Umum

Jurusan Keperawatan di Bandung, Ini Rekomendasinya!

Mencari jurusan keperawatan di Bandung bukanlah hal yang sulit. Apalagi Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak kampus terbaik yang menyediakan program studi kesehatan dan keperawatan. Kota Kembang ini juga banyak menjadi rekomendasi bagi mereka yang hendak menuntut ilmu dalam dunia keperawatan. Banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Bandung yang memiliki jurusan ilmu keperawatan dengan mutu pendidikan yang berkualitas.

Selain Bandung ada banyak kota lain yang mempunyai kampus jurusan ilmu keperawatan yang berkualitas. Namun untuk kota dengan kampus jurusan kuliah ilmu keperawatan yang terbaik di Indonesia di peringkat pertama adalah Yogyakarta. Kampus UGM dengan Fakultas Kedokteran Program Studi Keperawatan merupakan yang terbaik di tanah air.

Salah satu pertimbangan orang dalam menuntut ilmu keperawatan adalah memilih kampus yang membuka fakultas ilmu keperawatan terbaik. Karena mereka akan menghasilkan lulusan yang diharapkan juga berkualitas bagus sehingga mudah mendapatkan kerja. Hal tersebut juga terdapat di kota Bandung dengan beberapa universitas keperawatan terbaiknya.

Jurusan Keperawatan di Bandung

Bandung merupakan ibukota dari Propinsi Jawa Barat yang menjadi pusat pemerintahan propinsi Jawa Barat. Sehingga tak aneh di kota Bandung berdiri berbagai sarana publik dan pemerintahan. Salah satunya berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia berdiri di kota Bandung. Begitu pula dengan perguruan tinggi yang membuka jurusan keperawatan banyak berdiri di kota Bandung.

Jurusan ilmu keperawatan adalah salah satu program studi favorit di Indonesia yang banyak dipilih oleh sebagian pelajar yang tertarik masuk jurusan bidang kesehatan. Lulusannya relatif mudah bekerja di rumah sakit swasta maupun pemerintah. Permintaan yang sangat tinggi terhadap tenaga perawat dari berbagai rumah sakit di dalam dan luar negeri menjadikan prodi keperawatan menjadi jurusan yang layak untuk dipertimbangkan anda pilih.

Kampus yang membuka jurusan keperawatan di Bandung cukup banyak. Setiap tahun lembaga tersebut membuka pendaftaran calon peserta didik baru. Hampir setiap tahun kampus yang membuka jurusan dan fakultas keperawatan di Bandung selalu dipenuhi para calon mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mengingat prospek kerja yang menjanjikan dari jurusan ini yang sangat cerah sehingga banyak peminatnya.

STIKES PPNI Bandung

Umumnya lulusan program studi keperawatan akan bekerja sebagai perawat yang akan langsung terserap dalam dunia kerja dengan gaji tinggi. Hal ini karena kebutuhan terhadap perawat pria maupun wanita di berbagai rumah sakit yang sangat tinggi. Karena itu bagi anda yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah maka anda bisa mengambil program studi keperawatan.

Alasan Memilih Jurusan Keperawatan

Bagi anda yang mau ambil jurusan keperawatan tentu harus mengetahui apa alasan kuat yang membuat anda memilih jurusan keperawatan. Alasan seiap orang mungkin berbeda. Namun secara garis besar, berikut ini sejumlah alasan orang mengambil kuliah pada jurusan keperawatan di Bandung, antara lain:

1.Tertarik pada Dunia Kesehatan

Bagi anda yang tertarik atau merasa sudah panggilan jiwa pada dunia kesehatan seperti melayani banyak orang dalam segi pelayanan kesehatan maka sangat tepat untuk mengambil jurusan keperawatan disamping jurusan kedokteran, jurusan kesehatan masyarakarat, jurusan gizi dll.

STIKES Dharma Husada Bandungg

Jurusan keperawatan akan mendidik anda menjadi seorang perawat yang profesional, cekatan, terampil dan siap kerja dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam ilmu keperawatan terbaru.

2.Prospek Kerja yang Menjanjikan

Sangat jarang lulusan keperawatan menganggur.  Hampir semua lulusan ilmu keperawatan mudah bekerja di rumah sakit atau klinik kesehatan dengan gaji yang cukup besar. Apalagi bekerja di rumah sakit di luar negeri.

Kuliah S1 Keperawatan di Bandung

Adapun yang akan dipelajari oleh mahasiswa yang kuliah S1 keperawatan di Bandung adalah seputar teori beserta teknologi terbaru menyangkut cara menangani dan merawat orang yang sakit. Peran perawat dalam kesembuhan pasien di rumah sakit cukup menentukan.

Jurusan keperawatan di Bandung terbagi ke dalam sejumlah spesialisasi yang sebaiknya Anda tahu. Anda bisa memilih jurusan keperawatan dengan spesialisasi yang anda inginkan, antara lain :

  1. Perawatan manula
  2. Perawatan jalan
  3. Perawatan kesehatan mental
  4. Perawat untuk anak-anak
  5. Perawat untuk orang dewasa

STIKES Immanuel Bandung

Bagi anda yang tertarik menempuh program studi sarjana satu atau S1 Keperawatan di Bandung maka berikut ini beberapa universitas yang membuka kuliah S1 jurusan Keperawatan di Bandung, antara lain:

  1. Universitas Advent Indonesia
  2. Universitas Bhakti Kencana Bandung
  3. Sekolah Tinggi Kesehatan Bhakti Kencana Bandung
  4. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Bandung
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada yang berlokasi di Cicaheum Kiara Condong
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan PPNI Jawa Barat berlokasi di jalan Pasteur Pasirkaliki Bandung
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali yang terdapat di daerah Andir kota Bandung

Universitas Keperawatan Terbaik di Bandung

Banyak orang yang berpendapat bahwa Bandung merupakan kota yang tepat bagi anda untuk menuntut ilmu pendidikan tinggi dalam bidang ilmu keperawatan.

Jika anda berminat kuliah pada jurusan dan fakultas keperawatan maka anda bisa memilih perguruan tinggi negeri dan swasta yang membuka jurusan ilmu keperawatan terbaik. Berikut ini beberapa universitas keperawatan terbaik di Bandung yang bisa menjadi referensi Anda.

1.Politeknik Kesehatan Bandung

Kampus terbaik yang membuka layanan pendidikan tinggi jurusan keperawatan di Bandung adalah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Bandung.  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi telah memberikan penilaian sertifikat B pada Poltekkes Bandung.

Dengan sistim pendidikan yang ada, keperawatan yang dijalankan pada sekolah tersebut mempunyai kualitas yang baik. Tak ayal, beberapa pelajar yang berada di daerah kota Bandung dan sekitarnya banyak yang tertarik memilih kuliah kuliah S1 keperawatan di Bandung ini.

Politeknik Kesehatan Bandung

Adapun yang menjadi visi dan misi Politeknik Kesehatan Bandung adalah mendidik para peserta didik untuk menjadi tenaga perawat yang profesional, cekatan dan terampil. Bagi anda yang tertarik untuk menjadi perawat bisa daftar kuliah di Politeknik Kesehatan Bandung dengan mendatangi lokasi kampus yang berada di Jalan Sederhana 2 Padjadjaran kota Bandung.

Politeknik Kesehatan Bandung dapat disebut universitas keperawatan terbaik di Indonesia khususnya Bandung yang menjadi rekomendasi sekolah yang tepat untuk calon perawat. Lembaga ini telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak lembaga di dalam negeri maupun luar negeri seperti John Abbott College Canada.

Terdapat beberapa program studi, jurusan maupun fakultas di Politeknik Kesehatan Bandung. Namun yang terbaik adalah Fakultas Keperawatan yang sudah terakreditasi A dengan program studi Diploma 3 atau D3.

2.Universitas Bhakti Kencana

Universitas Bhakti Kencana merupakan salah satu sekolah keperawatan swasta terbaik di Bandung. Kampus swasta di Bandung ini memiliki jurusan keperawatan yang sangat lengkap ketimbang Poltekkes Bandung. Kalau Poltekkes Bandung hanya menyediakan program D3 keperawatan maka Universitas Bhakti Kencana membuka juga jurusan keperawatan untuk program studi Profesi Ners dan Sarjana di samping D3.

STIKES Bhakti Kencana Bandung

Universitas keperawatan terbaik di Bandung ini juga memberikan pendidikan keperawatan terbaik kepada peserta didik menggunakan kurikulum nasional hingga 2025. Selain mendapatkan teori ilmu keperawatan, para peserta didik akan mendapatkan pelatihan di lapangan atau pendidikan secara praktek tentang perkembangan dunia kerja perawat saat ini.

3.Universitas Aisyiyah Bandung

Perguruan tinggi swasta yang membuka jurusan keperawatan di Bandung lainnya adalah Universitas Aisyiyah. Universitas ini menjadi kampus keperawatan terbaik yang menyediakan program studi S1 maupun D3 ilmu keperawatan.

STIKES Aisyiyah Bandung

Fasilitas kuliah yang disediakan oleh Universitas Aisyiyah cukup lengkap. Yang meliputi asrama mahasiswa, laboratorium, perpustakaan, ruangan praktek yang nyaman dan lengkap, ruangan perkuliahan yang kondusif, media pembelajaran menggunakan media pembelajaran dengan teknologi terbaru, dan para tenaga pengajar yang handal dari kalangan akademisi dan praktisi.

Alumni Universitas Aisyiyah mudah mendapatkan kerja di beberapa klinik kesehatan maupun rumah sakit nasional dan internasional yang terkemuka. Universitas Aisyiyah pun memberikan beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi dari keluarga miskin.

Demikianlah beberapa kampus negeri dan swasta di Bandung yang membuka jurusan keperawatan. Anda yang bercita-cita menjadi seorang perawat maka anda bisa mendaftarkan diri pada perguruan tinggi yang membuka jurusan keperawatan di Bandung tersebut.

Yusuf C

Recent Posts

Hukum Hardy Weinberg: Pengertian, Syarat dan Contoh Soalnya

Hukum Hardy Weinberg merupakan suatu konsep persamaan yang mendeskripsikan adanya kesetimbangan faktor keturunan pada jumlah…

27 menit ago

Rumus ABC: Pengertian dan Cara Menyelesaikannya

Rumus ABC, apa yang kalian bayangkan saat mendengar istilah ini? Ini adalah sebuah rumus yang…

1 hari ago

Determinan Adalah: Pengertiannya dalam Matriks

Determinan adalah suatu materi penting yang diajarkan oleh guru matematika di kelas dan dipelajari lebih…

2 hari ago

Molalitas Adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan Molaritas dan Normalitas

Molalitas adalah suatu hal yang berkaitan dengan normalitas dan molaritas. Ketiga istilah tersebut tampak sama.…

3 hari ago

Tekanan Udara, Penyebab dan Cara Mengukurnya

Tekanan udara adalah suatu bagian yang berpengaruh sekali pada kondisi iklim dan cuaca pada satu…

4 hari ago

Destilasi Adalah: Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya

Destilasi adalah sebuah metode atau teknik memisahkan antar bagian zat cair. Metode ini sudah dikenal…

5 hari ago