Umum

Film Kartun Yang Mendidik Anak, Ini yang Terbaik!

Memilih film kartun yang mendidik anak usia dini penting dilakukan para orang tua. Seiring perkembangan dunia hiburan, makin banyak film kartun yang tayang di berbagai media, baik TV atau online. Namun tidak semua tayangan animasi ini baik dan bersifat mendidik.

Setiap negara umumnya memiliki film kartun masing-masing yang mencirikan kekhasan negaranya. Seperti film Ipin dan Upin karya orang Malaysia yang popular, Naruto dan Captain Tsubasa dari Jepang, dan lainnya.

Film kartun yang selama ini ditonton oleh anak-anak memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupannya, baik dalam segi psikis dan mental. Oleh sebab itulah, beberapa film kartun dibuat unttuk memberikan pendidikan karakter dan agama yang baik pada anak.

Film kartun yang mendidik anak menjadi rekomendasi sebagai tontonan yang baik. Karena di dalamnya terdapat hikmah pembelajaran sekaligus tontonan dengan cerita seru ditambah lagi dengan kandungan pendidikan anak yang bermanfaat untuk pembentukan karakter positif dan menambah pengetahuan.

Tugas setiap orang tua untuk mendidik anak dengan baik. Begitu pula tugas guru di sekolah untuk mendidik anak murid disamping proses transfer ilmu pengetahuan. Sehingga anak bisa berkembang dengan pengasuhan dan pendidikan dari orang tua dan guru. Sehingga anak bisa menjadi lebih baik, lebih disiplin, lebih tekun belajar dan karakter positif lainnya.

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh oleh orang tua dalam menanamkan karakter baik dan positif pada anak. Semisal dengan memberikan pendidikan berkarakter. Bisa pula dengan memberikan tontonan yang mendidik. Nonton film kartun yang mendidik akan membantu membentuk karakter yang baik dan merupakan cara efektif untuk memberikan lingkungan yang mendukung.

Finding Nemo – flickr

Karena sudah tabiat seorang anak untuk menyukai film kartun beserta tokoh utama yang menghibur dan mendidik. Seorang anak akan suka meniru apa yang ia dengar dan lihat dalam proses pembelajaran.

Jika anak suka menonton film beserta tokoh utamanya yang cerdas, baik, agamis dan penyayang akan membuat sang anak meniru perilaku tokoh utama film kartun itu dalam kehidupan sehari-hari. Secara tak langsung ini akan melatih anak untuk mempunyai sikap dan karakter positif seperti yang dicontohkan pada film kartun.

Ada beberapa upaya dan media yang dapat dipergunakan untuk mendidik anak. Yang paling efektif adalah pembelajaran dengan cara meniru karena anak adalah seorang peniru hebat yang belajar dari meniru. Salah satu metode pembelajaran yang tepat dengan cara meniru adalah dengan menonton film kartun anak yang mendidik bahasa indonesia dan disukai anak.

Film Kartun yang Mendidik Anak

Film kartun adalah tayangan visual dengan bergambar warna warni yang cerah dan sangat menarik sehingga banyak disukai anak-anak. Seiring dengan perkembangan jaman, film kartun banyak disisipi dengan pesan dan nilai-nilai yang baik. Baik berupa nilai pendidikan agama maupun pendidikan karakter untuk kepentingan pendidikan anak-anak. Karena film kartun terbukti efektif sebagai media pendidikan untuk anak-anak.

Film kartun menjadi sebuah film grafis yang sangat digemari ditonton oleh anak-anak. Karena mempunyai penampilan gambar dan warna yang menarik, tokoh animasi yang bisa bergerak dan hidup seperti manusia. Apalagi dengan karakter serta alur cerita yang menghibur yang membuat anak-anak selalu menanti untuk jadwal menonton film kartun pada jam-jam tertentu.

Anggapan saat ini di masyarakat bahwa kegiatan menonton film kartun yang dilakukan anak-anak setiap hari di televisi hanya bersifat menghibur. Beberapa orang tua menganggapnya sebagai kegiatan membuang waktu. Menonton film kartun tidak ada manfaatnya sama sekali bagi perkembangan dan pendidikan anak. Benarkah demikian?

Film Elsa – flickr

Ternyata  beberapa film kartun dapat memberikan banyak manfaat untuk ditonton anak-anak dalam proses pendidikan yang bersifat mendidik. Berikut ini daftar film kartun yang mendidik anak yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

  1. Finding Nemo
  2. The Good Dinosaur
  3. Inside Out
  4. How To Train Your Dragon
  5. Kungfu Panda
  6. Coco
  7. Cars
  8. Tayo The Little Bus
  9. Marsha And The Bear
  10. Frozen
  11. Curious George
  12. Toy Story

Film Kartun Yang Mendidik Anak Usia Dini

Adapun film kartun anak yang mendidik anak berbagai macam dari segi kategori usia dan jenis kelamin. Seperti film kartun usia dini untuk umur TK, SD atau SMP. Sedangkan untuk kategori gender terbagi ke dalam dua kategori yakni jenis film kartun yakni pertama film kartun yang mendidik anak usia dini laki-laki dan kedua untuk anak perempuan.

1.Film Kartun untuk Anak Laki-Laki

The Good Dinosaur adalah sebuah film kartun anak-anak yang bercerita mengenai seekor dinosaurus yang berteman dengan seorang anak kecil. Dinosaurus tersebut mesti berjalan ke medan liar untuk berpetualang dengan jarak perjalanan yang sangat jauh.

Tentu banyak hal yang dilihat dan dialami selama perjalanan jauh tersebut. Namun dinosaurus tidak sendirian, seperti hubungan ayah dan anak. Ia ditemani oleh seorang anak kecil selama menempuh perjalanan jauh tersebut.

Banyak pesan moral yang didapatkan oleh seorang anak setelah menonton film kartun The Good Dinosaur, antara lain: untuk selalu menebarkan kebaikan pada lingkungan alam di sekitar, untuk bersikap sabar dalam setiap keadaan, keluarga adalah tempat berlabuh dan mencurahkan segala hati dan perasaan, serta seorang anak hendaknya selalu bersikap berani dan pantang menyerah dalam menghadapi perjuangan hidup.

Kungfu Panda – Flickr

Film kartun berikutnya yang mendidik anak laki-laki adalah Kungfu Panda. Film kartun Kungfu Panda menjadi salah satu film favorit anak-anak hingga banyak dijadikan suvenir, boneka atau pernak-pernik lainnya.

Yang menarik dari film Kung Fu  Panda adalah tokoh utamanya yang  berkarakter sangat lucu dan menggemaskan serta jago Kung fu bernama Po. Film dalam cerita fabel ini mempunyai mimpi besar untuk menjadi seorang yang hebat.

Adapun manfaat bagi anak yang menonton film Kungfu Panda sangat besar. Karena film kartun Kungfu Panda bersifat mendidik anak dengan pesan-pesan moral dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. Salah satu pesan moral dan manfaat yang diberikan seusai nonton fiilm Kungfu Panda yaitu setiap anak-anak akan mulai mengerti dan memahami bahwa untuk mendapatkan cita-cita dan impian tidak bisa dengan cara berleha-leha. Namun mesti bekerja keras mewujudkannya.

Film kartun yang mendidik anak laki-laki selanjutnya adalah Cars. Film kartun Cars berkisah tentang sekumpulan mobil yang memiliki karakter masing-masing yang menarik, menggemaskan dan lucu. Diantara mereka terjalin ikatan pertemanan yang sangat kuat untuk saling membantu satu sama lain. Namun dalam proses berjalannya waktu terjadi beberapa konflik dan perselisihan.

Flickr

Untuk kalangan anak-anak laki-laki bisa mendapatkan banyak manfaat dari nonton film kartun Cars bahwa hidup ini bukan hanya untuk mendapatkan kemenangan. Kemenangan yang didapatkan adalah hal kecil. Ada yang jauh lebih penting dan berharga dari sebuah kemenangan yakni proses dan sikap kerja keras serta mandiri yang tak pernah bergantung kepada orang lain disertai sikap pantang menyerah.

Berikutnya film kartun untuk dan disukai anak-laki-laki adalah film buatan negara Korea Selatan dengan tema bus adalah Tayo The Little Bus. Film Tayo mampu meningkatkan minat kalangan anak-anak untuk mengetahui kehidupan bus. Adapun manfaat dari film Tayo bagi anak-anak untuk pembentukan karakter baik pada anak.

Karena film Tayo memberikan pesan moral kepada para penontonnya sebagaimana yang dilakukan oleh tokoh utama yakni Tayo yang selalu bersikap baik kepada sesama, suka menolong orang, dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

2.Film Kartun untuk Anak Perempuan

Adapun film kartun yang mendidik anak khususnya anak perempuan adalah Masha and The Bear.  Film kartun yang buatan Rusia ini mengisahkan perjalanan hidup seekor beruang besar dan seorang anak wanita kecil yang sangat aktif dan ceria bernama Masha.

Mereka hidup di dalam hutan menikmati ketenangan hdiup. Sedangkan manfaat dari menonton film kartun Masha and The Bear adalah dari segi pembentukan karakter anak. Anak akan diberikan pemahaman tentang pentingnya bersikap sederhana, peduli kepada sesama, selalu mencintai, dan membantu kepada orang lain yang sedang kesusahan.

Film Kartun Anak Yang Mendidik Bahasa Indonesia

Siapa sih yang tidak suka film kartun? Setiap anak-anak pastinya suka terhadap film kartun. Bahkan tak jarang mereka menghabiskan sebagian waktunya hanya untuk nonton film kartun kegemarannya.

Pada setiap tahun dirilis film kartun terbaru. Beberapa film kartun anak-anak menjadi laris manis dan banyak ditonton kalangan anak-anak sampai saat ini. Seperti Film kartun Dragon Ball, Saint Of Seiya, Doraemon, Upin Ipin, dll.

Film Adit & Sopo Jarwo – flickr

Beberapa film kartun anak mampu memikat banyak anak untuk menontonnya di seluruh dunia. Karena tokohnya yang menarik dengan alur cerita yang unik dan menarik yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari anak.

Nonton film kartun anak saat ini bisa lewat media televisi dengan penayangan jam tertentu ataupun anda bisa membeli CD film kartun anak yang anda sukai dan memutar sendiri di rumah.

Kebanyakan film kartun anak-anak berasal dari negara Jepang yang asalnya berupa komik dan dijadikan sebuah sekuel film seri kartun. Seperti Doraemon, Naruto, Dragon Ball dll. Sedangkan sebagian kecil lagi film kartun yang mendidik anak berasal dari Korea Selatan, Malaysia, Rusia dan Indonesia.

Sekarang ini di tengah era globalisasi akan banyak masuk dan beredar film-film kartun dari luar negeri ke Indonesia. Hal tersebut tentu mengkhawatirkan setiap orangtua. Karena sebagian film kartun tersebut pastinya mempunyai misi tertentu.

Tak jarang film kartun tersebut mengandung nilai-nilai yang bertentangan dengan budaya Indonesia yang ketimuran dan bertentangan dengan ajaran Islam. Alih-alih mendidik anak, film kartun seperti itu justeru merusak karakter dan kepribadian anak.

Namun film kartun yang mendidik bukan hanya berasal dari luar negeri. Seperti Upin Ipin yang berasal dari negeri Jiran dan Film Doraemon dari Jepang. Ada banyak pula film kartun anak yang mendidik bahasa Indonesia buatan dalam negeri yang baik. Film kartun anak bangsa itu antara lain Nussa atau film Adit Sopo Jarwo.

Cara mendidik anak harus disesuaikan dengan perkembangan jaman. Untuk cara mendidik anak di jaman modern sekarang ini, seorang anak tidak hanya cukup diberi contoh keteladanan. Tapi sang anak juga mesti diberikan hiburan yang menarik sekaligus mendidik dengan menggunakan teknologi canggih seperti film kartun. Sehingga pesan yang disampaikan akan begitu melekat kuat dan membentuk jati diri anak pada karakter anak yang baik dan positif.

Film Nussa – flickr

Mungkin sang anak akan kurang nyaman jika diberikan pelajaran pembentukan karakter melalui pengajaran dan pembelajaran karakter langsung  di kelas. Tapi kalau pendidikan karakter lewat media film kartun akan banyak orang yang menyukainya. Karena mereka seolah tak sedang diajari cara bersikap positif tapi mereka berpikir sendiri terhadap hikmah dan pelajaran dari film kartun yang mendidik anak itu.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

7 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago