Umum

Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar, Ini Rekomendasinya!

Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar menjadi incaran bagi para lulusan SMA dan SMK. Kebanyakan calon mahasiswa baru sekarang memilih bukan popularitas jurusan tersebut. Akan tetapi yang lebih utama adalah berdasarkan peluang kerja yang sangat potensial dan luas serta menjanjikan.

Jurusan kuliah yang terdapat pada perguruan tinggi negeri maupun swasta ada berbagai macam jenisnya.  Seperti jurusan kuliah IPS, IPA dan bahasa. Namun yang paling populer dari jurusan kuliah yang terdapat di kampus adalah jurusan IPA. Seseorang yang memilih jurusan kuliah IPA terkesan memiliki otak yang cerdas.

Jurusan IPA yang terdapat di kampus ada banyak pilihannya. Ada jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Ada pula jurusan IPA yang tinggi atau besar peminat dengan peluang kerja yang besar pula. Terakhir, ada jurusan kuliah IPA yang peminatnya sedikit dan prospek peluang kerjanya yang rendah.

Salah satu yang bisa kamu pilih adalah jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Karena hal ini akan memudahkan bagi kalian lulusan SMA atau SMK sederajat terbaru dalam mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi secara mudah selepas lulus kuliah.

Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Setelah lulus SMA ataupun SMK, ada beragam piihan yang bisa dipilih. Salah satunya adalah melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan tinggi atau kuliah. Namun dalam menentukan jurusan kuliah yang hendak diambil banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan.

Salah satu pertimbangan dalam mengambil jurusan kuliah adalah melihat mengenai prospek jurusan kuliah tersebut.  Dalam arti prospeknya bagus atau tidak dari jurusan tersebut di masyarakat berdasarkan riset. Apakah prospek  jurusan kuliah yang dipilih sedang dibutuhkan banyak perusahaan dan industri atau tidak? Lihat pula daya serap pasar tenaga kerja  terhadap lulusan jurusan tersebut.

Yang paling baik tentu saja memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang besar walaupun jurusan kuliah tersebut tidak diminati oleh lulusan SMA atau sederajat. Salah satunya memilih jurusan IPA yang peluang kerjanya besar tapi sepi peminat.

Berikut ini beberapa jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar sekali yang sangat penting untuk kamu cermati.

1.Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan IPA yang sepi peminat umumnya tidak sepopuler jurusan favorit di masyarakat. Salah satu contohnya jurusan kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja.  Jurusan IPA ini sangat sepi peminat. Namun peluang kerjanya sangat besar. Misalkan dapat bekerja sebagai dosen, auditor K3 maupun bekerja pada perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan atau minuman.

Adapun untuk kuliah pada jurusan atau program studi IPA ini, seseorang dapat kuliah di Universitas Indonesia (UI).

2.Jurusan Fisika Murni

Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar berikutnya adalah Fisika Murni. Adapun alasannya banyak anggapan di kalangan pelajar bahwa pelajaran fisika dinilai sangat sulit di pahami. Sehingga orang-orang yang senang melaksanakan kegiatan penelitian dan menyenangi kegiatan berhitunglah yang cocok mengambil jurusan Fisika Murni.

Adapun prospek kerja dari lulusan jurusan kuliah Fisika Murni sangat besar. Ia bisa bekerja pada perusahaan manufaktur, perminyakan, dan pertambangan. Misalkan  bekerja pada perusahaan Astra Internasional, PT Freeport dan Pertamina dengan gaji yang sangat besar.

Perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik yang membuka jurusan Fisika Murni di tanah air cukup banyak. Seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh, IPB, UGM dan Universitas Indonesia.

3.Jurusan Teknik Perkapalan

Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar selanjutnya adalah Teknik Perkapalan. Lulusan jurusan teknik Perkapalan selepas lulus kuliah dapat memilih bekerja pada lembaga pemerintahan maupun swasta. Seperti perusahaan pengelasan kapal atau bekerja di perusahaan pembuatan kapal.

