Siapa tidak kenal dengan jurusan ilmu komputer? Setiap orang pastinya tahu terhadap program studi di kampus yang sangat populer. Hal tersebut terkait dengan kemampuan terhadap ilmu komputer saat ini yang menjadi hal wajib dikuasai setiap orang. Hal ini karena ketrampilan ini banyak dibutuhkan oleh berbagai lembaga dan instansi untuk keperluan bisnis maupun dokumen administratif.

Ilmu komputer merupakan salah satu jurusan kuliah di kampus yang memiliki banyak peminat pada saat SNMPTN maupun SBMPTN. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan dan dinilai mempunyai prospek kerja yang cerah. Namun untuk bisa masuk ke program studi ilmu komputer di  perguruan tinggi negeri favorit dan terkemuka relatif sulit. Anda mesti bersaing ketat dengan pelamar lainnya dalam seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri (UMPTN).

Lulusan ilmu komputer yang telah berhasil menyelesaikan masa studinya selama empat tahun program studi S1 maka ia berhak menyandang gelar sarjana komputer. Anda yang berminat untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan komputer maka sangat tepat mengambil jurusan ini.

Jurusan Ilmu Komputer

Program studi ilmu komputer hampir terdapat pada setiap perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Seperti Universitas Indonesia (UI) Depok yang membuka fakultas tersendiri bernama Fakultas Ilmu Komputer. Ada pula perguruan tinggi negeri yang menjadikan jurusan ini menjadi bagian dari Fakultas Teknik Informatika seperti di ITB.

ilmu komputer belajar apa

Program studi ilmu komputer identik dengan mahasiswa-mahasiswinya yang pandai terhadap ilmu komputer. Ini meliputi kemampuan menguasai perangkat software seperti program komputer dan sistem komputasi, serta hardware komputer.

Untuk anda yang berminat kuliah pada jurusan ilmu komputer maka perlu mengenal terlebih dahulu tentang jurusan ini secara lebih lengkap. Dari mulai pengertian dan apa yang dipelajari. Ilmu komputer dalam bahasa inggris berarti computer science adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer serta sistem komputasinya.

Lantas ilmu komputer belajar apa? Adapun yang dipelajari pada jurusan ini adalah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan komputer. Adapun bentuk yang dipelajari tersebut bisa berupa fisik atau nyata atau juga bisa berupa tidak konkrit seperti bahasa program dan algoritma. Sehingga dipastikan bagi mereka yang mau mengambil program studi ilmu komputer diharuskan mempunyai minat yang sangat tinggi atau pasion terhadap bidang komputer.

Ilmu Komputer Belajar Apa

Bagi mereka yang memilih jurusan ilmu komputer maka mereka akan dididik di kampus untuk berpikir secara baik dan sistematis dalam memecahkan setiap permasalahan. Kegiatan penelitian dan analisa menjadi pelajaran sehari-hari. Yang menjadikan lulusan ilmu komputer akan menjadi pribadi kreatif, inovatif, tekun dan sangat rinci.

Ilmu komputer belajar apa, tentunya mempelajari banyak hal. Namun yang paling utama adalah matematika dan logika serta algoritma. Yang tak kalah penting lainnya, mahasiswa mahasiswi program studi ilmu komputer akan mempelajari bahasa komputer yang dikenal dengan nama bahasa pemrograman. Yang bagi orang awam terasa rumit dan sulit.

program studi ilmu komputer

Adapun mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa dan mahasiswinya di kampus cukup banyak. Seperti Desain Algoritma, Analis Algoritma, Data Science and Analitycs, Sistem Cerdas, Sistem Pemograman, Teori dan Bahasa Automata, Analisis Perancangan Sistem, Metode Numerik, Aljabar Linear Matriks, Matematika Komputasi, Mobile Programming dan mata kuliah lainnya yang bersangkutan dengan informasi digital.

Untuk bisa masuk dan kuliah di jurusan ilmu komputer maka persyaratan yang khusus adalah siswa-siswi atau calon mahasiswa merupakan lulusan SMA jurusan IPA atau lulusan SMK dengan jurusan teknik.

Gelar Lulusan Ilmu Komputer

Pemerintah dan pihak universitas akan memberikan gelar akademik kepada setiap lulusannya yang berhasil menyelesaikan masa studi kuliah dengan baik. Seperti gelar S.T untuk lulusan sarjana teknik. SHI untuk gelar Sarjana Hukum Islam yang mengambil program studi Peradilan Agama S1. Atau S.ST untuk lulusan sarjana Sains.

jurusan ilmu komputer terbaik di indonesia

Untuk mereka yang mengambil disiplin lmu komputer program studi  S1 hingga empat tahun lamanya dan berhasil lulus maka berhak menyandang gelar sarjana ilmu komputer dengan gelar S.Kom. Gelar lulusan ilmu komputer tersebut menunjukkan kompetensi seseorang terhadap ilmu komputer yang dimilikinya.

Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Mereka yang pandai terhadap ilmu matematika maka sangat cocok mengambil jurusan ilmu komputer terbaik di indonesia. Kebanyakan yang dipelajari prodi ini adalah bidang studi matematika. Seperti matematika algoritma, komputasi dan matematika logika. Ditambah lagi jika mereka suka berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, berpikir terencana dan sistematis.

Dalam memilih program studi ilmu komputer pastinya calon mahasiswa ingin belajar ilmu komputer di universitas terbaik dengan akreditasi unggul atau A pada jurusan tersebut. Berikut ini beberapa universitas yang menyediakan jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia, antara lain:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di Jogja
  2. Universitas Lampung
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Universitas Indonesia (UI)
  5. Universitas Sumatera Utara
  6. Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI)

Universitas Jurusan Ilmu Komputer

Untuk di Indonesia terdapat berbagai macam perguruan tinggi negeri dan universitas swasta yang membuka program studi ilmu komputer.

universitas jurusan ilmu komputer

Berikut ini daftar universitas jurusan ilmu komputer yang membuka program studi ini di Indonesia, antara lain:

  1. Universitas Pendidikan Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Indonesia
  4. IPB
  5. USU
  6. Universitas Lampung
  7. ITB

Universitas Swasta Jurusan Ilmu Komputer

Komputer menjadi perangkat yang wajib dimiliki setiap orang saat ini. Mengingat manfaatnya sangat besar untuk berbagai keperluan. Seperti bisnis, sekolah, kuliah maupun kerja. Namun belum banyak orang yang menguasai ilmu komputer membuat lulusannya selalu dicari orang.

jurusan ilmu komputer

Banyak perusahaan membutuhkan lulusan ilmu komputer membuat prospek kerja lulusan ilmu komputer sangat cerah.Berikut ini  perguruan tinggi swasta di Indonesia yang membuka jurusan ilmu komputer, antara lain:

  1. Universitas Dinamika
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Gunadarma
  4. President University
  5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Terakhir sebagai perwakilan, universitas swasta yang membuka program studi ilmu komputer adalah Universitas Esa Unggul Jakarta.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer dan Gajinya

Salah satu yang menjadi pertimbangan banyak calon mahasiswa dalam mengambil jurusan kuliah adalah bagaimana prospek kerjanya. Begitu pula pada program studi ilmu komputer. Banyak calon mahasiswa ingin tahu prospek kerja jurusan ilmu komputer dan gajinya.

Perkembangan teknologi komputer yang maju pesat saat ini membawa hal positif bagi manusia. Berbagai pekerjaan manusia bisa dimudahkan dengan adanya perangkat komputer. Dengan beragamnya perangkat komputer terbaru yang hadir di lembaga, masyarakat dan perusahaan membuat kebutuhan terhadap orang yang menguasai komputer sangat tinggi dalam dunia industri atau perusahaan.

prospek kerja jurusan ilmu komputer dan gajinya

Fakta yang terjadi sekarang adalah adanya permintaan yang sangat besar terhadap lulusan sarjana yang telah mendapat gelar lulusan ilmu komputer di berbagai perusahaan swasta maupun negeri, BUMN dan umumnya di masyarakat Indonesia.

Semua itu tak terlepas dari perkembangan jaman saat ini yang semua aspek kehidupan manusia tak bisa lepas dari teknologi komputer digital atau informasi digital.

Adapun prospek kerja lulusan ilmu komputer dan gajinya dinilai sangat cerah. Berbagai pekerjaan bisa dilakoni lulusan jurusan maupun universitas jurusan ilmu komputer. Seperti sebagai game developer, programmer, e learning app developer, web developer, dan mobile app developer. Semua pekerjaan tersebut terbuka lebar yang diperuntukkan bagi sarjana ilmu komputer dengan gaji tertinggi. Gaji yang ditawarkan mulai dari Rp 5 juta per bulan.

Bagi lulusan sarjana komputer yang ingin berwirausaha maka dapat mendirikan usaha dalam bidang komputer. Seperti usaha jasa pembuatan aplikasi mobile, bisnis jasa pembuatan dan pengembangan website, bisnis jasa pembuatan dan pengembangan software komputer dll. Bisnis tersebut lebih menjanjikan dan sangat cocok digarap oleh mereka yang lulusan ilmu komputer.

Setelah mengetahui prospek kerja jurusan ilmu komputer dan gajinya apakah anda tertarik memilih program studi ilmu komputer di perguruan tinggi?