Tahukah Anda jika ada bahaya dan dampak buruk memukul anak yang wajib diketahui para orang tua. Sayangnya, mungkin karena sikap dan perilaku anak yang menjengkelkan tak jarang mendorong orang tua menjadi ringan tangan dan memukul anak. Baik pada bagian pantat atau malah pada bagian kepalanya.

Padahal hal perbuatan tersebut sangat tidak dianjurkan. Karena terdapat bahaya memukul anak yang bisa membuat kita menyesal nantinya. Perbuatan memukul anak adalah sebuah tindakan kekerasan yang bukan saja menyakiti tubuh anak secara fisik tapi juga secara psikis.

Sang anak bisa mengalami yang namanya trauma. Yang lebih parah lagi, bisa muncul balas dendam dalam diri anak. Pelampiasan ini bukan saja  terhadap orang tua namun juga bisa pada orang lemah di sekitarnya. Seperti terhadap teman bermainnya, anak bisa melakukan kekerasan pada mereka seperti yang pernah dialaminya.

bahaya memukul anak

Salah satu bahaya memukul anak yang paling nyata adalah terciptanya dendam turunan. Pemukulan pada anak bisa menjadi sebuah tradisi kekerasan yang turun temurun yang hanya menimbulkan bekas luka fisik dan psikis pada anak yang tidak terselesaikan.

Anda mungkin tidak mengerti akibat dari memukul anak. Apalagi masalah yang terjadi pada anak tidak bisa diselesaikan dengan jalan kekerasan.

Dampak Buruk Memukul Anak

Masa anak-anak adalah masa bermain yang seringkali pikirannya belum bisa memahami ini yang benar dan ini yang salah. Kadang seorang anak tidak mengetahui apa yang dilakukannya sebuah kesalahan besar atau tidak.

Tak jarang hal itu membuat jengkel, kesal dan marah kedua orang tuanya.Yang paling berbahaya adalah ketika kedua orang tuanya marah dan melakukan pemukulan pada anak. Berikut ini beberapa dampak buruk memukul anak yang orang tua wajib ketahui.

1.Ditiru anak

Anak adalah seorang peniru yang hebat. Seorang anak belajar dengan cara meniru. Yang ditiru pertama kali adalah orang tuanya sebagai orang terdekat di lingkungannya. Ketika orang tuanya memukul anak maka memori anak itu akan mengingatnya dan akan melakukan hal serupa seperti yang dilakukan oleh orang tuanya.

Pendek kata, seorang anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Ketika sang anak melihat orang tuanya memukul dirinya maka sang anak akan melakukan perbuatan serupa ketika sudah dewasa kelak kepada orang lain.

Perlu diingat, jika anda melakukan segala sesuatu perbuatan di depan anak yang baik, positif atau negatif seperti melakukan pemukulan pada anak maka itu akan ditiru oleh anak anda.  Jika anda terbiasa melakukan pemukulan pada anak ketika anda marah maka sang anak suatu hari nanti akan melakukan hal yang sama.

akibat memukul anak

Mungkin kepada adiknya ia melakukan pemukulan seperti halnya ia pernah menyaksikan dan merasakannya sendiri dari orang tuanya. Oleh sebab itu, berhati-hatilah jangan sampai melakukan pemukulan pada anak yang merupakan contoh yang tidak baik dan merusak psikologis anak.

2.Melegalkan kekerasan

Dampak buruk memukul anak lainnya adalah memberikan persepsi yang salah pada anak bahwa upaya kekerasan itu diperbolehkan kepada setiap orang yang lemah. Yang akan membuat perilaku anak menjadi semakin agresif dan siap menyerang dan memukul kepada anak lainnya apabila terjadi konflik yang membuat dirinya marah.

Sang anak juga kelak akan tumbuh menjadi orang tua dan dewasa yang akan menerapkan metode kekerasan sama seperti ketika ia mendapatkan perlakuan kekerasan sejak kecil dari orang tuanya.

Ada banyak maksud dan tujuan bagi orang tua dalam memukul anaknya. orang tua umumnya memukul anak dilakukan secara keras ataupun tidak keras hanya sebagai bahan pelajaran saja bagi anak  tercinta agar tak melakukan perbuatan yang salah serupa.

Secara tak langsung sang anak bisa melihat bahwa kekerasan yang dilakukan sebagai upaya pengungkapan emosi jengkel dan marah yang dapat dilakukannya secara sah. Sehingga sang anak dapat meniru tindakan tersebut kepada  orang di sekitarnya seperti teman bermainnya kelak.

3.Memberikan contoh tidak baik pada anak

Pemukulan kepada anak secara fisik merupakan salah satu bentuk kekerasan yang tidak diperbolehkan secara hukum agama, hukum negara dan norma masyarakat. Bentuk kekerasan yang dilakukan pada anak juga bisa dalam bentuk verbal. Seperti dengan ancaman, teriakan atau bentakan terhadap anak yang sama-sama tak diperbolehkan.

Semua perbuatan orang tua yang tak baik itu akan direkam jelas oleh otak anak dan tersimpan dalam memori secara kuat sehingga sang anak bisa melakukan hal serupa di masa dewasanya kelak.

Bahaya Memukul Anak

Setelah anda  mengetahui dan menyadari beberapa dampak buruk memukul anak maka anda bisa menghentikan kebiasaan buruk itu. Karena tidak ada manfaatnya melakukan pemukulan terhadap anak dengan alasan dan tujuan apapun.

dampak buruk memukul anak

Berikut ini beberapa akibat dan bahaya memukul anak yang bisa terjadi.

1.Kebingungan pada diri seorang anak

Yang paling nyata dampak buruk memukul anak adalah menimbulkan kebingungan dari anak itu sendiri. Dari satu sisi dirinya sangat dicintai oleh kedua orang tuanya tapi di sisi lain ia sangat dibenci oleh orang tuanya hingga dipukul secara kasar. Sang anak akan lebih banyak melamun dan tidak percaya diri sambil  terus berpikir apakah dirinya dicintai oleh orang tuanya ataukah tidak?

Kalau ia dicintai oleh orang tuanya tapi mengapa orang tuanya suka melakukan pemukulan apabila anak melakukan suatu hal yang dianggap keliru. Kebingungan ini akan berdampak pada anak yang selalu melamun dan bengong serta tidak bisa menilai harga dirinya secara baik.

Pada waktu anak memasuki masa sekolah dan mendapatkan perlakuan bullying maka sering anak tidak melakukan penolakan atau perlawanan. Namun anak akan memasrahkan dan menerima diri tindakan bulying dari teman sekolah ataiu orang lain tersebut karena sudah menjadi kesehariannya. Seperti yang sering dilakukan oleh orang tua terhadapnya berupa pemukulan.

2.Luka secara psikologis atau psikis

Dampak dan bahaya memukul anak juga bisa membuat luka batin, luka psikis atau psikologis pada anak. Untuk menyembuhkan luka batin dan psikis itu sangat sulit dan kalaupun bisa membutuhkan waktu yang sangat lama. Beberapa kasus tidak bisa diobati sama sekali.

akibat buruk memukul anak

Pada dasarnya setiap orang tua sangat menyayangi dan mencintai anaknya sepanjang masa. Namun terkadang oleh sebab suatu hal yang membuat orang tua kecewa, kesel, jengkel sampai marah atas sikap anak menjadikan terjadinya pemukulan pada anak oleh orang tua. Termasuk ketika timbul stres dalam keluarga. Hal tersebut tidak dibenarkan yang dipercaya akan merusak masa depan anak.

Dampak Memukul Kepala Anak

Dengan alasan dan tujuan apapun, orang tua tidaklah dibenarkan melakukan pemukulan pada anak. Seperti untuk tujuan membuat efek jera pada anak atau mengubah perilaku anak yang kurang baik, melakukan pemukulan pada kepala atau pantat anak bukanlah hal yang baik.

Justru sebaliknya, hal itu bisa berbahaya bagi perkembangan anak di masa depannya. Berikut sejumlah dampak memukul kepala anak yang sering kita tidak sadari.

1.Merusak rasa percaya diri dan harga diri anak

Dampak buruk memukul anak khususnya pada bagain kepala adalah menurunkan tingkat rasa percaya diri anak yang membuat anak akan mudah murung, sedih, dan sering melamun. Anak akan merasakan bahwa dirinya tidak berharga di mata orang tuanya. Ia merasa bahwa dirinya tidak disayangi dan dicintai lagi oleh orang tuanya dengan tulus. Harga diri anak akan terganggu. Sang anak seolah tak memiliki harga diri lagi.

Salah satu hal yang harus dijaga pada diri seorang anak adalah harga diri dan citra dirinya. Ketika anda selaku orang tua memperlakukan anak anda dengan cara yang tidak baik.

Seperti melakukan pemukulan pada anak maka sang anak akan merasakan citra dirinya sebagai orang tak berdaya dan orang lemah. Persepsi dan citra diri anak itu akan terbentuk selamanya  dan merusak citra diri anak bahwa ia benar-benar orang lemah dan tidak berdaya sama sekali.

dampak memukul kepala anak

Pemukulan pada anak tampak bisa menggunakan berbagai macam media. Seperti pemukulan pada  anak menggunakan penggaris, telapak tangan dll. Dan itu tampak sepele. Tapi pada ilmu psikologi dampak buruknya sangat besar bagi perkembangan anak di masa remaja dan dewasa nantinya terutama soal citra diri dan harga dirinya.

2.Menimbulkan luka secara fisik

Selain itu dampak memukul kepala anak juga bisa memunculkan luka fisik pada anak. Misalkan pada bagian otak kepala yang mengalami gangguan akibat pemukulan dilakukan secara keras tanpa terkontrol emosinya. Bisa juga sebagian anggota tubuh anak pada bagian kepala luar mengalami lebam dan paling parah terjadinya kerusakan pada organ tubuh bagian dalam.

Dampak Kebiasaan Memukul Pantat Anak

Pemukulan pada anak yang dilakukan oleh orang tua umumnya pada beberapa bagian tertentu. Yang paling sering adalah pemukulan pada bagian pantat. Adapun dampak kebiasaan memukul pantat anak yang sering dilakukan orang tua sangat banyak, antara lain :

1.Memunculkan perasaan bersalah

Tindakan pemukulan pada anak disebabkan beberapa hal yang intinya perilaku anak yang membuat orang tuanya kecewa berat.Namun tahukah anda apa yang anda rasakan setelah membentak atau memukul anak? Pastinya anda akan merasa bersalah atas perlakuan kekerasan pada anak.

Karena akal sehat anda menyadari bahwa tindakan pemukulan atau membentak anak itu bukan merupakan sikap yang tepat yang harus diberikan pada seorang anak. Akibat dan dampak buruk memukul anak yang dilakukan terhadap anak akan membuat orang tua selalu dilingkupi perasaan bersalah terhadap anak sepanjang hidupnya.

Perasaan bersalah terhadap anak atas tindakan membentak dan memukul anak akan berlanjut kepada perasaan bahwa anda benar-benar merupakan orang tua yang gagal dalam mendidik anak dengan baik. Yang kemudian hidup anda akan diliputi rasa frustasi dan bingung dalam mendidik dan memperlakukan anak dengan baik dan benar.

2.Memperkecil nilai anda sebagai orang tua yang baik di mata anak

Dampak kebiasaan memukul pantat anak berikutnya adalah memperkecil nilai anda sebagai orang tua yang baik di mata anak dan orang lain. Mungkin anda menganggap memukul anak sebagai tindakan yang biasa   sebagai bentuk pembenaran atas hukuman yang harus diberikan pada anak atas suatu kesalahannya.

dampak kebiasaan memukul pantat anak

Orang tua adalah panutan dan kebanggaan seorang anak. Orang tua juga merupakan pribadi yang sangat dipercaya, dihormati dan disayangi oleh anak. Namun dengan adanya tindakan kekerasan berupa pemukulan dari orang tuanya secara terus menerus akan membuat hilang rasa percaya dan rasa hormat serta rasa cinta anak pada orang tuanya. Bahkan sang anak akan membenci kedua orang tuanya.

Cara Mencegah Pemukulan Pada Anak

Setelah anda mengetahui sejumlah dampak buruk memukul anak, maka anda sejak sekarang tidak diperbolehkan untuk memukul anak dengan cara apapun dan alasan apapun. Termasuk dengan alasan mendidik anak. Ini adalah kesalahan dalam mendidik anak.

Ada salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah pemukulan pada anak anda. Anda mesti menyadari bahwa perbuatan pemukulan pada anak tidak akan menyelesaikan masalah tapi justru akan menambah masalah baru yang lebih kompleks.

dampak memukul anak

Pemukulan pada anak bukan merupakan cara menyelesaikan masalah yang tepat dan tidak akan menyelesaikan masalah. Justru akan menambah masalah baru bagi anak dan anda sendiri  seperti soal harga diri anak dan anda yang semakin turun dan perkembangan anak yang terganggu. Apalagi pemukulan secara keras yang bisa mengakibatkan luka anak secara fisik disamping luka psikis.

Pendek kata, tak ada hal yang positif atau baik dari tindakan memukul anak atas alasan apapun. Justru dampak buruk memukul anak hanya akan menimbulkan hubungan anak dan orang tua menjadi rusak dan renggang. Niat baik untuk membangun keluarga yang harmonis dan sakinah mawadah penuh kasih sayang maupun pendidikan karakter akan menjadi sia-sia.