Jurusan Teknik Perkapalan dapat dipelajari pada berbagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Seperti di UI, Undip maupun ITS.

4.Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan adalah salah satu jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Mengingat negara Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan. Sehingga kekayaan alam berupa perikanan sangat melimpah.

Berdasarkan kenyataan itulah membuat banyak perusahaan perikanan dalam negeri dan luar negeri bermunculan di Indonesia.  Kebanyakan perusahaan perikanan tersebut membutuhkan lulusan jurusan teknoogi hasil perikanan untuk dijadikan sebagai tenaga ahli dalam pengelolaan hasil perikanan.

5.Jurusan Planologi

Terakhir, jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar adalah jurusan Planologi.  Jurusan ini mempelajari banyak hal terutama pada penataan ruangan kota.

Mahasiswa jurusan planologi dituntut memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yang baik, kemampuan melakukan analisis yang tepat, suka pada kegiatan menghitung, memiliki pola pikir terstruktur dan kreatif.

Mahasiswa jurusan planologi dapat bekerja di perusahaan swasta atau badan pemerintah dengan gaji lumayan tinggi. Seperti bekerja di kantor Kementerian Perumahan, Kementerian Desa dan DaerahTertinggal. Universitas yang membuka jurusan planologi di Indonesia antara lain :

  1. Universitas Pasundan (UNPAS)
  2. Universitas Sam Ratulangi
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Institut Teknologi Sepuluh November
  5. ITB
  6. UGM
  7. Universitas Diponegoro
  8. Universitas Brawijaya

Keutamaan Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

Memilih jurusan kuliah IPA yang jarang peminat memiliki banyak keutamaan dan kelebihannya. Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa kelebihan dan keutamaan jurusan kuliah IPA yang jarang diminati yang juga penting diketahui.

1.Prospek kerja yang cerah

Yang paling utama dengan seorang calon mahasiswa memilih jurusan kuliah IPA yang jarang diminati adalah membuat persaingan dalam mendapatkan kerja menjadi sangat kecil. Berbagai jenis lowongan pekerjaan dari jurusan tersebut dapat dengan mudah dimasuki dan peluang diterima kerja lebih besar.

2.Mudah masuk perguruan tinggi negeri terkemuka

Memilih jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar membuat tingkat persaingan masuk perguruan tinggi negeri ternama sangat kecil. Sehingga seorang calon mahasiswa atau mahasiswi bisa dengan mudah dan leluasa lulus pada SBMPTN dengan mempunyai nilai akademik yang baik di kampus.

3.Berpeluang besar mendapatkan beasiswa

Keutamaan jurusan kuliah IPA yang jarang diminati lainnya adalah meningkatkan peluang mahasiswa atau mahasiswi jurusan tersebut untuk mendapatkan beasiswa. Baik itu beasiswa dari pemerintah, swasta, perusahaan,  maupun beasiswa dari internal kampus.

4.Pembelajaran lebih berkualitas

Dengan kuliah pada jurusan IPA yang jarang diminati di kampus membuat perkuliahan berlangsung maksimal. Karena setiap dosen bisa melayani pembelajaran mahasiswanya secara baik dan intens sesuai gaya belajar masing-masing. Setiap dosen dapat mengawasi tindakan, tingkat pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang sudah diberikannya.

5.Menambah relasi

Terakhir, manfaat dan keutamaan yang paling utama dalam memilih jurusan kuliah IPA yang jarang diminati. Jurusan kuliah yang dipilih dengan prospek kerja jurusan kuliah tersebut  yang menjanjikan adalah memperbanyak hubungan relasi yang lebih luas. Umumnya, dengan jumlah mahasiswa mahasiswi yang sedikit tentu membuat jalinan relasi di kampus  lebih kuat dan akrab.

Dampak Buruk Kesalahan Memilih Jurusan IPA

Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar pada jenjang perguruan tinggi sangat beragam. Seperti Manajemen Transportasi, Teknik Perkapalan, Fisioterapi, Kehutanan, Ilmu Perpustakaan, Astronomi, ilmu Arkeologi dan lain-lain.

Pemilihan jurusan kuliah bisa berdasarkan popularitas jurusan tersebut. Namun bagi mereka yang berorientasi kerja tentu akan memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang besar bergaji tinggi walaupun jurusan tersebut sepi peminat.

Dalam menentukan jurusan yang sepi peminat seperti pada jurusan IPA memerlukan perhitungan matang. Hal ini disebabkan terdapatnya dampak buruk akibat kesalahan pemilihan jurusan kuliah sepi peminat yang tidak tepat.

Berikut ini sejumlah dampak buruk akibat kesalahan seseorang dalam menentukan jurusan kuliah IPA yang sepi peminat.

1.Prestasi akademik sangat rendah

Dampak negatif bagi seseorang dalam memilih jurusan kuliah yang salah dapat mengakibatkan prestasi akademik seseorang di kampus sangat rendah. Hal ini dimuai dari nilai pada ujian tengah semester atau ujian akhir semester yang sangat rendah. Sehingga akibatnya nilai IPK di kampus pun semakin kecil.

2.Kesulitan menyelesaikan perkuliahan

Dampak buruk berikutnya bagi seseorang dalam melakukan kesalahan menentukan jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar adalah kesulitan dalam menyelesaikan perkuliahan sampai lulus. Sehingga dampaknya seseorang lulus kuliah bisa dalam jangka waktu  yang lebih panjang  atau dengan biaya perkuliahan lebih besar lagi.

Tips Memilih Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Mengikuti jenjang pendidikan kuliah atau pendidikan tinggi sangat penting saat ini. Hal ini terkait pengembangan sumber daya manusia dan dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat. Dengan pendidikan tinggi yang dimiliki oleh seseorang maka akan  mudah bagi orang tersebut untuk mendapatkan lapangan kerja secara lebih luas dan menjanjikan.

Salah satu pilihan yang bisa dipilih oleh seseorang adalah  memilih kuliah pada jurusan IPA. Ada banyak pilihan jurusan kuliah IPA yang menjanjikan.  Seperti pada jurusan IPA yang menawarkan peluang kerja besar.

Dalam menentukan jurusan IPA yang peluang kerjanya besar banyak hal yang harus dipikirkan oleh seseorang. Berikut ini sejumlah hal  yang harus dipertimbangkan oleh lulusan SMA atau SMK sederajat dalam menentukan jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar, antara lain :

1.Melakukan penelitian terhadap jurusan

Dalam memilih jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar memerlukan penelitian mendalam tentang jurusan tersebut yang hendak dimasuki. Sehingga tergambar dengan jelas, biaya perkuliahan yang harus dipersiapkan sejak awal sampai lulus.

Dapat dilihat juga kualitas lulusan jurusan tersebut. Sehingga dapat dilihat selepas lulus, lulusan jurusan kuliah tersebut langsung bekerja atau tidak. Kalau sudah bekerja maka bekerja di mana saja.

2.Menyesuaikan dengan bakat dan minat

Pertimbangan yang paling utama dalam memilih jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar adalah memilih jurusan IPA berdasarkan minat dan bakat. Sehingga proses perkuliahan dapat dilakukan secara lancar dan memuaskan dari segi prestasi akademik di kampus.

Dengan pengambilan jurusan kuliah yang sesuai bakat dan minat akan membuat mahasiswa betah dan nyaman terhadap pembelajaran setiap  mata kuliah dari jurusan tersebut.

3.Konsultasi

Jika anda masih merasa kebingungan dalam memilih jurusan IPA dengan peluang kerja besar yang tepat maka anda bisa tetap bersikap tenang. Lalu anda bisa menentukan apa yang menjadi cita-cita anda. Sehingga anda bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat untuk anda pilih di masa datang dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Namun jika anda masih bingung dalam menentukan jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar yang tepat  maka hal yang wajar. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan teman atau alumni jurusan kuliah tersebut yang hendak dituju. Kalian juga perlu mengikuti les privat SMA sebagai langkah persiapan yang serius.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago