Calistung (singkatan dari baca, tulis, hitung) ialah kemampuan dasar yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Untuk memulai pembelajaran calistung bisa dilakukan secara mandiri oleh orang tua atau dengan bantuan guru privat calistung. Saat memilih guru privat calistung perlu disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan psikologis anak, sehingga hasilnya bisa maksimal.

Layanan Terbaik Guru Privat Calistung

Ada sebagian anggapan yang berpendapat bahwa anak usia seharusnya tidak diajari calistung terlebih dahulu karena dapat membuat mereka jenuh belajar. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena di masa usia dini anak baru memulai eksplorasi lingkungan sekitar mereka. Namun ketika menginjak yang tepat, anak idealnya sudah diperkenalkan pada kemampuan mendasar membaca, menulis, dan berhitung.

  • Mengapa Harus Belajar Calistung?

Sebelum memasuki usia TK, beberapa orang tua sudah memulai start untuk mengajari anak mereka calistung. Ketika anak telah diperkenalkan pada huruf dan angka sejak dini, akan lebih mudah bagi mereka menyesuaikan diri saat sudah memasuki pendidikan (TK). Apalagi sekarang di TK sudah tergolong calistung lanjutan, bukan lagi dasar-dasar.

Anak yang sudah menguasai basic calistung sejak dini akan lebih mudah mempelajari banyak hal. Tak dapat dipungkiri jika sistem pendidikan di masa kini secara tak langsung mengharuskan peserta didik sekolah dasar menguasa tata bahasa dan kosakata cukup rumit. Oleh karena itu, anak harus dipersiapkan sejak dini agar bisa calistung secara mendasar.

  • Belajar Mandiri atau Dengan Tutor, Pilih Mana?

Ada ungkapan yang menyebutkan bahwa pendidikan anak paling utama berasal dari orang tua. Termasuk pembelajaran calistung, idealnya diajarkan langsung orang tua kepada anaknya. Hanya saja tidak semua orang tua mampu dan mempunyai waktu untuk mengajari anak-anak mereka. Alhasil, anak pun harus diajari oleh tutor atau guru privat.

Guru privat calistung membantu anak belajar dasar-dasar membaca, menulis, serta berhitung. Guru calistung profesional akan mempersiapkan metode tertentu agar anak bisa belajar secara efektif. Biasanya guru privat berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang tua dalam menentukan metode belajar yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak.

Setiap anak mempunyai kemampuan berkembang yang berbeda, demikian pula dengan kondisi psikologis mereka. Anak usia dini membutuhkan strategi belajar yang tidak sama dengan anak SD. Mereka harus dipandu, dibimbing, dan benar-benar diarahkan agar berkenan belajar secara sadar tanpa paksaan.

Poin itulah yang menjadi concern penting guru privat. Bagaimana caranya mengajari anak calistung yang mudah dipahami tanpa membuat psikologisnya tertekan? Setiap guru privat mempunyai jawaban yang berbeda. Sebelum orang tua menyewa jasa guru privat, alangkah lebih baik mempertimbangkan metode belajar yang mereka tawarkan untuk anak.

anak belajar dari guru privat calistung

Tips Memilih Guru Privat Calistung yang Handal

Orang tua tidak boleh sembarangan dalam memilih guru privat untuk mendampingi proses belajar anak. Secara alamiah, anak dapat belajar dengan cara learning by doing sehingga guru privat harus mampu menyesuaikan metode belajar yang membuat anak langsung praktik. Agar hasilnya maksimal, berikut tips yang bisa Anda coba dalam memilih guru privat untuk mengajari anak calistung.

  • Periksa Kualifikasi Akademik Guru

Poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih guru privat bagi anak adalah periksa kualifikasi akademiknya. Lebih baik pilih guru privat yang mempunyai bidang pendidikan sesuai untuk pembelajaran anak, misalnya sarjana jurusan pendidikan Meskipun tidak mewajibkan lulusan pendidikan menjadi tutor calistung, setidaknya guru yang menjadi lulusan bidang tersebut sudah memahami psikologi anak dan psikologi pendidikan.

Boleh saja memilih guru privat calistung yang berasal dari jurusan pendidikan untuk mengajari anak. Namun lebih baik Anda mempertimbangkan kualifikasi akademiknya guna melihat kompetensinya pada saat mengajar. Karena bagaimanapun juga, anak berhak mendapatkan pendidikan awal yang terbaik meskipun hanya belajar dasar-dasar calistung.

  • Pilihlah Guru Privat Berpengalaman

Ada perbedaan signifikan antara metode belajar yang diterapkan oleh guru privat berpengalaman dengan yang kurang pengalaman. Seorang guru privat les calistung yang berpengalaman sangat memahami bahwa peserta didik (dalam hal ini anak usia dini) harus dibimbing dan dibersamai dalam proses belajar caritung tanpa harus memaksa psikis mereka bekerja ekstra.

Adapun guru privat yang kurang berpengalaman tentu hanya akan menargetkan anak bisa membaca, menulis, serta menghitung tanpa benar-benar memperhatikan proses pembelajaran. Barangkali hasilnya memang benar anak bisa caritung, tetapi bisa saja cara belajarnya kurang tepat sehingga anak merasa tertekan dan justru tidak senang belajar.

Guru privat yang berpengalaman juga akan melakukan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran. Dengan melibatkan orang tua, guru akan merumuskan cara belajar yang terbaik sesuai kapasitas dan kemampuan anak. Berdasarkan pertimbangan itu semua, hendaknya orang tua memilih guru privat yang sudah berpengalaman agar hasilnya optimal.

  • Pilihlah Guru yang Beretika Santun

Etika dan tata krama merupakan hal penting diterapkan di mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran calistung. Pilihlah guru yang mempunyai sikap santun serta menjunjung tinggi etika dalam bersikap. Guru yang beretika juga turut memberikan teladan positif bagi anak, sehingga secara tak langsung mengajarkan anak bersikap santun.

  • Kenali Metode Belajar yang Ditawarkan

Ada guru privat calistung mandiri dan ada juga yang tergabung dengan lembaga. Sebenarnya tidak terlalu menonjol perbedaan keduanya. Guru privat yang tidak terikat lembaga memiliki metode pembelajaran sendiri, sama halnya dengan guru privat lembaga. Akan tetapi, guru privat yang berafiliasi dengan lembaga lazimnya mempunyai standar bimbel tinggi.

Biasanya lembaga privat yang sudah punya kredibilitas seperti EDUMASSTER akan menerapkan pedoman tertentu bagi para guru. Pedoman ini yang bisa dikembangkan menjadi beragam metode pembelajaran. Orang tua hendaknya mengenali metode belajar yang ditawarkan oleh setiap guru. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan psikis anak.

metode belajar guru privat calistung

  • Meminta Rekomendasi Terpercaya

Sebelum memilih guru privat, orang tua juga boleh meminta rekomendasi dari orang lain yang lebih paham. Guru privat yang bereputasi baik akan direkomendasikan oleh banyak orang. Jadi Anda bisa mengutamakan guru privat yang paling banyak disarankan orang-orang. Cari tau juga profil guru privat yang akan dipilih.

Namun jangan jadikan rekomendasi sebagai tolok ukur satu-satunya, karena masih banyak faktor yang harus diperhatikan ketika memilih guru calistung bagi anak. Meskipun bagi sebagian kalangan calistung hanyalah pembelajaran dasar, tak ada salahnya mencarikan guru privat terbaik agar anak juga lebih maksimal dalam belajar.

  • Pertimbangkan Biaya

Biaya juga menjadi aspek yang perlu dipertimbangkan. Prinsip ‘ada harga ada rupa’ juga berlaku dalam hal memilih guru privat. Biasanya guru yang sudah mempunyai reputasi bagus, berpengalaman, dan profesional di bidangnya akan menerapkan tarif mahal. Namun tidak jarang guru privat yang menawarkan sewa harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

Peran guru privat calistung sangat penting dalam membimbing kegiatan belajar bagi anak usia dini. Dengan demikian, pilihlah lembaga les privat yang tidak hanya meningkatkan kemampuan anak dalam calistung, tetapi juga menaikkan motivasi belajarnya. Lembaga privat EDUMASTER dengan tutor berpengalaman siap membantu belajar calistung bagi anak dengan suasana yang mengasyikkan.