Umum

Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Mata Kuliahnya

Jurusan ilmu pemerintahan merupakan program studi yang popular. Tidak sedikit lulusan SMA yang memilih jurusan ini untuk karirnya di masa depan. Hal inilah yang menyebabkan persaingan untuk bisa lolos SBMPTN untuk prodi ini termasuk cukup tinggi.

Prodi ilmu pemerintahan biasanya masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Jumlah SKS yang ada sebanyak sekitar 144 SKS untuk bisa lulus dan meraih gelar sarjana. Bagi anda yang berencana untuk mengambil kuliah jurusan kuliah ini, maka sejak duduk di bangku SMA sebaiknya mengambil jurusan SMA IPS. Begitu pun jurusan SMA IPA juga bisa memilihnya.

Meskipun cukup popular, namun masih banyak pertanyaan yang sering orang lontarkan tentang jurusan kuliah ini. Seperti, berapa biaya kuliah jurusan ini? Lulusannya akan dimana atau bisa jadi apa? Apakah sarjana ilmu pemerintahan bisa menjadi PNS?

Bagi anda yang belum mengenal tentang prodi ilmu pemerintahan maka dalam artikel ini akan diuraikan berbagai hal, dari pengertian, mata kuliah yang diberikan sampai kampus atau perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) yang membuka jurusan kuliah ini di Indonesia.

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan ilmu pemerintahan adalah salah satu program studi (Prodi) yang masuk dalam rumpun sosial humaniora (soshum). Selepas lulus SMA/SMK sederajat, Anda tentunya perlu memilih program studi atau jurusan yang tepat jika akan melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Hal ini mengingat kuliah di perguruan tinggi akan lebih detail dan spesifik ilmu yang diberikan. Sehingga calon mahasiswa harus memilih jurusan yang ada sesuai dengan minat bakat dan kepribadiannya.

Pada tahap pemilihan jurusan merupakan bagian yang sangat penting bagi setiap calon mahasiswa. Beberapa mahasiswa yang salah memilih jurusan seringkali pada semester berikutnya mengajukan pindah jurusan kuliah atau cuti kuliah. Yang paling buruk, mereka akan keluar atau tidak kuliah pada jurusan kuliah yang dipilihnya karena tidak sesuai passionnya.

Pemilihan program studi sangat penting karena akan menentukan semangat tidaknya seseorang dalam kuliah sampai lulus. Pemilihan jurusan kuliah juga akan menentukan masa depan seseorang terhadap karir dan pekerjaannya.

Tidak sedikit orang yang memilih jurusan kuliah yang tak bagus atau tak prospektif, sehingga di masa mendatang akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, calon mahasiswa yang memilih jurusan yang tepat akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi selepas lulus.

Ada banyak pilihan untuk lulusan IPS SMA dalam mengambil jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta. Seperti jurusan ilmu pemerintahan. Bagi sebagian orang mungkin masih belum familiar terhadap prodi ilmu pemerintahan.  Popularitas jurusan kuliah ini kalah pamor dari jurusan komunikasi, jurusan kedokteran, atau jurusan pertambangan.

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Lantas lulusan pemerintahan dapat bekerja dimana dan sebagai apa? Mungkin Anda juga akan melontarkan pertanyaan serupa. Perlu Anda ketahui bahwasanya sarjana ilmu pemerintahan bisa bekerja pada berbagai bidang dan lembaga, seperti:

  • Konsultan pemerintah,
  • Konsultan politik,
  • Anggota parpol sebagai politisi,
  • Jurnalis atau wartawan surat kabar bidang politik dan pemerintahan,
  • Anggota DPR pusat dan daerah,
  • Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat,
  • Dosen mata kuliah ilmu pemerintahan dengan gaji sekitar Rp 3 sampai 7 juta perbulan.
  • Pengamat politik,
  • PNS yang bekerja di kantor pemerintahan daerah (PEMDA) setempat dengan gaji hingga Rp 8 juta perbulan

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

Yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan pemerintahan pada dasarnya adalah seputar kepemimpinan, manajemen dan administrasi lembaga atau organisasi pemerintah yang berdasarkan peraturan dan perundang-undangan.

Jurusan kuliah ilmu pemerintahan cocok sekali bagi anda yang senang terhadap dunia politik dan pemerintah dan sangat minat untuk memasuki dunia pemerintahan yang sifatnya publik.Bidang ini juga cocok untuk lulusan jurusan IPS. Selain itu jurusan pemerintahan tepat sekali dipilih oleh mereka yang mempunyai kemampuan hafalan yang kuat. Karena yang banyak dipelajari dan dihafal pada jurusan pemerintah seperti peraturan dan perundang-undangan.

Dibandingkan dengan jurusan kuliah yang lain, prodi pemerintahan mudah dipelajari. Seperti halnya anda masuk ke dalam jurusan hukum yang sifatnya hafalan. Untuk sukses dalam kuliah jurusan ini adalah anda mesti fokus kuliah dan menyukai mata kuliah ilmu pemerintahan. Tak ada salahnya selama anda menjadi mahasiswa pemerintahan, anda terlibat sebagai aktifis di LSM atau menjadi anggota parpol.

Setiap jurusan kuliah mempunyai mata kuliah masing-masing yang bebeda tergantung jenis keilmuan yang diperdalam. Jika anda ingin berhasil menempuh kuliah di prodi pemerintahan maka anda diharuskan untuk mencintai mata-mata kuliah yang diajarkan sekaligus memperdalam mata kuliah pemerintahan.

Untuk lengkapnya,  berikut ini mata kuliah jurusan ilmu pemerintahan yang sebaiknya anda tahu.

  1. Pengantar ilmu pemerintahan
  2. Kepemimpinan dalam pemerintahan
  3. Sistem kepartaian dan pemilu di Indonesia
  4. Sistem pemerintahan daerah
  5. Sistem politik Indonesia
  6. Manajemen SDM pemerintahan
  7. Statistik sosial
  8. Teori-teori politik dan pemerintahan
  9. Sistem sosial budaya Indonesia
  10. Pengantar Ilmu Politik
  11. Organisasi dan manajemen pemerintahan
  12. Etika politik dan pemerintahan
  13. Hukum tata pemerintahan
  14. Sistem pemerintahan di Indonesia
  15. Ekologi pemerintahan
  16. Sistem ekonomi Indonesia
  17. Sistem hukum Indonesia
  18. Pendidikan kewarganegaraan

Dari mata kuliah yang disebutkan tergambar oleh anda apa yang dipelajari oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan pemerintahan. Yang semuanya serba hafalan yang mudah dipelajari dan dihafalkan.

Semua yang diajarkan di bangku kuliah tersebut akan lebih mudah lagi dikuasai jika anda sebagai mahasiswa ilmu pemerintahan yang sekaligus aktif dan bergabung pada lembaga pemerintah atau organisasi politik atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Universitas yang Ada Jurusan Pemerintahan

Berapa biaya kuliah ilmu pemerintahan? Setelah mengetahui apa saja mata kuliah jurusan ilmu pemerintahan, informasi biaya kuliah juga banyak ditanyakan. Padahal biaya kuliah S1 untuk program studi ilmu pemerintahan sangat terjangkau. Bahkan beberapa universitas negeri seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) membebankan biaya kuliah sekitar Rp 500 ribu per semester.

Adapun gelar sarjana ilmu pemerintahan bagi mereka yang telah lulus program S1 adalah S.I.P atau sarjana ilmu pemerintahan.  Ada berbagai perguruan tinggi yang membuka program studi S1 Ilmu pemerintahan seperti UNDIP dan UNPAD. Untuk anda yang tinggal di Bandung maka anda bisa mengambil kuliah ilmu pemerintahan di Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Bagi anda yang berminat untuk kuliah ilmu pemerintahan mesti mencari perguruan tinggi negeri dan swasta yang membuka program studi ilmu pemerintahan.

Berikut ini beberapa perguruan tinggi terbaik maupun universitas yang ada jurusan pemerintahan program studi S1 di Indonesia dengan akreditasi A.

  1. Universitas Langlangbuana
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Muhammadiyah Makasar
  4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
  5. Universitas Palangkaraya
  6. Universitas Muhammadiyah Jember
  7. Universitas Muhammadiyah Malang
  8. Universitas Diponegoro
  9. Universitas Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD
  10. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  11. Universitas Islam Riau
  12. Universitas Riau
  13. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sedangkan untuk program studi Magister S2 ilmu pemerintahan, universitas yang ada jurusan pemerintahan hanyalah Universitas Padjadjaran yang telah terakreditasi A. Salah satu perguruan tinggi yang paling direkomendasikan lainnya untuk menempuh pendidikan ilmu pemerintahan adalah sekolah kedinasan IPDN.

Selepas lulus kuliah, sarjana lulusan pemerintahan dapat lebih gampang untuk bekerja di kantor-kantor instansi pemerintah sebagai aparat pemerintahan untuk mengaplikasikan apa-apa yang diajarkan di bangku kuliah.

Tidak ada jaminan lulusan S1 ilmu pemerintahan bisa menjadi PNS. Terkecuali ia lulus dalam testing CPNS maupun kuliah di sekolah ikatan dinas seperti IPDN yang berpotensi mendapatkan status PNS. Namun tak sedikit pula lulusan ilmu pemerintahan yang tidak bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Itulah sebagian fakta dari jurusan ilmu pemerintahan yang sebaiknya Anda tahu.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

23 menit ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

20 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago