yang memberikan sumbang sih ke otak, berfungsi dengan lebih baik. 

Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kecerdasan karena otak akan memiliki support system yang lebih baik dan bisa berfungsi dengan maksimal.

  • Melakukan Yoga

Yoga adalah bentuk olahraga yang lebih mengarah ke arah relaksasi. Inilah mengapa yoga banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin bugar namun sekaligus mendapatkan ketenangan. 

Yoga membuat tubuh lebih fleksibel dan mengalirkan lebih banyak oksigen ke otak sehingga membuat otak bisa bekerja dengan lebih baik dan tentunya hal ini adalah salah satu cara menjadi pintar yang patut dicoba.

  • Sarapan Bergizi

Sarapan kerap kali tidak dipedulikan karena toh lapar sebentar di pagi hari tidak masalah, yang penting nanti siang bisa makan dengan porsi besar. Hal ini salah karena otak bekerja dengan paling keras di pagi hari, di saat kita baru memulai aktivitas. 

Tanpa sarapan, tidak akan ada energi yang diproduksi tubuh dan otak tidak memiliki energi juga untuk beraktifitas dengan maksimal. Inilah mengapa sarapan adalah kebiasaan yang bikin pintar dan sangat penting.

  • Melakukan Meditasi

Meditasi hampir sama seperti yoga. Bedanya, meditasi 100% mengejar ketenangan tanpa mengejar kebugaran fisik. Jika kita bermeditasi, kita akan duduk dalam posisi yang statis selama berjam-jam. Hal ini membuat tubuh lebih rileks dan juga membuat aliran darah dan oksigen ke otak lebih teratur dan lebih lancar. Tentunya, hal ini bisa dijadikan salah satu cara menjadi pintar.

  • Makan Makanan yang Baik untuk Otak

Makanan kerap kali dianggap sebagai hal yang tidak berpengaruh terhadap kecerdasan. Hal ini salah karena banyak sekali makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa di antaranya adalah makanan yang mengandung DHA dan omega 3. Kedua hal ini sangat baik untuk otak. Contoh makanan yang mengandung DHA dan omega 3 adalah salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

  • Menulis Buku Harian

cara menjadi pntar

Menulis buku harian adalah hal yang disarankan bagi mereka yang memang ingin menjadi lebih pintar. Buku harian sebaiknya ditulis dengan tangan untuk memaksimalkan stimulasi otak. 

Buku harian bisa meningkatkan kecerdasan karena dengan menulisnya, kita menjadi harus mengingat-ingat apa yang terjadi sepanjang hari itu, menyusun kata-kata untuk menceritakannya, dan juga memparafrasekannya.

  • Tidur yang Cukup Tiap Hari

Di jaman sekarang ini banyak yang sudah menganggap remeh tidur. Tidur tidak harus dilakukan selama 6-8 jam seperti dulu lagi. Malahan, banyak yang lebih senang begadang dan bermain gadget atau streaming film dan video hingga pagi hari. 

Padahal, cukup tidur adalah salah satu cara menjadi pintar. Dengan kita cukup tidur, sel-sel otak akan memiliki waktu untuk melakukan regenerasi dan tentunya bisa membantu kita menyerap informasi lebih banyak.

Itu dia tadi beberapa hal yang patut diketahui tentang kebiasaan atau hal-hal yang bisa dicoba ketika kita ingin menjadi lebih pintar. Mengingat ada banyak manfaat menjadi orang yang lebih cerdas, semua hal di atas tadi nampaknya cocok dijadikan sebagai kebiasaan baru, toh semuanya positif dan membawa dampak yang baik bagi kehidupan dan memberikan cara menjadi pintar bagi kita semua.