Umum

Guru Pemula dan Trik Mengelola Kelas

Secara umum guru pemula merupakan guru baru yang mulai mengajar di suatu lembaga persekolahan. Ini merupakan suatu tantangan untuk menapaki dunia profesionalitas sebagai seorang tenaga kependidikan. Setiap orang memiliki cita-citanya masing-masing, termasuk yang paling populer sejak dulu adalah menjadi seorang guru.

Untuk menjalani profesi sebagai tenaga pendidik tak segampang membalikkan telapak tangan. Seorang guru dituntut bukan hanya mampu mentransfer ilmu pengetahuan. Guru juga harus mampu memberi pengertian, perlindungan, mengayomi, membantu, membimbing  serta mendidik anak didik dengan baik.

Sehingga julukan bagi seorang guru salah satunya adalah tenaga pendidik. Tugas ini bukan hanya memberikan atau menyampaikan ilmu pengetahuan tapi juga mendidik sikap anak-anak murid dengan akhlak-akhlak yang baik.

Tenaga pendidik yang baik senantiasa berpikir bahwa anak didiknya seolah-olah anaknya sendiri yang perlu diberikan didikan secara baik disamping memberikan transfer ilmu pengetahuan. Tentunya dengan berpedoman pada semboyan Ki Hajar Dewantara bahwa guru harus memberikan contoh teladan yang baik kepada anak-anak muridnya.

Tanggung jawab seorang guru adalah meningkatkan kualitas hidup anak didiknya menjadi lebih baik dari segi keilmuan. Tenaga pendidik harus memastikan setiap anak didiknya dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari berdasarkan kualitas keilmuan dan sikap perbuatan yang dapat dilihat di lingkungan sekolah.

Karena itulah kepuasan seorang tenaga pendidik adalah ketika seorang guru menyaksikan anak didiknya bisa berhasil meraih impian-impiannya dan menjadi pribadi yang lebih baik darinya.

Guru Pemula

Seorang guru patut mendapatkan apresiasi terhadap jasa dan pengorbanannya selama ini.  Berbagai julukan bagi seorang guru seperti pahlawan tanpa tanda jasa membuktikan pengorbanan dan jasa seorang guru terhdap anak muridnya sangat besar. Guru bisa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mendidik tanpa berharap imbalan apapun dari anak didiknya.

Dalam proses memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta didikan yang baik, seorang guru pemula pastinya akan menghadapi berbagai kendala dan rintangan. Seperti murid yang selalu ribut di kelas atau melayani gaya belajar setiap murid yang berbeda-beda. Di sinilah letak keprofesionalan seorang guru dapat dilihat dari sikapnya terhadap anak didik.

Yang diperlukan bagi seorang guru baru adalah sikap penuh semangat dalam menyebarkan kebaikan atau ilmu pengetahuan kepada anak didik. Juga sikap sabar dalam menghadapi anak didiknya selama proses mengajar dan mendidik di kelas. Karena setiap peserta didik mempunyai gaya belajar dan karakter yang berbeda-beda.

Tips Mengajar Bagi Guru Pemula

Bagi seorang guru yang menjadi tanggung jawab dan tugas pekerjaannya sehari-hari di kelas adalah mengajar dan mendidik peserta didik. Bagi seorang guru senior yang telah melintang dalam dunia pendidikan pastinya akan mudah menjalani profesi sebagai guru.

Namun sebaliknya, bagi seorang guru baru perlu melakukan beberapa upaya penyesuaian untuk bisa menjadi seorang tenaga pendidik yang terbaik kepada peserta didik beserta mengajar anak didik secara baik dan benar.

Berikut ini beberapa tips mengajar bagi guru pemula, antara lain:

1.Melakukan persiapan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang guru baru adalah melakukan persiapan yang matang sebelum mengajar peserta didik di kelas. Yang mencakup terhadap materi apa saja yang akan diajarkan pada murid.

Seorang guru yang tanpa persiapan tentu membuat guru tersebut tidak akan maksimal dalam proses pengajaran di sekolah. Semisal guru tidak tahu apa materi yang harus disampaikannya. Hal inilah pentingnya sebuah kurikulum dibuat agar seorang guru dapat terarah dan merencanakan dengan baik sebelum memberikan pengajaran pada anak didik di kelas secara terstruktur dan sistematis.

Kalau seorang guru pemula tanpa persiapan berarti guru tersebut merencanakan gagal untuk melakukan pengajaran. Adapun manfaat persiapan mengajar bagi guru merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan tujuan untuk memastikan proses mengajar di kelas dapat berlangsung lancar dan sempurna serta sesuai harapan yang diinginkan oleh guru tersebut.

Adapun persiapan yang mesti dilakukan oleh seorang guru ada banyak hal. Seperti  mempersiapkan mental. Persiapan ini sangat penting bagi seorang guru baru supaya seorang guru bisa dengan tampil percaya diri di depan peserta didik dan mampu mengatasi setiap pertanyaan murid atau permasalahan dalam proses pengajaran.

Persiapan berikutnya adalah persiapan fisik. Hal tersebut bertujuan agar mengajar peserta didik dapat dilakukan penuh semangat dengan badan yang sehat bugar serta bisa lebih optimal dalam mengajar anak didik. Sangat tidak maksimal dan mengganggu jika seorang guru dalam mengajar dalam kondisi sakit. Seperti batuk yang tentu saja mengganggu proses belajar mengajar di kelas.

Oleh sebab itu, seorang guru yang baru mengajar dituntut untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama mengajar. Beberapa cara yang bisa ditempuh oleh guru pemula, antara lain :

  • Menerapkan pola hidup sehat sehari-hari seperti  makan makanan bergizi dan bervitamin secara teratur, tidak merokok, menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitarnya dll.
  • Rajin berolahraga setiap hari. Persiapan guru yang sangat penting adalah persiapan bahan materi  yang akan diajarkan. Seorang guru bisa mengikuti susunan materi pada kurikukum nasional. Hal tersebut berlaku juga untuk guru senior yang berpengalaman.

2.Menambah referensi

Dalam mengajar materi mata pelajaran di kelas tentu seorang guru memberikan materi berdasarkan referensi yang dimilikinya. Namun seorang guru tidak cukup mengandalkan satu referensi. Seorang guru dituntut untuk menambah referensi. Sehingga penguasaan terhadap materi pelajaran lebih luas dan lengkap sehingga bisa menjawab segala pertanyaan murid atas materi pelajaran tersebut.

Menambah referensi adalah suatu cara seorang guru bisa  belajar lebih banyak lagi. Dalam soal materi mata pelajaran bahkan teknik mengajar yang baik. Karena dalam dunia pendidikan, yang dituntut bukan hanya peserta didik agar terus belajar. Akan tetapi seorang guru khususnya guru baru juga dituntut setiap hari agar bisa fokus dalam belajar.  Guru harus belajar dalam meningkatkan kompetensinya menjadi seorang guru yang baik bagi anak didiknya.

3.Minta nasihat kepada senior

Tips mengajar bagi guru pemula yang harus dilakukan selanjutnya adalah meminta saran dan nasihat kepada guru-guru senior yang telah berpengalaman tentang metode terbaik yang dapat dilakukan dalam pengajaran kepada anak didik. Meminta nasihat dapat dilakukan oleh guru kepada rekan sesama pendidik maupun kepala sekolah sebagai atasannya.

Trik Mengelola Kelas Bagi Guru Pemula

Salah satu yang diperlukan oleh seorang guru supaya proses belajar mengajar di kelas dapat berlangsung secara lancar dan tertib adalah dengan memasstikan kelas dalam kondisi kondusif selamanya. Disinilah pentingnya keterampilan seorang guru dalam mengelola kelas secara baik dan benar khususnya bagi guru baru.

Pengelolaan kelas secara baik sangat dibutuhkan sejak sekolah itu berdiri dan menerapkan pembelajaran di kelas. Semua itu termasuk dalam administrasi dan manajemen atau pengelolaan sekolah yang lebih luas yang meliputi pengelolaan kelas di setiap ruangan.

Peraturan harus diadakan pada setiap sekolah khsususnya kelas sebagai bagian dari pengelolaan kelas yang baik dan benar pada tingkatan TK, SD, SMP dan SMA sampai perguruan tinggi. Berikut ini trik mengelola kelas bagi guru pemula yang perlu Anda tahu.

1.Memahami pentingnya pengelolaan kelas

Pengelolaan sebuah kelas sangat penting. Apalagi kelas  yang diperuntukkan bagi anak-anak sekolah dasar yang sukar diatur dan lebih senang bermain. Jangan sampai murid melawan guru. Dengan trik mengelola kelas yang baik dan benar akan memudahkan peningkatan kualitas belajar mengajar di kelas sekaligus meningkatkan prestasi siswa dalam belajar di sekolah.

2.Memahami materi mata pelajaran yang diberikan

Pengelolaan kelas yang utama bagi seorang guru baru adalah dalam setiap penyampaian materi mata pelajaran di kelas harus terlebih dahulu dipahami secara baik oleh guru. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah memahami dalam materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru di depan kelas.

3.Membuat ruangan kelas yang nyaman dan bersih

Trik mengelola kelas bagi guru pemula adalah memastikan kondisi kelas selalu nyaman dan bersih setiap hari terutama pada saat hendak diadakan proses belajar mengajar di kelas tersebut. Hal itu dapat diwujudkan dengan membuat sistem manajemen kelas yang terdapat unsur kerjasama antara murid dan guru.

Misalkan menerapkan aturan jadwal piket kebersihan ruangan kelas secara bergiliran pada setiap peserta didik maupun mengadakan kerja bakti bersama serta menerapkan aturan yang disepakati tidak membuang sampah sembarangan di ruangan kelas dan lain-lain.

Hal tersebut bertujuan agar kondisi kelas dalam keadaan kondusif, nyaman dan bersih selama pembelajaran dan pengajaran berlangsung di kelas oleh guru pemula.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

6 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago