Umum

Gaya Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Gaya adalah suatu dorongan atau tarikan. Itu pengertian secara sederhananya. Namun untuk mengetahui makna lebih lengkap tentang gaya maka kamu  dapat mempelajarinya lewat mata pelajaran fisika bidang studi IPA di bangku sekolah.

Pengertian gaya secara istilah dan bahasa, serta umum dan khusus harus dikuasai oleh setiap pelajar.  Hal tersebut untuk memudahkan dalam pembelajaran mata pelajaran Fisika di sekolah sampai SMA/SMK. Apalagi pengertian gaya bukan hanya semata berupa dorongan namun bisa lebih luas lagi.

Bagi sebagian siswa, pengertian tentang gaya dan jenis-jenisnya sangat mudah untuk dipahami. Namun bagi kamu yang ingin lebih paham lagi bisa mengikuti materi tentang gaya pada mata pelajaran Fisika di kelas 8. Kamu akan mendapatkan banyak materi tentang gaya secara lengkap beserta komponen pendukungnya. Mulai dari pengertian gaya, jenis, contoh, hingga hukum gaya.

Mengenal Gaya Adalah

Dilihat dari sudut pandang ilmu fisika dasar, gaya adalah suatu dorongan ataupun tarikan yang dilakukan dalam menggerakkan suatu benda. dengan adanya  gaya maka segala benda yang terdapat di muka bumi bisa digerakkkan sesuai yang dikehendaki. Adapun syaratnya benda tersebut bersifat tak terikat atau bebas.

Sama seperti adanya prinsip dan hukum gaya maka gaya pun mempunyai rumus tersendiri.  Gaya mempunyai besaran dalam satuan internasional resmi yang telah ditetapkan. Gaya adalah suatu besaran yang mempunyai arah dan berhubungan dengan terjadinya perubahan pada kondisi benda yang bergerak.

Besaran gaya bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti perubahan bentuk, posisi, dan perubahan gerak. Gaya menjadi suatu hal yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia keseharian. Karena setiap kegiatan manusia atau benda yang  bergerak terdapat gaya.

Pendek kata, adanya gaya yang ada di dunia ini ditimbulkan oleh berbagai faktor. Misalkan faktor pergerakan badan. Contohnya dalam rangka melakukan perbuatan atau melakukan pemindahan suatu barang.

Gaya menjadi suatu materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA yang berkaitan dengan ilmu fisika. Adapun konsep, rumusan dan besaran gaya berkaitan dengan hukum gerak yang disampaikan oleh Isaac Newton tahun 1968 pada bukunya Principia Mathematica.

Semua pakar setuju dan sama persepsinya terhadap pengertian gaya. Gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan yang kuat atau lemah. Besaran gaya ditentukan berdasarkan  sejauhmana pergerakan suatu objek manusia atau benda bersangkutan.

Gaya termasuk salah satu kajian ilmiah yang dipelajari pada mata pelajaran fisika dengan seksama. Materi fisika yang paling dasar dan sering pertama kali harus dikuasai oleh pelajar adalah materi gaya dan besaran serta komponennya.

Gaya yang terdapat pada sebuah objek benda atau manusia diberikan lambang satuan  atau simbol huruf N. Disamping itu, terdapat rumus gaya yang berdasarkan kaidah standar internasional dan hukum ilmu fisika yang mutlak kebenarannya.

Ilmu fisika tentang gaya yang kamu pelajari sangat bermanfaat dalam mempelajari materi lainnya dalam ilmu fisika tingkat lanjut.

Pengertian Gaya dan Contohnya

Berdasarkan referensi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya merupakan sebuah kemampuan bertindak  dan lainnya. Sedangkan menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada situs resminya dijelaskan pengertian gaya adalah sebagai sebuah tarikan atau dorongan yang bisa mengakibatkan terjadinya barang yang bergerak.

Dalam ilmu fisika, besaran gaya diberikan simbol dengan huruf F yang artinya force. Sedangkan satuan internasionalnya atau SI menggunakan huruf N atau Newton. Newton sendiri adalah salah satu nama ilmuwan terkenal dunia dalam bidang fisika dan matematika. Sir Isaac Newton sangat berjasa dalam ilmu fisika.

Adapun alat yang khusus dipergunakan dalam mengukur besaran gaya pada suatu benda dinamakan dengan nama neraca pegas atau dynamometer.

Untuk memahami pengertian gaya adalah dengan melihat contoh berupa permainan ayunan. Pada waktu kamu sedang melakukan ayun-ayunan maka itu tak langsung berkaitan dengan suatu gaya. Permainan ini merupakan suatu bentuk perwujudan dari implementasi gaya dalam kehidupan sehari-hari yaitu gaya dorong.

Secara mudah, pengertian gaya adalah semua kegiatan yang bisa melakukan pengaruh terhadap situasi barang.  Misalkan pada waktu berlangsung permainan ayunan, seseorang memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan suatu aktifitas pendorongan. Itu adalah bentuk contoh implementasi dari gaya.

Prinsip Gaya

Sedangkan berkaitan prinsip gaya yang disampaikan oleh Isaac Newton yaitu sebuah objek barang yang bergerak seragam atau terdiam maka barang tersebut pada dasarnya diam hingga terdapat suatu gaya yang menggerakkannya.

Disamping mampu menggerakkan suatu benda diam maka prinsip gaya berikutnya adalah mampu menghentikan barang yang bergerak sehingga terdiam. Hal ini tentu saja membutuhkan tarikan pada barang bergerak tersebut agar diam. Itu semua memerlukan gaya bernama gaya tarik.

Sifat Gaya

Gaya menjadi suatu hal yang  sehari-hari ditemukan dalam kehidupan manusia. Gaya sendiri membutuhkan suatu komponen yang bernama tenaga untuk memicunya timbul. Pendek kata,  tenaga  mampu menghasilkan suatu gaya. Kian tinggi tenaga yang dikeluarkan maka kian tinggi pula gaya yang dihasilkan pada benda tersebut.

Berikut ini beberapa sifat gaya berdasarkan hukum dan konsep ilmu fisika yang penting kalian tahu.

1.Mampu melakukan perubahan terhadap arah gerak objek barang

Perubahan arah gerak benda dapat dilakukan dengan melakukan suatu gaya pada barang tersebut yang besarannya bervariasi.

Salah satu sifat gaya dalam kehidupan manusia sehari-hari adalah mampu menggerakkan suatu barang dalam kondisi diam menjadi bergerak kepada satu arah ataupun arah yang dikehendakinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara upaya mendorong dan memindahkan barang tersebut.

Misalkan pada waktu sepeda motor atau mobil mengalami mogok maka diperlukan suatu gaya untuk mendorong dan memindahkannya. Pendek kata, aktifitas mendorong apapun. Seperti mendorong ayunan, mobil, motor, sepeda dan lain sebagainya merupakan bentuk contoh dari adanya suatu gaya pada barang bersangkutan.

Sementara itu, adanya gaya adalah disebabkan oleh posisi suatu benda yang diam dan dapat bergerak atau berpindah.  Untuk besarannya dapat diukur berdasarkan rumus besaran gaya.

2.Merubah wujud barang

Sifat berikutnya dari gaya adalah bisa melakukan pengubahan pada wujud suatu barang. Misalkan perubahan materi benda padat menjadi cair dan sebaliknya.

3.Perubahan letak posisi

Sedangkan sifat terakhir dari gaya adalah bisa melakukan perubahan pada letak posisi barang melalui proses memindahkan atau menggerakkannya.

Fungsi Gaya

Gaya berfungsi untuk berbagai kegiatan manusia. Untuk lebih jelas, fungsi-fungsi gaya adalah meliputi:

1.Memindahkan benda

Memindahkan benda yang diam hingga bergerak ke posisi yang diinginkan. Misalkan seseorang yang memindahkan meja yang diam ke tempat yang ditentukan. Dengan cara mengangkat atau mendorong meja tersebut.

2.Menghentikan benda yang bergerak

Fungsi gaya berikutnya adalah menghentikan benda yang bergerak menjadi diam. Misalkan pada roda ban sepeda motor yang berputar. Tapi setelah dilakukan pengereman terjadilah penghentian. Begitu pula pada bola yang berputar di daratan. Namun setelah ditahan menggunakan kaki maka bola tersebut terhenti atau diam.

3.Menambahkan laju kecepatan benda bergerak

Fungsi selanjutnya dari gaya adalah menambah pergerakan suatu benda lebih kencang lagi. Misalkan pada kendaraan bermotor roda empat seperti truk yang berjalan lambat.  Namun setelah dilakukan penginjakan pedal gas maka truk melaju di jalan raya lebih cepat.

4.Mengubah wujud benda

Terakhir, fungsi gaya adalah melakukan perubahan wujud. Misalkan  pada bentuk botol plastik yang tiba-tiba berubah sesudah dilakukan penginjakan padanya.

Jenis Gaya

Ada banyak macam ragam jenis gaya yang terdapat di dunia ini. Namun secara garis besarnya, berdasarkan kategorinya, terdapat dua jenis gaya adalah sebagai berikut:

A.Gaya Sentuh

Gaya sentuh adalah sebuah gaya yang berlangsung manakala munculnya sumber daya yang melakukan persentuhan secara langsung pada suatu barang yang menerima gaya. Sehingga menimbulkan beberapa jenis gaya. Seperti gaya pegas, gaya gesek,dan gaya normal.

Sedangkan berdasarkan sumber gaya sentuh, macam-macam gaya adalah sebagai berikut:

1.Gaya pemulih pada pegas

Gaya pemulih pada pegas adalah suatu gaya mengakibatkan barang yang bergerak  kepada satu titik yang seimbang. Misalkan kamu melakukan lompatan pada kasur springbed maka akan tampak gaya pemulih pada pegas yang melakukan pendorongan ke arah atas.

2.Gaya gesek

Gaya gesek adalah suatu gaya yang berlangsung saat 2 buah permukaan barang melakukan persentuhan satu sama lain. Pergerakan dari gaya gesek memiliki kecenderungan arah yang berlawanan dari pergerakan barang secara normal pada umumnya.  Misalkan pada waktu kamu sedang melakukan pendorongan pada meja maka akan timbul gaya gesek lantai pada bagian lantai dan kaki meja.

Contoh gaya gesek lainnya tatkala ban sepeda motor berputar menggesek jalan aspal. Ataupun sebuah roda berputar untuk menajamkan pisau.

3.Gaya normal

Gaya normal adalah gaya yang dapat terjadi pada saat 2 buah barang melakukan sentuhan satu sama lain dengan sifat gaya adalah tegak lurus. Contoh gaya normal adalah pada waktu kamu memlih bersandar pada dinding rumah.

B.Gaya Tidak Sentuh

Gaya tidak sentuh adalah lawan dari gaya sentuh. Gaya tidak sentuh bekerja ketika suatu objek benda bergerak atau memiliki gaya tanpa bersentuhan langsung dengan objek pembuat gaya .

Berdasarkan kategori sumber gaya tidak sentuh, ada macam jenis gaya adalah melilputi:

1.Gaya listrik

Gaya listrik adalah suatu objek benda yang didorong hingga memiliki muatan listrik pada medan listrik. Contohnya pada objek elektron yang melakukan gaya tolak menolak.

2.Gaya magnet

Gaya magnet adalah suatu gaya yang muncul disebabkan terdapat medan magnet. Contoh pada waktu besi melakukan pendekatan dengan magnet. Secara otomatis besi akan tertarik medan magnet.

3.Gaya gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya tarik menarik yang berlangsung diantara dua benda yang memiliki massa. Misalkan gaya gravitasi bumi yang mengakibatkan buah kelapa mengalami  jatuh ke bagian bawah.

Contoh Gaya

Gaya yang terdapat di muka bumi ini dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh gaya adalah meliputi:

1.Gaya Otot

Setiap gaya yang dikeluarkan umumnya menggunakan otot-otot pada tubuh manusia. Sehingga menimbulkan istilah gaya otot. Adapun contoh gaya otot adalah situasi ketika seseorang mengangkat benda meja, mendorong suatu benda, menarik benda kursi dan lain sebagainya.  Semua itu tentu membutuhkan otot untuk melakukannya.

2.Gaya Pegas

Gaya pegas adalah suatu gaya yang berasal dari pegas yang dilakukan perenggangan. Adapun bentuk contoh gaya pegas adalah anak panah yang lepas dari busurnya.

3.Gaya listrik statis

Contoh gaya listrik statis adalah saat penggaris plastik digosokkan pada rambut berulang kali. Kemudian penggaris tersebut mampu menarik potongan-potongan kertas kecil.

4.Gaya gravitasi

Untuk contoh gaya gravitasi adalah setiap benda dilemparkan ke udara akan jatuh ke bawah.

Demikianlah ulasan tentang gaya adalah, baik pengertian, sifat, prinsip, manfaat, jenis, dan contohnya secara lengkap. Untuk lebih memahami mata pelajaran Fisika ini kalian bisa mengikuti les privat SMA terdekat di kota Anda. Semoga bermanfaat.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

3 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago