Umum

Daftar Sekolah Pariwisata di Indonesia, Ini Rekomendasinya

Daftar sekolah pariwisata di Indonesia tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negara kepulauan yang kaya akan flora dan fauna, Indonesia termasuk negara tujuan wisata favorit yang cukup popular bagi wisatawan mancanegara. Untuk mendukung pengelolaannya tentunya dibutuhkan banyak tenaga kerja terdidik dalam bidang pariwisata yang handal.

Sektor pariwisata tidak bisa dianggap sepele karena industri pariwisata Indonesia mampu menyumbangkan devisa yang sangat besar bagi negara. Selain itu, dunia pariwisata mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak.Oleh karena itulah, pemerintah Indonesia sangat memperhatikan sektor pariwisata dengan membentuk kementerian tersendiri untuk mengurusi dunia pariwisata Indonesia yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Banyaknya tempat wisata di tanah air yang buka kembali mesti diimbangi dengan ketersediaan tenaga sumber daya manusia andal dalam bidang pariwisata. Salah satu tempat pendidikan yang tepat untuk mencetak tenaga kerja dalam bidang pariwisata yang handal dan profesional adalah sekolah pariwisata.

Sekolah pariwisata di Indonesia ada banyak jenis dan bentuk kelembagaannya. Baik perguruan tinggi swasta (PTS), perguruan tinggi negeri (PTN), hingga sekolah khusus pariwisata yang berada di bawah naungan lembaga tertentu. Apalagi dengan mulai pulihnya dunia wisata setelah sebelumnya mengalami kelesuan akibat wabah pandemi Covid-19.

Dengan mulai menggeliat dan tumbuhnya sector wisata tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja yang berkualitas. Bagi anda yang tertarik pada dunia pariwisata, maka anda bisa mengambil dan memilih dari rekomendasi sekolah pariwisata terbaik di Indonesia.

Daftar Sekolah Pariwisata di Indonesia

Sebelum kita membahas daftar sekolah pariwisata di Indonesia maka kita mesti mengenal dulu apa itu jurusan pariwisata. Jurusan pariwisata adalah salah satu jurusan atau program studi yang terdapat pada sekolah menengah kejuruan hingga perguruan tinggi. Banyak pelajar yang berminat memilih jurusan wisata karena prospek kerjanya yang sangat luas dan menjanjikan.

Di tengah terpuruknya sektor pariwisata sejak wabah pandemik Covid-19 membuat banyak hotel dan perusahaan yang bergerak dalam bisnis pariwisata terpaksa merumahkan sebagian besar karyawannya. Sebagian pula diberhentikan.

Namun sejak kasus penularan virus corona di Indonesia semakin menurun membuat bisnis pariwisata saat ini mulai menggeliat kembali. Beberapa restoran dan destinasi wisata di sejumlah daerah sudah ada yang dibuka kembali dengan pengunjung tetap menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dunia pariwisata telah mampu menyerap lapangan kerja dan memberikan devisa kepada negara yang sangat besar membuat pemerintah Indonesia kembali berusaha meningkatkan performa dan membangun kembali dunia pariwisata Indonesia. Tentunya pemerintah perlu dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya pada daftar sekolah pariwisata di Indonesia.

Kelebihan Kuliah Pariwisata

Lantas apa saja sih yang dipelajari pada jurusan pariwisata? Jurusan pariwisata mempelajari segala hal yang berhubungan tentang dunia pariwisata. Seperti ilmu perhotelan, tour and travel, manjemen destinasi wisata beserta manajemen hidangan dan tata boganya.

Ada banyak hal yang mendorong seseorang lebih memilh untuk kuliah pariwisata. Berikut ini beberapa kelebihan menuntut ilmu pada bidang pariwisata.

1.Menyenangkan

Hal pertama yang menjadi kelebihan jurusan pariwisata adalah menyenangkan. Selepas lulus, anda akan bekerja di sektor menyenangkan yakni pariwisata. Anda akan mendapatkan hiburan dengan kegiatan jalan-jalan sekaligus mendapatkan uang selama bekerja di sektor pariwisata. Tapi sama seperti bekerja pada bidang lain juga, anda mesti menguasai bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan bersikap secara profesional.

2.Tak Pernah Mati

Sektor pariwisata disebut sebagai jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Selama manusia memerlukan hiburan maka dunia pariwisata akan tetap ada. Bahkan data menunjukkan saat ini setiap tahun semakin bertambah terus destinasi wisata di berbagai daerah di Indonesia. Tentu saja, hal tersebut membuat peluang karir kerja yang bagus bagi lulusan jurusan kuliah dengan gaji tinggi ini.

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Salah satu hal yang membuat pelajar terkadang bingung menentukan jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah apa saja yang bisa memberikan penghidupan yang layak. Salah satunya dengan kuliah dan memilih daftar sekolah pariwisata di Indonesia.

Adapun prospek kerja lulusan jurusan pariwisata sangat cerah. Disebabkan sekarang ini dunia pariwisata sangat berkembang pesat dengan berdirinya beberapa destinasi wisata baru di Indonesia di berbagai daerah kota besar sampai pelosok pedesaan terpencil.

Dengan tumbuhnya dunia pariwisata akan membuat lulusan pariwisata akan mudah bekerja. Berikut ini sejumlah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan kuliah pariwisata, antara lain:

  • Event organizer
  • Manajer pusat rekreasi
  • Agen pariwisata
  • Pemandu tur
  • Pengusaha akomodasi pariwisata
  • Hotelier
  • Pemandu wisata
  • Pengusaha penginapan dan hotel

Kuliah S1 Pariwisata Dimana Saja

Untuk menuntut ilmu jurusan pariwisata di tingkatan perguruan tinggi, ada sejumlah universitas negeri yang membuka layanan kuliah S1 pariwisata. Tak sedikit pula berdiri sekolah pariwisata swasta di Indonesia yang berkualitas.

Bingung mencari kuliah s1 pariwisata dimana saja? Berikut ini daftar perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka program studi S1 pariwisata di Indonesia yang bisa Anda pilih.

  1. Universitas Papua
  2. Universitas Pendidikan Ganesha
  3. Universitas Negeri Padang
  4. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  5. Politeknik Negeri Manado
  6. Politeknik Negeri Bali
  7. Universitas Udayana
  8. Universitas Brawijaya
  9. Institut Pertanian Bogor

Sekolah Pariwisata Dibawah Kemenparkref

Sekolah pariwisata di Indonesia berusaha mencetak para tenaga kerja atau sumber daya manusia yang berkualitas baik dan handal serta profesional dalam bidang pariwisata. Sekolah pariwisata bekerjasama dengan pemerintah untuk menciptakan lulusan sekolah pariwisata yang handal dan siap kerja. Pemerintah membentuk badan yang mengurusi dunia pariwisata di Indonesia yakni Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenparkref).

Kemenparkref mendirikan sekolah-sekolah pariwisata di Indonesia  di sejumlah kota dan daerah untuk memenuhi kebutuhan  dunia bisnis pariwisata terhadap tenaga kerja yang ahli dan terampil serta handal dalam dunia pariwisata.

Berikut ini daftar sekolah pariwisata di Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenparkref, antara lain:

  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang disebut juga NHI
  • Politeknik Pariwisata Bali
  • Politeknik Pariwisata Medan
  • Politeknik Pariwisata Palembang
  • Politeknik Pariwisata Lombok

Sekolah Pariwisata Swasta di Indonesia

Memilih kuliah jurusan pariwisata adalah pilihan yang tepat bagi anda yang hobi berwisata sekaligus bekerja. Anda yang bekerja di dunia pariwisata akan merasakan kenyamanan bekerja mendapatkan uang sambil jalan-jalan berwisata.

Lulusan kuliah jurusan pariwisata maka jenis pekerjaannya tidak akan jauh dari sektor pariwisata. Anda yang memilih kuliah jurusan pariwisata dinilai sangat tepat. Karena usaha dalam sektor pariwisata tidak mengenal sepi konsumen kecuali beberapa keadaaan darurat seperti wabah Covid-19. Setelah pandemic agak mereda, dunia pariwisata mulai menggeliat kembali. Beberapa bisnis pariwisata dibuka kembali dengan jumlah pengunjung yang membludak.

Sektor usaha pariwisata mempunyai potensi sangat besar bagi penghasilan seseorang. Karena setiap orang membutuhkan hiburan atau rekreasi pergi ke tempat wisata terbaik untuk melepaskan rasa stres atau penat. Atas fakta tersebut membuat lulusan kuliah jurusan pariwisata mempunyai prospek kerja yang sangat bagus.

Sangat menyenangkan bagi anda yang memilih jurusan pariwisata. Karena selepas lulus kuliah maka anda bisa langsung bekerja dalam industri pariwisata secara menyenangkan. Dalam arti, anda akan mendapatkan uang sekaligus mendapatkan hiburan di tempat wisata.

Bagi anda yang menginginkan bekerja di tempat wisata yang dipenuhi dengan hiburan yang menarik serta mendapatkan uang dari tempat tersebut, lantas kuliah S1 pariwisata dimana saja? Ada banyak perguruan tinggi swasta dan negeri yang membuka jurusan pariwisata.

Untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) jurusan pariwisata maka anda mesti melalui seleksi pada SBMPTN, SNMPTN, atau jalur mandiri. Untuk daftar sekolah pariwisata di Indonesia jenis PTS anda bisa mengambil jalur seleksi mandiri.

Untuk bisa lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru jurusan pariwisata di PTS maka anda mesti berlatih dulu sebelum menjalani seleksi jalur mandiri. Caranya dengan mempelajari soal-soal tes jalur mandiri yang akan muncul.

Sedangkan untuk sekolah pariwisata swasta di Indonesia yang membuka program kuliah S1 Pariwisata yang popular antara lain meliputi:

  1. Universitas Stikubank
  2. Universitas Pancasila
  3. Universitas Matana
  4. Universitas Bunda Mulia
  5. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  6. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo
  7. Institut Sains dan Teknologi Pradita
  8. Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta

Rekomendasi Sekolah Pariwisata Terbaik Di Indonesia

Siapa yang tidak ingin bisnis dalam bidang pariwisata? Mereka yang jeli dapat melihat bisnis dalam bidang pariwisata sangat menjanjikan. Karena setiap orang pastinya membutuhkan hiburan setelah bekerja seharian penuh.

Bisnis dalam bidang pariwisata termasuk bisnis dalam sektor jasa. Namun untuk kesuksesan sebuah usaha pariwisata perlu didukung oleh sumber daya manusia handal. Sumber daya manusia handal dan terampil dalam bidang pariwisata bisa anda dapatkan di sekolah pariwisata terbaik di Indonesia.

Bagi anda yang berminat berkarier dan berbisnis dalam bidang pariwisata perlu mengetahui ilmunya. Adapun ilmu pariwisata bisa didapat dari bangku sekolah atau kuliah jurusan pariwisata. Berikut ini rekomendasi sekolah pariwisata terbaik di Indonesia, antara lain:

1.Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Pilihan terbaik dari daftar sekolah pariwisata di Indonesia adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Sekolah tinggi kedinasan ini sebelumnya populer dengan sebutan NHI. Kampus di Bandung ini berada dalam naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dibantu oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Adapun yang menjadi tujuan berdirinya Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) adalah melatih orang-orang hingga mempunyai skill yang baik serta terampil dalam bidang pariwisata. Sedangkan program studi atau jurusan yang terdapat di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, antara lain:

  • Program Studi Perhotelan yang terdiri-dari Administrasi Hotel, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Patiseri, Manajemen Tata Boga dan Manajemen Tata Hidang yang semuanya selepas lulus diberi gelar A.Md.Par.
  • Program Studi Kepariwisataan yang terdiri-dari jurusan Bisnis Pariwisata dan Manajemen Destinasi Pariwisata.
  • Program studi Perjalanan Wisata yang terdiri-dari Manajemen Pengaturan Perjalanan, Manajemen Bisnis Perjalanan, dan Manajemen Bisnis Konvensi and Event.

Salah satu dari daftar sekolah pariwisata di Indonesia terbaik ini juga menyediakan layanan pendidikan pascasarjana yang terdiri dari tiga konsentrasi, yaitu Manajemen Perjalanan, Manajemen Perhotelan dan Administrasi Pariwisata.

Lokasi kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) di jln.Dr Seriabudhi No.186 Kota Bandung Propinsi Jawa Barat.

2.Politeknik Pariwisata Bali

Rekomendasi sekolah pariwisata terbaik di Indonesia dan menjadi saran banyak orang adalah Politeknik Pariwisata Bali yang menyediakan banyak jurusan kepariwisataan, antara lain:

  • S2 Magister Terapan Pariwisata
  • D3 Manajemen Tata Hidangan
  • D3 Manajemen Tata Boga
  • Manajemen Divisi Kamar D3
  • Manajemen Konvensi dan Perhelatan D4
  • Destinasi Pariwisata S1
  • Manajemen Bisnis  Perjalanan D4
  • Dan lain-lain

Untuk rekomendasi sekolah pariwisata terbaik di Indonesia lainnya adalah Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Makassar dan Politeknik Pariwisata Palembang.

Demikianlah daftar sekolah pariwisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa memilih universitas negeri, swasta, maupun lembaga yang membuka program studi S1 jurusan pariwisata secara khusus.

Yusuf C

Recent Posts

Mempelajari Hewan Avertebrata: Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Sistem Produksi, dan Contohnya

Hewan Avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang mendominasi kehidupan di Bumi.…

30 menit ago

Penjelasan Lengkap Kalimat Intransitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh

Apakah Anda pernah merasa bingung saat menemui kalimat intransitif dalam bahasa Indonesia? Banyak orang mengalami…

1 hari ago

Penjelasan Lengkap Mengenai Kalimat Transitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Anda pernah merasa bingung dengan konsep kalimat transitif? Kalimat transitif yang merupakan pondasi penting dalam…

2 hari ago

Mengenal Organ Gerak Hewan: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Organ gerak hewan merupakan struktur vital yang memungkinkan mereka bergerak dengan grasi dan efisiensi. Namun,…

3 hari ago

Mengenal Organ Gerak Manusia: Pengertian, Fungsi, Kelainan, Gangguan, dan Contohnya

Masalahnya, organ gerak manusia seringkali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari betapa pentingnya peran…

4 hari ago

Pentingnya Memahami Morfologi dan Semantik dalam Berbahasa

Morfologi dan semantik merupakan dua pilar penting dalam memahami bahasa, bagaikan dua sisi mata uang…

5 hari ago