Umum

Contoh Globalisasi Bidang Transportasi dan Pengaruhnya

Contoh globalisasi bidang transportasi merupakan salah satu aspek dari dampak terjadinya proses globalisasi. Globalisasi merambah ke dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Dari mulai sektor pendidikan, kesehatan, makanan, teknologi informasi, komunikasi, budaya, ekonomi, sosial, politik hingga transportasi.

Salah satu yang paling terkena dampak akibat terjadinya globalisasi yang menarik banyak perhatian orang adalah pada bidang transportasi. Satu yang paling mudah contohnya adalah kehadiran tansportasi online. Bahkan saat ini penyedia layanan jasa transportasi online terus tumbuh subur di Indonesia. Dari tingkat perkotaan sampai pedesaan.

Perubahan sosial dan budaya di Indonesia terjadi seiring bertambahnya sarana transportasi, khususnya dengan adanya layanan transportasi online. Tanpa perlu memiliki kendaraan sendiri, masyarakat lebih memilih bepergian menggunakan transportasi online yang lebih cepat, praktis, murah dan efektif serta aman.

Hal tersebut tentunya bisa membawa dampak negatif tersendiri dari beralihnya moda transportasi. Seperti pada beberapa layanan angkutan kota atau angkot yang mengalami sepi penumpang maupun pada jenis kendaraan umum lainnya.

Contoh globalisasi bidang transportasi berdampak juga pada bidang ekspedisi. Pengiriman barang kepada konsumen dari pihak produsen berlangsung lebih cepat. Sehingga  jasa pengiriman barang semakin laris manis di Indonesia.

Apalagi ini seiring dengan budaya belanja online yang terus merambah dan menjamur. Semua itu didukung oleh sarana transportasi yang lebih cepat dan murah.

Pengaruh Globalisasi di Bidang Transportasi

Transportasi adalah salah satu bidang di masyarakat yang terkena dampak globalisasi. Dampak tersebut tentu saja dampak kemajuan dan positif dari alat transportasi maupun sarana transportasi itu sendiri.

Adapun bentuk contoh globalisasi bidang transportasi banyak macam ragam dan rupanya.  Yang paling menonjol adalah dengan semakin banyak dan beragamnya alat-alat transportasi yang tersedia. Kendaraan sebagai sarana transportasi sekarang ini bukan hanya mobil dan bus umum. Tapi juga sudah mencakup mobil dan sepeda motor online.

Alat transportasi yang dipergunakan bukan lagi hal yang umum. Seperti mobil atau sepeda motor biasa. Tapi sepeda motor dan mobil yang canggih. Sistemnya bukan konvensional tapi online disertai fitur mutakhir yang disematkan pada kendaraan bermotor tersebut.

Bukan hanya kehadiran alat transportasi yang lebih canggih dan modern, globalisasi juga membuat kehadiran alat transportasi yang jauh lebih efektif dan efisien di masyarakat.Salah satu bentuk contoh globalisasi bidang transportasi dengan kehadiran sepeda motor listrik dan mobil listrik yang beredar di pasaran dengan harga sangat terjangkau.

Alat transportasi adalah suatu peralatan yang memudahkan manusia untuk dipergunakan oleh manusia dalam memindahkan suatu barang secara fisik. Pemindahan barang dari satu titik ke titik lainnya yang menjadi tujuan utama dari alat transportasi.

Pemindahan barang tersebut bisa dilakukan menggunakan alat transportasi darat, laut maupun udara. Namun dengan era globalisasi yang semakin berkembang luas di masyarakat membuat sarana transportasi tersebut semakin bervariasi.

Transportasi memegang peranan  yang begitu penting bagi suatu daerah dan negara. Khususnya bagi daerah atau negara yang ingin menggeliat dalam sektor ekonomi, sosial, budaya dll. Sehingga juga termasuk contoh globalisasi bidang transportasi.

Sarana transportasi yang baik dibutuhkan dalam pendistribusian barang. Barang yang berawal dari produsen menuju distributor akan disalurkan menuju konsumen. Semua itu memerlukan alat transportasi dan pendukungnya yang memadai.

Berikut ini beberapa pengaruh globalisasi di bidang transportasi yang meliputi:

1.Keinginan yang kuat untuk maju

Keinginan yang kuat dari pemerintah untuk negaranya bisa menjadi lebih maju membuat globalisasi semakin tak terelakkan lagi dalam bidang transportasi. Pemerintah bersama masyarakat bekerja sama dalam membuat alat-alat transportasi yang canggih beserta sarana yang memadai.

Pemerintah dan masyarakat tidak bisa lagi mengandalkan alat-alat transportasi lama yang tidak lagi efektif. Alat transportasi baru yang lebih efektif dan efisien dan berbiaya murah terus diciptakan. Beberapa negara dan masyarakat belajar dari kemajuan dari negara lain dalam bidang transportasi.

Inovasi terbaru tentang pembuatan alat transportasi terkini dan paling mutakhir dari negara maju diikuti dan diadpopsi secara mudah oleh negara lainnya. Tidak ada kabar berita yang tertutup dari penemuan alat transpotasi terbaru yang lebih efektif dan efisien.

2.Mobilitas tinggi

Dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi membuat berbagai alat transportasi terbaru terus diciptakan yang lebih efektif, cepat dan efisien. Dahulu dalam mendistribusikan barang antar pulau memerlukan waktu yang sangat lama sampai berhari-hari. Namun kini pengiriman barang tidak memerlukan waktu lama.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dalam bidang transportasi adalah membangun jembatan yang menghubungkan antar pulau dan antar propinsi. Yaitu dengan melakukan pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia.

Ini juga merupakan contoh globalisasi bidang transportasi secara tak langsung. Sehingga pengiriman barang antara propinsi dan antar pulau dapat dilakukan dalam waktu cepat seperti hitungan jam.

Itulah pengaruh-pengaruh globalisasi di bidang transportasi yang dialami oleh suatu negara. Pendek kata, efek dan dampak globalisasi di bidang transportasi  tersebut bisa berasal dari faktor internal dan eksternal.

Faktor Globalisasi di Bidang Transportasi

Berikut ini beberapa faktor globalisasi di bidang transportasi, antara lain :

1.Perubahan untuk maju

Salah satu keinginan kuat untuk maju dari suatu individu, kelompok masyarakat hingga negara adalah ingin mendapatkan kemajuan. Kemajuan dalam berbagai sektor kehidupan. Seperti ekonomi, budaya, sosial, politik,  dll. Semua itu membutuhkan salah satunya yang namanya sarana transportasi.

Contoh globalisasi bidang transportasi yang cepat berkembang menjadi salah satu keinginan terbesar manusia disamping keinginan lainnya. Untuk menciptakan hal tersebut dibuatlah berbagai sarana transportasi yang lebih canggih, cepat, efektif dan efisien dan berbiaya murah.

Inilah yang memicu munculnya sepeda motor listrik dan mobil listrik serta bus yang memuat lebih banyak penumpang.  Alat transportasi yang canggih dan terus berkembang tersebut didukung oleh pemerintah dengan kebijakannya memberikan transportasi yang lebih cepat dan efisien kepada seluruh warganya.

Pembangunan jalan tol dan jalur kereta api cepat menjadi upaya selanjutnya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan bidang transportasi  yang lebih baik. Anggota masyarakat pun mendukung dan membantunya dengan terus belajar kepada negara lain yang maju dalam dunia transportasi.  Misalkan melakukan penelitian dan pengembangan terhadap moda transportasi yang telah ditemukan.

2.Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi

Berikutnya yang menjadi pemicu faktor globalisasi di bidang transportasi adalah kecanggihan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi. Ini juga bentuk lain dari contoh globalisasi bidang transportasi.

Sehingga kecanggihan teknologi transportasi pada suatu negara atau kawasan dapat diberitakan ke seluruh dunia dalam waktu singkat. Sehingga penemuan penting terhadap teknologi transportasi dapat diikuti oleh negara lain di seluruh dunia.

Pemberitaan tentang alat-alat  transportasi di darat, laut dan udara  yang sangat modern dan mutakhir serta yang lebih cepat, nyaman dan efisien terus diberitakan. Sehingga beberapa ilmuwan membangun alat transportasi demikian yang lebih canggih untuk kemakmuran masyarakatnya.

3.Sistem pendidikan yang lebih bagus

Faktor yang mendorong terjadi globalisasi di bidang transportasi selanjutnya adalah pendidikan yang berkualitas baik. Pendidikan yang baik akan menghasilkan karya-karya yang baik.

Ada banyak contoh globalisasi bidang transportasi, seperti karya yang menghadirkan alat transportasi yang lebih cepat, efektif, efisien dan mudah dijangkau dan berbiaya murah. Salah satunya dengan terciptanya sepeda motor  listrik dan mobil listrik. Itu termasuk contoh globalisasi bidang transportasi.

4.Perkembangan jaman

Faktor pendorong globalisasi di bidang transportasi yang tak kalah penting adalah disebabkan perkembangan jaman yang berlangsung. Saat ini batas negara semakin hilang dalam perkara di dunia digital akibat globalisasi bidang budaya. Interaksi di dunia maya sangat intens.

Sehingga pertukaran budaya dan ilmu pengertahuan teknologi berkembang pesat. Seluruh negara di dunia dapat menyaksikan kecanggihan alat transportasi udara, laut dan darat pada satu negara. Kemudian terinspirasi untuk membuat alat transportasi yang lebih canggih lagi.

Contoh Globalisasi Bidang Transportasi

Berikut ini beberapa contoh globalisasi bidang transportasi, antara lain :

1.Terdapatnya mobil listrik

Contoh globalisasi bidang transportasi adalah kehadiran mobil listrik di dunia khususnya Indonesia. Pada jaman dulu, mobil listrik hanya sekedar wacana. Namun setelah melewati serangkaian uji coba mobil listrik pun mulai diterapkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mobil listrik adalah jenis kendaraan bermotor yang asalnya menggunakan bahan bakar minyak berubah menjadi bahan bakar listrik. Yang menggerakkan mobil adalah listrik.

Walaupun harga mobil listrik lebih mahal dari harga mobil pada umumnya, tapi pengggemar mobil listrik sangat banyak di dunia khususnya di Indonesia. Hal tersebut berkat kelebihan dari mobil listrik, antara lain :

  • Ramah lingkungan. Mobil listrik sangat ramah lingkungan. Tidak ada yang namanya polusi udara dari mobil listrik. Karena yang menggerakkan mobil sepenuhnya adalah listrik. Sehingga tidak mengenal yang namanya asap atau polusi udara.
  • Daya jangkau yang jauh, Mobil yang digerakkan energi listrik ini mampu menjangkau daerah-daerah terjauh dalam waktu cepat sama halnya pada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin.
  • Ketersediaan infrastruktur. Sekarang ini pemerintah dan pihak swasta menyediakan pusat pengisian baterai bagi mobil listrik. Sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak membeli mobil listrik. Apalagi itu semua sangat membantu kemudahan dalam mengoperasikan mobil listrik di Indonesia.

2.Kehadiran sepeda motor listrik

Contoh globalisasi bidang transportasi berikutnya adalah kehadiran sepeda motor listrik di Indonesia. Globalisasi membuat segalanya berubah. Salah satunya bidang transportasi. Sepeda motor yang selama ini menggunakan bahan bakar bensin mulai tergantikan dengan sepeda motor listrik.

Ada banyak keunggulan sepeda motor listrik. Terutama dari segi penggunaan bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan. Seseorang tidak perlu biaya yang besar untuk menuju suatu tempat. Karena tidak perlu membeli bensin atau pertalite. Karena pemakaian bahan bakar hanya menggunakan listrik yang dilakukan pengisian ulang.

Adanya sepeda motor listrik atau mobil listrik juga berkat inovasi penemuan penting dari teknologi transportasi. Beberapa negara maju menginvestasikan banyak uangnya dalam mengembangkan mobil listrik hingga sempurna.  Mereka berhasil membuat sepeda motor listrik dan mobil listrik. Kemudian diikuti oleh negara-negara berkembang lainnya seperti Indonesia.

Pengaruh globalisasi membuat perkembangan teknologi transportasi diikuti oleh negara-negara lain di dunia.  Untuk sumber daya alam terhadap kehadiran mobil listrik, negara Indonesia sangat mendukung.  Berbagai barang tambang seperti nikel, bijih besi dan baja tersedia di tanah air.

3.Jalur angkutan umum semakin bertambah banyak

Contoh globalisasi bidang transportasi berikut adalah adanya penambahan jalur angkutan umum. Dengan adanya mobilitas yang tinggi dari masyarakat membuat jalur angkutan umum semakin diperbanyak.  Dampak modernisasi ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus membantu mobilitas warga masyarakat.

4.Pembangunan jembatan antar pulau

Negara Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah lautan lebih besar dari daratan. Untuk menghubungkan antara satu pulau dengan pulau lainnya, masyarakat Indonesia menggunakan transportasi laut atau udara.  Sangat minim dalam menggunakan transportasi darat.

Namun seiring dengan kemajuan jaman dan era globalisasi membuat transportasi di darat diperhatikan dan dapat dilakukan dalam menghubungkan antar pulau. Salah satunya dengan membangun jembatan antar pulau.

Kehadiran jembatan antar pulau merupakan contoh globalisasi bidang transportasi. Hal itu berguna untuk  menghubungkan antar pulau di Indonesia  dengan jalan darat. Pemerintah  sangat seius membangun jembatan yang menghubungkan antar pulau. Seperti jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Madura.  Masih banyak lagi jembatan antar pulau yang akan  dibangun oleh pemerintah.

Demikianlah beberapa contoh globalisasi bidang transportasi. Globalisasi dalam bidang transportasi membuat beberapa negara mengalami kemajuan dalam bidang transportasi. Oleh karena itu, untuk perkembangan kemajuan transportasi  di Indonesia tentu saja mesti didukung oleh masyarakat yang bekerjasama dengan negara yang ingin berubah untuk maju. Untuk memperdalam pelajaran ini penting bagi kalilan untuk mengikuti les privat SMA agar prestasi di sekolah bisa meningkat.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

2 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago