Makna penting Pancasila sebagai dasar negara harus diketahui dan dipahami oleh setiap lapisan masyarakat di Indonesia. Ini karena sebagai dasar negara, Pancasila bermakna juga sebagai falsafah negara. Hal tersebut menjadikannya sebagai dasar dari nilai dan norma yang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Sebagai dasar negara, Pancasila juga berperan penting menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. Hal tersebut kemudian menjadikan setiap penyelenggaraan negara, terutama segala hal yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan, semuanya dijabarkan di dalam Pancasila. 

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara 

Sebagaimana yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, pancasila memiliki arti penting sebagai dasar negara. Artinya, Pancasila menjadi dasar dari segala hal yang berkaitan dengan penyelenggara negara. Pancasila juga disebut memiliki arti penting sebagai dasar ideologi negara. 

Tidak jauh berbeda, arti penting Pancasila sebagai dasar ideologi negara artinya bahwa setiap warna negara Indonesia menjadikannya sebagai dasar dari sistem kenegaraan. Nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap butir Pancasila harus menjadi pedoman dasar dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Selain memiliki makna penting, Pancasila sebagai dasar negara juga memiliki fungsi penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Fungsi Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini dibagi menjadi 3, yaitu: 

  • Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia  

Fungsi pertama Pancasila sebagai dasar dari Negara Indonesia adalah menjadi pandangan hidup. Maksudnya, Pancasila berperan sebagai petunjuk untuk menjalankan kehidupan sehari-hari dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pancasila berfungsi sebagai acuan bagi seluruh warga negara dalam menjalani kehidupan pribadi maupun dalam menjalankan interaksi dengan sesama masyarakat. 

  • Sumber dari Segala Sumber Hukum 

Pancasila adalah sumber hukum bagi Negara Indonesia, dimana sumber hukum ini bermakna sebagai sebuah pandangan, kesadaran dan cita-cita hukum bangsa Indonesia. Segala hukum yang berlaku di Indonesia bersumber dari nilai-nilai di dalam Pancasila. 

les privat sma

  • Cita-Cita & Tujuan Hidup Bangsa Indonesia 

Sejak pertama kali berdiri, bahkan Indonesia sudah memiliki cita-cita luhur beserta tujuan berdirinya. Cita-cita luhur dan tujuan tersebut secara tegas dimuat di dalam pembukaan UUD 1945. Di dalam pembukaan UUD 1945 inilah terdapat 5 sila Pancasila yang di masa depan ingin dicapai oleh Bangsa Indonesia. 

  • Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia 

Pancasila sebagai dasar negara mencerminkan kepribadian dari Bangsa Indonesia. Setiap sila dalam Pancasila tertuang nilai-nilai luhur yang mencerminkan kepribadian masyarakat Indonesia. Meski demikian, apabila kepribadian tersebut tidak dicerminkan dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari, maka fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia tentu tidak tercermin.

Fungsi Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia ini hanya bisa terwujud apabila setiap warga negara Indonesia memiliki sifat, mental dan perilaku yang mencerminkan Pancasila. Karena itulah mengapa Pancasila disebut sebagai kepribadian Bangsa Indonesia. 

  • Sebagai Ideologi Bangsa & Negara Indonesia 

Selanjutnya, Pancasila berfungsi sebagai ideologi Bangsa dan Negara Indonesia. Arti penting Pancasila sebagai dasar ideologi negara dan Bangsa Indonesia adalah bahwa Pancasila terdiri dari sekumpulan gagasan, keyakinan, ide dan kepercayaan yang menyangkut berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Pada bulir-bulir Pancasila terkandung kepercayaan, gagasan dan ide yang menjadi dasar terbentuknya negara ini. Sebagai ideologi ini, Pancasila juga berfungsi untuk memberikan motivasi dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya. Tanpa adanya motivasi yang jelas dalam menggapai sebuah cita-cita, maka mustahil cita-cita tersebut dapat terwujud. 

pancasila sebagai dasar negara bagi presiden

Contoh Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-Hari 

Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam salah satu fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah menjadi ideologi bangsa. Sebagai ideologi bangsa, Pancasila juga berperan sebagai identitas bangsa, sebagai identitas bangsa, sebagai pemersatu hingga sebagai kontrol sosial. Berikut adalah contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menjunjung Tinggi Kebebasan dan Toleransi Beragama

Indonesia merupakan negara yang majemuk, negara yang terdiri atas berbagai suku bangsa dan agama. Contoh Pancasila sebagai ideologi bangsa yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah dengan menjunjung tinggi kebebasan beragama. Maksudnya adalah dengan tidak memaksa orang lain untuk mempercayai satu kepercayaan tertentu. 

Contoh lain penerapan Pancasila sebagai ideologi dalam konteks menjunjung tinggi kebebasan beragama ini adalah dengan tidak menghalangi penganut agama lain saat sedang menjalankan kegiatan keagamaan. Kebebasan beragama yang dijunjung tinggi adalah salah satu contoh penerapan Pancasila sebagai ideologi negara. 

  • Saling Menghormati antar Sesama dan Menghindari Sikap Diskriminasi 

Contoh pengaplikasian Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa dalam kehidupan sehari-hari yang kedua adalah dengan saling menghormati antar sesama dan menghindari sikap diskriminasi. Dalam Pancasila sila kedua tertulis, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. 

Artinya, dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, kita harus menjadikan sila ini sebagai pedoman. Caranya adalah dengan menumbuhkan sikap saling menghormati antar sesama warga negara, apapun suku dan agamanya.

Mengikuti program les privat seperti yang ditawarkan oleh Edumaster, ternyata tidak hanya memberikan manfaat dalam hal pembelajaran materi saja. Disini, siswa juga akan diajarkan untuk saling menghormati dengan pengajar yang juga merupakan contoh baik penerapan Pancasila.  

  • Menghindari Hal-Hal yang Menyebabkan Konflik 

Contoh Pancasila sebagai ideologi bangsa juga bisa dicerminkan dalam sikap yang selalu mendahulukan kepentingan kelompok serta menghindari hal-hal yang menyebabkan konflik. Edumaster membiasakan komunikasi yang baik antara siswa, pengajar dan orang tua sehingga konflik pun bisa diminimalisir.

  • Memelihara Keragaman dan Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Maka sudah menjadi tugas dari warga Negara Indonesia adalah untuk menjaga dan memeliharanya, bahkan sejak dini. 

Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Edumaster agar generasi muda Indonesia lebih mengenal dan memahami kebudayaan asli dari bangsanya. Orang tua pun diharapkan bisa turut berpartisipasi dalam upaya ini dengan mendukung minat dan bakat dari anak-anak atas budaya ini.

  • Menerapkan Sikap Demokratis dalam Setiap Pengambilan Keputusan 

Kepribadian Indonesia yang tercermin dari Pancasila adalah sikap demokratis. Sikap ini bisa ditunjukkan dengan senantiasa mengutamakan demokrasi dan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam mengambil setiap keputusan. 

Musyawarah untuk mufakat ini dilakukan agar setiap pemikiran dan gagasan bisa dituangkan sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan. Hal ini dilakukan tak lain juga dengan tujuan untuk menghindari agar tidak terjadi konflik. 

Demikian tadi penjelasan tentang arti Pancasila sebagai dasar negara dan contoh-contoh sikap yang mencerminkan penerapan Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan memahami makna dan contoh sikap yang menunjukkan penerapan Pancasila ini, semoga bisa menjadi pembelajaran bahwa setiap sikap dan tindakan yang kita lakukan haru sesuai dan berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

les privat sma