Umum

Cara Menulis Sumber dari Internet dan Situs

Cara menulis sumber dari internet tidak sama dengan referensi dari daftar pustaka atau buku. Saat ini sumber referensi tidak saja berasal dari buku-buku ilmiah standar namun semakin banyak yang berasal dari internet. Namun karena bobotnya yang berbeda membuat referensi dari internet tidak bisa sembarangan kita gunakan.

Daftar pustaka merupakan hal yang wajib terdapat pada karya tulis ilmiah. Buku-buku ini menjadi referensi dan tolok ukur sebuah karya tulis berkualitas atau tidak. Karena itu pencantuman daftar buku referensi yang digunakan juga memilikli standar penulisan yang baku.

Dengan lebih banyak sumber daftar pustaka atau sumber referensi biasanya bisa membuat  karya tulis tersebut memiliki bobot yang bagus. Sebaliknya jika bahan bacaan dan referensi sangat minim dapat dipastikan karya tulis ilmiah tersebut kurang berbobot.

Untuk pencarian sumber referensi banyak cara dilakukan orang. Namun dengan perkembangan jaman terbaru dan canggih sekarang ini lebih banyak orang yang mengambil sumber berasal dari internet ketimbang mencari referensi daftar pustaka dari buku, majalah, skripsi, jurnal ilmiah, artikel, laporan makalah, dan lainnya.

Bahkan saat ini banyak mahasiswa yang cenderung mengambil referensi yang berasal dari dari internet karena kemudahan yang ada. Seseorang yang akan membuat karya tulis bisa mengambil sumber dari internet namun perlu mengetahui cara menulis daftar pustaka dari internet dan dari berita online dengan benar.

Sudah menjadi tugas mahasiswa atau pelajar untuk memenuhi segala tugas yang diberikan oleh dosen atau guru. Sang dosen dalam mendidik dan mengajarkan suatu mata kuliah kepada mahasiswa bukan hanya mengandalkan pengajaran di ruangan perkuliahan secara tatap muka. Terkadang dosen juga menugaskan mahasiswa untuk membuat makalah atau laporan terhadap suatu mata kuliah dengan tema tertentu.

Dengan demikian, tugas seorang mahasiswa bukan hanya hadir dalam ruang perkuliahan untuk mendengarkan materi kuliah yang disampaikan dosen. Tapi juga sering disibukkan dalam pembuatan makalah atau laporan atas suatu materi yang diberikan dosen.

Cara Menulis Sumber Dari Internet

Berdasarkan pengalaman, kebanyakan mahasiswa mengakui dalam membuat makalah, laporan dan skripsi sering mengambil sumber dari internet. Hal tersebut dikarenakan sumber informasi dari internet lebih beragam, up to date dan lebih mudah kita peroleh.

Dengan ponsel pintar, kita bisa mencari sumber referensi dari internet secara mudah, cepat, dan gratis. Baik dalam bentuk video, teks artikel, ebook, ataupun berita online.

Jika anda memasuki dunia kampus, maka anda akan terbiasa untuk menulis makalah, laporan dan karya tulis ilmiah lainnya. Sehingga kita harus mengetahui cara menulis sumber dari internet yang paling dasar karena sebuah karya tulis mesti mempunyai sumber rujukan yang jelas. Bukan hanya satu atau dua sumber rujukan saja tapi juga bisa berpuluh sumber referensi.

Salah satunya sumber rujukan itu berasal dari internet. Sebuah karya tulis berupa makalah, skripsi, buku, laporan dan karya tulis ilmiah lainnya dapat dilihat kualitasnya berdasarkan sumber rujukan yang diambilnya.

Salah satu kesulitan atau hal yang sering ditanyakan oleh mahasiswa dan mahasiswi adalah apakah boleh mengambil referensi dari internet? Bagaimana pula cara menulis sumber untuk laporan dari internet tersebut? Biasanya dosen akan memberikan panduan jenis referensi yang bisa digunakan dan bagaimana cara menuliskan sumber pustaka tersebut.

Kesalahan Dalam Pengambilan Sumber Referensi

Masuk dalam dunia kuliah sangat berbeda. Kemampuan akademik dan intelektual akan terus diasah selama anda menjadi mahasiswa. Dengan kuliah di perguruan tinggi mahasiswa akan mendapat bekal ilmu yang berguna untuk  mengembangkan kariernya dan pengabdian ke masyarakat.

Sebagai mantan mahasiswa, kita tentunya pernah disibukkan dengan tugas-tugas kuliah yang meliputi kewajiban menghadiri perkuliahan dosen atas suatu mata kuliah, memenuhi tugas dosen dalam pembuatan makalah, laporan, jurnal, skripsi dan lainnya.

Dalam mencari sumber informasi dan referensi terkadang kita mengambill dari internet. Hal tersebut diperbolehkan dalam penulisan karya tulis ilmiah asalkan dituliskan sumbernya. Penulisan sumber referensi atau cara menulis sumber dari internet masih banyak mahasiswa yang belum mengetahuinya.

Sekarang ini untuk membuat karya tulis seperti makalah, skripsi dan laporan maka anda tidak akan kesulitan lagi untuk mencari sumber referensi. Dengan adanya internet terutama mesin pencarian google, anda dapat mencari informasi apapun yang diperlukan. Hal tersebut tentu saja membantu mahasiswa dalam membuat karya tulis ilmiah berupa makalah, laporan dan skripsi.

Namun dalam pengambilan sumber dari internet tidak boleh dilakukan sembarangan dengan menyalahi aturan. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis sumber dari internet.

1.Melakukan Copy Paste

Dalam membuat skripsi atau makalah dilarang adanya plagiat atau penjiplakan. Pada saat dosen menugaskan mahasiswa untuk membuat makalah dengan judul tertentu maka mahasiswa tersebut bisa mencari referensi di internet. Ketika referensi sudah tersedia maka ia tidak bisa langsung mencomot referensi tersebut.

Hal tersebut jika dilakukan bisa melanggar hak cipta. Mungkin dosen tidak mengetahui makalah yang dibuat anda adalah hasil menjiplak. Namun sebagai kaum intelektual wajib menghindari perbuatan copy paste atau menjiplak karya orang lain secara mentah-mentah. Apalagi diklaim sebagai tulisan buatan sendiri .

Pendek kata, copy paste adalah pekerjaan mudah. Tapi hal tersebut melanggar etika dan hukum yang berlaku di Indonesia. Beberapa orang yang melakukan penjiplakan bisa dituntut ke meja pengadilan dan sebagian lagi diberikan sanksi berat. Misalkan mahasiswa yang dinyatakan lulus. setelah ditelisik ternyata skripsinya hasil copy paste maka dinyatakan tak lulus dan harus menulis ulang untuk membuat skripsi lagi.

Intinya, pekerjaan copy paste adalah pekerjaan mudah tapi terlarang. Walaupun anda mencantumkan sumber referensi dari internet tetap saja copy paste adalah perbuatan terlarang secara etika dan hukum. Yang benar adalah menyusun kalimat menggunakan kata-kata anda sendiri dengan mencantumkan sumber referensi secara baik dan benar.

2.Tanpa Menulis Sumbernya

Kesalahan kedua yang kadang dilakukan oleh mahasiswa dalam membuat makalah, tulisan karangan, dan karya tulis ilmiah lainnya adalah tidak menyebutkan sumber tulisan. Pekerjaan menulis sumber referensi sangat mudah. Sedangkan cara menulis sumber referensi seperti dari internet maka anda bisa berkonsultasi ke dosen pembimbing anda.

Hal yang membuat munculnya tindakan plagiat karya tulis di internet bisa disebabkan beberapa hal. Yang paling utama faktor kemudahan yang diberikan. Sekarang sangat mudah bagi anda mencari informasi apapun yang anda butuhkan di internet. Kemudian informasi tersebut dapat  disusun menjadi sebuah makalah, skripsi, artikel, maupun buku.

Metode Penulisan Sumber Dari Internet

Berkaitan dengan cara menulis sumber dari internet untuk karya tulis ilmiah ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Sehingga anda bisa memilih salah satu caranya yang menurut anda paling mudah dan paling baik. Secara umum ada dua cara dalam penulisan sumber daftar pustaka dari internet yakni berdasarkan sistem MLA dan APA.

Pastinya anda berpikir menuliskan sumber dari internet sangat mudah. Namun kenyataannya ada beberapa kendala yang sering dialami oleh mahasiswa tatkala hendak membuat daftar pustaka yang bersumber dari internet. Misalkan sumber referensi tidak diketahui tanggal publikasi referensi tersebut maupun tidak tercantum nama penulis atau pengarangnya.

Cara penulisan sumber referensi yang mengambil dari internet memakai  format baru atau MLA sangat gampang. Ini dimulai dari anda kesediaannya untuk mengumpulkan informasi detail tentang sumber rujukan dari internet tersebut.

Berikut pedoman cara menulis sumber dari internet sesuai pola MLA yang sebaiknya Anda tahu.

  1. Menulis alamat situs atau website dengan font cetak miring,
  2. Menulis judul artikel dan diberikan tanda kutip dua,
  3. Menulis siapa nama penulis atau editor,
  4. Menulis sarana publikasi, nomor halaman, nama penerbit kalau ada dan tanggal publikasi. Contoh : Edumasterprivat.com, 26 Oktober 2021, “Les Privat Kimia dan Guru Online”, Yusuf Cahyono.

Jika anda yang ingin lebih praktis dan mudah dalam cara menulis sumber dari internet sesuai yang berlaku di Indonesia maka anda bisa menggunakan format yang lebih simpel yakni format APA yang hanya mencantumkan nama penulis, tanggal publikasi, judul artikel, dan alamat situs. Contoh: Yusuf Cahyono, 26 Oktober 2021, Guru Privat Bahasa Inggris Untuk Karyawan.

Cara Menulis Sumber Untuk Makalah

Cara menulis daftar pustaka dari makalah adalah perkara yang mudah. Karena umumnya sudah dijelaskan oleh dosen setiap menugaskan mahasiswa membuat makalah.

Untuk cara mudah menulis sumber untuk makalah adalah melihat contoh-contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal maupun makalah yang telah ada sebelumnya. Karena pada setiap buku, jurnal maupun makalah pada halaman terakhir tercantum halaman atau bagian daftar pustaka.

Hal yang menjadi sulit apabila dalam menggunakan sumber bacaan atau referensi tidak dikenal nama penulisnya. Cara menulis sumber dari internet yang seperti ini kita tidak perlu menyebutkan nama penulis dari daftar pustaka di makalah. Yang perlu dicantumkan sebagai alternatif pengganti adalah nama badan yang mempublikasikan bacaan sumber referensi tersebut.

Sebagai panduan umum, cara menulis sumber untuk makalah dengan urutan sebagai berikut.

1.Nama Penulis

Penulisan nama penulis bukan dari nama depannya. Tapi dimulai dari nama belakangnya. Misalkan Raffi Ahmad maka harus ditulis Ahmad, Raffi.

2.Pengurutan Sumber Referensi

Penulisan daftar pustaka patinya akan mencantumkan banyak buku atau makalah sebagai sumber referensi maka anda bisa melakukan pengurutan sumber referensi atas dasar angka.

3.Nama Gelar

Dalam jurnal, buku, atau makalah yang dijadikan sumber referensi pada daftar pustaka seringkali memiliki gelar akademik. Seperti profesor, doktor, atau gelar akademik lainnya. Dalam hal ini cara menulis sumber referensi tersebut untuk makalah tidak perlu ditulis gelar dari penulis tersebut.

4.Penulis Lebih dari Satu

Terkadang ada juga makalah yang ditulis oleh dua orang atau lebih maka penulisan yang benar dalam daftar pustaka adalah semua nama pengarang dicantumkan dan tidak diperbolehkan dengan mencantumkan istilah dan kawan-kawan dkk.

5.Sumber dari Internet

Untuk cara menulis sumber untuk makalah dari internet juga dengan mencantumkan nama website asalnya, nama penulis, tahun terbit, dan judul artikel.

Cara Menulis Sumber Untuk Laporan dari Internet

Penugasan pembuatan laporan ilmiah bukan hanya pada tingkat perguruan tinggi. Tapi pada level SMP dan SMA pun seringkali setiap siswa-siswi sudah ditugaskan untuk membuat laporan ilmiah.

Laporan yang disusun tentunya harus secara sistematis berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh guru yang bersangkutan. Contohnya yang penulis alami ketika duduk di bangku sekolah di SMP yang ditugaskan untuk membuat laporan atas kunjungan darmawisata ke Jakarta.

Bentuk karya tulis laporan sangat beragam. Misalkan laporan atas kinerja suatu perusahaan maupun laporan hal penting lainnya yang perlu ditelusuri. Dalam pembuatan laporan untuk tugas mata kuliah atau mata pelajaran di sekolah atau kampus seringkali peserta didik mengambil referensi juga dari internet. Ada beragam data dari internet yang sangat lengkap. Baik berupa artikel, gambar, foto, angka, grafik, tabel dll yang bisa memperkuat dalih atau pendapat anda.

Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara menulis sumber untuk laporan dari internet? Hal tersebut berbeda-beda cara penulisan sumber untuk laporan dari internet. Contoh cara menulis sumber gambar untuk laporan dari internet bisa menggunakan pola berikut, antara lain :

  1. Apabila sumber foto berasal dari dokumen pribadi buatan gambar anda bisa menulis seperti berikut “Sumber: dokumen pribadi”
  2. Untuk gambar yang merupakan karya orang lain maka anda bisa mencantumkan sumber gambar untuk laporan seperti ini : “Sumber: Edumasterprivat.com

Berkaitan dengan cara menulis sumber untuk laporan dari internet juga harus disertai mencantumkan sumber gambar, grafik, tabel dll. Karena hal tersebut memuat hak cipta maka kalau bisa anda meminta ijin kepada pemiliknya. Kemudian jika sumber gambar, video atau foto dari media sosial maka anda harus mencantumkan nama media sosial tersebut beserta nama pemilik gambar atau foto itu. Contohnya seperti berikut :

  • Facebook.com/edumasterprivat
  • Instagram.com/edumasterprivat
  • Youtube.com/edumasterprivat

Cara Menulis Sumber dari Internet Situs Berita Online

Cara menulis sumber untuk karya tulis ilmiah bisa bersumber dari berbagai macam. Seperti situs berita online. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi membuat menjamur situs-situs berita online yang terpercaya dan prosfesional.

Dalam penyusunan karya tulis ilmiah, anda pun bisa menjadikan situs berita online sebagai sumber rujukan dan referensi yang dimasukkan ke dalam daftar pustaka karya tulis anda.

Jika mengambil data atau sumber rujukan dari situs berita online, maka cara menulis sumber dari internet situs berita online dapat dilakukan dengan dua cara atau metode berikut ini.

1.Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah anda menuliskan beberapa kalimat langsung dari situs berita online tersebut pada karya tulis ilmiah yang sedang anda buat. Selebihnya kata-kata anda sendiri. Kutipan yang diambil dari situs berita online tersebut harus diberi tanda kutip.

Anda bisa menggunakan kutipan langsung dari situs berita online untuk memperkuat pendapat atas apa yang anda tulis dalam makalah, laporan atau jurnal dan skripsi. Setelah mengutip kata-kata dari situs berita online tersebut sebutkan juga nama situs berita online tersebut beserta url dan penulisnya.

Kalau anda tak menyebutkan sumber dari kutipan langsung tersebut pada karya tulis anda sama dengan anda menjiplak atau berbuat plagiat yang mengaku kutipan itu adalah pendapat anda sendiri.

2.Kutipan Tak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah ide pokok yang diambil dari situs berita online. Kemudian dari ide pokok tersebut, anda menyusun kalimat demi kalimat oleh kata-kata anda sendiri yang intinya sama persis yang dimaksud dengan apa yang tercantum pada artikel di situs berita online.

Mengambil sumber informasi dari internet lewat situs berita online merupakan cara yang sedang populer di kalangan mahasiswa dan pelajar dalam pembuatan makalah, skripsi, jurnal, dan laporan. Karena informasi yang diberikan biasanya informasi akurat yang terbaru.

Namun sama seperti dalam penulisan makalah, skripsi, atau laporan, semua sumber referensi yang didapat dari situs berita online harus dicantumkan. Yang meliputi nama penulis, tanggal penerbitan, judul artikel, dan deskripsi format serta mencantumkan url laman.

Contoh cara menulis sumber dari internet situs berita online seperti : Yusuf Cahyono, 2021, Oktober 26, Tempat Les Privat Guru Datang Ke Rumah Terbaik  (halaman web).

Bagaimanapun daftar pustaka harus dilampirkan dan dimuat pada karya tulis ilmiah untuk melihat sumber rujukan dari karya tulis yang dibuat sehingga dapat berkualitas baik dari karya tulis ilmiah apapun. Berupa artikel, makalah, jurnal ilmiah, berita dan karya tulis lainnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pengambilan sumber referensi  dari internet tidak boleh sembarangan. Dalam aturan terbaru disebutkan bahwa buku, artikel atau makalah sebagai sumber referensi yang dimasukkan dalam daftar pustaka mempunyai batasan. Cara menulis sumber dari internet harus benar dan mengambil referensi yang terbaru atau paling lama sekitar lima tahun.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

48 menit ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

20 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago