Menentukan pilihan jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi merupakan salah satu pertimbangan saat baru masuk perguruan tinggi. Jurusan yang banyak dibutuhkan di perusahaan atau industri merupakan jurusan-jurusan yang berprospek tinggi. Pilihan jurusan inilah yang nantinya bisa menjanjikan gaji tinggi ketika masuk dunia kerja.

Banyak yang berpikir bahwa prospek pekerjaan bagus ini hanya bisa diperoleh dari jurusan IPA. Padahal, jurusan IPS pun banyak yang menawarkan pekerjaan dengan prospek bagus dan gaji tinggi. Untuk itulah hal paling penting agar bisa mencapai tujuan tersebut adalah dengan memilih jurusan terbaik. Di bidang pengetahuan sosial atau IPS, ada banyak jurusan dengan cabang ilmu pengetahuan yang berbeda-beda. Masing-masing tentu menawarkan prospek yang berbeda di dunia kerja. 

Apa Saja Pilihan Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi 

Tidak semua jurusan kuliah anak ips menawarkan prospek kerja yang bagus. Prospek kerja yang bagus pun tidak selalu menjanjikan gaji yang tinggi. Namun, ada beberapa jurusan ips yang menawarkan prospek kerja bagus sekaligus gaji tinggi. Apa saja jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi tersebut?

  • Ilmu Komunikasi 

Jurusan ips pertama yang menjanjikan gaji tinggi adalah ilmu komunikasi. Pentingnya komunikasi dalam setiap aspek kehidupan juga berlaku di bidang industri ataupun jasa. Inilah mengapa jurusan ilmu komunikasi ini banyak dicari. 

Komunikasi yang dipelajari pun tidak hanya sebatas komunikasi antar sesama sebagai individu. Di dalamnya juga akan dipelajari segala tingkat komunikasi. Mulai dari komunikasi antar individu, periklanan dan publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi yang saat ini sedang populer seperti komunikasi media sosial. 

Peluang karir untuk jurusan ilmu komunikasi cukup besar karena banyak perusahaan hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan. Jenis pekerjaan yang paling umum adalah sebagai public relation. Namun bisa juga di bidang penyiaran, periklanan hingga pemasaran.

  • Hubungan Internasional

Selanjutnya ada hubungan internasional, yang juga merupakan jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi. Jurusan ini mempelajari tentang tantangan yang terjadi dalam hubungan antar negara. Untuk itu, dibutuhkan pemikiran yang kritis serta kemampuan berbahasa asing yang baik. 

Jurusan ini menawarkan potensi kerja yang cukup besar, terutama berprofesi sebagai diplomat. Hal tersebut tentu berpengaruh pada gaji yang didapatkan. Bahkan, untuk diplomat yang masih pada entry level saja, gaji yang diterima sudah cukup tinggi. 

Tidak hanya menjadi diplomat, lulusan hubungan internasional juga bisa memberikan pilihan karir lain. Misalnya, menjadi eksportir, politisi, tata usaha untuk perdagangan luar negeri, konsultan pendidikan dan berbagai pilihan karir lain.

jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi

  • Ekonomi Pembangunan 

Jurusan ekonomi pembangunan fokus dalam mempelajari pembangunan dari segi keuangan, bisnis dan perbankan. Dalam prosesnya nanti juga akan dipelajari dan menganalisa tentang isu-isu dan permasalahan ekonomi, beserta solusi yang kritis, kreatif sekaligus inovatif. . 

Peluang kerja yang ditawarkan juga sangat beragam, karena setiap bisnis yang berjalan pasti memerlukan pendekatan strategis. Lulusan ekonomi pembangunan ini dibutuhkan untuk memberi sudut pandang sebagai acuan dalam menjalankan bisnis. Karena banyak dicari, bukan tidak mungkin gaji yang ditawarkan pun besar. Karena itu, ekonomi pembangunan menjadi salah satu jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi.

  • Sistem Informasi Manajemen 

Terlihat dari namanya, jurusan sistem informasi manajemen ini menggabungkan antara teknologi dan ekonomi. Ekonomi sendiri merupakan cabang ilmu pengetahuan yang pasti dibutuhkan di berbagai lini. Meski demikian, tidak semua orang bisa menguasai cabang ilmu ini. Karena dibutuhkan dan diterapkan untuk berbagai aspek dan bidang, maka perannya pun sangat dicari. 

Jurusan sistem informasi manajemen mulai banyak dicari oleh perusahaan atau korporasi karena dianggap menjadi solusi atas masalah yang ada di dunia industri atau bisnis. Peluang kerjanya terbuka lebar, dengan jumlah gaji yang ditawarkan pun terbilang tinggi.

  • Psikologi

Nah, jurusan satu ini juga tak kalah populer dan dikenal sebagai jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi. Jurusan ini selama kuliah akan mempelajari tentang bagaimana psikologi manusia serta bagaimana membaca karakter atau kepribadian seorang individu berdasarkan teori-teori yang sudah lebih dulu ditemukan. Mengapa jurusan ini memiliki prospek karir yang lebih bagus serta gaji yang lebih tinggi? 

Jurusan psikologi banyak dibutuhkan di dunia kerja, baik itu di lingkungan kerja swasta, instansi pemerintahan, bahkan di bidang medis. Meskipun tentu saja, untuk bisa mencapai pada tahap memiliki prospek kerja yang bagus dengan gaji tinggi ini, proses yang dilalui selama kuliah juga tidak mudah. Namun terbukti, setelah lulus, jurusan psikologi pun banyak dibutuhkan di dunia kerja. 

Mayoritas lulusan psikologi bisa masuk di dunia industri sebagai HRD. Sedangkan di instansi pemerintahan, jurusan ini juga bisa menjadi guru bimbingan konseling atau menjadi konselor secara umum. Di bidang medis, psikolog juga banyak dibutuhkan sehingga prospek dan peluang karir yang ditawarkan oleh jurusan psikologi ini pun lebih luas. 

  • Manajemen 

Manajemen merupakan jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi selanjutnya yang cukup banyak diminati. Biasanya, jurusan ini banyak dicari oleh perusahaan atau korporasi. Nantinya, lulusan jurusan ini banyak dicari perusahaan untuk bertugas dalam mengambil kebijakan manajemen perusahaan, manajemen produksi dan lain sebagainya. 

Jurusan ini pada dasarnya juga banyak dicari dengan peluang karir yang cukup besar karena memang dibutuhkan. Tidak hanya di perusahaan swasta, instansi pemerintahan pun pasti membutuhkan tenaga atau sumber daya yang memiliki dasar kemampuan manajemen yang baik. 

Tips dalam Memilih Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPS 

Sekarang Anda tahu apa saja jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi serta memiliki peluang karir yang besar. Namun, sebelum memilih jurusan saat masuk kuliah, ada baiknya calon mahasiswa mempertimbangkan terlebih dahulu jurusan apa yang akan dipilih.

prospek jurusan kuliah anak ips

  • Ikuti Minat dan Passion 

Tips pertama memilih jurusan terbaik untuk anak ips adalah ikuti minat dan passion. Cari tahu pada diri Anda sendiri, apa yang menjadi minat atau Anda sukai selama sekolah. Patokannya adalah mata pelajaran yang benar-benar membuat Anda enjoy saat mempelajarinya. 

Saat memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan passion, maka nantinya saat menjalani masa perkuliahan akan membuat Anda juga enjoy dalam menjalaninya. Tugas-tugas dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, memiliki rasa pengetahuan sehingga aktif dalam kegiatan diskusi di kelas dan lain sebagainya. Hal inilah yang nantinya bisa berpengaruh pada prestasi belajar. 

  • Sesuaikan dengan Kepribadian 

Kepribadian juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam menentukan jurusan terbaik saat kuliah. Pelajari tipe kepribadian apa yang Anda miliki untuk kemudian bisa dicocokkan dengan jurusan kuliah yang akan diambil. Apakah Anda seorang pemikir, realistis, penolong, memiliki jiwa seni, terorganisir atau tipe orang yang suka menolong orang lain. 

Dengan mempertimbangkan kepribadian ini, Anda bisa memilih jurusan yang cocok. Apabila jurusan yang Anda pilih cocok dengan kepribadian Anda, maka nantinya dalam menjalankan masa perkuliahan pun bisa lebih enjoy tanpa beban. 

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menjalani personality test, dimana tes ini akan membantu dalam menganalisa minat, kelebihan, kekurangan, skala kemampuan di bidang sosial, seni hingga hitungan. Tes ini bahkan juga bisa menunjukkan bidang karir, ketertarikan bahkan gaya bekerja yang cocok untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa benar-benar memilih jurusan terbaik untuk anak ips.

  • Pertimbangkan Prospek Karir di Masa Depan 

Tujuan kuliah nantinya adalah untuk mendapatkan pekerjaan atau karir yang menjanjikan. Maka dari itu, ketika memilih salah satu jurusan untuk anak IPS, prospek karir di masa depan adalah pertimbangan yang harus diutamakan. Pilih jurusan kuliah menjanjikan bagi anak ips, baik dari segi peluang kerja maupun gaji yang diberikan. 

Untuk itu, agar bisa mengetahui apa saja jurusan yang sedang banyak dibutuhkan oleh industri atau instansi, perbanyak membaca dan mencari tahu dari berbagai sumber informasi. Cari tahu jurusan-jurusan untuk anak ips apa yang sedang banyak dicari, peluang kerjanya, jenjang karir bahkan jika perlu besarnya gaji yang ditawarkan. Maka, nantinya jika sesuai dengan minat dan passion, Anda bisa memilih jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi.

  • Jangan Lupa Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial 

Dalam memilih jurusan terbaik untuk anak IPS yang menjanjikan peluang karir bagus serta gaji tinggi, kemampuan finansial juga harus menjadi pertimbangan. Setiap jurusan ini tentu membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Selain uang semester, ada pula uang untuk buku, biaya praktikum, penelitian dan berbagai biaya lainnya. 

Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan membuat perencanaan sebelum kuliah dengan sebaik-baiknya. Meskipun ada beasiswa yang disediakan oleh kampus maupun beasiswa dari pemerintah, namun akan tetap ada biaya lain yang dibutuhkan. Maka, agar proses perkuliahan berjalan lancar, Anda harus memilih jurusan dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan finansial. 

Bagaimana Agar Bisa Masuk Jurusan Terbaik untuk Anak IPS 

kekerabatan anak is

Bisa masuk jurusan-jurusan terbaik untuk anak ips tersebut sudah pasti menjadi impian setiap anak. Apalagi dengan iming-iming peluang karir yang bagus serta gaji yang tinggi. Sudah pasti semakin banyak anak atau siswa yang ingin masuk jurusan tersebut. Namun, tentu ada persaingan diantara para siswa yang harus dilalui untuk memperebutkan kursi di bangku kuliah dengan jurusan tersebut. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh para siswa ini agar bisa masuk jurusan terbaik itu?

  • Cari Tahu Seluk Beluk Jurusan yang Diinginkan 

Agar bisa mengetahui tentang jurusan yang ingin diambil, tentu Anda harus mencari tahu segala informasi dasar dari jurusan tersebut. Biasanya, informasi yang harus dicari berkaitan dengan peringkat jurusan tersebut secara nasional. Informasi inilah yang bisa menjadi modal awal bagi Anda ketika ingin masuk jurusan tersebut.

Cari tahu berapa jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya sehingga Anda juga bisa mengetahui berapa persen tingkat persaingannya. Hal ini akan membuat siswa bisa bersiap lebih dalam menghadapi persaingan memperebutkan kursi tersebut.

  • Belajar 

Untuk bisa masuk jurusan kuliah menjanjikan bagi anak ips ataupun jurusan terbaik, sudah pasti ada banyak siswa lain yang berminat dengan jurusan tersebut. Semakin banyak pesaing maka akan semakin sulit pula untuk Anda masuk ke jurusan tersebut. Maka cara terbaik adalah dengan belajar dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses ujian atau seleksi masuk yang dilaksanakan setiap tahunnya.

  • Tambahkan dengan Mengikuti Les atau Bimbingan Belajar 

Jika belajar sendiri dirasa masih belum cukup, mau tidak mau Anda harus belajar dengan bantuan orang lain yang lebih kredibel atau profesional di bidang tersebut. Untuk itu, les atau bimbingan belajar menjadi pilihan sekaligus solusi bagi para siswa yang akan menghadapi ujian seleksi masuk perguruan tinggi. 

Saat ini ada banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan paket persiapan untuk ujian masuk perguruan tinggi sejak dini, sebagaimana yang juga ditawarkan oleh Edumaster. Meskipun lembaga ini merupakan lembaga les privat, namun disini juga menawarkan program khusus persiapan masuk perguruan tinggi. 

Program ini bahkan sudah ditawarkan sejak siswa masih berada di jenjang pendidikan SMA. Dengan persiapan sejak dini ini, diharapkan siswa menjadi lebih siap baik secara materi pembelajaran maupun secara mental. Ditambah lagi, karena merupakan les secara privat, siswa pun jadi lebih bisa mengatur jadwal persiapan ujian masuk perguruan tinggi dengan kegiatan lainnya. Jadi, meskipun disibukkan dengan aktivitas belajar agar bisa masuk jurusan yang diinginkan, siswa masih tetap bisa melakukan aktivitas lain diluar belajar. 

Mengapa Memilih Edumaster untuk Mempersiapkan Diri Agar Masuk Jurusan Terbaik untuk Anak IPS? 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, untuk bisa masuk ke jurusan kuliah terbaik dengan prospek karir yang menjanjikan ini tentu harus bisa bersaing dengan ribuan siswa lain yang juga berminat dengan jurusan tersebut. Tanpa persiapan yang matang, maka impian untuk bisa masuk jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi tersebut bisa jadi akan lebih sulit.

jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi di dunia

Persiapan yang dilakukan tersebut bisa dilakukan dengan bergabung dengan lembaga bimbingan belajar. Jika Anda kurang merasa nyaman, les privat bisa menjadi solusi terbaik. Edumaster sebagai salah satu les privat terbaik juga menawarkan program untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang Anda inginkan. Lalu mengapa harus di Edumaster?

  • Mengajar dengan Personal Approach 

Pendekatan secara personal ini adalah metode yang digunakan oleh Edumaster dalam mengajar peserta didiknya. Dengan cara ini, peserta didik diharapkan bisa lebih nyaman dalam belajar. Dengan begitu, materi yang diberikan juga bisa diserap lebih baik. 

  • Terdapat Layanan Transformational Education Session 

Terutama untuk peserta didik yang sudah akan melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan, adanya layanan berupa sesi konsultasi ini tentu akan sangat membantu. Dengan sesi konseling ini peserta didik dapat berkonsultasi untuk mengarahkan minat dan bakat, cita-cita atau tujuan pendidikan lanjutannya. Sehingga, siswa pun jadi lebih terarah dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi yang tepat. 

  • Orang Tua Mendapatkan Laporan Perkembangan Belajar

Mengambil sesi les privat di Edumaster juga akan memberikan keuntungan bagi orang tua. Disini, selain membantu proses belajar siswa dengan pendekatan personal, orang tua juga senantiasa mendapatkan laporan perkembangan belajar. Dengan begitu, orang tua bisa mengikuti sejauh mana progres atau perkembangan persiapan ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan oleh anak. 

Itu tadi adalah penjelasan tentang jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi, tips bagaimana memilih jurusan ips yang tepat serta bagaimana mempersiapkan diri untuk itu. Dengan penjelasan ini semoga bisa memberikan referensi bagi orang tua dalam membantu mengarahkan anak agar bisa memilih jurusan dengan prospek karir yang bagus di masa depan.