Umum

Ilmu Keperawatan dan Prospek Kerjanya

Ilmu keperawatan adalah jurusan kuliah yang sangat popular. Program studi ini sangat diminati oleh mereka yang bercita-cita menjadi perawat. Profesi sebagai perawat saat ini sangat dibutuhkan banyak kalangan. Tak aneh jika setiap tahun pendaftar jurusan kesehatan ini sangat besar dan dikategorikan sebagai jurusan favorit di perguruan tinggi negeri dan swasta disamping jurusan kedokteran.

Jurusan keperawatan termasuk ke dalam kelompok jurusan Saintek. Hal yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini adalah ilmu pengetahuan tentang dunia keperawatan dan keterampilan dalam keperawatan yang dibutuhkan oleh seorang perawat.

Para lulusan SMA yang mengambil jurusan IPA di sekolahnya bisa melanjutkan kuliah dengan memilih jurusan ini pada SBMPTN ataupun SNMPTN. Namun untuk mengambil jurusan keperawatan sama seperti jurusan kuliah pada umumnya yakni harus memiliki minat, kemampuan dan karakter yang diperlukan pada jurusan ini.

Ilmu Keperawatan

Di dalam jurusan ilmu keperawatan maka seseorang akan memperoleh pengetahuan dan bimbingan seputar ilmu layanan kesehatan untuk para pasien. Ilmu ini secara garis besar terbagi ke dalam berbagai kategori berdasarkan jenjang pendidikan yakni D3, D4, S1, S2 dan doktor.

D3 keperawatan berfokus pada praktek dalam bidang keperawatan.  Seperti praktek di klinik, puskesmas, rumah sakit ataupun laboratorium.  Sedangkan S1 keperawatan memberikan porsi pembelajaran secara seimbang antara praktek di lapangan dan teori di ruangan kelas perkuliahan.

Untuk memasuki jurusan ilmu keperawatan tidak sembarangan. Orang yang mengambil jurusan ini mesti memiliki minat yang besar terhadap profesi perawat dan dunia keperawatan. Karena tidak setiap orang cocok menjadi perawat. Mereka yang cocok yang jadi perawat adalah mereka yang menyukai dunia pengabdian dibandingkan keuntungan pribadi.

Dengan memilih prodi keperawatan maka seseorang bersiap-siap untuk menjadi seorang  perawat yang akan senantiasa berjuang dalam kemanusiaan yakni melakukan perawatan dan pendampingan terhadap orang sakit dengan tekun dan telaten.

Ilmu Keperawatan Adalah?

Ilmu keperawatan merupakan salah satu jurusan yang dapat dipilih oleh seseorang yang tertarik pada dunia kesehatan khususnya dunia perawatan manusia.

Terdapat dua pilihan yang banyak dipilih orang dalam mengambil jurusan keperawatan yakni program studi D3 dan program studi S1 keperawatan.  Untuk menempuh pendidikan di S1 Keperawatan membutuhkan waktu sekitar 8 semester atau empat tahun.

Adapun yang dipelajari dari ilmu keperawatan adalah seputar teknik dan cara merawat personal manusia supaya dapat memperoleh kesehatan dan mempertahankan kondisi sehat secara baik. Disamping itu, disiplin ilmu ini mengajarkan cara memulihkan kondisi seseorang yang sedang sakit menjadi sehat kembali seperti sedia kala. Dengan kondisi badan yang sehat akan membuat manusia bisa beraktifitas sehari-hari secara normal dan maksimal.

Pendek kata, ilmu keperawatan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang memenuhi keperluan utama manusia yang meliputi fisik, kultural, spiritual, sosio, psiko dan terutama bio.

Pada tingkat pendidikan, sesudah lulus dari jurusan keperawatan maka peluang kerja yang dapat diambil adalah profesi sebagai perawat yang sifatnya secara luas. Seperti perawat gigi, perawat atau pengasuh bayi atau anak, pegawai sosial medis, perawat rumah sakit dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apa yang dipelajari dari ilmu keperawatan dapat pula disimak dari mata kuliah yang dipelajarinya. Berikut iini sejumlah mata kuliah yang dipelajari pada jurusan keperawatan, antara lain : Keperawatan Gerontik, Keperawatan, Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Dasar Dasar Keperawatan, Manajemen Keperawatan, Psikologi Dalam Keperawatan, Keperawatan Daerah Pantai, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Kesehatan Keluarga, Keperawatan Gawat Darurat,  dll.

Karakter Siswa Yang Dibutuhkan

Bagi anda yang ingin mudah mendapatkan lapangan pekerjaan saat ini maka kuliah ilmu keperawatan sangat tepat. Karena prospek kerjanya sangat luas dan tengah dibutuhkan banyak kalangan. Dari perorangan, rumah sakit, klinik sampai keluarga.

Mendengar jurusan keperawatan mungkin sebagian dari anda belum mengenalnya secara baik. Yang mencakup apa yang dipelajari, materi kuliah,   prospek kerja, perguruan tinggi yang menyediakan program studi keperawatan, jenjang pendidikan yang tersedia, dan lain sebagainya. Namun secara sekilas saja sudah dapat diketahui tentang apa yang dipelajari dari ilmu keperawatan yaitu ilmu-ilmu yang berkaitan dengan keperawatan manusia.

Secara umum, lulusan keperawatan bekerja sebagai perawat yang melakukan tugas pendampingan dokter dan bertugas memulihkan kondisi pasien yang sakit menjadi sehat melalui perawatan yang telah ditentukan sesuai ketentuan berlaku.

Untuk mengambil jurusan ilmu keperawatan maka dibutuhkan sifat dan kriteria berikut ini dari siswa bersangkutan, antara lain :

1.Tekun

Untuk memilih jurusan ilmu keperawatan maka seorang siswa dituntut untuk bersikap tekun. Karena dunia perawat dalam bidang kesehatan memerlukan ketekunan yang tinggi dalam merawat orang sakit hingga sehat kembali yang kadang membutuhkan waktu sangat lama.

2.Kritis dan detail

Seorang yang cocok dalam mengambil jurusan ilmu keperawatan adalah mereka yang memiliki karakter sangat detail dan kritis. Hal tersebut berguna untuk mendukung kelancaran bekerja selepas lulus dari kuliah.

3.Mampu bekerja secara mandiri maupun bekerjasama dalam tim

Seorang yang memilih jurusan imu keperawatan selanjutnya mesti memiliki sifat atau karakter bisa bekerjasama dalam satu tim secara baik dan juga mampu bekerja sendirian secara mandiri. Segala permasalahan di lapangan dalam dunia ilmu keperawatan mampu diatasi secara baik dan cepat.

Ilmu Dasar Keperawatan

Ilmu dasar keperawatan adalah suatu disiplin keilmuan keperawatan paling dasar yang bergerak dalam bidang kesehatan. Ilmu dasar kesehatan diperuntukkan untuk mengembangkan dan mempersiapkan sumber daya manusia-sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam bidang kesehatan dan perawatan khususnya  tenaga perawat.

Prinsip dasar ilmu keperawatan merupakan salah satu ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi jurusan keperawatan di bangku kuliah disamping mempelajari berbagai mata kuliah lainnya yang menjadi ciri khas.

Dengan belajar ilmu dasar keperawatan dan menguasainya secara baik menjadi suatu bekal berharga bagi mahasiswa mahasiswi jurusan keperawatan untuk menjalankan profesi sebagai tenaga perawat yang handal, berhasil dan profesional. Ilmu ini menjadi suatu ilmu dasar yang pertama kali diajarkan pada mahasiswa mahasiswi calon perawat.

Disamping mempelajari ilmu dasar keperawatan, ada banyak lagi materi kuliah bagi jurusan ilmu keperawatan. Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa materi yang dipelajari dari jurusan keperawatan, antara lain :

1.Konsep Dasar Keperawatan

Bidang ini mencakup pembahasan mengenai teori –teori ilmu keperawatan paling dasar beserta tokoh-tokoh pencetusnya. Pada mata kuliah ini juga akan diberikan pengajaran kepada mahasiswa tentang nilai-nilai keperawatan, dan etika keperawatan serta norma yang harus dipatuhi oleh tenaga perawat.

2.Asuhan Keperawatan

Materi mata kuliah ini melakukan pembahasan seputar langkah-langkah yang harus ditempuh dalam aktifitas pemberian layanan keperawatan yang baik dan benar kepada masyarakat atau pasien. Yang mencakup layanan dalam bidang spiritual, sosial, psikologis dan biologis.

3.Psikologi Dasar

Ilmu dasar keperawatan mencakup banyak hal. Salah satu yang dipelajarinya adalah psikologi dasar. Dengan ilmu ini, seorang calon perawat diberikan bekal berharga bagaimana cara memperlakukan pasien secara baik dengan melihat dari tindakan, sikap dan karakternya.

Gelar Sarjana Ilmu Keperawatan

Bagi mereka yang berminat kuliah pada jurusan keperawatan maka ada banyak perguruan tinggi yang membuka program studi S1 Ilmu Keperawatan. Waktu yang dibutuhkan untuk lulus pada jenjang S1 sekitar empat tahun setelah menempuh pendidikan tinggi selama 8 semester.

Sesudah lulus dari jurusan keperawatan dengan gelar sarjana ilmu keperawatan maka tidak bisa langsung menjadi seorang perawat rumah sakit. Namun memerlukan pendidikan tambahan yang disebut Pendidikan Profesi Ners dalam waktu satu tahun.

Pendidikan pada jurusan ilmu keperawatan terbagi ke dalam berbagai kategori, antara lain :

1.Pendidikan Vokasi

Ini terdiri-dari jenjang D3 atau D4 keperawatan. Untuk D3 keperawatan dapat ditempuh dalam jangka waktu tiga tahun raihan gelar akademik Amd.Kep atau Ahli Madya Keperawatan

2.Pendidikan Profesi

Untuk pendidikan profesi keperawatan maka terlebih dahulu kuliah S1 Jurusan Ilmu Keperawatan selama empat tahun. Kemudian diteruskan dengan kuliah pendidikan profesi keperawatan selama satu tahun.

3.Pendidikan Spesialis dan Magister

Untuk tingkatan lebih lanjut maka dapat mengambil kuliah Magister atau spesialis Keperawatan.

4.Pendidikan tingkat doktoral

Jenjang pendidikan keperawatan yang paling tinggi adalah mengambil pendidikan doktoral keperawatan yang bertugas melakukan penelitian mengenai ilmu ini.

Untuk anda yang mau kuliah pada jurusan ilmu keperawatan bisa masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta yang membuka jurusan ini jenjang D3/D4 atau S1. Untuk universitas terbaik dan paling tua daalam membuka jurusan keperawatan di tanah air adalah Universitas Indonesia.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Berkaitan dengan prospek kerja jurusan ilmu keperawatan dapat dibilang sangat cerah. Mereka yang mengambil jurusan keperawatan sudah tentu diorientasikan bekerja dalam dunia kesehatan dan keperawatan. Berbagai sektor industri swasta maupun pemerintahan membutuhkan lulusan jurusan ini yang bisa berprofesi sebagai perawat. Prospek kerja bidang ini bukan hanya bekerja di dalam negeri tapi sampai ke luar negeri.

Situasi saat ini profesi sebagai perawat dibutuhkan sekali oleh banyak kalangan. Seperti lembaga ataupun perorangan.  Untuk profesi perawat saat ini terbagi ke dalam berbagai kategori yang lebih spesifik. Yang meliputi perawat keluarga, perawat medikal bedah, perawat jiwa, orang yang ahli dalam manajemen keperawatan, perawat gawat darurat, perawat maternitas, perawat anak, dan lain sebagainya.

Perbedaan Ilmu Keperawatan Dan Keperawatan

Profesi sebagai perawat merupakan profesi yang terhormat dan memiliki prospek yang sangat cerah sekarang ini. Namun untuk menjadi seorang perawat harus mengikuti jalur pendidikan tertentu yang harus ditempuhnya yaitu pendidikan perawat. Lantas apa perbedaan ilmu keperawatan dan keperawatan?

Untuk masuk ke ke dalam jurusan pendidikan profesi perawat mesti mengikuti beberapa tes  layaknya tes masuk dalam perguruan tinggi. Tes tersebut terdiri dari tes psikotes maupun tes tulisan serta tes buta warna dan tes kesehatan.

Disamping itu, seorang calon perawat yang akan memasuki pendidikan profesi perawat mesti melalui tes tinggi badan dan berat badan yang ideal. Tinggi badan minimal yang disyaratkan adalah 155 centimeter. Beberapa calon mahasiswa mahasiswi pendidikan  profesi perawat mengalami tidak lulus dalam tes berkaitan tinggi badan yang kurang memadai.

Perawat berkaitan dengan disiplin ilmunya dan praktek keperawatan itu sendiri. Terdapat beberapa perbedaan ilmu keperawatan dan keperawatan.  Disiplin ini berkaitan dengan ilmu-ilmu yang dipelajari dalam keperawatan.

Sedangkan keperawatan berkaitan dengan jenjang pendidikan keperawatan.  Terdapat berbagai jenjang pendidikan keperawatan yaitu D3 Keperawatan, D4 Keperawatan, S1 Keperawatan, S2 sampai doktor. Itulah perbedaan ilmu keperawatan dan keperawatan.

Bagi yang memilih jurusan keperawatan mesti mengukur diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Orang yang memilih jurusan keperawatan mesti mempunyai jiwa suka menolong orang lain.

Karena sifat ini akan memudahkan dalam belajar dan bekerja di  bidang keperawatan. Lulusan keperawatan yang memilih bergerak dalam bidang kesehatan sudah pasti bekerja dalam bidang kesehatan. Seperti bisa memilih profesi sebagai tenaga perawat.

Adapun yang menjadi alasan jurusan ilmu keperawatan sangat cerah prospeknya. Disebabkan kesehatan merupakan kebutuhan utama manusia. Manusia rela membayar biaya semahal apapun demi alasan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Yang dipelajari dari dunia keperawatan mencakup ilmu sains dan ilmu sosial. Selain menguasai keperawatan secara sains yang dipelajari secara teori serta praktek. Ilmu keperawatan  juga mempelajari  ilmu sosial dalam memperlakukan manusia untuk pemulihan kesehatan.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

9 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago