Categories: Uncategorized

IPA SMP: Konsep, Materi, Modul dan Contoh Soalnya

IPA SMP terdiri atas berbagai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diajarkan pada siswa siswi SMP. Ada banyak manfaat pelajar SMP mempelajari bidang studi IPA. Utamanya untuk meningkatkan pemahaman para pelajar terhadap pentingnya lingkungan alam bagi manusia dan dirinya sendiri.

Alam adalah sebagai sumber energi bagi manusia yang melimpah dan tanpa batas. Misalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi pangan atau makanan, manusia seringkali bertanam atau bercocok tanam.

Untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan, manusia bertanam pohon buah-buahan. Begitu juga alam menyediakan oksigen yang bersih dan gratis bagi manusia setiap harinya lewat bantuan fotosintesis tumbuh-tumbuhan.

Materi IPA di SMP

Mulai tahun ajaran 2022/2023, materi IPA SMP sudah menggunakan kurikulum baru yang disebut Kurikulum Merdeka. Namun penerapan kurikulum baru ini berlangsung secara bertahap. Artinya, Kurikulum Merdeka utamanya berlaku untuk kelas 7 saja. Sedangkan untuk siswa SMP kelas 8 dan 9 masih menggunakan Kurikulum 2013 revisi 2018.

Adapun materi IPA di SMP tergolong pada berbagai kategori. Selain itu pelajaran IPA untuk level SMP masih menggabungkan materi untuk pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia.

Secara garis besar terdapat empat kategori materi IPA di  SMP yang meliputi materi IPA untuk kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Juga ada materi IPA SMP kurikulum internasional.

Materi IPA SMP Kelas 7

Mulai tahun ajaran 2022/2023, materi IPA SMP kelas 7 sudah menggunakan kurikulum baru yang disebut Kurikulum Merdeka. Pengajaran IPA untuk siswa SMP kelas 7 ini berguna sebagai pembuka siswa SMP dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam. Pada materi pelajaran SMP untuk kelas 7 ini berlaku untuk dua semester.

Berikut ini rincian materi IPA SMP kelas 7 pada semester satu dan dua yang meliputi:

1.Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Materi IPA SMP kelas 7 semester satu membahas tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Pada pembahasannya dijelaskan apa saja yang dipelajari dari objek IPA secara umum.

Pada materi tersebut dijelaskan mengenai apa saja objek yang dipelajari dari bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Sains. Pada intinya, objek yang dipelajari IPA adalah seluruh benda yang terdapat di muka bumi. Dari mulai benda berukuran kecil seperti atom, virus, bakteri, makhluk hidup dll.

2.Zat dan Perubahannya

Pelajaran ini termasuk materi IPA kimia. Adapun yang dikaji lebih dalam pada materi IPA kimia adalah perubahan zat, penyusunan zat, materi zat dan lain sebagainya.

3.Suhu, Kalor, dan Pemuaian

4.Gerak dan Gaya

5.Klasifikasi Makhluk Hidup

Materi yang masuk dalam IPA Biologi ini membahas mengenai suatu sistem kehidupan makhluk dari yang terkecil sampai besar serta makhluk yang lebih luas lainnnya di bumi. Termasuk tentang sistem organisasi kehidupan makhluk hidup.

Sub materi mencakup sistem organ dan organisme, organ-organ pada hewan dan tumbuhan, jaringan-jaringan pada binatang dan tumbuhan, sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan.

6.Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Pada pelajaran ini akan membahas tentang Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ini mencakup pengertian lingkungan, pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem, interaksi ekosistem membentuk suatu pola, hal-hal yang dijumpai pada suatu lingkungan.

Juga akan dibahas tentang masalah pencemaran lingkungan. Ini termasuk pada pengertian pencemaran dan berbagai bentuk pencemaran lingkungan di tanah, udara dan air. Termasuk tentang pemanasan global yang meliputi pengertian, penyebab, dampak dan upaya untuk mengatasinya.

7.Bumi dan Tata Surya

Pelajaran IPA SMP mempelajari juga benda berukuran besar, seperti bumi dan benda-benda langit. Contohnya matahari, bulan, bumi, laut, planet di luar angkasa dan lain sebagainya.

IPA yang terkonsentrasi pada ilmu bumi dan antariksa membahas tentang asal lahir terbentuknya bumi dan langit. Sehingga keduanya terpisah sampai menjelaskan pula kondisi benda-benda langit lainnya seperti bintang, planet, meteorit, asteroid dll dari awal terciptanya sampai kondisi sekarang.

Materi IPA SMP Kelas 8

Untuk materi IPA SMP Kelas 8 belum menggunakkankurikulum baru melainkan masih dengan Kurikulum 2013 dengan Revisi 2018. Materi ini juga terbagi ke dalam semester satu dan dua. Kedua materi ini akan diajarkan oleh guru secara berjenjang susesuai dengan semester yang berjalan.

IPA Kelas 8 SMP Semester 1

1.Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Pokok materi ini memiliki sub pembahasan yang terdiri dari:

  • Konsep gerak yang terdiri-dari Hukum Newton, Gaya dan Gerak lurus
  • Sistem gerak manusia yang meliputi pembahasan yakni : otot, sendi, rangka, upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia, gangguan dan kelainan pada sistem gerak dan upaya mencegah dan mengatasinya.

2.Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Yang mencakup pengertian usaha dan jenis-jenis pesawat sederhana beserta prinsip kerja pesawat sederhana pada sistem gerak manusia.

3.Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Pada sub tema ini mempelajari tentang :

  • Struktur dan fungsi akar, bunga,daun, batang  dan buah serta biji
  • Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
  • Teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan.  Yang meliputi alat pemurnian air, lapisan pelindung dan pengkilap, sensor cahaya dan panel surya atau solar cell.

4.Sistem Pencernaan Manusia

Materi tentang sistem pencernaan manusia ini terdiri dari organ pencernaan manusia dan gangguan pada sistem pencernaan manusia

5.Zat Aditif dan Zat Adiktif

6.Sistem Peredaran Darah Manusia

IPA Kelas 8 SMP Semester 2

Sedangkan pada materi IPA di SMP kelas 8 semester 2, antara lain meliputi pengajaran tentang:

1.Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

2.Sistem Pernapasan Manusia

3.Sistem Ekskresi Manusia

4.Getaran dan Gelombang Dalam Kehidupan Sehari-hari

5.Cahaya dan Alat Optik

Materi IPA SMP Kelas 9

Materi IPA SMP kelas 9 juga masih menggunakan kurikulum lama, yaitu Kurikulum 2013 Revisi. Materi ini juga meliputi untuk semester satu dan dua. Berikut ini materi selengkapnya.

Materi IPA SMP Kelas 9 Semester Satu

Berikut ini daftar materi IPA pada kelas 9 SMP  pada semester satu yang meliputi:

1.Sistem Reproduksi pada Manusia

Pada materi tentang Sistem reproduksi pada manusia mencakup sistem reproduksi wanita, fertilisasi dan kehamilan.

2.Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan

Pada bagian ini juga masih tentang sistem reproduksi namun pada tumbuhan. Materi ini meliputi sistem perkembangbiakan pada tumbuhan gymnospermae, teknologi reproduksi, dan reproduksi aseksual pada hewan.

3.Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

4.Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

5.Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari

Padda bagian tentang Listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari juga akan mempelajari sumber-sumber energi listrik lainnya.

Materi IPA SMP Kelas 9 Semester Dua

Sedangkan materi IPA SMP kelas 9 semester dua, antara lain:

1.Kemagnetan dan Pemanfaatannya

2.Bioteknologi

3.Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Pada pelajaran tentang Partikel penyusun benda mati dan makhluk hidup ini terdiri dari sub bahasan ion dan karakteristik benda dan nomor atom dan nomor massa.

4.Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan

5.Teknologi Ramah Lingkungan

Pembahasan teknologi ramah lingkungan meliputi pada penggunaan bahan energi di alat-alat  transportasi. Seperti kereta api,kapal, mobil, dan sepeda motor serta lain sebagainya.

Materi IPA SMP Kurikulum Internasional

Kurikulum pendidikan di sekolah yang terdapat di Indonesia, umumnya menggunakan kurikulum nasional. Sedangkan sebagian sekolah swasta menggunakan kurikulum internasional. Seperti kurikulum IB, Cambridge, kurikulum Singapura dll.

Lantas bagaimana materi IPA SMP kurikulum internasional? Sekolah yang menggunakan kurikulum Cambridge internasional  mempunyai ketetapan setiap peserta didik dibebaskan dalam belajar suatu mata pelajaran yang sangat diminatinya. Seperti pada Ilmu Pengetahuan Alam.

Contohnya seorang siswa SMP sangat menyukai pembelajaran pada bidang studi IPA maka siswa tersebut tak harus belajar IPS atau sejarah. Peserta diberikan kebebasan dalam pemilihan mata pelajaran yang diminatinya untuk dipelajari. Sehingga peserta didik bisa fokus dan paham terhadap konsep materi IPA.

Sang guru IPA di sekolah internasional mampu mengemas materi IPA SMP secara menarik dan idak membosankan. Semua berkat pengalaman dan keterampilan mengajar dari tenaga pendidik IPA di sekolah internasional yang profesional. Pengajaran IPA menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris.

Bukan hanya dari segi bahasa pengantar dalam pembelajaran IPA di SMP menggunakan bahasa inggris. Namun pada sekolah internasional pun menggunakan buku-buku panduan dan penunjang  IPA yang menggunakan teks bahasa inggris.

Pembelajaran SMP kurikulum internasional memiliki tujuan dalam rangka mempersiapkan anak dalam menghadapi era globalisasi yang semakin terbuka luas. Dengan demikian, seorang anak bisa menghadapi era globalisasi dengan kemampuan bahasa inggrisnya dan kemampuan studi ilmiahnya tentang lingkungan alam sekitarnya.

Pentingnya Pembelajaran IPA SMP

Tahukah kamu apa pentingnya pembelajaran IPA SMP? Fungsi dan peranan pembelajaran IPA pada siswa siswi tingkat SMP sangat penting.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab pentingnya pembelajaran mata pelajaran IPA pada sekolah SMP yang meliputi:

  1. Membangkitkan rasa ingin tahu yang tinggi seorang pelajar SMP terhadap kondisi alam dan makhluk hidup atau mati yang terdapat di sekitarnya
  2. Menambah pengetahuan terhadap kondisi alam dan hukum-hukumnya
  3. Menjaga dan melestarikan alam di sekitarnya. Hal tersebut mengetahui pentingnya menjaga alam tetap lestari. Sebab dampak buruk alam yang rusak dan tak lestari bisa mengakibatkan banjir, longsor dan lain sebagainya
  4. Memberikan solusi atas kerusakan alam. Dengan seorang siswa SMP belajar IPA berarti mampu memberikan solusi atas permasalahan lingkungan alam yang tengah terjadi. Misalkan di daerahnya terjadi longsor maka salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk tidak menebang pepohonan. Tapi rajin melakukan penghijauan di daerah rawan longsor.
  5. Urgensi pentingnya mempelajari mata pelajaran IPA pada tingkat SMP adalah untuk  membangkitkan rasa cinta terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Sehingga senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitarnya.
  6. Meningkatkan pemahaman pelajar SMP terhadap pentingnya alam bagi manusia.

Konsep Pembelajaran IPA SMP

Berikut ini beberapa konsep pembelajaran IPA SMP yang penting untuk diketahui.

  1. Pembelajaran IPA SMP tidak lagi sebagai disiplin ilmu mandiri. Tapi pembelajaran IPA di SMP menjadi suatu keilmuan yang terpadu. Misalkan pada IPA terdapatnya ilmu pengetahuan bumi dan antariksa, ilmu fisika dan ilmu biologi.
  2. Pembelajaran IPA di SMP memberikan pengetahuan yang dalam kepada para pelajar tentang situasi aktual alam sekitar. Sehingga peserta didik mampu mencari jalan keluar atas masalah lingkungan alam yang dihadapinya.
  3. Pembelajaran IPA SMP dilakukan secara sistematis, logis, ilmiah dan masuk akal. Semua materi IPA diberikan secara konseptual dan praktikum di lapangan. Sehingga pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan alam semakin meningkat.
  4. Untuk pembelajaran mata pelajaran IPA di SMP perlu dilakukan dengan kerja kelompok dengan praktek dan evaluasi. Peran aktif semua siswa dibutuhkan terutama dalam kerja kelompok yang dilakukan bersama.
  5. Pengalaman berupa praktek percobaan menjadi bagian dari proses pembelajaran IPA. Secara berkala, selesai materi IPA, guru bisa memberikan tugas percobaan dan penelitian pada peserta didik SMP. Namun semua itu diusahakan tingkatan tugas masih dalam sifatnya sederhana.
  6. Apabila ada materi pelajaran IPA yang kurang dapat dipahami oleh peserta didik maka peserta didik tersebut bisa langsung aktif. Salah satunya dengan bertanya langsung kepada guru IPA di depan kelas atas materi yang kurang dimengertinya.

Itulah konsep pembelajaran IPA SMP berdasarkan kurikulum 2013. Semua itu dilakukan untuk memudahkan peserta didik dan guru kelas dalam pembelajaran IPA tersebut di ruang kelas. Seringkali dalam mempermudah siswa siswi SMP dalam urusan pembelajaran IPA seringkali guru menyiapkan modul pembelajaran IPA di SMP.

Modul Pembelajaran IPA SMP

Modul pembelajaran IPA SMP menjadi pegangan bagi guru dan peserta didik. Modul untuk kpembelajaran IPA pada jenjang SMP berisi tugas-tugas dan latihan demi latihan yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Semua itu berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap penguasaan materi pada mata pelajaran IPA.

Contoh Soal IPA di SMP

Contoh soal IPA di SMP sangat beragam dan banyak. Ini terdiri dari contoh soal esai dan pilihan ganda. Terdapat kelebihan dari soal piihan ganda yang peserta didik tinggal memilih salah satu jawaban yang tepat yang telah disediakan.

Berikut ini contoh soal IPA di SMP dalam bentuk soal pilihan ganda yangbisa untuk latihan belajar.

Contoh Soal 1

Kelompok zat berikut ini adalah kategori unsur, antara lain :

A.Alkohol, air dan minyak

B.Tembaga, besi dan air

C.Fosfor, natrium dan karbon

D.Udara, hidrogen dan raksa

Sebelum menjawab soal IPA SMP ini pastikan mengetahui yang dimaksud unsur adalah sebuah zat tunggal tak bisa dilakukan penguraian kembali jadi zat lain walaupun memakai reaksi kimia. Misalkan pada karbon, natrium dan fosfor. Sehingga jawaban tepat adalah C.

Contoh Soal 2

Planet Pluto dengan planet bumi memiliki jarak sejauh 5.900 juta kilometer. Lalu berapakah jarak jika dihitung berdasarkan satuan astronomi? (dengan keterangan 1 SA= 150 juta kilometer)

A.49,3

B.36,6

C.32,3

D.39,3

Mencari jawaban dengan membagi jarak dengan 1 SA. Sehingga dapat diperolah 5.999 juta dibagi 150 juta km = 39,3 SA.  Jawaban yang benar yaitu D.

Contoh Soal 3

Sesudah dilaksanakan kegiatan observasi, massa sejumlah telur yaitu 0,5 kilogram. Kemudian yang menjadi bahan pertanyaannya adalah observasi yang dilaksanakan semua itu termasuk kategori observasi atau pengamatan apa?

A.Pembuatan interferensi

B.Mengkomunikasikan

C.Pengamatan kuantitatif

D.Pengamatan kualitatif.

Jawaban yang benar adalah C. Dengan alasan pengamatan kuantitatif adalah sebuah observasi yang dipakai memakai alat bantu ukur. Seperti halnya pengukuran pada telor sebanyak 0,5 kg.

Demikian artikel tentang IPA SMP, baik tentang konsep pembelajaran, materi, modul hingga contoh soalnya. Jika kalian ingin meningkatkan prestasi untuk mata pelajaran IPA bisa mengikuti les privat SMP terbaik yang ada di daerah kamu. Semoga bermanfaat.

Yusuf C

Recent Posts

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar Sebelum Ujian

Cara mengatasi stress saat belajar merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan siswa saat ini.…

18 jam ago

Panduan Mengenal Sekolah untuk Nakhoda yang Tepat

Sekolah untuk Nakhoda merupakan tiga kata yang mungkin saja terdengar asing di telinga kalian. Tahukah…

3 hari ago

Mengenal Taman Kanak-Kanak Luar Biasa

Taman kanak-kanak luar biasa adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan berkembang…

3 hari ago

Mengenal Sekolah Dasar Luar Biasa untuk Mengembangkan Potensi Anak

Sekolah dasar luar biasa merupakan sebuah tempat di mana anak-anak istimewa dapat belajar dan tumbuh…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ABK

Peran penting shadow teacher ABK terhadap anak berkebutuhan khusus yang memerlukan dorongan khusus untuk mencapai…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ADHD

Sebelum membahas shadow teacher ADHD, anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) banyak tantangan yang…

4 hari ago