Umum

Isoton Adalah: Pengertian dan Contoh Unsurnya

Isoton adalah suatu inti dari atom yang mempunyai neutron yang jumlahnya sama. Namun dari segi protonnya mempunyai jumlah yang sangat berlainan. Hal ini membuat terjadinya nomor atom yang juga berlainan. Dengan demikian dapat dikatakan pula isoton mempunyai selisih A –Z dengan nomor massa dan nomor atom yang berlainan.

Belajar kimia dapat dilakukan di bangku sekolah formal. Seperti pada pokok pembahasan tentang  isoton sesuai kurikulum yang diajarkan pada bangku SMP kelas 8 pada mapel Kimia. Pembahasan materi tentang isoton adalah berkaitan erat sekali dengan isotop dan Isobar. Namun karena materinya yang sangat luas maka dapat difokuskan pada materi tentang isoton terlebih dahulu.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang materi isoton kita dapat mempelajari dari mulai pengertian isoton, perbedaan isoton dengan isotop dan isobar serta contoh unsur dari isoton.

Pengertian Isoton Adalah

Pengertian isoton adalah suatu unsur yang merupakan kelompok atom dan memiliki unsur-unsur yang berlainan.  Dalam hal ini Isoton mempunyai neutron dalam jumlah sama. Hal inilah yang menjadikan atom-atom yang terdapat pada isoton memiliki nomor massa dan nomor atom yang berlainan.

Mengutip dari Wikipedia, isoton adalah nuclida yang mempunyai neutron dengan nomor yang sama, namun nomor massa yang berlainan. Untuk contohnya adalah  Hidrogen -2 atau Helium -3. Kedua unsur tersebut mempunyai jumlah netron yang sama yakni satu. Begitu juga pada unsur Magnesium dan Natrium yang mempunyai jumlah neutron yang sama berjumlah 12.

Dengan penjelasan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa isoton adalah atom dari unsur berlainan. Dalam hal ini, memiliki nomor atom yang berlainan, namun memiliki jumlah neutron sama. Disebabkan nomor atom yang berlainan membuat karakteristiknya pula berlainan.

Contoh Unsur Isoton

Untuk contoh unsur isoton ada banyak sekali dan beragam. Salah satu contohnya adalah 12B atau juga 13C. Itu semua memiliki neutron yang jumlahnya sama yakni 7. Akan tetapi dari segi protonnya memiliki  jumlah yang berlainan. Baron (B) memiliki jumlah  proton lima. Adapun karbon (C) memiliki proton enam.

Selanjutnya, contoh isoton adalah seperti 40 Ca, 39K, 38Ar, 37Cl, dan 36S. Semua itu memiliki neutron dengan jumlah sama yakni 20. Sedangkan pada Kalsium dan Argon mempunyai jumlah neutron yang sama yaitu 22.

Berikut ini contoh-contoh isoton yang lebih lengkap yang meliputi:

  1. Karbon dan nitrogen yang mempunyai neutron dalam jumlah sama yakni 7
  2. Kalsium dan kailum yang memiliki jumlah neutron yang sama sebesar 20
  3. Helium dan nitrogen mempunyai massa atom dan nomor atom yang berlainan. Akan tetapi pada jumlah neutron mempunyai kesamaan yakni berjumlah 2 neutron.

Perbedaan Isoton dengan Isotop dan Isobar

Untuk mengetahui  lebih lengkap perbedaan isoton dengan isotop dan isobar tentu bagi seseorang perlu sekali memahami pengertian isotop dan isobar dengan baik.

Pengertian Isotop

Pengertian isotop dapat diketahui dari pengertian secara bahasa dan istilah. Adapun menurut bahasa, isotop asal usul katanya bermuara pada bahasa Yunani yakni isos dan topos. Isos berarti sama. Sedangkan topos berarti tempat.

Dari pengertian secara bahasa itulah membuat timbulnya pengertian isotop secara istilah. Pengertian isotop secara istilah adalah sebuah unsur atau atom yang mempunyai kesamaan pada nomor atom tapi mempunyai perbedaan pada nomor massa.

Berlainannya pada nomor massa disebabkan jumlah neutron dan proton yang sangat berlainan. Sehingga dapat dikatakan apabila pada sebuah lingkungan atau alam yang terdapat jumlah unsur dengan massa yang berlainan pastinya jumlah neutron dan proton akan berlainan atau tak sebanding.

Isotop adalah atom-atom yang mempunyai kesamaan dari segi nomor atom. Namun dari segi nomor massanya terdapat suatu hal yang berlainan. Isotop yang berada di alam terdapat pada unsur hidrogen, isotop di Deuterium, dan isotop pada Tritium.

Adapun untuk contoh isotop adalah pada natrium, neon, klorin, belerang, besi, oksigen, nitrogen, karbon, helium dan hidrogen.

Pengertian Isobar

Sedangkan pengertian isobar adalah suatu atom yang memiliki berlainannya pada nomor atom. Namun mempunyai persamaan dari nomor massa. Dengan demikian, dapat pula disebut isobar adalah kebalikannya dari unsur isotop.

Isobar adalah unsur yang terdapat pada lingkungan alam. Dimana mempunyai persamaan dari segi nomor massa. Tapi mempunyai perbedaan dari jumlah nomor atom. Dengan demikian, isotop mempunyai atom pada situasi sama. Sedangkan pada isobar mempunyai tempat dan atom yang berlainan.

Untuk contoh isobar terdapat pada beberapa unsur kimia. Seperti pada unsur kimia berikut ini, antara lain :

  • Natrium dan Magnesium
  • Nitrogen dan Karbon
  • Helium dan hidrogen

Sedangkan dari yang sudah dibahas sebelumnya, pengertian isoton adalah  unsur atau atom yang memiliki nomor massa atom dan nomor atom yang berlainan. Namun dari segi kesamaan terdapat pada jumlah neutron.

Dengan demikian, secara singkatnya, perbedaan isoton dengan isotop dan isobar yang paling utama terletak pada definisinya masing-masing.

Pada bidang ilmu pengetahuan kimia, seseorang yang belajar disiplin ilmu ini akan diberikan materi yang berkaitan dengan unsur kimia. Beberapa di antaranya adalah isoton, isotop dan isobar. Disamping terdapat persamaannya, ketiga istilah kimia tersebut juga terdapat perbedaannya.

Berbicara mengenai isoton, isotop dan isobar tentu menyangkut tentang persaudaraan antara sejumlah unsur.  Unsur molekul yang mempunyai neutron dalam jumlah yang sama dinamakan isoton.

Adapun unsur molekul yang pada bagian inti atom mempunyai nomor massa berlainan tapi nomor atom yang sama dinamakan isotop.

Pertanyaan Seputar Isoton

Bagi siswa siswi yang baru pertama kali mendengar istilah isoton tentu akan kebingungan terhadap apa itu isoton? Pertanyaan yang sering terlontarkan dari mereka yang masih bingung ataupun kurang paham terhadap isoton adalah meliputi:

  1. Apa itu isoton dalam kimia?
  2. Apa yang sama dari isoton?
  3. Apa itu isoton dan berikan contohnya!

Untuk menjawab pertanyaan tersebut secara satu persatu dimulai secara berurutan. Yang dimulai dari pengertian dan makna isoton. Isoton mengandung makna  yang menjurus pada suatu kelompok tertentu  yang sebanyak dua maupun lebih dari nuklida.

Pada bagian protonnya yang diberi nomor kode atom dengan huruf Z mempunyai jumlah yang berlainan. Sedangkan pada bagian unsur atau komponen neutron di isoton mempunyai jumlah sama.

Atas hal itulah yang sama dari isoton adalah dari segi jumlah neutron. Sedangkan pada bagian jumlah proton berlainan.

Sementara itu, untuk contoh isoton dapat dilihat pada Helium -3 dan Hidrogen -2 yang memiliki jumlah neutron sama yakni 1.

Ciri Ciri Isoton

Adapun yang menjadi cara dalam menentukan isoton atau bukan atau ciri-ciri dari isoton adalah sebagai berikut:

1.Melihat unsur

Suatu unsur mempunyai isoton dapat dilihat dari jumlah neutronnya yang memiliki jumlah yang sama atau tidak. Jika suatu unsur yang mempunyai jumlah yang sama pada bagian neutronnya, itu tanda isoton.

2.Jumlah proton yang berbeda

Ciri berikutnya dari  sebuah unsur memiliki unsur isoton adalah dilihat dari jumlah protonnya yang berbeda atau tak sama.

3.Nomor massa dan nomor atom yang berlainan

Berikutnya yang menjadi ciri dari isoton adalah dari segi inti atom yang memiliki nomor atom dan nomor massa yang berlainan.

Contoh Penerapan Isoton

Adapun untuk isoton, contohnya saja pada atom oksigen yang mempunyai delapan neutron dan delapan proton. Begitu pula pada unsur nitrogen yang mempunyai delapan neutron dan tujuh proton.

Selanjutnya pada unsur karbon yang mempunyai delapan neutron  dan enam proton.  Dengan demikian, ketiga unsur yakni nitrogen, oksigen dan karbon merupakan bagian dari penerapan atau termasuk isoton.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini atom-atom yang termasuk isoton dengan jumlah neutron sama sebanyak 20, antara lain :

  • Molibdenum (Mo)
  • Zirkonium (Zr)
  • Itrium (Y)
  • Stronsium (Sr)
  • Krom (Kr)

Adapun untuk atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama sebanyak 82, antara lain :

  • Samarium (Sm)
  • Praseodimium (Pr)
  • Serium (Ce)
  • Lantanum (La)
  • Barium (Ba)

Cara Menentukan Isoton

Adapun cara menentukan isoton dapat dilakukan secara mudah. Salah satu caranya  adalah dengan menyaksikan atom-atom yang terdapat di dalamnya mempunyai jumlah neutron yang sama atau tidak. Jika unsur tersebut mempunyai inti atom dengan jumlah neutron yang sama maka itu berarti termasuk kategori isoton.

Contoh Soal Isoton

Untuk memperdalam dalam penguasaan materi tentang isoton dapat mempelajari contoh soalnya. Berikut ini beberapa contoh soal materi tentang isoton dalam bentuk pilihan ganda untuk Latihan.

Contoh Soal 1

Unsur kesatu memiliki jumlah proton sebanyak 10 dan jumlah neutron sebanyak 12. Adapun unsur yang kedua memiliki nomor atom 11 dan nomor massa 23. Jika dilihat berdasarkan teori atom maka kedua unsur itu dimasukkan dalam kategori apa

A.Isokhlor

B.Isobar

C.Isotop

D.Isoton

Jawaban yang tepat adalah Isoton atau D.

Contoh Soal 2

Diantara pasangan berikut manakah yang termasuk kategori isoton?

  1. 214 Pb dan 214 Pb
  2. 21Mg dan 40 Ca
  3. 40 20 Ca dan 39 19 K

Jawaban yang tepat yang termasuk pasangan kategori isoton adalah C.

Kesimpulan

Pada dunia kimia dan fisika maka seseorang akan dikenalkan pada berbagai macam istilah. Salah satunya istilah isoton beserta atribut dan turunannya. Seperti neutron, proton dan lain-lain. Semua itu memuncak pada hal tentang atom.

Pada awal belajar mengenai isoton, sangat mungkin seseorang mengalami kebingungan bahkan bisa sampai pusing untuk mempelajari isoton. Hal ini ditambah lagi dengan adanya segi perbedaan yang sangat tipis antara isoton, isobar dan isotop. Namun semua itu dapat dipelajari secara baik dengan adanya sarana pendukung.

Salah satu yang paling penting untuk menguasai materi isoton adalah mempunyai sikap yang tekun dan bersungguh-sungguh dari seseorang dalam belajar menguasai istilah isoton.  Hal ini akan menjadikan seseorang lebih cepat menguasai materi isoton. Apalagi saat ini, dengan kecanggihan teknologi yang ada membuat terjadinya segala kemudahan dalam hal pembelajaran termasuk materi isoton.

Belajar tentang isoton bukan hanya didapatkan dari dosen ataupun guru di sekolah. Namun dapat pula dipelajari secara lebih lengkap pada buku cetak fisik maupun buku elektronik dan internet lebih luas lagi.

Oleh karena begitu pentingnya penguasaan materi isoton, membuat materi ini sudah diperkenalkan pada siswa siswi sejak duduk di bangku SMA. Selanjutnya dipelajari lagi pada waktu memasuki jurusan kuliah tertentu.

Isoton adalah unsur yang terdapat di dalamnya inti atom yang mempunyai jumlah pada nomor atom ataupun nomor massa yang berlainan.  Hal tersebut menjadikan di bagian inti atom mempunyai neutron dalam jumlah sama. Namun pada jumlah proton yang sangat berlainan. Untuk memperdalam pelajaran Kimia kalian bisa mengikuti les privat yang terpercaya agar hasilnya optimal. Semoga bermanfaat.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

13 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

4 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago