Umum

Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian, Ini Daftarnya

Memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian pada dasarnya tak jauh berbeda dengan minat dan bakat. Untuk menentukan jurusan berdasarkan kepribadian mungkin cara ceknya adalah dengan mengikuti tes kepribadian. Bahkan saat ini mulai banyak layanan online dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Memilih dan menentukan suatu jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Tak jarang masalah ini membuat bingung para lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memiliki minat pada beberapa jurusan sekaligus.

Memilih jurusan atau program yang tepat merupakan hal sangat penting bagi siapa saja yang ingin menuntut ilmu di bangku kuliah dengan baik dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

Ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menentukan suatu jurusan kuliah. Salah satunya pertimbangan kepribadian. Alangkah baiknya bagi anda untuk memilih jurusan kuliah bukan hanya berdasarkan tes minat bakat tapi juga sesuai dengan kepribadian yang anda miliki. Hal ini mengingat ada jurusan yang cocok untuk orang introvert dan ada juga jurusan untuk orang-orang ekstrovert.

Bagi para siswa SMA, SMK atau MA yang hendak melanjutkan kuliah di perguruan tinggi tentunya akan disibukkan dalam pemilihan jurusan kuliah. Mereka akan berusaha memilih prodi yang terbaik dan cocok bagi mereka.  Cara terbaik dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan melihat apa yang menjadi minat dan bakat anda. Yang tak kalah penting adalah memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian kita sendiri.

Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

Penjurusan sudah dilakukan sejak anda duduk di bangku SMA atau SMK. Jurusan pada waktu di SMA bisa dipilih antara jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Sangat mungkin sejak duduk di bangku SMA atau SMK, anda melakukan kesalahan mengambil jurusan.

Misalkan jurusan yang dipilih tidak sesuai bakat, dan minat serta kepribadian anda. Hal itu sebenarnya sangat wajar, mengingat pada waktu anda masih  SMA yang dalam tahap remaja dan sangat labil terhadap cita-cita dan mimpi anda.

Namun ketika anda duduk di bangku SMA sebaiknya sudah memilih jurusan pilihan kuliah yang tepat bagi anda untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yakni jurusan yang sesuai dengan potensi anda, kepribadian dan bakat anda.

Namun yang menjadi masalah terkadang kita kesulitan mengetahui apa yang menjadi bakat, kepribadian dan potensi kita. Untuk itulah diperlukan sebuah tes kepribadian termasuk tes minat dan bakat sebelum  menentukan jurusan kuliah yang mau diambil.

Kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah yang mau dipilih pada umumnya dikarenakan seseorang tidak mengenal akan bakat, minat dan potensi dari dalam dirinya. Hal tersebut salah satunya bisa diketahui dengan mengikuti tes minat dan bakat serta tes kepribadian. Namun semua itu kembali lagi kepada orang tersebut.

Mungkin terkadang seseorang melakukan sebuah kesalahan dalam mengambil jurusan kuliah. Dan kemudian seiring berjalan waktu dapat mengetahui jurusan apa yang cocok baginya dan diminatinya dan menjadi bakat serta ada menjadi potensi dalam dirinya.

Untuk mengetahui jurusan apa yang cocok bagi anda dengan melihat kepribadian, karakter, minat dan bakat serta potensi anda maka anda bisa meminta bantuan kepada  keluarga tercinta seperti orangtua, kakak, adik dan sanak kerabat maupun meminta bantuan guru untuk meminta masukan mengenai jurusan yang tepat bagi anda.

Dalam mengambil jurusan, ada banyak hal yang turut mempengaruhi seseorang. Yang paling cukup besar mempengaruhi keputusan seseorang untuk memilih jurusan kuliah tertentu disamping saran orangtua, keluarga dan guru adalah saran teman. Pengaruh teman sangat besar. Misalkan ketika teman-teman anda berbondong-bondong memilih jurusan kuliah tertentu maka anda biasanya akan ikut-ikutan mengikuti teman anda.

Hal tersebut terkadang tidak selamanya dibenarkan. Karena sangat mungkin jurusan kuliah yang diambil tidak sesuai dengan bakat dan minat serta kepribadian anda. Penting sekali memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian. Keputusan tersebut harus terbebas dari proses ikut-ikutan.  Karena setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan  masing-masing.

Perbedaan dari kepribadian, minat dan bakat serta potensi besar dalam diri setiap orang tentu berbeda-beda.  Hingga tak bisa sama jurusan bagi setiap orang. Itulah asal mula universitas membuka beberapa jurusan kuliah yang banyak karena setiap orang memiliki potensi, minat dan bakat serta kepribadian yang berbeda.

Oleh sebab itu, setelah membahas penjelasan di atas sejak sekarang anda bisa memilih jurusan kuliah yang benar-benar tepat bagi anda dan kemudian diharapkan tak melakukan kesalahan dalam memilih jurusan. Karena salah dalam memilih jurusan akan membuat banyak kerugian bagi anda yakni rugi waktu, tenaga dan pikiran serta biaya.

Risiko Kesalahan dalam Memilih Jurusan

Bagi sebagian orang menentukan atau memilih jurusan kuliah sangat mudah. Tapi sebagian lagi berpendapat menentukan jurusan kuliah sangat sulit. Dalam arti sebenarnya menentukan jurusan kuliah itu tidaklah mudah dan tidak juga sulit. Diperlukan teknik-teknik tertentu untuk menentukan jurusan. Salah satunya mengambil jurusan kuliah sesuai kepribadian.

Kesalahan dalam menentukan jurusan kuliah adalah sesuatu yang perlu anda hindari. Resikonya sangat besar jika anda mengambil jurusan kuliah secara sembarangan tanpa memperhitungkan segala sesuatu hal secara cermat dan seksama.  Yang paling nyata resiko dari kesalalahan menentukan jurusan kuliah adalah anda akan belajar di perguruan tinggi secara tidak menyenangkan dan membosankan.

Banyak kejadian mahsiswa dan mahasiswi yang menuntut ilmu di bangku kuliah dalam keadaan terpaksa dan merasa jenuh dengan kuliahnya. Tak jarang mereka memutuskan untuk cuti kuliah atau pindah jurusan. Yang paling bahaya lagi tak jarang dari mereka memutuskan untuk berhenti kuliah pada saat tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Pindah jurusan, cuti kuliah sampai berhenti kuliah adalah dampak buruk bagi mereka atas kesalahan dalam menentukan jurusan kuliah hingga mereka tak merasa nyaman dengan jurusan kuliah yang diambilnya yang tak sesuai dengan bakat dan minat serta kepribadiannya.

Berikut ini beberapa akibat salah dalam memilih jurusan kuliah yang perlu kita antisipasi sejak dini.

  1. Terbuangnya waktu, biaya dan tenaga semasa kuliah atas jurusan yang dipilih yang tidak sesuai dengan bakat dan minat serta kepribadian.
  2. Gagal mendapatkan cita-cita anda karena anda memutuskan untuk berhenti kuliah atau ganti jurusan kuliah.

Pengalaman dalam Memilih Jurusan Kuliah

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam memilih jurusan kita bisa belajar dari pengalaman orang lain. Seperti kesalahan akibat ikut-ikutan teman dalam memilih jurusan. Ketika teman-teman sekelas berbondong-bondong mengambil jurusan teknik, kita pun ikut mendaftarkan diri masuk jurusan teknik. Namun setelah merasakan kuliah di jurusan teknik barulah kita menyadari bahwa teknik bukan jurusan yang tepat bagi kita.

Tidak cocok akan membuahkan tidak nyaman selama kuliah. Hingga kita menjadi malas dan sering bolos kuliah. Walaupun belajar maka dilakukan secara terpaksa, membosankan, dan tak menyenangkan. Sehingga akhirnya kita mengulang ikut SBMPTN lagi dengan memilih jurusan yang lebih sesuai minat, bakat, dan kepribadian.

Memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian dan minat akan membuahkan hasil yang lebih baik. Kita menjadi rajin kuliah ke kampus dan sering mendapatkan nilai  yang bagus.

Prestasi akademik yang bagus membuat kita bisa mendapatkan nilai IPK tinggi. Bahkan kita bisa mengajukan program beasiswa. Kuliah pada prodi yang sesuai dengan kepribadian akan memberikan dorongan psikologis yang kuat dalam menuntut ilmu. Hingga akhirnya bisa lulus dengan memuaskan.

Cara Cek Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

Mengambil jurusan kuliah sesuai minat. Bakat, dan kepribadian akan membuat proses menuntut ilmu di perguruan tinggi penuh semangat dan menyenangkan. Prestasi akan mudah diraih secara akademik.

Mengenai pentingnya memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian tersebut itulah membuat anda mesti menyadari dan memulai untuk mengambil tindakan yang benar dalam memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat, kepribadian, serta prospek kerja.

Apabila anda mendapatkan kesulitan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat,  maka anda bisa melakukan cek jurusan kuliah sesuai minat dan potensi melalui lembaga psikolog profesional. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui jurusan kuliah yang tepat dan sesuai kepribadian.

Cara cek jurusan kuliah sesuai kepribadian maka anda terlebih dahulu harus mengetahui kepribadian anda sendiri. Jika anda menemukan kesulitan untuk mengetahui kepribadian yang sebenarnya dan sejujurnya maka anda bisa meminta bantuan orang terdekat anda. Seperti orangtua, kakak, adik, sahabat dll.

Pada dasarnya, manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis kepribadian manusia dan cara cek jurusan kuliah sesuai kepribadian yang wajib Anda tahu.

1.Kepribadian Realistis

Apa itu kepribadian realistik? Ini adalah suatu tipe kepribadian yang selalu menuntun manusia untuk lebih melihat pada orientasi pekerjaan yang menggunakan benda, mesin, tanaman, hewan, dan alat.

Adapun ciri-ciri orang berkepribadian realistik adalah selalu menggunakan kekuatan otot, memprioritaskan jiwa berani, memiliki kerjasama motorik yang baik, memiliki kecakapan dan terampil secara fisik. Bisa dikatakan juga orang dengan pribadi realistik sangat suka terhadap kegiatan lapangan atau praktek langsung ketimbang teori.

Tanda lain orang yang berkepribadian realistik adalah mempunyai keterampilan dalam matematika, pemrograman, dan komputer. Dalam arti rasa cintanya kepada dunia praktek didukung oleh kemampuannnya terhadap semua itu.

Contoh jurusan kuliah sesuai kepribadian realistik akan bekerja di dunia bangunan maupun pondasi. Ia sangat menyukai kegiatan praktek dan kerja lapangan dan cocok untuk jurusan IPA.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang tepat bagi mereka yang memiliki kepribadian Realistik yang penting Anda tahu.

  • Teknik Elektronika
  • Teknik Perikanan
  • Teknik Pertanian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
  • Teknik Otomotif
  • Teknik Farmasi

2.Kepribadian Thinkers

Kepribadian kedua manusia ada yang namanya thinkers atau investigative. Orang yang berkepribadian thinkers umumnya mereka akan lebih condong menyukai pekerjaan yang bernuansa  akademik dan mereka akan dengan mudah meraih prestasi dalam bidang bernuansa akademik.

Ada sejumlah tanda atau ciri utama orang yang memiliki kepribadian thinkers atau investigative. Seperti mempunyai kesenangan untuk melakukan perenungan diri ketimbang bertindak mengambil jalan keluar.

Adapun jurusan kuliah yang cocok bagi mereka yang berkepribadian thinkers atau investigative antara lain:

  • Jurusan Kriminologi
  • Jurusan Perangkat Lunak atau software
  • Jurusan Desain Periklanan
  • Jurusan Kimia
  • Jurusan Biologi
  • Jurusan Fisika
  • Jurusan Gizi

3.Kepribadian Artistik

Jenis kepribadian manusia selanjutnya adalah artistik atau creators. Mereka yang mempunyai jiwa atau kepribadian artistik maka mereka  lebih menyukai kegiatan yang membuat segala sesuatu yang sifatnya kreatif yang berkaitan dengan sosial atau orang lain.

Adapun cara cek jurusan kuliah sesuai kepribadian artistik Anda bisa memilih prodi berikut ini.

  • Jurusan bahasa
  • Jurusan seni musik
  • Jurusan arsitektur
  • Jurusan desain interior
  • Jurusan desain komunikasi visual
  • Jurusan seni tari
  • Jurusan seni rupa

Mereka yang memiliki kepribadian artistik atau kreator maka cenderung memilih pekerjaan sebagai penulis naskah iklan dan film, desainer busana, desainer grafis, penari, pelukis, penyanyi, musik, fotografer, ilustrator dan pekerjaan lain sejenisnya.

Dengan penjelasan dan pedoman di atas sebenarnya anda sudah bisa mengetahui jurusan kuliah yang anda ambil sudah sesuai dengan kepribadian  anda atau belum. Betapa mudahnya cara cek sudah benar tidaknya jurusan kuliah sesuai kepribadian.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

3 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

23 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago