Umum

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK, Ini Pilihannya!

Jurusan kuliah untuk anak SMK ada banyak ragamnya. Sehingga bagi anak SMK masih dapat dengan leluasa mengambil jurusan kuliah sesuai minat dan bakat. Kini anak SMK sejak sekolah bukan hanya sekedar dapat beorientasi untuk mendapatkan pekerjaan pasca lulus.

Tapi juga dapat diorientasikan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi atau perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik. Bagi lulusan SMK bisa memilih jurusan kuliah di PTN /PTS berdasarkan bidang keilmuan yang telah dipelajarinya di bangku Sekolah Menengah Kejuruan.

Bagi anak SMK dalam memilih jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang. Mengingat ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMK dan ada beberapa jurusan kuliah yang tak cocok untuk lulusan SMK. Bagi anda anak SMK yang memilih untuk melanjutkan kuliah maka ada beberapa jurusan kuliah yang tepat bagi anda.

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK

Ada banyak kelebihan dari sekolah di SMK. Sekolah di SMK jurusan ilmu yang dipelajari lebih menjurus dan spesialis ketimbang SMA yang masih umum. Selain itu, sekolah di SMK para murid dipersiapkan memasuki dunia kerja yang menghasilkan uang.

Namun bukan berarti lulusan SMK tidak bisa kuliah di perguruan tinggi. Anak SMK tetap bisa kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta dengan mengambil jurusan yang sesuai dengan jurusan maupun yang berbeda jurusan dari waktu sekolah.

Di tengah persaingan dunia kerja yang sangat tinggi tak jarang lulusan SMK tidak hanya cukup mengandalkan ijazah. Beberapa perusahaan skala besar memprioritaskan untuk merekrut tenaga kerja lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut membuat anak-anak SMK sebagiannya lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi selepas lulus dari sekolah menengah kejuruan.

Saat ini setiap tahun jumlah lulusan SMK tak kalah banyak dengan jumlah lulusan SMA yang ada di Indonesia. Sebagian dari lulusan SMK tersebut memasuki dunia kerja dan sebagian lagi memilih untuk meningkatkan jenjang pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yakni S1 atau perguruan tinggi.

Salah satu pertanyaan yang mungkin menggelitik para anak SMK adalah apakah SMK bisa kuliah beda jurusan? Apakah jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ juga harus yang sesuai? Mengingat masih banyak anak-anak SMK tidak bakat dan minat serta bosan terhadap jurusan yang dipilihnya sewaktu duduk di bangku SMK.

Ada banyak alasan dan motivasi anak SMK memilih jurusan baru untuk melanjutkan kuliahnya. Namun yang jadi pertanyaan apakah mereka bisa mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusannya sewaktu duduk di bangku SMK?

Apakah SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan

Salah satu hal sering ditanyakan oleh mereka yang baru lulus SMK adalah apakah SMK bisa kuliah beda jurusan seperti lulusan SMA ? Mengingat simpang siurnya berita mengenai lulusan SMK bisa kuliah beda jurusan atau tidak menjadi topik yang menarik.

Sekolah SMK sudah semakin berkembang pesat saat ini. Setiap tahun jumlah SMK senantiasa bertambah di kota maupun pelosok pedesaan. Hal tersebut tak terlepas dari animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap keberadaan sekolah menengah kejuruan. Para orangtua murid lebih banyak memilih menyekolahkan anak mereka ke SMK ketimbang sekolah SMA yang bersifat umum.

1.Lintas Jurusan

Anda bisa memilih lintas jurusan. Contoh jika sewaktu sekolah di SMK, anda  kurang berminat terhadap jurusan sekolah yang diambil. Selanjutnya pada waktu daftar kuliah bisa memilih jurusan baru yang tak ada hubungannya dengan jurusan yang anda ambil sewaktu di SMK.

Contohnya jika sewaktu sekolah di SMK anda mengambil jurusan teknik elektro maka ketika daftar dan memilih jurusan SBMPTN, anda dapat memilih kuliah jurusan ekonomi ataupun jurusan agama Islam sesuai minat.

2.Jurusan Linear

Sedangkan untuk contoh jurusan kuliah untuk anak SMK yang bersifat linear adalah mereka yang sekolah di SMK mengambil jurusan akuntansi. Kemudian ketika hendak mendaftar kuliah mengambil jurusan kuliah yang sama yakni kuliah di fakultas akuntansi atau ekonomi.

Setiap jurusan linear ataupun lintas jurusan yang dipilih anak SMK mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau mengambil jurusan linear berarti anak SMK akan semakin pandai terhadap jurusan yang dipilihnya sejak awal dari SMK hingga universitas.

Sebaliknya kalau anda lulusan SMK yang mengambil langkah lintas jurusan seperti contoh anda yang merupakan jurusan elektro yang mengambil jurusan kuliah ilmu komunikasi, teknik perminyakan, teknik pertambangan, jurusan agama Islam atau ekonomi dll berarti anda melakukan lintas jurusan atau tidak menjurus kuliahnya.

Akan terasa sia-sia ilmu jurusan yang anda pelajari sewaktu sekolah di SMK kalau anda mengambil jurusan yang berbeda waktu kuliah. Bagi lulusan SMK yang mau masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta  dan memilih lintas jurusan maka anda  diharuskan melalui beberapa jalur masuk yang telah ditetapkan. Salah satunya seleksi mandiri.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Lulusan SMK

Salah satu kelemahan dari anak SMK mengambil jurusan berbeda adalah terkadang mereka tidak mampu mengikuti materi-materi dan mata kuliah jurusannya yang baru. Apalagi jurusan yang baru itu tidak ada sangkut paut sedikitpun dengan jurusannya ketika ia duduk di bangku SMK. Tentu lulusan SMK harus berjuang lebih keras untuk memahami dan mempelajari dari dasar-dasar keilmuan dari jurusan baru yang diambilnya.

Untuk anda yang lulusan SMK maka terkadang bingung untuk menentukan jurusan kuliah. Berikut ini beberapa pertimbangan bagi anda lulusan SMK dalam memilih jurusan, antara lain:

1.Sesuai Jurusan Sekolah

Mengambil jurusan kuliah untuk anak SMK bisa berdasarkan jurusan sekolah yang diambil. Misalkan anda mengambil jurusan teknik mesin sewaktu di SMK maka anda bisa memilih jurusan teknik mesin di perguruan tinggi negeri atau swasta. Dalam hal ini, anda mengambil jurusan yang linear.

2.Prospek Kerja

Anak SMK juga bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek kerja yang cerah dari lulusan jurusan kuliah tersebut. Termasuk jurusan yang bisa memberikan lulusannya gaji yang tinggi.

3.Yang Memberi Kesempatan Praktek Lebih Besar

Yang menjadi ciri khas anak SMK adalah lebih banyak praktek dalam proses pembelajaran ketimbang anak SMA. Sehingga jika mau kuliah dan hendak lintas jurusan maka sangat dianjurkan untuk mengambil jurusan kuliah yang lebih banyak memberikan praktek. Supaya anak SMK tidak bosan dengan jurusan kuliah yang dipilihnya. Contoh program S1 Terapan, D4,atau D3.

4.Linear atau Lintas Jurusan

Pertimbangan lain yang bisa dipilih oleh anak lulusan SMK adalah mengambil jurusan kuliah yang linear atau lintas jurusan.

Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK

Pada dasarnya lulusan SMK bisa kuliah dengan mengambil jurusan kuliah yang berbeda dari yang dipelajarinya waktu di jurusan SMK. Semua itu tergantung kebijakan pihak universitas.

Sebab ada sebagian pihak universitas yang membolehkan anak SMK mengambil jurusan kuliah yang berbeda dan ada jurusan kuliah yang tidak memperbolehkan lulusan SMK masuk pada jurusan yang berbeda tersebut.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang sangat cocok untuk anak SMK, antara lain :

1.Desain Komunikasi Visual

Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak lulusan SMK adalah jurusan Desain Komunikasi Visual. Prospek kerjanya sangat bagus dan bisa bekerja di bagian copywriting,visual branding, tipografi, seni rupa, rumah produksi, agen periklanan, ataupun bekerja di badan pemerintahan yang mengurusi industri kreatif.

2.Teknik Informatika

Jurusan kuliah untuk anak SMK berikut adalah jurusan teknik informatika yang mempunyai masa depan yang cerah. Yang dipelajari pada jurusan teknik informatika adalah kecerdasan buatan, algoritma komputer, bahasa pemograman dll.

Prospek kerjanya bisa bekerja di lembaga pemerintahan, perusahaan swasta untuk bekerja sebagai programmer, konsultan ahli IT bergaji terbesar, software engineer dll.

3.Farmasi

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK selanjutnya adalah Farmasi. Jurusan kuliah bidang kesehatan merupakan pilihan jurusan yang sangat bagus untuk dipilih. Mengingat kebutuhan masyarakat  terhadap kesehatan sangat besar pada saat ini.

Yang membuat industri obat-obatan semakin tumbuh menguntungkan dan menjamur dimana-mana memberikan peluang kerja bagi siapapun yang memilih jurusan kesehatan seperti farmasi.

Bagi anda lulusan SMK farmasi maka anda bisa melanjutkan kuliah pada jurusan kuliah Farmasi dengan program D4, atau S1. Yang kemudian bisa bekerja sebagai tenaga apoteker, bekerja di laboratorium, atau pun membangun bisnis apotek atau pabrik obat secara mandiri.

4.Tata Busana

Pilihan jurusan kuliah untuk anak SMK lainnya adalah jurusan tata busana untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Karena jurusan kuliah tata busana sangat cocok dipilih oleh anak SMK yang berada pada jurusan SMK yang sama.

5.Teknik Industri

Teknik industri menjadi jurusan kuliah yang sangat cocok berikutnya bagi anak SMK yang terbiasa dengan praktikum.

6.Jurusan Akuntansi

Terakhir, jurusan kuliah yang sangat tepat untuk anak SMK yang memiliki prospek kerja cerah adalah jurusan kuliah akuntansi.

Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK TKJ

Meskipun lulusan SMK bisa memilih jurusan lain, namun ada beberapa jurusan kuliah yang tidak bisa dimasuki oleh lulusan SMK yaitu jurusan pendidikan kedokteran. Lulusan SMK tidak bisa mengambil jurusan kuliah pendidikan kedokteran karena ilmu yang dipelajari pada fakultas kedokteran sangat berbeda dan membutuhkan penguasaan materi dasar sejak bangku SMA.

Selain itu jurusan kuliah yang berbeda yang tidak bisa dimasuki oleh lulusan SMK adalah jurusan pendidikan kedokteran gigi dan jurusan kebidanan. Selain jurusan itu, lulusan SMK dapat mengambil jurusan yang berbeda dan itu bukanlah hal yang terlarang. Yang penting lulusan sekolah menengah kejuruan tersebut mampu mengikuti mata kuliah secara baik pada jurusan kuliah baru tersebut.

Berikut ini daftar jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ yang sangat cocok dan bisa menjadi referensi Anda.

  1. Akuntansi
  2. Marketing/Pemasaran
  3. Jurnalistik
  4. Animasi
  5. Teknik Elektronika
  6. Jurusan Multimedia
  7. Jurusan Ilmu Telekomunikasi
  8. Jurusan Manajemen Informatika
  9. Teknik Informatika
  10. Jurusan Teknik Komputer

Tips Mengambil Jurusan Kuliah Berbeda dari Jurusan SMK

Pertanyaan awal apakah SMK bisa kuliah beda jurusan tentu sudah terjawab. Bagi mereka yang lulusan SMK dan mengambil jurusan kuliah baru yang berbeda tentu saja harus lebih bekerja keras mempelajari jurusan ilmu yang diambilnya dari nol.

Bagi Anda yang mengambil jurusan kuliah untuk anak SMK yang berbeda juga bisa sukses meraih prestasi atau cumlaude dengan nilai-nilai ujian yang baik. Syaratnya tentu saja harus mempunyai niat, semangat dan tekad yang sangat kuat untuk bisa berhasil di jurusan baru yang dipilihnya di bangku kuliah.

Berikut ini beberapa tips sukses bagi mereka yang lulusan SMK memilih jurusan yang berbeda,antara lain:

1.Belajar Lebih Keras

Bagi lulusan SMK yang mengambil jurusan kuliah yang berbeda pastinya  harus belajar lebih keras dari anak-anak mahasiswa yang lain karena untuk mengejar ketertinggalan terhadap materi-materi kuliah. Lulusan SMK tersebut harus benar- benar mempelajari mata pelajaran kuliah yang dipilihnya dari nol dari belum tahu sama sekali.

2.Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi

Tips berikutnya bagi lulusan SMK yang memilih jurusan berbeda adalah diharuskan menjadi mahasiswa yang aktif. Cara ini akan membuat lulusan SMK bisa bersaing dengan lulusan SMA yang telah mempelajari jurusan yang dipilih sebelumnya. Tak ayal beberapa mahasiswa yang berasal dari lulusan SMK yang mengambil jurusan kuliah berbeda bisa berhasil dan berprestasi mengalahkan anak-anak lulusan sma yang satu jurusan.

Bagi lulusan SMK yang memilih jurusan kuliah yang berbeda maka harus menjadi mahasiswa yang lebih aktif. Dalam arti, ia harus lebih aktif dalam mempelajari mata kuliah-mata kuliah dari jurusan yang dipilihnya.

Ia harus lebih aktif bertanya kepada dosen atas mata pelajaran yang belum dipahaminya. Kemudian ia juga mesti meminta bantuan kepada rekan-rekan kuliahnya untuk mengajarkan mata pelajaran di kuliah yang belum dipahami dengan baik.

Dengan menjadi mahasiswa yang aktif itu, lulusan SMK yang mengambil jurusan berbeda bisa menjadi mahasiswa berprestasi dengan syarat lebih kerja keras dalam belajar serta rajin belajar sepanjang waktu. Perlahan nilai-nilai ujian UAS ataupun UTS bisa sangat tinggi. Bahkan kelak  ia bisa mencapai status terpandang sebagai mahasiswa berprestasi lulusan cumlaude.

Demikianlah program studi dan jurusan kuliah untuk anak SMK. Meskipun memilih jurusan yang berbeda dari jurusan di SMK memungkinkan namun tidak semua perguan tinggi mengeluarkan aturan yang sama. Sehingga Anda perlu lebih teliti dan selektif dalam memilihnya.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago