Faktor pendorong integrasi sosial mempunyai peranan yang penting bagi suatu masyarakat yang majemuk. Segala perbedaan yang ada perlu dihilangkan atau ditekan sepanjang waktu. Hal ini karena terdapatnya tujuan yang sama pada masing-masing individu dalam masyarakat tersebut.

Integrasi sosial merupakan istilah yang berhubungan dengan penyesuaian diri seseorang terhadap nilai-nilai dan norma yang berlaku pada masyarakat. Setiap masyarakat di kota atau desa pastinya memiliki nilai-nilai dan normanya tersendiri. Semua norma tersebut harus dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat.

Walaupun nilai, prinsip dan norma pada masyarakat tidak tertulis tapi terhadap segala pelanggaran terhadapnya tentu akan mendapatkan sanksi. Dari mulai sanksi yang ringan sampai yang berat. Sanksi ringan misalnya dikucilkan dalam lingkungan pergaulan di masyarakat. Adapun sanksi berat biusa berupa pengusiran dari lingkungan masyarakat.

Oleh sebab itu, untuk menghindari pelanggaran nilai dan norma dalam masyarakat, setiap individu dalam masyarakat tersebut mesti atau wajib melakukan upaya dan mendukung faktor pendorong integrasi sosial.

Apa Itu Integrasi Sosial?

Tahukah kalian apa itu integrasi sosial? Integrasi sosial adalah sebuah mekanisme seseorang  menyatukan diri dengan lingkungan sekitar. Seseorang menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang terkandung di masyarakat.

contoh soal integrasi sosial

Hal ini berdasarkan dengan segala perbedaan yang ada. Meliputi budaya, prinsip, nilai dll yang berlainan. Kesatuan masyarakat adalah bentuk perwujudan dari contoh integrasi sosial.

Syarat-Syarat Integrasi Sosial

Untuk terciptanya integrasi sosial dibutuhkan beberapa syarat. Sebelum membahas tentang faktor pendorong integrasi sosial, berikut ini syarat-syarat yang harus terpenuhi agar berlangsungnya integrasi sosial di dalam masyarakat yang meliputi:

1.Kesepakatan bersama atas nilai-nilai sosial yang pokok

Syarat integrasi sosial yang pertama adalah setiap orang mempunyai nilai sosial yang mendasar dan disepakati bersama. Seperti menghormati orang lain, menghargai segala perbedaan yang ada, saling membantu dan bekerjasama dan lain-lain. Syarat selanjutnya dari integrasi sosial adalah melaksanakannya atas nilai-nilai sosial yang disepakati bersama tersebut.

2.Persamaan hak

Syarat berikut untuk terjadinya integrasi sosial adalah persamaan hak yang seimbang dan adil pada semua anggota masyarakat. Ini juga bisa menjadi faktor pendorong integrasi sosial yang penting. Setiap anggota masyarakat mempunyai hak yang sama tanpa pandang bulu.

Hal ini akan menciptakan rasa keadilan dan bisa menghilangkan kecemburuan sosial.  Contohnya hak mendapatkan kesehatan dan pendidikan yang sama. Dengan rasa keadilan yang sama akan memicu semangat untuk melakukan integrasi sosial.

Setiap individu dalam masyarakat pastinya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Hak pada setiap individu menjadi sama tanpa pandang bulu. Perlakuan yang tak sama terhadap hak yang dimiliki setiap orang akan membuat tidak berlangsungnya proses integrasi sosial.

3.Partisipasi masyarakat

Syarat-syarat integrasi sosial yang juga paling penting adalah adanya tindakan nyata dari individu terhadap nilai sosial yang disepakati bersama. Individu tidak hanya berteori tapi melakukannya sebagai wujud partisipasinya. Contohnya dalam bentuk menjaga keamanan lingkungan. Dengan ikut serta pada kegiatan ronda.

Manfaat Integrasi Sosial

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya integrasi sosial di tengah masyarakat, antara lain :

1.Kedamaian dan ketenangan

Bagi suatu masyarakat dengan adanya integrasi sosial membuat situasi di masyarakat semakin tenang dan kondusif. Ketenangan dan kedamaian akan didapatkan oleh masing-masing individu hingga skala masyarakat, bangsa dan juga negara.

integrasi sosial

2.Kenyamanan dalam bermasyarakat

Dengan adanya integrasi sosial di masyarakat juga akan membuat kondisi individu semakin nyaman berada di dalam masyarakat. Seorang individu dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan individu lain secara baik dalam masyarakat. Sehingga dari kenyamanan ini akan mampu mengembangkan dirinya secara baik.

3.Menumbuhkan budaya baru yang positif

Yang tak kalah penting, dari integrasi sosial bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri dalam menumbuhkan kebudayaaan baru yang lebih baik dari asalnya tanpa meninggalkan sifat asli budaya asli.

4.Kepedulian sosial

Manfaat integrasi sosial bukan hanya terdapatnya toleransi yang tinggi terhadap masyarakat. Tapi masyarakat semakin peduli terhadap perbedaan yang ada. Yang dilihat oleh masyarakat bukan dari segi perbedaan. Namun dilihat dari segi tujuan bersama dan cita-cita yang sama.

5.Kekuatan lebih besar

Terakhir, yang menjadi manfaat dari integrasi sosial adalah kekuatan yang lebih besar terhadap segala menyelesaikan masalah apapun di masyarakat. Kalau diibaratkan dengan satu batang sapu injuk akan sulit membersihkan kotoran. Tapi kalau sapu injuk mempunyai banyak helai injuk  akan membuat kotoran lebih mudah dibersihkan.

Dampak Positif Integrasi Sosial

Jika  dilihat dari segi dampaknya, integrasi sosial umumnya berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Utamanya selama perubahan sosial itu diarahkan dalam nilai-nilai positif dan kebaikan. Sehingga faktor pendorong integrasi sosial juga bisa dikondisikan. Misalkan saling menolong dan membantu dalam kebajikan.

Untuk lebih lengkap, berikut ini beberapa dampak positif dari integrasi sosial, antara lain :

1.Menumbuhkan sikap yang terbuka terhadap segala perbedaan

Dampak positif atau manfaat dari integrasi sosial adalah menumbuhkan sikap dan pikiran yang terbuka. Setiap perbedaan bisa disikapi secara bijak. Perbedaan meliputi banyak hal. Seperti perbedaan pemikiran, pola sikap, ideologi, budaya, bahasa, adat istiadat dan lain-lain.

Perbedaan tersebut merupakan sarana untuk mengenal satu sama lain dan alat persatuan. Disebabkan kesamaan tujuan dalam lingkup sosial berbangsa dan bernegara.

2.Terciptanya budaya luhur berupa toleransi yang tinggi

Dampak positif selanjutnya dari integrasi sosial akan membentuk  budaya msayarakat yang memiliki toleransi yang tinggi. Setiap perbedaan menjadi sangat dihormati. Karena Indonesia adalah negeri yang sangat beragam budaya, bahasa, latar belakang, agama, ideologi dll.

Faktor Pendorong Integrasi Sosial

Selain faktor penghambat integrasi sosial tentunya juga ada faktor yang mendorongnya. Nah, berikut ini faktor-faktor pendorong integrasi sosial, antara lain :

1.Adanya kesepakan bersama tentang nilai, prinsip dan norma sosial

Dengan sepakatnya setiap individu atas norma, nilai dan prinsip sosial masyarakat akan membuat timbulnya kesadaran sendiri pada setiap orang untuk melakukan integrasi sosial.

faktor pendorong integrasi sosial

2.Sikap saling menghargai budaya lain

Faktor pendorong integrasi sosial berikut adalah terdapatnya sikap saling menghargai kebudayaan  lain diantara individu dalam masyarakat. Setiap orang pastinya memiliki kebudayaan tersendiri yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Kebudayaan positif yang diwariskan tersebut menjadi panduan hidupnya.

Pada setiap anggota  masyarakat yang satu sama lain menghormati budaya lain itu merupakan hal positif. Semua itu akan menimbulkan suatu sikap respek dari individu sehingga mendukung budaya orang lain tersebut yang sesuai visi dan misinya. Adanya sikap saling menghargai dan menghormati budaya lain sebagai faktor pendorong integrasi sosial yang sangat penting kedudukannya.

3.Musuh bersama

Apa itu musuh bersama? Musuh bersama adalah ancaman yang bisa merusak kedaulatan suatu masyarakat atau negara. Dengan adanya musuh bersama membuat seluruh individu bersatu padu dalam mengalahkan musuh bersama.

Segala keegoan dan perbedaan ditinggalkan. Yang dilihat sekarang adalah tujuan bersama dalam menghilangkan dan mengalahkan musuh bersama. Hal ini supaya eksistensi negara tetap kuat. Musuh bersama menjadi salah satu faktor pendorong integrasi sosial yang sangat penting diperhatikan.

4.Kesamaan budaya

Faktor pendorong integrasi sosial lainnya adalah kesamaan budaya. Hal ini cakupannya sangat luas termasuk dalam kesamaan agama. Dengan mempunyai kebudayaan atau agama yang sama membuat setiap individu atau kelompok memiliki visi dan misi yang sama. Sehingga dari persamaan budaya dan agama tersebut bisa menjadi salah satu alasan bagi seseorang atau kelompok untuk melakukan penyatuan nilai atau integrasi sosial.

5.Open minded

Berpikiran terbuka menjadi faktor pendorong integrasi sosial berikutnya. Karena dengan berpikir terbuka membuat budaya asing bisa diterima oleh masyarakat atau seseorang dengan baik.

syarat integrasi sosial

6.Peluang yang sama

Dengan keadilan yang tercipta pada berbagai sektor kehidupan manusia. Seperti peluang yang sama pada bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lain-lain merupakan faktor pendorong integrasi sosial.

Sebaliknya dengan tidak adanya ketidakadilan pada berbagai sektor kehidupan manusia akan menjadi faktor utama penghambat integrasi sosial. Justeru masyarakat akan terpecah belah dan tidak respek dengan kondisi yang ada.

7.Pernikahan

Faktor pendorong integrasi sosial yang berlaku di masyarakat adalah pernikahan. Pernikahan adalah proses menyatukan dua invidu yang mempunyai budaya yang berbeda menjadi satu kebudayaan yang sama.

8.Homogenitas kelompok

Faktor pendorong integrasi sosial berikut adalah homogenitas kelompok. Homogenitas kelompok adalah faktor kesamaan dari identitas atau latar belakang sosial. Contohnya pada aspek yang sama dalam hobi, agama, suku dan lain-lain. Sangat mudah terjadinya integrasi sosial di tengah masyarakat jika terdapat  satu kesamaan yang sama dari segi homogenitas kelompok.

9.Jumlah anggota dan kualitas komunikasi

Faktor pendorong integrasi sosial selanjutnya adalah dari segi jumlah anggota. Semakin kecil jumlah anggota maka integrasi sosial akan lebih cepat terwujud. Disamping itu, integrasi sosial akan terwujud secara cepat jika komunikasi yang dijalankan sangat efektif pada semua orang.

10.Mobilitas wilayah

Terakhir, faktor pendorong integrasi sosial adalah adanya mobilitas wilayah atau perpindahan individu dari satu daerah ke daerah lainnya. Hal tersebut bisa dikarenakan pindah tempat tinggal, sekolah, maupun pindah tempat kerja dan lainnya.

Contoh Soal Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Sosial

Setelah membahas berbagai faktor dan syarat integrasi sosial selanjutnya akan diberikan contoh soal faktor-faktor pendorong integrasi sosial. Contoh soal seperti ini bisa dalam bentuk pilihan ganda maupun esai.

Berikut ini contoh soal dalam bentuk pilihan ganda berkaitan materi faktor-faktor pendorong integrasi sosial, antara lain:

Contoh soal satu

Sebutkan faktor apa saja yang  bisa mendorong diperolehnya kondisi integrasi sosial?

A.Konflik

B.Asosiasi

C.Diskriminasi

D.Asimilasi

E.Konsolidasi

Jawaban yang paling tepat adalah D.

Hal ini karena satu faktor yang mendorong terciptanya integrasi sosial adalah asimilasi. Disamping itu bisa juga toleransi dan akulturasi. Sedangkan untuk arti asimilasi adalah menyesuaikan budaya asli dengan budaya di lingkungan setempat. Selama budaya itu baik secara agama dan negara.

contoh soal faktor-faktor pendorong integrasi sosial

Contoh soal dua

Integrasi sosial merupakan komponen penting dari sejumlah proses sosial disebabkan terdapatnya perbedaan sesama individu atau kelompok. Seperti berlainan yang ada pada segi tindakan, fisik, emosi, spiritual, budaya dan lain-lain. Berdasarkan uraian tersebut, pemikiran siapa dari makna integrasi sosial  tersebut?

A.William Ogburn

B.Soerjono Soekanto

C.Selo Soemardjan

D.Kun Maryati

E.Gillin

Jawaban yang benar adalah Gillin.

Sesuai dengan referensi pendapatnya tentang pengertian integrasi sosial.

Contoh soal ketiga

Sebutkan salah satu faktor yang mendorong atau mendukung terjadinya integrasi sosial di masyarakat Indonesia?

A.Intimidasi dari kelompok orang

B.Adanya sikap saling tak menghargai dan menghormati

C.Budaya tertentu yang terisolasi

D.Hadirnya musuh bersama secara eksternal

E.Perasaan superior dari kelompok

Jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut adalah D.

Hal ini disebabkan faktor yang mendorong terciptanya integrasi sosial yang tersedia adalah adanya musuh bersama dari luar. Dengan adanya musuh bersama yang mengancam keberadaan hidup membuat semua anggota kelompok atau masyarakat bersatu padu dalam menghilangkan musuh bersama tersebut.

Demikianlah contoh-contoh soal materi faktor pendorong integrasi sosial. Contoh soal tersebut beserta pembahasan dan jawabannya sangat berguna sebagai latihan dalam menghadapi ulangan atau ujian sekolah. Jika Anda membutuhkan layanan les privat untuk meningkatkan prestasi sekolah anak Anda bisa berkonsultasi atau menghubungi Edumaster Privat.