Umum

Garis Bilangan Negatif dan Positif: Nilai, Cara Membuat dan Menghitungnya

Garis bilangan negatif dan positif mempunyai sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh para penggunanya. Salah satunya proses klasifikasi bilangan menjadi lebih mudah dilakukan dengan menggunakan garis ini. Apalagi cara membuat dan menghitungnya juga cukup mudah.

Pada pelajaran ini terdapat beberapa kategori bilangan. Ini mencakup bilangan bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif. Semua dapat diketahui sangat mudah melalui garis yang kita buat berdasarkan titik yang telah ditentukan.

Garis bilangan negatif dan positif adalah suatu wujud garis yang memiliki titik-titik. Pada setiap titik menjadi perwakilan bilangan tersendiri. Garis yang berisi bilangan ini dipelajari dalam mata pelajaran matematika dasar di sekolah. Namun bukan berarti hanya diterapkan pada mapel matematika. Bidang keilmuan lainnya juga sering menggunakannya, seperti pada mata pelajaran fisika dan kimia.

Bilangan-bilangan yang beraneka ragam pada ilmu matematika dapat dibuat secara lebih sederhana menggunakan garis bilangan. Bukan hanya itu, bilangan-bilangan tersebut bisa dibuatkan lebih berurut memakai garis ini.

Fungsi Dan Manfaat Garis Bilangan

Garis bilangan merupakan sebuah gambar garis yang mempunyai makna dan unsur-unsur di dalamnya. Salah satunya titik. Pada garis ini terdapat titik-titik yang mempunyai nama bilangan masing-masing.  Ini bisa berupa bilangan rasional, bilangan real, bilangan bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif. Semua bilangan dapat dibuat secara tersusun baik dan sangat rapi dengan membuat garis ini.

Pada setiap titik mempunyai jarak antara satu titik dengan titik lainnya yang bersifat konstant. Bagi anda yang sedang atau minimal pernah belajar ilmu  matematika pastinya akan pernah melihat atau membuat garis bilangan.

Garis bilangan sangat mudah dipelajari. Ilmu ini sudah mulai diajarkan sejak siswa masuk di sekolah dasar. Ilmu bilangan ini lebih  menyenangkan dipelajari karena sifatnya tidak membosankan dan sangat menarik berupa gambar. Tapi dari sebuah gambar terdapat banyak kandungan makna dan arti di dalamnya.

Pada garis bilangan terdapat titik. Pada setiap titik di garis ini mempunyai penamaan bilangan tertentu secara berurut. Dengan belajar pelajaran ini ada banyak manfaat yang diperoleh oleh para pelajar. Seperti mengajarkan matematika yang mudah bagi pelajar untuk berpikir secara kritis, sistematis dan analitik serta rasional.

Berikut ini manfaat-manfaat terhadap keberadaan  garis bilangan, antara lain :

  1. Memudahkan dalam klasifikasi bilangan
  2. Alat bantu yang memudahkan dalam mempelajari dan menghitung operasi  bilangan. Seperti pada pengurangan, penjumlahan, dll.
  3. Meningkatkan kemudahan dalam melakukan pengurutan bilangan.

Dengan manfaat-manfaat yang diberikan dari ilmu pengetahuan ini menjadikan seseorang wajib menguasai dalam membuat garis bilangan.

Bagaimana Cara Membuat Garis Bilangan?

Sebenarnya bagaimana cara membuat garis bilangan? Untuk membuatnya cukup mudah dan terasa menyenangkan. Karena anda tidak hanya bisa melihat garis yang elok dan rapi. Tapi anda bisa membuatnya sendiri.

Namun dalam membuat garis bilangan tidak sembarangan. Dibutuhkan prosedur tersendiri yang meliputi beberapa elemen mesti dikandungnya. Seperti titik yang saling berjarak dalam jarak yang sama.

Tanpa panjang lebar, berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membuat garis bilangan, antara lain :

1.Pembuatan garis

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan garis bilangan adalah membuat sebuah garis panjang yang berbentuk horizontal dan lurus.

2.Pembagian garis

Garis yang telah dibuat panjang dan horisontal kemudian dilakukan pembagian pada dua bidang yaitu  bidang kiri dan kanan. Untuk garis di sebelah kanan akan berisikan nilai-nilai bilangan yang bernilai positif. Sedangkan pada bagian kiri hanya tercantum bilangan-bilangan negatif.

3.Pemberian titik

Setelah membuat garis lurus horizontal dilanjutkan dengan pemberian titik-titik pada garis panjang tersebut dengan berjarak konstan.

4.Pemberian bilangan pada setiap titik

Pada setiap titik diberikan nilai bilangan tertentu yang bersifat rasional. Bisa berupa  bilangan yang positif, nol  atau negatif. Untuk bilangan yang positif ditempatkan pada bidang sebelah kanan. Sedangkan untuk bilangan bulat negatif ditempatkan pada bagian sebelah kiri dengan pembatas adalah bilangan nol.

Penulisan bilangan pada setiap titik dilakukan berurutan dari mulai terkecil sampai terbesar. Dari mulai penulisan bilangan dari arah kanan ke arah kiri. Nilai bilangan kian besar lebih ke kanan dan menjadi lebih kecil bilangan semakin ke sebelah kiri.

5.Pemberian tanda panah di kedua ujung

Jangan lupa, sebagai langkah terakhir dalam pembuatan garis bilangan adalah memberikan tanda panah pada ujung masing-masing. Dalam hal ini ujung sebelah kanan dan ujung sebelah kiri. Adapun pemberian simbol ujung panah untuk menandaskan bahwa garis angka ini senantiasa berkelanjutan berupa semakin kecil nilai bilangan ke sebelah kiri dan kian besar nilai bilangan ke sebelah kanan.

Pada umumnya, garis bilangan mencakup segala nilai bilangan. Namun gambar terbatas tidak membuatnya memiliki ruang lingkup sempit. Garis ini memuat nilai bilangan tak terhingga.

Untuk bilangan bulat yang memiliki nilai negatif umumnya diberikan tanda dengan warna merah. Sedangkan untuk titik bilangan dengan nilai bilangan bulat positif menggunakan tanda berwarna biru.  Adapun untuk bilangan pembatas yakni angka nol diberikan warna hitam.

Bagaimana Nilai Bilangan pada Garis Bilangan?

Bagaimana nilai bilangan pada garis bilangan? Setiap bilangan mempunyai nilainya masing-masing berdasarkan besaran dan simbol. Untuk bilangan positif lebih besar nilainya dari bilangan negatif.

Begitu pula bilangan nol lebih besar nilai dari bilangan negatif. Sehingga semua dapat disusun dan diurut pada garis yang kita buat. Dengan melihat garis yangberisi bilangan-bilangan, anda dapat menyaksikan nilai bilangan secara berurutan.

Berkaitan dengan nilai bilangan pada garis bilangan terdapat tiga macam yaitu nilai bilangan bulat positif yang terdapat pada sebelah kanan. Nilainya pun berurutan dari yang paling kecil yakni angka satu sampai nilai yang dikehendaki.

Kemudian ada pula nilai bilangan nol  yang terdapat ditengah antara nilai bilangan positif dan negatif. Lalu selanjutnya ada nilai bilangan negatif atau minus yang terletak di sebelah kiri.

Bagaimana Cara Menghitung Penjumlahan dengan Garis Bilangan?

Tahukah kalian bagaimana cara menghitung penjumlahan dengan garis bilangan? Pada bangku jenjang pendidikan SMP sesuai kurikulum pendidikan nasional, materi pokok yang dibahas salah satunya adalah materi pelajaran ini beserta cara menghitung penjumlahannya.

Menghitung penjumlahan dapat dilakukan dengan menggunakan atau tanpa garis bilangan. Namun bagi anda yang ingin menghitung penjumlahan menggunakan alat bantu garis angka ini terdapat prosedur atau cara tertentu yang bisa anda lakukan.

Baca juga: Logika Matematika dan Contoh Hukumnya

Langkah pertama tentu saja membuat garis bilangan pada selembar kertas. Garis tersebut dilanjutkan dengan memberikan nilai bilangan pada titik-titik yang ditentukan. Pemberian nilai bilangan banyaknya disesuaikan dengan jumlah angka yang akan dijumlahkan.

Berikut ini salah satu contoh soal penjumlahan menggunakan garis bilangan   yaitu 6 + 2 berapa hasilnya? Dengan menggunakan garis bantu ini, anda bisa membuat garis dengan angka sampai 6. Kemudian pada angka 6 digeser dua langkah ke kanan hingga berada di titik angka 8. Sehingga anda dapat menemukan jawaban dengan gampang bahwa  6 + 2 = 8.

Penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat positif sangat mudah. Dengan proses penjumlahan berada di kanan. Namun itu juga berlaku secara mudah dalam penjumlahan antara bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif. Hanya saja saat menambahkan dengan bilangan bulat negatif dengan menarik sebelah kiri garis.

Contoh Soal Materi Garis Bilangan

Untuk mematangkan secara baik atas pemahaman tentang logika matematika ini maka berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya dengan membahas soal-soal yang ada. Salah satu contoh soal adalah apa yang dimaksud dengan  garis bilangan? Garis bilangan adalah suatu wujud perwakilan dari nilai-nilai bilangan yang diwuijudkan pada setiap titik.

Contoh soal selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan penggambaran garis bilangan? Ini dibuat dengan terlebih dahulu membuat sebuah garis lurus panjang dengan posisi horizontal. Dilanjutkan pemberian titik-titik pada  garis dengan jarak per titik bersifat sama. Berikutnya pada setiap titik pada garis itu diberikan angka bilangan.

Pertanyaan terakhir tentang soal materi matematika ini adalah bagaimana cara melakukan penghitungan pengurangan 6 – 5 memakai garis bilangan? Caranya sangat mudah. Caranya anda membuat terlebih dahulu sebuah garis. Kemudian berikan titik 0. Untuk sebelah kanan adalah bilangan bernilai positif dan sebelah kiri bilangan bernilai negatif.

Lakukan penulisan bilangan sampai enam angka di bagian kanan. Kemudian lakukan pengurangan dengan menarik lima angka bilangan sampai bilangan berada di angka satu. Jadi penghitungan operasi bilangan menggunakan garis bilangan 6 – 5 = 1.

4 Langkah Ke Kiri Dari Titik 3 Adalah?

Garis bilangan adalah salah satu istilah yang terdapat pada mata pelajaran  matematika. Pelajaran ini dipelajari pada saat siswa belajar sejak duduk di sekolah dasar. Banyak sekali manfaat alat bantu berhitung ini bagi disiplin ilmu matematika dan disiplin ilmu lainnya. Beberapa mata pelajaran juga sering menggunakannya.

Salah satu fungsi dan manfaat dari garis bilangan adalah membantu siswa siswi dalam mengurutkan secara benar pada nilai bilangan bulat dari yang terkecil sampai yang besar. Manfaat lainnya dapat menyelesaikan operasi hitung secara lebih simpel dan praktis. Salah satunya dalam soal penjumlahan dan pengurangan menggunakan garis yang berisi bilangan ini.

Contoh soal pelajaran ini yang terkait operasi hitung sangat banyak.  Salah satu contohnya yang bisa diselesaikan adalah 4 langkah ke kiri dari titik 3 adalah? Jawaban soal itu dapat diketahui dengan menggunakan petunjuk pada garis bilangan.

Tentukan titik tiga. Lalu gerakkan ke sebelah kiri sebanyak empat langkah. Maka nilai bilangan yang ditentukan adalah -1. Sedangkan jika langkah ketiga di sebelah kiri berada di angka nol. Langkah kedua di sebelah kiri terdapat pada angka 1. Sedangkan soal satu langkah ke kiri dari titik tiga adalah dua.

Soal pada mata pelajaran ini terus berkembang sehingga lebih banyak soal untuk memberikan pemahaman siswa. Seperti 7 langkah ke kiri dari titik 3  pada garis bilangan adalah? Jawaban dengan menggerakkan angka yang ada adalah -4.

Pertanyaan berikutnya dapat anda jawab dengan mudah melalui garis bilangan setelah anda menguasai pelajaran ini secara baik. Seperti soal delapan langkah ke kiri dari titik 3 ataupun berapa empat langkah ke kiri dari titik tiga pada garis bilangan.

Kesimpulan

Garus bilangan merupakan istilah yang terdapat pada ilmu matematika dasar. Hal pertama yang dijajarkan pada program studi matematika adalah operasi hitung seperti penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian. Setelah itu barulah siswa akan  diiajarkan pada garis bilangan yang meliputi pengenalan, bentuk dan cara membuatnya.

Mata pelajaran ini sangat mudah dibuat dengan bilangan yang mudah dipahami. Semua dimulai dari pembuatan garis horizontal yang membentang panjang dan lurus. Kemudian diberikan nilai bilangan pada setiap titik. Beberapa pekerjaan sehari-hari mudah diselesaikan dengan penggunaan ilmu ini.

Adapun garis bilangan mempunyai manfaat dan fungsi tersendiri. Salah satu fungsinya adalah media untuk memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap bilangan dan memudahkan dalam menghitung operasi bilangan secara lebih sederhana. Misalkan pengurangan atau penjumlahan. Untuk memperdalam pelajaran ini kalian bisa mengikuti les privat SD yang terbaik.

 

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago