Categories: Uncategorized

Ekonomi SMA: Materi, Konsep Pembelajaran dan Contoh Soalnya

Ekonomi SMA merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa siswi pelajar sekolah menengah atas. Umumnya pada mata pelajaran ekonomi lebih mudah untuk dipelajari. Pembelajaran ekonomi pada jenjang sekolah SMA mengajarkan kepada para peserta didik  banyak hal tentang ekonomi. Terutama dari segi cara mengendalikan dan mengatur sumber daya yang ada serta menyalurkannya.

Untuk pembahasan lebih detail lagi yang bisa dipelajari pada ekonomi untuk jenjang SMA dapat disimak pada daftar materi ekonomi SMA pada kurikulum 2013.

Manfaat Pembelajaran Ekonomi di SMA

Berikut ini beberapa manfaat pembelajaran ekonomi di SMA atau sekolah menengah atas, antara lain :

1.Mengenali apa saja yang menjadi kebutuhan manusia

Dengan mempelajari ekonomi pada tingkat SMA maka seorang siswa siswi akan bisa mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu sendiri terdiri-dari 3 macam, antara lain :

  • Kebutuhan primer
  • Kebutuhan sekunder
  • Kebutuhan tersier

Kebutuhan manusia yang pertama yang harus dipenuhi sebagai kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan primer terhadap sandang, pangan dan makanan. Semua kebutuhan pokok tersebut harus dipenuhi manusia.

Barulah setelah kebutuhan pokok dapat terpenuhi secara baik dapat dilanjutkan dengan memenuhi kebutuhan sekunder hingga tersier.

2.Mengetahui cara-cara untuk memenuhi kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan manusia. Dari mulai kebutuhan pokok, sekunder dan tersier, manfaat belajar ekonomi SMA adalah mengetahui upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tentu setiap manusia berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhannya tersebut. Seperti sebagian orang lebih memilih bekerja sebagai karyawan kepada orang lain. Sebagian lagi memilih untuk membuka usaha sendiri. Terakhir sebagian lagi memilih untuk berinvestasi.

3.Belajar membuka usaha mandiri

Manfaat pembelajaran ekonomi di SMA yang paling besar dan penting adalah mendidk para peserta didik untuk berani membuka suatu usaha. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Apalagi kelak sudah berumahtangga.

Pada materi ekonomi SMA diajarkan secara langsung oleh guru ekonomi tentang cara pemula dalam membuka suatu usaha yang baik dan benar. Dari mulai penentuan produk, harga, tempat dan promosi.

4.Bisa mengambil keputusan yang tepat

Manfaat berikutnya dari pembelajaran ekonomi di SMA adalah mendidik para peserta didik kalangan SMA untuk bisa mengambil keputusan yang tepat atas ilmu ekonomi yang sudah dipelajarinya. Ilmu ekonomi yang dipelajari oleh anak didik SMA sangat luas. Misalkan belajar tentang materi permintaan dan penawaran. Ketika suatu barang memiliki permintaan tinggi maka pelajar tersebut bisa meningkatkan jumlah produksi barang tersebut.

Konsep Pembelajaran Ekonomi di SMA

Konsep pembelajaran ekonomi di SMA bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti belajar ekonomi di rumah maupun sekolah. Namun yang paling efektif bagi pelajar SMA saat ini adalah pembelajaran ekonomi dilakukan di sekolah. Karena pembelajaran ekonomi di sekolah sangat sistematis, terstruktur dengan baik serta mengikuti kurikulum baku yang sudah ditentukan.

Tanpa panjang lebar, berikut ini konsep pembelajaran ekonomi di SMA atau sekolah menengah atas yang terdiri dari:

1.Efektifitas dalam pembelajaran

Konsep pertama dari pembelajaran ekonomi di tingkat SMA adalah dibuat dengan konsep pembelajaran materi ekonomi seefektif mungkin. Hal ini dilakukan oleh pihak tenaga pengajar dengan memberikan materi ekonomi SMA secara jelas dan lengkap. Dari materi awal atau dasar sampai materi akhir sesuai kurikulum.

2.Evaluasi

Untuk mengukur kemampuan siswa atas pembelajaran materi ekonomi yang telah diberikan, guru ekonomi melakukan tahapan evaluasi. Bentuk evaluasi bisa dalam bentuk mengadakan ujian mingguan atau bulanan. Sedangkan untuk soal materi ekonomi disesuaikan dengan kemampuan siswa dan materi ekonomi yang telah diberikan sebelumnya.

3.Praktek

Konsep berikutnya dari pembelajaran ekonomi di SMA adalah dengan mengajak siswa untuk terlibat langsung secara fisik terhadap materi yang diajarkan. Misalkan dalam materi tentang pemenuhan kebutuhan dan manusia melakukan kegiatan ekonomi, para siswa diajarkan langsung dengan cara berdagang.

Bentuk praktek langsung adalah guru bisa mengajak anak didik untuk berlatih berdagang dan mempraktekan semua pada ilmu ekonomi yang telah diajarkan. Dari mulai menentukan produk, menentukan harga, dan cara menjual serta promosi.

Materi Ekonomi SMA

Materi ekonomi SMA ada yang diperuntukan bagi kalangan SMA kelas 10, 11 maupun kelas 12. Setiap materi ekonomi mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan materi ekonomi sangat subyektif.

Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam belajar ekonomi SMA. Namun sebagian lagi ada pelajar yang menyukai pelajaran ekonomi.

Untuk mengetahui lebih lengkap materi-materi apa saja yang terdapat pada materi pelajaran SMA bidang ekonomi dapat memilih untuk membaca ringkasan materi ekonomi.

Materi  Ekonomi di SMA Kelas 10

Untuk materi ekonomi SMA di kelas 10 sudah menerapkan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum yang baru. Materi ini membahas mengenai beberapa topik pembahasan berikut ini:

1.Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Materi ini mempelajari sub bahasan, seperti :

  • Pengertian ilmu ekonomi
  • Pembagian ilmu ekonomi
  • Cabang ilmu ekonomi
  • Teori ekonomi
  • Prinsip dan motif ekonomi
  • Biaya peluang
  • Skala prioritas
  • Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan
  • Kelangkaan dan cara mengatasinya

2.Permasalahan Ekonomi dalam Sistem Ekonomi

Materi utama ini mencakup sejumlah sub bahasan yang meliiputi:

  • Sistem perekonomian Indonesia
  • Sistem ekonomi
  • Masalah pokok ekonomi

3.Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Pada pelajaran ini antara lain meliputi pembahasan tentang :

  • Peran pelaku ekonomi
  • Pelaku ekonomi
  • Kegiatan ekonomi

4.Keseimbangan dan struktur pasar

Pembahasan pada materi ini secara luas mempelajari mengenai pasar dalam perekonomian, permintaan, penawaran dan harga pasar.

5.Lembaga jasa keuangan dan perekonomian

Materi pembahasan yang lebih lengkap adalah tentang lembaga jasa keuangan bukan bank, lembaga jasa keuangan perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

6.Bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia

Yang dibahas pada materi ini akan lebih spesifik yaitu tentang tahap uang kertas, otoritas jasa keuangan, bank sentral dan lembaga keuangan bukan bank.

7.Badan usaha dalam perekonomian Indonesia

Materi ini terdiri dari pokok bahasan tentang Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

8.Perkoperasian

Yang dilakukan pembahasan lengkap pada materi ini adalah tentang apa itu pengertian koperasi, organisasi koperasi dan jenis-jenis koperasi.

Sub pokok bahasan materi ekonomi ini juga mencakup pengertian kewirausahaan, konsep kewirausahaan yang profesional, persyaratan dasar seorang wirausaha yang sukses, dan peranan wirausaha dalam suatu masyarakat, bangsa dan negara.

9.Manajemen

Pada materi ekonomi terakhir di SMA  kelas 10 adalah tentang manajemen. Ini mencakup sub pokok bahasan tentang bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen, prinsip, konsep dasar manajemen, dan prinsip dasar dari manajemen.

Materi Ekonomi di SMA Kelas 11

Sedangkan materi ekonomi SMA kelas 11 mempelajari tentang berbagai bidang ekonomi yang lebih luas. Seperti perpajakan, APBN dan APBD, kebijakan moneter dan fiskal, ketenagakerjaan, sistem ekonomi, pembangunan ekonomi, dan pendapatan nasional, kerjasama ekonomi internasional, dan perdagangan internasional.

Berikut daftar materi ekonomi di SMA kelas 11 selengkapnya yang meliputi:

1.Pendapatan nasional

2.Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

3.Ketenagakerjaan

Pada materi ini akan dijelaskan pengertian tenttang kesempatan kerja, angkatan kerja, penduduk yang menganggur, dampak menganggur dan cara mengatasi pengangguran.

4.Indeks harga dan inflasi

5.Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal

Pembahasan pada materi ini meliputi pengertian kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

6.APBN dan APBD

Pada materi ini pembahasannya terutama untuk memahami pengertian apa itu APBN dan APBD beserta kewenangannya.

7.Perpajakan

8.Kerja sama ekonomi Internasional

9.Perdagangan Internasional

Bahsaan pada materi ini meliputi mengenai pengertian perdagangan internasional, metode pembayaran internasional dan pendapat para ahli  tentang perekonomian internasional.

Materi Ekonomi di SMA Kelas 12

Adapun untuk materi ekonomi bagi kelas 12 SMA seputar dunia akuntansi. Yang mencakup pengertian akuntansi dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang dll.

Berikut ini materi-materi ekonomi di SMA kelas 12 semester satu dan dua, antara lain :

1.Akuntansi sebagai sistem informasi

Cakupan sub pokok pembahasan pada materi ini meliputi definisi akuntansi, proses akuntansi, bidang akuntansi, dan dasar pembuatan laporan keuangan.

2.Masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

Pembahasan yang diutarakan yaitu tentang sistem ekonomi beserta permasalahannya. Termasuk tentang badan usaha, fungsi badan usaha,jenis-jenis badan usaha atas kategori kepemilikan modal dan atas dasar lapangan usaha, ciri-ciri badan usaha dan manajemen usaha.

Untuk ciri-ciri sebuah badan usaha adalah berdiri dalam rangka mendapatkan keuntungan atau laba, kegiatan operasional usaha berada di bawah komando pimpinan usaha, dan beroperasi memakai tenaga kerja dan modal.

3.Persamaan dasar akuntansi

Penjelasan pada materi ini seputar klasifikasi perusahaan, pengertian transaksi keuangan, sumber pencatatan, laporan laba dan rugi, dan pengertian laporan arus kas dan macam-macamnya.

4.Siklus akuntansi perusahaan jasa

Yang menjadi pembahasan pada materi ini adalah mengenai neraca saldo, jurnal penyesuaian, pengertian neraca jalur dan tujuannya utamanya pada perusahaan jasa.

5.Tahap penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa

Pada materi ekonomi ini akan membahas secara detail apa itu neraca saldo, jurnal pembalik, jurnal penutup, laporan keuangan, dan tujuan pembuatan jurnal penutup pada perusahaan jasa.

6.Siklus akuntansi pada perusahaan dagang

Materi ini mencakup bahsaan tentang tahap pencatatan dan tahap pengikhtisaran siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Pembahasan sub materi mengenai pengertian perusahaan dagang, proses dan persyaratan penyerahan dan pembayaran barang dagangan, pengertian barang dagangan dan jenis-jenisnya.

Pembahasan juga mencakup seputar pengertian jurnal penyesuaian, laporan keuangan, harga pokok penjualan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

7.Tahap penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang

Materi ini meliputi bahasan materi mengenai pengertian jurnal penutup, apa itu penutupan buku besar,  pengertian neraca saldo dan jurnal pembalik.

Materi Ekonomi SMA Kurikulum Internasional

Pendidikan adalah faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu pendidikan formal yang penting adalah pada mata pelajaran ekonomi di tingkat SMA. Dikarenakan dengan belajar ekonomi di SMA seorang siswa akan mengetahui seputar ekonomi secara umum dan khusus yang terdapat pada suatu materi ekonomi SMA.

Salah satu kurikulum yang dipergunakan dalam pembelajaran  ekonomi di sekolah menengah atas adalah kurikulum internasional. Kurikulum internasional memfokuskan pembelajaran ekonomi dalam bentuk konsep pembelajaran teori dan praktek secara seimbang. Bahkan porsi praktek pembelajaran ekonomi lebih banyak ketimbang teori. Hal tersebut sangat berguna untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan lebih baru dan luas dari siswa siswi.

Materi ekonomi SMA kurikulum internasional dianggap banyak orangtua murid sebagai pembelajaran terbaik. Karena hal tersebut sesuai tuntutan dan perkembangan jaman yang sudah berada dalam era globalisasi. Persaingan  semakin ketat. Sehingga dengan pembelajaran ekonomi dalam kurikulum internasional akan membuat siswa bisa bersaing dalam tatanan global dalam bidang ilmu ekonomi.

Kurikulum internasional yang mengajarkan mata pelajaran sains seperti  bidang ekonomi mempersiapkan anak didik menghadapi globalisasi. Materi ekonomi SMA diberikan secara mudah dipahami dan lebih banyak praktek.

Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ekonomi anak didik akan meningkat pesat. Percobaan demi percobaan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kecerdasan peserta didik terhadap bidang ekonomi.

Pendidikan bukan lagi bersifat nasional tapi bersifat global menjadi ciri khas materi ekonomi kurikulum internasional.

Pembelajaran materi ekonomi SMA kurikulum internasional memberikan pendidikan terbaik kepada siswa. Siswa akan mendapatkan pendidikan materi terbaru dan lebih modern.

Orientasinya bukan lagi pendidikan pada mata pelajaran ekonomi dalam skala nasional. Tapi sudah mengacu pada skala global.  Siswa akan mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas terhadap materi ekonomi SMA.

Jiwa kreatif, mandiri dan merdeka merupakan hal yang ditanamkan oleh kurikulum internasional pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran ekonomi SMA. Dilengkapi dengan pengembangan kepribadian atau karakter yang baik dalam pembelajaran ekonomi pada sekolah menengah atas.

Contoh Soal Ekonomi SMA

Contoh soal kegiatan ekonomi perlu diberikan kepada siswa-siswi SMA untuk mengukur kemampuan siswa pada materi mata studi ekonomi. Berikut ini beberapa contoh soal ekonomi SMA dan jawabannya dalam bentuk pilihan ganda, antara lain :

Contoh Soal I

Permasalahan dapat terjadi dalam bidang apapun. Salah satunya pada bidang ekonomi. Contohnya dalam wujud kelangkaan barang. Dari sejumlah faktor yang membuat terjadinya kelangkaan barang. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah sebutkan satu faktor yang bukan menjadi penyebab kelangkaan barang, antara lain :

A.Banyaknya terjadi penebangan hutan secara ilegal

B.Keperluan dan kebutuhan utama manusia yang tak terbatas

C.Keserakahan yang terdapat pada jiwa manusia

D.Keahlian manusia dalam mengelola sumber daya alam

Pembahasan:

Adapun yang menjadi faktor suatu barang mengalami kelangkaan, antara lain:

  • Kurangnya kemampuan manusia dalam memprodusi barang lebih banyak
  • Bencana alam yang merusak lingkungan alam dan distribusi barang
  • Penebangan hutan yang dilakukan oleh manusia secara berlebihan
  • Ketersediaan stok barang yang sangat terbatas sedangkan permintaan sangat besar
  • Serakah yang dimiliki oleh manusia

Demikianlah beberapa faktor penyebab terjadinya kelangkaan barang. Karena yang ditanyakan kecuali maka jawaban yang tepat adalah D. Karena  pilihan D, keahlian manusia dalam mengelola sumber daya alam bukan penyebab kelangkaan barang.

Contoh soal II

Seorang warga kota Cimahi bernama Budi Santosa membeli saham PT Indosat dengan harapan memperoleh laba dalam jangka waktu panjang. Transaksi yang dilakukan Budi dimasukkan pada neraca pembayaran bagian mana?

A.Debit transaksi jangka pendek

B.Kredit investasi jangka panjang

C.Kredi transaksi hasil modal

D.Debit transaksi investasi jangka panjang

Jawaban yang tepat adalah D. Karena pembelian saham dimasukkan pada bagian neraca pembayaran debit transaksi investasi jangka panjang.

Demikian penjelasan tentang pelajaran ekonomi SMA, baik tentang materi, konsep pembelajaran maupun contoh soalnya. Untuk meningkatkan penguasaan kamu pada pelajaran ini penting mengikuti bimbel atau les privat SMA terbaik yang ada.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Lebih Dalam Satuan Panjang dan Contohnya

Dalam dunia pengukuran, beragam satuan digunakan untuk mengukur berbagai besaran, salah satunya adalah satuan panjang…

8 jam ago

Pola Tidur Anak SD dan Pentingnya Kualitas Tidur

Pola tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan anak Sekolah Dasar (SD). Pola tidur yang…

1 hari ago

Rumus Excel Untuk Admin, dari Database hingga Grafik

Rumus Excel untuk admin menjadi pegangan yang harus dipahami dan dikuasai para tenaga administrator. Yang…

2 hari ago

Universitas Terbaik di Kalimantan, Ini Rekomendasinya!

Universitas terbaik di Kalimantan semakin banyak dan bisa menjadi pilihan bagi para tamatan SMA yang…

3 hari ago

Investasi di IKN: Cara dan Rekomendasinya yang Menguntungkan

Investasi di IKN atau Ibu Kota Nusantara bukan hanya tentang keuntungan finansial, tetapi juga tentang…

4 hari ago

Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja, Ortu Wajib Tahu!

Dampak perceraian orang tua terhadap anak remaja sangat buruk utamanya pada aspek psikologis dan sosialnya.…

5 hari ago